Ads 468x60px

Minggu, 23 Desember 2018

Wisata Halal ke Sydney, Kenapa Tidak?


sumber: disini

Beberapa hari yang lalu, saya teringat dengan mendiang dosen saya sewaktu kuliah S1. Beliau adalah dosen terbaik di mata saya, lulusan salah satu universitas ternaya di Australia. Dulu beliau ekrap bercerita soal suasana Australia. Dari beliau saya bersemangat sekali untuk berkunjung ke Australia terutama Sydney. Hitung-hitung liburan, hehe.

Soal maskapai terbaik untuk berlibur ke Australia, kamu mungkin sudah tahu kalau jawabannya adalah Qantas Airlines. Lantas, bagaimana dengan pertanyaan satu ini: mungkinkah berwisata halal ke Australia?


Bagi sebagian besar turis Muslim terutama yang berasal dari Indonesia, Australia mungkin tidak pernah berada di daftar atas tujuan wisata halal. Tapi jangan khawatir karena di sini kamu akan mendapatkan informasi seputar tempat wisata seru di Sydney yang pasti Muslim friendly. Apa saja?

Sydney Harbour Cruise
sumber: evensi.com

Di sini, kamu akan menemukan pemandangan memukau dari Harbour Bridge serta Gedung Opera yang menjadi kebanggaan Sydney. Kamu juga bisa menghabiskan waktu berjalan-jalan di dekat pelabuhan yang ramai oleh seniman jalanan, toko hingga kafe-kafe yang berbaris. Untuk menikmati santapan halal, kunjungi Neptune Palace di Quay.

Taman Royal Botanic
sumber:Wpcpey - wikipedia.org

Tidak hanya punya pemandangan kota yang menakjubkan, penerbanganmu ke Sydney bersama Qantas Airlines akan semakin berkesan dengan mengunjungi Taman Royal Botanic yang hijau. Di dalamnya ada Restoran Botanic Garden di mana kamu bisa menikmati berbagai sajian halal di sana. Berkendara dengan kapal ferry menuju Taronga Zoo akan memberikanmu kesempatan menyaksikan kangguru dan koala secara langsung.

Masjid-masjid di Sydney
sumber:gopray.com.au
 Di sekitar kota, ada banyak masjid yang bisa kamu kunjungi. Selain ruang sholat di Bandara Sydney, di pusat kota ada Masjid Surry Hills yang menggunakan bahasa Arab dan Inggris. Jika ingin sholat Jumat, masjid Zetland menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Menyusuri Pantai di Sydney
sumber:cnn.com
Ke Australia tanpa mengunjungi pantainya tentu saja tidak lengkap. Jika ingin berselancar atau sekadar menikmati pemandangan lautnya, kamu bisa menempuh perjalanan selama 30 menit dengan kereta menuju Pantai Bondi. Kalau hanya ingin berjalan-jalan ada Coogee Beach yang terkenal dengan pemandangan dan snorkeling-nya. Untuk wanita Muslimah yang ingin berendam, ada Pemandian McIver yang khusus dibuka untuk turis perempuan.
Kamu juga bisa mengunjungi Pasar Ikan Sydney dengan pelelangannya yang ramai. Nikmati aneka hidangan laut yang halal di sini.

Blue Mountains
sumber:sydneycafes.com.au
Kalau bosan dengan suasana kota yang hiruk pikuk, Blue Mountains adalah pilihan yang harus kamu ambil selanjutnya. Destinasi yang tercatat sebagai salah satu Warisan Dunia ini bisa kamu tempuh dalam 90 menit perjalanan dari Sydney. Di sana kamu akan menyaksikan padang pasir luas dengan sebuah kota di puncak tebing. Nikmati juga suasana hutan yang masih asri dengan satwa liar yang berlarian.

Tips Menemukan Restoran Halal di Australia
Menemukan makanan halal di Australia sebenarnya tidak sesulit yang kamu bayangkan. Kamu bisa mengecek restoran yang ingin kamu kunjungi dengan melihat rating berikut:
  • AAA: Restoran dengan dapur bersertifikat halal dan tidak menyajikan minuman beralkohol
  • AA: Restoran yang dikelola oleh staf Muslim dan dijamin halal. Semua daging berasal dari produsen terjamin dan tidak menjual minuman beralkohol
  • A: Restoran dengan dapur bersertifikat halal atau restoran dengan staf Muslim dengan semua bahan makanan halal tapi masih menyajikan minuman beralkohol
  • AAA/AA/A: Restoran dengan daging non halal


Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kamu disarankan untuk tidak sembarangan masuk ke tempat makan, terutama yang tidak memiliki rating.

Jadi, kata siapa Sydney tidak ramah untuk turis Muslim? Yuk Moms, rencanakan perjalananmu ke Australia sekarang juga hanya bersama Qantas Airlines.


0 comments:

Posting Komentar

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!