Rubah Kertas Inovasi Bisnis Ramah Lingkungan Solusi Atasi Sampah Kertas

 



Sebagian mungkin menganggap kertas adalah sampah organik karena terbuat dari bahan alami. Namun kenyataannya kertas merupakan sampah anorganik karena membutuhkan waktu yang lama untuk dapat diurai secara alami, berbeda dengan sampah sisa sayuran, buah dan makanan. 

0 komentar:

Inovasi Kurangi Kemasan Sekali Pakai Melalui Refill Station Mas ECO

 






Tiga tahun lalu duniaku berubah. Semua berawal ketika aku melihat gunungan sampah di TPA sekaligus membaca artikel tentang bahayanya membakar sampah. Ya, duniaku berubah karena semenjak saat itu aku berusaha mengurang produksi sampah, sesederhana membawa wadah ketika membeli makan minum di luar, alih-alih memakai kemasan sekali pakai dari penjual dan membawa minum saat ke luar rumah alih-alih membeli air mineral dalam kemasan. 


Mungkin sekilas terlihat sepele. 

"Ah hanya satu kantong plastik."

"Ah, hanya satu kantong plastik kecil."

0 komentar:

Kisah Arky Gilang Wahab Pembudidaya Maggot Untuk Atasi Sampah Organik Tanpa Sisa

 





Jika kalian rutin mmbaca berita mungkin akan menyadari bahwa salah satu berita yang viral akhir-akhir ini adalah soal TPA yang ditutup akinat kepenuhan maupun kebakaran, khususnya di daerah Jogja dan Bandung. Warga merasa "kelimpungan" dengan semakin menumpuknya sampah di rumah. Apalagi sampah tersebur dicampur antara organik dan anorganik. Akibatnya muncul hewan dan bau tak sedap  


Ternyata dampak TPA ditutup membuat kesadaran warga terhadap mengompos dan membiat lubang biopori; solusi mudsh mengelola sampah organik. Konten-konten terkaot pegelolaan sampah organik pun senakij ramai dicari. Para pegiat zero waste boleh berbangga hati. 

0 komentar:

Aku Pemuda dan Peduli Perubahan Iklim; Ini Harapan dan Upayaku

 




Selama datang bulan Oktober! Bulan dimana normalnya musim penghujan sudah tiba sejak bulan Agustus-September, namun kenyataannya? Ya, kemarau masih berkepanjangan. Tak hanya di Jabodetabek namun merata di seluruh Indonesia. Satu pertanyaan yang langsung muncul di otakku; bumiku kenapa?? 


Apakah kalian juga punya pertanyaan yang sama?

"Lho, lho apa hubungannya kondisi bumi dengan kekeringan?!"

0 komentar:

Hutan Merabu yang Mendunia Berkat Dedikasi Si Kades Muda

 




Pulau Kalimantan belakangan jadi sorotan nasional. Ya, asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang lagi-lagi "gila-gilaan" memunculkan penyakit bagi para penghuninya. Kalimantan memang dikenal dengan luasnya hutan dan lahan serta kekayaab alam yang melimpah. Salah satunya Hutan Merabu di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.


Ada yang pernah dengar? 

0 komentar:

Kiprah Si Ratu Sampah Sekolah

 





Amilia Agustin, atau akrab disapa Ami adalah seorang perempuan asal Bandung yang juga alumni salah satu universitas di Bali. Ada yang unik dari perempuan ini. Sejak SMA ia mendapatkan julukan 'Ratu'. Eits bukan ratu pads umumnya, tepatnya Ratu Sampah Sekolah. 


Ya, julukan "Ratu Sampah Sekolah" didapatnya karena kepeduliannya terhadap masalah sampah dan lingkungan sejak duduk di bangku SMA. 

0 komentar: