KBA Rawajati Oase & Inspirasi Bijak Kelola Sampah `di Ibukota Jakarta

 



Kehadiran kampung asri dan berseri di tengah padatnya kota Jakarta bagaikan sebuah oase. Adalah Kampung Berseri Astra (KBA) Rawajati yang berlokasi di Pancoran, Jakarta Selatan. Apakah teman-teman ada yang pernah tahu atau bahkan mengunjunginya?

0 komentar:

Griya Luhu: Inovasi Pengelolaan Sampah Secara Digital dari Bali

 



Ada beberapa cara yang dilakukan masyarakat dalam "menyingkirkan" sampah mereka. Sebagian melakukannya dengan bijak, sebagian lainnya tidak. Contoh pengelolaan bijak adalah dengan memilah, daur ulang dan sejenisnya. Sementara yang kurang atau bahkan tidak bijak adalah membuang ke tanah terbuka hingga membakarnya. 


Padahal pengelolaan sampah pada dasarnya bukanlah keputusan suka-suka individu!

0 komentar:

#UbahPerilaku Untuk Atasi & Cegah Dampak Perubahan Iklim Bersama Climate Institute



Kapan terakhir kali hujan turun di tempat tinggal kalian? Kemarin, lusa, pekan lalu, dua minggu lalu atau bahkan sebulan lalu? 


Di daerah tempat tinggalku sendiri hiujan tersakhir turun beberapa hari lalu setelah "libur" selama berminggu-minggu lamanya. Itupun intensitasnya ringan.


Semua ini berdampak pada kekeringan. Warga di sekitar tempat tinggalku benar-benar mengalami apa yang disebut kekeringan; air menyala dengan aliran sangat kecil sehingga membuat mereka harus mmgambil air dari lokasi lain atau bahkan membeli air. Sungguh miris. 


"Ah ini mah musin kemarau biasa. Indonesia kan emang punya musim kemarau.. "


Namun.. sadarkah kalian bahwa musin kemarau kali ini tuh terasa jauh lebih lama dan menantang? 

0 komentar:

Papua Future Project: Dari Pulau Mansinam Untuk Pendidikan Papua Barat



Papua. Apa yang terbesit dalam benak kalian jika mendengar nama pulau tersebut? 

Sumber daya alam? Keindahan alamnya? Suku-suku pedalamannya? 

Selain itu semua, tak jarang kita kerap mendengar banyak sekali keterbatasan akses pendidikan di tanah Papua. Hal itu salah aatunya dikarenakan topografi pegunungan yang mengelilingi sehingga menghambat akses transportasi khususnya ke pulau-pulau di sekitarnya. 

0 komentar: