Menjadi Lansia SMART dan Tangguh




"Tolong cariin kacamata mbah, kayaknya tadi ada di tas,  kok sekarang ngga ada?" pinta nenek saya suatu kali.

Keesokan harinya,  "Lah kacamataku kok hilang lagi ya?"

Kejadian-kejadian itu membuatku berkesimpulan bahwa semakin usia semakin mudah pelupa. Tapi, ternyata aku sendiri juga pelupa,  meski usia masih 20-an tahun.

Benarkah sifat pikun hanya dimiliki lansia? Benarkah pikun itu sebuah kemutlakan bagi seorang lansia?

29 komentar:

Tips dan Trik Belajar Infografis Bagi Pemula



Di bangku kuliah aku sempat merintis komunitas Blogger UNJ bersama salah seorang temanku. Sejak itu aku ngeh bahwa yang namanya blogger bukan hanya harus bisa nulis,  tapi juga desain. Setidaknya basic design. Tapi masalah desain aku rada kurang-kurang, that's why aku hadir di pelatihan infografis yang diadakan ISB dan CNI.

Kegiatan  ini bertempat di VROffices, Jakarta Selatan. VROffices adalah sebuah coworking space.  Yes, tempat ini cocok banget buat para freelancer maupun tim.  Ngga hanya itu,  VROffices biasa digunakan untuk tempat meeting,  seminar,  dan lain-lain.

Jujur aja,  saya terkesan dengan desain interiornya yang kece dan pastinya instagramable. Ngga percaya?  Nih lihat foto-fotonya.

18 komentar:

Kombinasi Imunisasi Lengkap dan Nutrisi Seimbang Untuk Generasi Sehat


Disuntik? NGGA MAU!

Sewaktu duduk di bangku SD saya paling ANTI pati sama yang namanya kegiatan vaksinasi. Saya pernah kabur ke masjid sekolah demi menghindari para petugas medis 's mengerikan' itu. Tentu saja karena saya belum paham dan belum pernah diberitahu manfaat dari imunisasi.

Ternyata begitupun dengan anak saya. Menjalani serangkaian kegiatan imunisasi, cukup membekas di otaknya. 

"Icham habis disuntik? Mana yang sakit?
"Nnih." ia menunjuk ke tangannya.


Untunglah saya tetap memperjuangkan imunisasi dasar lengkap walau saya ngga paham-paham banget manfaatnya.  Duh ketahuan ikit-ikutan. di usia 1.5 tahun kini, Icham sudah lulus imunisasi.  Tinggal imunisasi pengulangan saat SD nanti. Bagiku imunisasi adl salah satu ikhtiar menjaga anak dr beragam penyakit menular dan mematikan.

Eits tapi saya ngga nyesel!  Ternyata ikut-ikutan saya bermanfaat lho.  Ini baru saya sadari ketika hadir di acara tempo hari.

20 komentar:

Lima Cara Berbagi yang Bikin Happy ala Millenial Digital




"Lihat, gara-gara kamu suka sedekah,  kita jadi miskin!"
" Untuk apa sih ngasih ini itu ke dia,  toh ngga ada untungnya buat kamu!"
"Alah,  udah miskin,  sok-sok-an ngasih ke orang lain pula!"

32 komentar:

Jadikan Kelebihanmu Pancarkan Kecantikanmu dengan Tiga Tips Ini



"Kamu cantik,  cantik,  cantik.. Dari hatimu."

Ladies, ada yang ingat lirik lagu itu? Yes, kutipan lagu dari sebuah girlband Indonesia,  berusaha menguatkan para wanita Indonesia untuk tampil PE-DE.  Tapi nyatanya,  masih banyak di antara mereka yang ngga pede sama penampilan sendiri.  Salah satunya.. Aku (YANG DULU).


Semasa SMP aku mulai awal dengan penampilan fisik. Lemak di lengan, perut dan paha sungguh menjadi beban bagiku. Aku selalu iri sama mereka yang punya wajah cantik,  badan langsing.  Apalah aku~

But life moves. Beranjak ke masa SMA lalu dunia kampus,  aku udah ngga lagi peduli soal penampilan fisik karena merasa semua sudah dilindungi hijab.  Tapi rupanya itu semua justru bikin aku makin ngga menjaga diri. Ngga tahu perawatan tubuh.  Duh!

19 komentar:

HELP Apps Solusi Urusan Rumah Tangga Tiada Henti


Suatu hari, ketika saya lagi 'diungsikan'  di rumah orangtua lantaran suami sedang dinas,  mesin pompa di rumah MATI. It means, aliran air terhenti,. Padahal yang namanya punya toodler, aliran air bersih sangat diperlukan; buat cebok, mandi, dan lain-lain.

Masalah lainnya muncul. Tukang air langganan keluarga kami ternyata lagi full job sampai minggu depan!  Ngga mungkin dong nungguin selama itu tanpa air? Minta air tetangga? Ya kali seminggu minta air 😅

16 komentar:

Sembilan Fakta Tentang Palu Pra dan Pasca Tsunami




Semasa kecil,  bagiku Indonesia hanyalah Jakarta. Beranjak remaja,  bagiku Indonesia adalah pulau Jawa. Mana pernah terbayangkan dalam benak Indonesia itu ada pulau-pulau lainnya? Tapi qadarallah semua berubah ketika aku memasuki dunia perkuliahan.

 I was out of my comfy zone. Ya,  aku berkenalan dengan banyak orang di luar sana. Kakiku mulai menginjakkan lebih banyak daerah di pulau Jawa bahkan luar Jawa.  Salah satunya kota Palu.

Takdir Allah membawakan kembali ke kota ini dalam kondisi berbeda. Baru saja kemarin aku pulang dari kota ini. Rasanya ingin kurangkum sekelumit cerita tentang Palu,  khususnya bagi kalian yang belum pernah datang ke kota ini 

29 komentar: