Kolaborasi Kemensos dan Kemenperin RI Untuk Para Difabel




Beberapa tahun lalu saya ingat betul bagaimana perjuangan saya melakukan riset media pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus. Dua pekan lanya keliling dari satu SLB ke SLB lain. Pemandangan anak-anak difabel sudah jadi makanan sehari-hari selama dua pekan itu...

Sebagai seorang mahasiswi jurusan pendidikan Matematika saya bertekad membantu adik-adik difabel untuk bisa merasakan cara asyik belajar matematika.

Kenapa sih tiba-tiba ngomongin tentang ini?

52 komentar:

Lima Ide Aktivitas Motorik Anak 1 Tahun dengan Monde Boromon Cookies ala Bunda Visya




Moms, masih ingat kisah seorang anak balita yang (maaf) gemar merokok? Kira-kira apa yang menjadi faktor utama kebiasaan tersebut?


Tak lain dan tak bukan adalah orangtuanya. Ya, kebiasaan orangtua yang merokok, terlihat oleh anak, masuk ke alam bawah sadar dan akhirnya ditirunya. Akibatnya kebiasaan itu melekan dan sukit terhapus. Padahal usianya masih tergolong golden moment.

64 komentar:

Yuk Terbitkan Buku Solomu dengan Lima Tips Ini



"Maaf, naskah yang Anda kirimkan tidak dapat kami proses."
"Terimakasih atas kiriman naskah Anda namin mohon maaf naskah Anda belum memenuhi kriteria kami."

Tahun 2011, saat saya masih duduk di bangku SMA, saya beranikan diri mengirim naskah buku solo saya seputar traveling ke sebuah penerbit. Beberapa bulan menunggu, email penolakan diterima. Mencoba lagi, ditolak lagi. Hingga total kurang lebih 5 penerbit menolak.


Kurang lebih setahun dalam penantian. Kini naskah itu sudah saya lupakan.

Impian menerbitkan buku solo kian jauh dan seolah hanya mimpi belaka....

30 komentar:

Mustela dan Bunda Melindungi Si Kecil Hari Ini Untuk Esok Hari




Beberapa bulan lalu, saya mendapati kulit punggung baby Ahnaf yang saat itu belum genap setahun, bersisik. Berbekal nasihat dari nenek saya, saya olesi minyak dari tukang pijat.
Setiap habis mandi saya oleskan, tapi kok ngga ngefek ya?

Ngga cuma itu, lusanya bertambah permasalahan kulitnya. Tampak bruntus merah di atas bokongnya. Hingga akhirnya beberapa hari ngga membaik, bahkan kian parah, saya putuskan ke dokter anak.

"Dok, apakah kulit bayi saya yang negitu sensitif?"
"Bu, sebenarnya kulit setiap n\bayi yang berusia di bawah setahun itu memang sensitif. Harus dijaga betul."

Dari situ saya tahu bahwa memang kulit bayi itu sensitif dan harus cermat memilih produk perawatan kulit.

18 komentar:

Ngobrol Soal Seks sama Anak, Siapa Takut? [Parenting Talk QueenRides feat SKATA]



Saat duduk di bangku SMP, ketika guru biologi saya masuk ke chapter tentang reproduksi, saya paling sebal!

"Ihh ngapain sih bahas bahas begituan? Kan jorok!"

Pola pikir ini dipengaruhi oleh pola asuh saya di rumah. Jadi, tante saya adalah seorang kaboran yang punya koleksi buku kesehatan. Tentu di dalamnya ada gambar manusia telanjang dada. Nenek saya selalu melarang saya membukanya. Intinya keluarga saya ngga pernah ngajarin soal seks pada saya, secara formal. Katanya tabu!

Sayapun ikut memganggap demikian.

20 komentar:

Ketika Finance Technology Hadir Jadi Solusi Masalah





Rasanya ibu rumah tangga tak bisa dipisahkan dari dunia sinetron. Betul? Termasuk saya. Ya walaupun ngga sampai maniak, tapi saya suka juga nonton sinetron. Meskipun isinya itu-itu aja. Paling umum tentang warga sipil dan (maaf) miskin, pinjam uang ke rentenir, ngga mampu bayar. Harta benda disita, dan seterusnya. Duh miris!

Tahu sendiri kan rentenir itu bagaikan lintah darat. Minjam ngga seberapa tapi bunganya we-o-we! Awalnya saya ngga percaya itu terjadi di dunia nyata. Masa iya ada orang sejahat itu?

Tapi pemikiran saya berubah ketika melihat fakta tetangga saya sendiri harta benda nya disita lantaran hutang pada  rentenir. Hiks!

Tentu tetangga saya punya alasan kuat kenapa akhirnya memilih meminjam uang pada rentenir.

Beberapa pekan lalu saya dengar soal finance technology alias fintech. Setahu saya itu semacam aplikasi yang dapat meminjamkan uang. Tapi saya masih kurang paham gimana-gimananya. Tapi saya kepo!

Ke-kepo-an saya terjawab!

37 komentar:

5 Momen Tak Terlupakan Bersama Bapak


Hasil gambar untuk dad and daughter illustrations
sumber: disini
"Bapak memang tak melulu ada di rumah, seperti ibu. Tapi perjuangannya tak kenal lelah.."

Di antara bapak dan ibu, jujur saja aku paling dekat dengan ibu. Sepertinya sebagian besar manusia mengalami hal demikian. Meski begitu sebagaimana anak normal pada umumnya yang menghabiskan waktu juga dengan bapak, akupun memiliki momen-momen spesial dengannya. Momen di antara jutaan momen.. Momen yang barangkali seumur hidupku tak akan terlupa.. Sbetulnya ingin menulis ini saat Hari Ayah bulan November lalu, tapi baru sempat kutulis sekarang. Semoga ngga mengurangi apa yang ingin kusampaikan..

2 komentar:

Watsons Online Store: One Stop Shopping Para Ibu yang Menguntungkan



Halo, Moms, memasuki musim penghujan seperti beberapa hari belakangan ini memang ujian banget ya. Ditambah lagi aku punya anak bayi. Mau keluar, gerimis datang tak diundang. Pakai payung? Ah iya, payung-payung rusak semua.

Soal payung ini emang urgent banget dimiliki tiap orang, terlebih para Moms. Masalahnya aku selalu bingung mau beli dimana? Mengingat payung-payungku cepat rusak semua, huhu.

Hingga suatu ketika lagi browsing online, ketemulah payung ketjeh namanya Watsons Umbrella 3 Fold In 1. Desainnya bagus, wah dijual online pula? Lagi diskon 50% pastinya. Dimana hayo kutemukan ini?

19 komentar:

5 Tips Agar Tetap Berkarya Lewat Tulisan Walau Sudah Jadi Bunda


Memasuki dunia ibu, aku banyak bertemu para ibu dengan beragam karakter dan hobi. Terlebih ketika aku gabung ke komunitas para ibu, makin beragam kenalanku, dari Sabang sampai Merauke. Paling senang tuh kalau ketemu yang sepassion: sama sama hobi nulis dan baca.

Aku orang yang ngga pernah mau berhenti berkarya. Moms sekalian tentu demikian juga kan? Jujur, aku merasa gelisah rasanya kalo ngga punya karya. Kosong. Hampa. Nah makanya sejak jadi ibu mau fokus berkarya lewat tulisan di blog. Meskipun sebemarmya hobi nulis sudahbsejak SMP, berlanjut ke SMA dan kuliah.

Ngga jarang aku dihujani pertanyaan:
"Pengen deh bisa aktif nulis juga.""Aku susah nyari idenya."

21 komentar:

Yuk Cari Tahu Tips Meraup Penghasilan dari Tulisan (Blog)


Sejak mendalami dunia mom blogger, saya makin semangat menimba ilu di dunia perblog-an. Alhamdulillah-nya info forum belajar bersliweran di depan saya, mulai dari bagaimana menciptakan tulisan kreatif, teknik fotografi hingga teknik SEO yang pernah bikin angkat tangan, wkwk.


Sabtu, 17 November 2018 saya berksempatan lagi gabung di forum belajar para blogger. Nama eventnya Viva Talk Life. Awalnya sempat batal berangkat karena si bayi jatuh Jumat sorenya. Alhamdulillah sudah sembuh pagi harinya. Eh galau lagi, jauh deh kayaknya. Karena saya berangkat dari Parung Bogor (kalo dari rumah ibu di Jakarta lebih dekat).

Emang ya, mau bekajar itu niatnya kudu gede 😂 Hingga akhirnya semua tantangan berhasil saya kalahkan #tsah.

Pukul 09.00 WIB setelah menempuh 40 km berkendara motor (diselingi istirahat) saya, suami dan si baby tiba dengan selamat di DLab Menteng, Jakarta.

Event kali ini diadakan oleh Viva bekerjasama dengan GENIEE Indonesia, dengan tema How to Monetize Your Blog. Di postingan kali ini saya akan fokus di materinya. Stay tuned!

39 komentar:

Blogger, Ketahui Ini Sebelum Bekerjasama dengan Brand



Blog, Blogger, Browsing, Computer
sumber: Pixabay
Kalau ditanya 'sejak kapan aktif ngeblog?' Sebetulnya rada-rada bingung menjawabnya. Pasalnya aku pertama kali punya blog di tahun 2009 saat duduk di bangku SMA, punya blog berdomain TLD ini sejak 2013 saat duduk di bangku kuliah dan baru kenal dunia monetizing blog sejak 2018. Nah lho, bingung apa bingung?

Yang pasti kalau ditanya, aku lebih sering menjawab 'tahun 2013'. Walaupun di saat itu aku hanya fokus ke konten. Nulis aja, ngga peduli  ada yang baca apa ngga. Ngeshare di sosmed pun sangat jarang. Ada 1-2 komen? Udah bersyukur!

Ngenes ya, haha.

19 komentar:

Dear Blogger Indonesia Tunjukkan Kemampuanmu Lewat Revu



Hujan, anak tidur, enaknya ngelamun. Eits bukan ngelamun berkhayal lho, tapi lebih ke mengingat hikmah di masa lalu. #tsaah

Ngomong-ngomong, tadi saat lagi ngelamun, saya jadi ingat awal mula saya masuk ke dunia mom blogger.

Jadi, pasca menikah, hamil lalu baru-baru melahirkan, saya galau to the max! Pengennya tetap bisa berkarya, tapi ngga ninggalin anak lama-lama. Hingga suatu kali saya hadir ke sebuah sharing session tentanh menggendong. Ketemulah sama mbak Echa.

Di saat orang lain nanya tetek bengek soal menggendong, pertanyaan saya ke beliau.
"Mbak gimana sih meyakinkan keluarga kalo profesi menulis itu biaa menghasilkan walau dari dalam rumah?"

Sst, jujur aja saya tertarik banget waktu mba Echa bilang profesinya saat ini adalah blogger. Ibarat kucing lihat ikan asin. Pengen tahu banget!

Sejak saat itu saya dapat suntikan semangat baru, hingga akhirnya bisa bergabung di beberapa komunitas blogger. Dapat job liputan disana sini. Aih senangnya!

Tapi yang namanya event ngga selalu ada setiap hari. Hingga kemudian saya hadir ke salah satu acara yang membuka mata saya.

Solusinya, REVU.

Hah, apa tuh Revu?

18 komentar:

Si Kotak Penjaga Idaman Para Bunda


Siapa sih Moms yang ngga suka dengan aktivitas belanja bulanan? Bahkan dalam sebuah buku pernikahan yang ditulis oleh seorang penulis laki-laki, istrinya selalu bahagia diajak belanja bulanan. Senyum terkembang, bibir merekah. Ternyata itu adalah kegiatan refreshing ala dirinya setelah puluhan jam berkutat di rumah nersama anak-anak.

Tak hanya istri penulis itu, sesungguhnya saya pun menganggap belanja bulanan se'magic' itu. Hehe. Kalau moms?

Hal apa yang lumrah terjadi pasca belanja bulanan? Tentunya sebbrek tentengan ya Moms. Nah suatu ketika saat tengah berbelanja di sebuah mall, dengan belanjaan segabreng, saya melihat sebuah event seru yang diadakan di mall tersebut. Tapi, mengingat saya membawa bayi, hanya berdua dengannya dan dengan belanjaan di kiri dan kanan, saya pun mengurungkan niat. Ribet, pikir saya.

Eh sampe rumah uring-uringan. Haha, dasar wanita!

Suatu kali saat lagi jalan-jalan di mall (lagi). Eits, bukan mau belanja berujung uring-uringan kayak kemarin. Justru kali ini saya menemukan sebuah SOLUSI.

38 komentar:

Apresiasi Diri ala Bunda Visya di Momen Festival Belanja Lazada11-11

Sebagai seorang bunda, saya perlu mengapresiasi atas hal-hal yang sudah saya capai.

Suatu kali saya berencana membeli sebuah barang ketika mendapatkan fee dari menulis. Sudah tahu mau belanja dimana, pokoknya sudah get ready banget!

Tapi apa yang terjadi?

Ketika uang sudah di tangan saya justru mundur teratur...

21 komentar:

Optimalisasi 1000Hari Pertama Kehidupan Ananda dengan Metode Stimulasi Montessori




Setiap orangtua mendamba yang terbaik untuk buah hatinya. Setiap orangtua mendamba buah hati yang tumbuh aktif, cerdas dan bahagia.

Jika ditanya hal pertama yang harus diketahui dan dipahami oleh para calon orangtua ketika sebuah benih tertanam di rahim orangtua perempuan, barangkali sebagian besar tidak akan terpikirkan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) ananda. Hal ini terlihat dari survei kecil yang telah saya lakukan melalui akun media sosial.

34 komentar:

Launching UDAX Indonesia: Aset Digital Untuk Perkembangan Ekonomi Digital



Jika di era 90'an hingga 2010 sebagian besar orang masih akrab dengan pembayaran tunai maka sudah sekitar 4 tahun terakhir sistem pembayaran mulai mengenalkan pembayaran cashless (non tunai). Sebut saja pembelian produk, obat dan pembayaran jasa. Semua mulai menyediakan jasa cashless, baik berupa bank transfer ataupun pembelian saldo elektronik.

Namun baru setahun terakhir industri ekonomi digital di Indonesia akrab dengan istilah blockchain.

Wah apa ya blockchain itu?

23 komentar:

Capaian Program SETAPAK 2 dalam Transformasi Tata Kelola Hutan dan Lahan di Indonesia 2015-2018



Tahukah kalian bahwa dulunya tempat kita berpijak kini adalah lahan kosong atau hutan belantara? Betul. Itu bukanlah hoax. Kemudian tmhutan tersebut 'dibersihkan' hingga akhirnya menjadi bangunan.

FYI, berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, pada tahun 2017, luas hutan di Indonesia sebesar 133.300.543 hektar. Waw! Tapi nyatanya masih banyak kebakaran hutan terjadi. Sedih..

0 komentar:

Belajar Jadi Blogger Professional di Level Up Dompet Dhuafa



Bismillahirrahmanirrahim.
Ah tak terasa setengah tahun sudah aku menjalani profesi sebagai seorang blogger. Ngomong-ngomong soal blogger menurut kalian apa sih skill utama yang harus dimiliki oleh seorang blogger?

36 komentar:

Empat Tempat Nongkrong Berkonsep Otomotif yang Unik dan Instagramable

Moms, sebagai seorang wanita tentu kita tak lepas dari dunia perkunpulan. Entah itu sekadar bertemu teman, atau bahkan arisan. Kegiatan tersebut bisa dilakukan indoor ataupun outdoor.

Salah satu tempat hangout unik yang cocok dijadikan tempat berkummpul adalah kafe. Selain berkumpul, tentu kita tak bisa lepas dari dunia 'mengabadikan momen'. Maka, tempat yang instagramable tentu menjadi pilihan kita.

Karenanya, kini banyak sekali tempat seperti kafe yang tidak hanya menyajikan menu lezat tapi juga desain interior unik. Salah satunya adalah tempat nongkrong bertema bengkel atau otomotif. Tidak hanya unik, konsep ini juga akan memberikan spot foto menarik yang instagramable.

Banyak hal menarik yang bisa ditemukan di tempat berkonsep ini. Apalagi penggunaan interior yang asli, tentu akan menjadi spot foto yang instagramable. Nah, berikut ini tempat-tempat nongkrong unik yang mengusung konsep otomotif. Apa saja ya?

0 komentar:

APM K24 Inovasi Pelayanan Obat Cepat dan Lengkap



Beberapa bulan lalu pasca imunisasi wajib, malam harinya Ahnaf demam. Dan ternyata stok kompres penurun demam habis! Duh. Bingung kan..

Beruntung bisa pesan online. Langsung diantar ke rumah.

Di hari lain saya pergi ke apotek untuk membeli beberapa obat. Tapi begitu melihat apoteknya ramai, saya sempat enggan mengantri. Eh sudah capek capek ngantri ternyata ga ada obat yang saya maksud. Untunglah saat itu di apotek tersebut menawarkan sistem delivery dari cabang lainnya yang stoknya tersedia. Saya tinggal duduk manis di rumah, obatpun diterima.

0 komentar:

Memaknai Romantisme Rumah Tangga dari Film 3 Dara 2


Sebagai seorang parenting and marriage enthusiast aku selalu tertarik pada hal-hal berkaitan dengan dunia pengasuhandan  rumah tangga. Buku yang kubaca maupun film yang kutonton ngga jauh jauh dari itu. Menurutku keduanya bermanfaat banget untuk aku dalami, secara sesuai banget dengan posisiku sebagai orangtua dan istri dari seorang suami.

Nah, beberapa hari lalu aku mendapatkan kesempatan buat nonton film 3 Dara 2. Lantas apa hubungannya film ini dengan niche-ku: marriage enthusiast. Eits tentu ada dong! Yuk simak review  no spoiler dariku. Ngga nyesel deh!

41 komentar:

Tiga Skill Utama Bagi Mom Blogger Pemula


Bismillahirrahmanirrahim..
Dear MOMbloggers! Gimana kabarnya? Malam ini udah nidurin anak? Ngapain me-timenya? Semoga everything runs well ya Moms.

Btw sudah sejak kapan kalian ngeblog? Duh, datang datang langsung nyodorin pertanyaan, hehe. Well, let me tell you. Aku pribadi masuk ke dunia tulis menulis sejak duduk di bangku SMP di tahun 2007. Saat itu udah  kenal blog, sudah punya akun blogspot tapi SELALU lupa password. Seriuously!

Alhasil ngga pernah diisi deh. Barulah di tahun 2013 aku punya blog dan berdomain. Merasa ngga mau sia-sia alhasil blog itu kuisi secara konsisten hingga hari ini.

Pengalaman ngeblog selama lima tahun ngga lantas menjadikanku sebagai professional blogger. Lha wong saat itu ngeblog baru sebatas suka suka. Suka-suka kalo mau isi ya isi, lagi malas ya kosong. Hehe. 

4 komentar:

SKM: Tak Membahayakan Asal Tahu Aturan



Beberapa tahun lalu saat saya duduk di bangku sekolah dasar, menu sarapan sehari-hari yang diberikan oleh orangtua saya berbeda dari kebanyakan anak. Biasanya anak-anak diberi makan nasi di pagi hari, saya? Cukup susu dan roti. Sekitar 20 menit saya habiskan untuk menyesap roti yang dicelup dalam susu coklat. Ah, nikmat.

Sekurang-kurangnya 6 tahun perjalanan pagi saya dilalui dengan sarapan menu itu, merek roti dan susu yang sama pula!

Hingga akhirnya masuk ke dunia SMP, saya mulai memperhatikan postur tubuh.
"Kok pahaku gemuk banget ya? Lenganku kok bergelambir sekali?"

Rasa was-was mulai melingkupi. Akhirnya saya mulai menyalahkan susu yang saya konsumsi dan bertekad berhenti meminumnya. Saya harus diet!


Perjalanan diet berjalan tanpa susu? Hasilnya, berat tubuh saya turun drastis. Saya semakin menyalahkan SKM! Semua benar-benar karena SKM saya menjadi gemuk, batin saya mencerca saat itu.

51 komentar:

Manfaat ASI & Menyusui Untuk Bayi, Ibu & Ayah




"ASI adalah hak bayi. Menyusui bukan saja kewajiban tapi juga hak seorang ibu."

Sepenggal kalimat di atas menjadi peganganku ketika masa menyusuiku telah tiba. Ya, ketika bayiku terlahir ke dunia pada 16 Juli 2017. Duh, mengingat momen itu mata jadi merembes deh Moms.

Baca: Kisah Di Balik Prestasi Terbaikku

Rasanya ingat betul, saat itu aku masih meraba-raba pengetahuanku soal ASI & menyusui. Bayangkan aja, aku baru baca-baca buku berkaitan dengan itu beberapa pekan sebelum melahirkan dan berlanjut sampai pekan pekan awal pasca pprsalinan. Telat? Better than never. Walaupun sebenarnya ngga telat-telat juga menurutku.

Hari pertama ASI ku belum keluar. Sebagai seoramg ibu baru tentu bingung. Tapi untunglah suami keukeuh bayi kami tidak untuk diberi susu formula ketika dokter anak menyarankan demikian. Olala, lesson life banget sih ini Moms, untuk pilih rumah sakit/klinik persalinan dan bidan/dokter anak/dokter kandungan yang PRO ASI!

19 komentar:

Ibu Melek Obat dengan DAGUSIBU


Beberapa pekan lalu, Ahnaf demam disertai batuk dan pilek. Sesuai beberapa artikel ilmiah yang saya baca, sebaiknya diobservasi 1-2 hari sebelum dibawa ke dokter. Tiap malam saya kompres dengan stiker kompres. Pun saya susui sesering mungkin, tapi tetap mengusahakan ada asupan makanan yang dikonsumsinya. Syukurlah, demam menurun, tapi batpil (batuk pilek) tak kunjung membaik. Keputusan selanjutnya, ia saya bawa ke dokter.

Begitu diperiksa, dokter memberi resep obat. Saya tebus tanpa bertanya lebih lanjut, pun saya berikan padanya. Soal penyimpanan? Saya taruh di bufet. Begitu Ahnaf sembuh, obatnya saya buang begitu saja. Kemasan dan isi masih menyatu. Bahkan ada juga yang saya biarkan begitu saja di tempat obat. Barangkali di lain waktu dibutuhkan, pikir saya.

Moms, siapa yang pernah mengalami hal serupa dengan saya? Anak sakit, diperiksa dokter, disuruh tebus obat ibu itu manggut-manggut saja? Berdasarkan survei mini yang saya lakukan di instastory, demikianlah jawabannya.



See, masih banyak yang menjawab YA.

Oke, tadi soal mendapatkan obat. Soal penyimpanan dan pembuangan obat, adakah Moms yang melakukan hal yang sama dengan saya? Asal simpan saja, asal buang saja (plus isi daa kemasan masih bercampur)?

Nah lagi-lagi saya melakukan survei mini dan inilah hasilnya.

24 komentar:

Review Buku Jatuh Hati pada Montessori


Bismillahirrahmanirrahim.

Alloha Moms! Welcome to my first post about #booksharinybybundavisya. Berikut informasi buku yang bakal aku sharing.

Judul Buku: Jatuh Hati pada Montessori
Pengarang: Vidya Dwina
Tahun terbit: Oktober 2017

Pertama kali mendengar kata montessori melalui buku ini. Ternyata montessori adalah sebuah metode pengasuhan anak usia dini yang ditemukan oleh dr.Maria Montessori. Berawal ketika beliau sedang bertugas di sebuah rumah sakit anak berkebutuhan khusus, beliau melihat anak anak senang sekali menyentuh atau memegang sesuatu. Nah inilah pondasi awal beliau menciptakan metode Montessori, metode pengasuhan dengan merangsang indera peraba anak (pada awalnya, kemudian ke semua indera peraba). 

17 komentar:

Program Literasi (di) Keluarga VISYANDI




Moms and Ladies, tahukah kalian bahwa tanggal 8 September diperingati sebagai World Literacy Day? Sebagian menyebutnya Hari Aksara, sebagian lagi Hari Literasi.

Begitu mendengar kata 'literasi' apa sih yang ada di benak Moms and Ladies?

55 komentar:

Jadi Bunda dan Berwirausaha (WomanTalk with Futri Zulya)



Suasana mendung, enaknya ngapain ya Bun? Ngeloning anak lanjut tidur? Menyeruput teh hangat sambil gadget-an? Pengennya sih...hehe.

Tapi siang itu meski suasana mendung, saya bersemangat datang ke sebuah tempat di daerah Kemang demi mendapatkan ilmu dan inspirasi dari seorang Futri Zulya S.Mn, M.Bus, founder Z Beauty dan Z Glow Clinic yang berlokasi di Bekasi (ongoing) dan Kemang Jakarta (soon). Ya, hari itu saya datang ke acara Woman Talk with Futri Zulya. Beliau adalah seorang pebisnis sukses dengan banyak bidang usaha, sekaligus seorang istri dan seorang ibu. Saat ini beliau tengah fokus membangun Batin Medika Indonesia/

'Siapa disini yang sudah menikah, punya anak dan berbisnis?'

Wah jawabannya lebih dari 50% mengangkat tangan, termasuk saya. Syukurlah, pilihan saya tak salah, saya hadir di forum yang sangat tepat.

Sst, let me tell you, beberapa fakta soal wanita khususnya seorang ibu ya Bun.

46 komentar:

Ide Aktivitas Montessori dan Permainan Untuk Bayi (0-6 bulan)


Dear moms! Beberapa waktu lalu salah seorang teman kuliah saya nanya
'Visya,  mainan untuk bayi itu apa ya?'.

Saya jadi terkilas balik beberapa bulan lalu saat baby Ahnaf usia 3bulanan. Saat itu saya sudah pernah deegar tentang kegiatan Montessori, tapi maish bertanya-tanyakegiatan apa sih yang cocok buat bayi? Honestly n mostly yang saya pernah baca untuk anak yang sudha bisa tektok alias paham ketika dibilangin..


Di satu sisi saya merasa sulit menemukan referensi kegiatan montessori untuk bayi di bawah satu tahun. Galau dooong... 

31 komentar:

Belajar Mendidik Anak di Era Digital Bersama SIS Bona Vista



"Gadget untuk anak bukanlah penyakit untuk dihindari. Bukan pula monster untuk ditakuti. Ia adalah 'penolong' jika orangtua mampu bersikap bijak."

Moms, siapa di antara Moms yang menghabiskan masa kecil dan remaja dengan gadget? Berikut hasil survey kecil-kecilan saya via Instastory.

38 komentar:

#BukaInspirasi Jadi Womenpreneur Sejati

saat mengikuti Womenpreneur Summit 2018
(dokumen pribadi, 2013)

Perempuan itu mandiri, meski tetap membutuhkan sosok lelaki. Perempuan itu harus kuat, karena dari rahimnya kelak lahir generasi hebat. Perempuan itu istimewa, manfaatkanlah setiap potensimu yang ada.


Tahukah kamu, bahwa Indonesia itu punya banyak wanita hebat nan inspiratif! Kalian tentu kenal dengan Martha Tilaar (Sariayu), Oki Setiana Dewi, Diajeng Lestari (Hijup), Kartika (Keke Busana)?


37 komentar:

Aku dan Birupink Bookstore: Jalan Rezeki dan Karir(ku) Lewat Anak(ku)


November 2016
Pasca dua bulan pernikahan, saya mulai memikirkan usaha apa yang bisa saya jalani. Sempat mencoba jual beli snack kemasan. Ternyata hasilnya tak terlalu menggembirakan. Lalu teringat usaha kue saya sejak SMA, Birupink Cakestory. Ya, sejak SMA saya berjualan kue buatan sendiri, hasil pengalaman kegiatan ekstrakurikuler Tata Boga semasa SMP. Wah lumayan, ada suami yang setia jadi tempat uji coba. Mulai dari batagor, roti maryam, hingga burger tortilla.


Ah, tapi lagi-lagi terbentur kemampuan marketing yang sulit, pun saat itu saya harus stay di Bogor kabupaten yang notabene masyarakatnya menengah ke bawah, kue-kue itu ngga jadi saya komersialkan. Hehe. 

Mulai lah saya galau kembali, harus usaha apa?? Di satu sisi saya juga ingin punya kesibukan..

24 komentar:

365 Hari Bersamamu Ini Faktanya


"Dear my son, it has been a year your presence in our life. Three hundreand and sixty five more days belongs to you add so much things happen.."

Ah ga kerasa setahun sudah aku menjadi seorang bunda. Meskipun bayiku belum bisa memanggilku 'Bunda' tapi kehadirannya benar-benar sudah membuatku merasakan jadi bunda. Tiga ratus enam puluh lima hari bersamamu dan ini faktanya..

19 komentar:

Jatuh Cinta Karena Montessori Haus Asia


Menjadi ibu baru tentu banyak hal baru yang dihadapi. Right, Moms? Salah satu istilah baru yang saya dapat adalah tentang Montessori. Pertama kali dengar kata Montessori sekitar bulan Oktober 2017 saat salah satu penerbit buku mempublikasikan beberapa buki baru. Maklum, tukang buku, yang diupdate buku melulu. Ada beberapa buku dengan judul Montessori yang saya lihat. Wah apa itu Montessori? Apakah sejenis kue? 

19 komentar:

Trend Fashion Baju Korea Online Paling Digandrungi Wanita




Tak hanya offline, baju Korea juga banyak tersedia secara online. Baju Korea online pun tak kalah menarik untuk dibahas. Ada banyak model baju Korea yang sebenarnya bisa dengan mudah anda temukan secara online. Saat ini memang ada banyak online shop yang menyediakan baju Korea untuk memenuhi kebutuhan anda dalam berpenampilan bak selebriti Korea. Dengan padu padan yang sesuai, penampilan Korean style anda akan terlihat semakin chic.

Model Baju Korea Online
Dengan alasan praktis, belanja secara online saat ini semakin marak dilakukan. Hal ini tak terkecuali untuk baju Korea. Anda hanya perlu mengakses online shop dan dapatkan baju Korea pilihan anda. Untuk modelnya, berikut kami bagikan beberapa model baju Korea yang banyak ditawarkan secara online.

1 komentar:

Tips Memilih Blazer Wanita Formal yang Trendy dan Nyaman




Blazer menjadi salah satu item fashion yang cocok untuk bergaya formal. Blazer wanita formal itu sendiri bisa digunakan untuk pergi ke kantor maupun menghadiri acara formal dan semi formal. Hanya saja, tidak semua model blazer memberi kesan formal. Untuk itu, anda harus cermat dalam memilih model blazer dalam berpenampilan formal. Salah-salah anda bisa dianggap salah kostum atau kurang menarik. Dengan pilihan blazer yang tepat, penampilan anda tak hanya terkesan formal saja, melainkan juga lebih cantik dan menarik.

Untuk anda yang merasa bingung dalam memilih blazer formal, ada baiknya anda simak beberapa tips memilih blazer formal wanita yang kami bagikan dibawah ini.

0 komentar:

Prinsip Pengasuhan Anak Ala #KeluargaKita




Setiap individu memiliki peluang menjadi orangtua, terlepas karena keinginannya maupun 'keterpaksaan'. Di era millenial seperti saat ini, sudah bukan hal yang sulit belajar ilmu parenting atau pengasuhan. Lihat saja, banyaknya kelas online pengasuhan, e-book yang dibagikan gratis hingga seminar parenting bertebaran di mana-mana. 

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam memulai pengasuhan adalah PRINSIP. Di awal pernikahan saya dan suami mulai merancang prinsip pengasuhan ala kami. Prinsip pengasuhan sejatinya berisi karakter bawaan anak (INPUT), tentang apa yang ingin dicapai (OUTPUT) dan proses di tengah jalan (PROCCESS). Memang apa pentingnya prinsip pengasuhan?

53 komentar:

Giveaway Berbagi Ilmu


Alhamdulillah Birupink Bookstore akan menyelesaikan tahun pertamanya. That's why Bipi mau ngadain GIVEAWAY utk para customers. Judulnya GIVEAWAY BERBAGI ILMU karena yg dipost sesuatu berbobot. Penasaran? Yuk lanjut 

1. Wajib follow @birupinkstore n  @birupinkhijab
2. Review buku favoritmu bertema pendidikan atau parenting dan posting di akun IGmu. Supaya byk org yg dapat ilmunya atau penasaran ingin baca juga. Semakin banyak postingan review-mu, semakin besar kesempatan menang.
3. Tag @birupinkstore dan min. 5 org temanmu. Sertakan hashtag #giveawaybirupinkbookstore #birupinkberbagi
4. Spam likes & active comments postingan akan menambah poin
5. Akan dipilih 3 org pemenang, mendapatkan buku dan hijab @birupinkhijab. Penilaian tanpa aplikasi, pure dari tim BiPi.
GA berlangsung dari 7-17 Juli 2018. Pengumuman insya Allah 19 Juli 2018

Belum punya koleksi buku dari BiPi? Cuusss langsung order. Klik link on bio utk order ataupun tanya2 ya! 

Kapan lagi berbagi ilmu lewat buku sekaligus berkesempatan dapat buku dan produk gratis dari kami? Segeraaa!

0 komentar:

Sweet Spicy Nugget: Sajian Simple Sedap ala Millenials Mom

sumber: dokumen pribadi


Sebagai ibu era millenials, kita harus punya segudang kreasi dan inovasi untuk membuat beragam olahan, supaya anak tak jenuh. Kalo saya pribadi, walau anak masih MPASI tapi tetap harus kreatif. Resep simple tapi cocok di lidah (suami) jadi andalan saya.

Bicara soal simple, sebagian besar anak jaman now tentunya suka dengan olahan daging ayam berupa nugget. Saya sendiripun (sangat) menyukainya, meski saat ini frekuensi makannya tak sesering saat masih kecil. Hehe.

6 komentar:

Penerapan Sekolah Ramah Anak: Dari Tawuran, Jadi Persahabatan

sumber: shutterstock

Sekolah adalah rumah kedua bagi seorang anak. Bayangkan, setidaknya 4-8 jam dihabiskan anak di sekolah. Tentu tergantung dari grade anak. Semakin tunggi kelasnya, semakin banyak waktu yang dihabiskan di sekolah. Maka sudah selayaknya sekolah menjadi tempat yang menyenangkan bagi anak. 

Tapi nyatanya di Indonesia masih banyak anak merasa "Sekolahku Nerakaku". Mengapa? Tentu ada banyak sebab di baliknya. Salah satunya adalah senioritas di sekolah, khususnya SMP-SMA. 

Untuk itulah muncul istilah Sekolah Ramah Anak. Apa itu Sekolah Ramah Anak?

33 komentar:

Probiotik Makanan Untuk Saluran Cerna

credit to @amalliasarah

Dear Moms. Momen puasa Ramadhan dan Idul Fitri sudah kita lewati, tentunya menyisakan banyak hal. Selama bulan puasa, jujur saja saya mengalami sembelit. Adakah moms disini yang merasakan sembelit atau gangguan saluran cerna lainnya?

Tak mengherankan ya Moms, secara puasa identik dengan "berhentinya" proses metabolisme makanan di dalam tubuh kita khususnya saluran cerna. Padahal 80% dari sistem imun terletak di saluran cerna. Oleh karenanya saluran cerna juga butuh diberi makan. Nah lho, maksudnya gimana ya, Moms?

16 komentar:

Perkembangan Bayi 3 Bulan





Memiliki bayi merupakan suatu anugerah tersendiri. Bayi, baik itu yang berada dalam kandungan, maupun yang sudah lahir akan terus mengalami pertumbuhan seiring bertambahnya usia dari hari ke hari. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai pertumbuhan apa saja yang terjadi pada perkembangan bayi 3 bulan. Untuk anda para calon ibu ataupun ibu yang sedang ataupun akan memiliki bayi yang berusia 3 bulan wajib untuk mengetahuinya. Mengetahui pertumbuhan yang terjadi pada bayi kita akan bermanfaat untuk kita dalam merawatnya. Apalagi, dengan usianya yang menginjak 3 bulan, maka fisik bayi sudah mulai besar dan sangat menggemaskan. Selengkapnya berikut ini pertumbuhan apa saja yang terjadi dalam tahap kembang bayi usia 3 bulan.

0 komentar:

Mengenal Apakah Itu Plasenta Previa




Mom, ada kondisi selama masa kehamilan yang perlu Mom semua waspadai, yaitu Plasenta Previa. Ini merupakan istilah untuk kondisi plasenta letak rendah yang mana sebagian atau seluruh plasenta menutupi mulut rahim. Ari-ari janin atau plasenta terbentuk dan menempel pada dinding rahim ibu hamil. Inilah yang berfungsi untuk menyalurkan oksigen dan nutrisi untuk bayi yang terhubung dengan bayi melalui tali pusar. Selama masa kehamilan, rahim ibu hamil akan terus berkembang dan plasenta akan melebar, namun apabila letaknya berada di bawah rahim yang mendekati serviks, plasenta ini akan menutupi sebagian atau seluruh jalan lahir sang bayi. Bila mengalami kondisi seperti ini, maka ini perlu diwaspadai sebab dapat membahayakan jiwa ibu dan bayi dalam kandungan. Info selengkapnya dapat disimak di bawah ini.

0 komentar:

TTS: Ide Rebranding Koperasi Ala Generasi Millenials

sumber: shutterstock

"Generasi millenials bukanlah mereka yang sekedar punya gadget terkini, namun mereka yang peduli pada kondisi bangsanya saat ini."
@visyabiru_

Prolog
Koperasi merupakan soko guru perekonomian Indonesia. Di era dulu mungkin ketenarannya belum terlalu terlihat, namun di era kini ia sudah jauh lebih dikenal. Secara umum fungsi koperasi antara lain meningkatkan perekonomian anggota dan masyarakat, meningkatkan kualitas hidup anggota, memperkuat perekonomian nasional dan menumbuhkan jiwa sosial/berorganisasi pada diri anggotanya. Peran koperasi amat penting apalagi di desa-desa. Contoh nyatanya petani dapat menyimpan hasil panen di koperasi yang kemudian ditukar dengan rupiah. Contoh lainnya yaitu fungsi pinjaman bagi anggotanya yang membutuhkan. 

Lantas apa yang membedakan koperasi dengan badan perekonomian negara lainnya?


20 komentar:

Penerapan Sekolah Ramah Anak: Dari Tawuran, Jadi Persahabatan

Sekolah adalah rumah kedua bagi seorang anak. Bayangkan, setidaknya 4-8 jam dihabiskan anak di sekolah. Tentu tergantung dari grade anak. Semakin tunggi kelasnya, semakin banyak qaktu yang dihabiskan di sekolah. Maka sudah selayaknya sekolah menajdi tempat yang menyenangkan bagi anak. 

Tapi nyatanya di Indonesia masih banyak anak merasa "Sekolahku Nerakaku". Mengapa? Tentu ada banyak sebab di baliknya. Salah satunya adalah aenioritas di sekolah, khususnya SMP-SMA. 

Untuk itulah muncul istilah Sekolah Ramah Anak. Apa itu Sekolah Ramah Anak?

Yakni sekolah yang memperhatikan kebutuhan anak/siswa, tanpa menimbulkan kecemasan daa ketakutan pada diri siswa. Kali ini saya mau berbagi pengalaman seorang kepala sekolah yang menerapkan Seklah Ramah Anak di sekolahnya. Beliau adalah Ibu Ratna Budiarti yang kini menjabat Kepala sebuah SMA di Jakarta. 

Berawa pada tahun 2014 saat masih menjadi kepala SMA 29 Jakarta beliau bersmaa komponen gurh dan orangtua menjamah wilayah 'hitam' yakni tempat sering terjadinya perundungan (bullying) hingga akhirnya terwujud sekolah Ramah Anak. Prestasi itu membuat SMA 29 dikunjungi menteri pendidikan dari negara lain.

Kemudian pada 2015, beliau dimutasi ke SMA lain yang terkenal penuh konflik dan berita negatif. Bagaimana tidak? Sebelumnya setidaknya 4 kepsek dimutasi. Beragam kasus hadir seperti munculnya peraturan kakak kelas yang melarang para junior menikmati fasilitas tertentu, bahkan hingga aksi kekerasan. Orangtua umumnya tidak tahu, karena anak tak berani melapor. Kalaupun ada orangtua yang tahu, kebanyakan mereka memilih bungkam karena ingin anaknya tetap bersekolah di SMA unggulan tersebut.

Beliau berpikir, tugas utamanya adalah MEMUTUS mata rantai senioritas. Lantas apa yang dilakukan pertama kali? Membuat deklarasi bersama semua pihak yang terdiri dari guru, staf/karyawan dan orangtua murid untuk melawan perundungan.

0 komentar:

Sentuhan Cinta dari Jemari Ibu


Dear moms, apa yang para moms rasakan begitu si kecil terlahir di dunia? Bahagia, tentu. Rasanya ingin terus memeluk dan menyentuhnya ya? Tahukah Moms, bayi yang disentuh secara rutin melakukan kontak mata 50% lebih banyak dan menunjukkan ekspresi positif tiga kali lebih banyak, dibandingkan bayi lainnya (johnson.id). Lantas bagaimana cara memberikan sentuhan yang penuh cinta itu? 

29 komentar:

Tips Pergi I'tikaf Bersama Bayi


0 komentar:

Tips Pergi I'tikaf Bagi Ibu Hamil


Dear moms, Ramadhan sudah masuk malam ke-22. Itu artinya 10 hari tersisa. Sedih, ngga terasa ya, moms. Tapi insya Allah kita masih bisa memanfaatkannya dengan beribadah lebih ditambah i'tikaf di 10 hari terakhir ini.

Tahun lalu ketika lagi hamil besar, alhamdulillah aku mampu melakukan i'tikaf di masjid dekat rumah. Masjidnya enak deh, moms. Ramai dengan para i'tikaf-ers juga. Well di postingan ini aku mau berbagi tips pergi i'tikaf khususnya bagi ibu hamil. Have a nice reading, moms!

4 komentar:

Layout Menarik Bikin Blog Cantik dan Pageviews Naik

Pemaparan dari perwakilan CNI
sumber: dokumen pribadi

Dear bloggers. Bagaimana harimu? Sudah menulis berapa buku #eh halaman hari ini? Sudah membaca berapa buku ahri ini? Ngomong ngomong soal buku, ada yang tau persamaan penulis buku dengan bloggers? 
"Sama-sama nulis."
Yap, tentunya. Tapi, kalo bedanya penulis buku dengan bloggers? Anyone knows?
Yang jelas, seorang bloggers HARUS multitalented. Maksudnya apa ya?

8 komentar:

Sekolah Literasi Indonesia: Sarana Penyaluran Zakat untuk Pendidikan Masyarakat Marginal



Di bulan Maret 2015 sekelompok mahasiswa dari Sulawesi melaksanakan Ekspedisi Pendidikan ke pulau Sebatik, Kalimantan Utara. Mereka adalah kawan-kawan saya. Berbeda asal saya dari Jawa, mereka Sulaeesi namun memiliki ketertarikan yang sama pada pendidikan. Di akhir program ekspedisi, barulah mereka menemukan sebuah tempat. Sekolah Tapal Batas, namanya.
Apa itu? Baru dengar...

41 komentar: