Ads 468x60px

Senin, 30 Juli 2018

Jatuh Cinta Karena Montessori Haus Asia


Menjadi ibu baru tentu banyak hal baru yang dihadapi. Right, Moms? Salah satu istilah baru yang saya dapat adalah tentang Montessori. Pertama kali dengar kata Montessori sekitar bulan Oktober 2017 saat salah satu penerbit buku mempublikasikan beberapa buki baru. Maklum, tukang buku, yang diupdate buku melulu. Ada beberapa buku dengan judul Montessori yang saya lihat. Wah apa itu Montessori? Apakah sejenis kue? 

Ternyata bukan, Moms, montessori bukan sejenis kue atau makanan lainnya. Montessori adalah sebuah metode pengasuhan anak usia dini yang ditemukan oleh Maria Montessori. Kalau mendengar kata pengasuhan anak usia dini apa yang ada dalam pikiran moms? PAUD? Yes, sama. Tapi ternyata pengasuhan anak usia dini bukan soal belajar formal di kelas lho, moms. Not at all. Nah montessori ini menjawab semuanya.

Hari Minggu tanggal 22 Juli 2018 kemarin saya berkesempatan mengikuti workshop Montessori yang diadakan oleh Montessori Haus Asia di Cowork Green House, Jakarta. Dari event ini saya jadi tau banyak tentang montessori. Sebelum dimulai, kami menikmati ayam gepuk yang enaknya kebangetan. Itu lho, ayam gepuk Mpo Oneng. Ada juga Granula Healthy Food Partner yang oke banget dikonsumsi bareng susu. Oke, perut kenyang, siap menerima materi. Eh tunggu, tunggu, moms disini belum tau tentang Montessori Haus Asia?
Let me tell you.

Montessori Haus Asia adalah sebuah wadah belajar tentang montessori. Montessori Haus Asia memiliki serangkaian paket yang lengkap untuk para guru, orang tua, sekolah atau pengusaha yang tertarik untuk menerapkan Metodologi Montessori di sekolah mereka lho, moms! Ada program diploma in early children education and entrepreneurship selama 208 jam, ada juga workshop selama 25 jam. Tak hanya itu, Montessori Haus Asia juga memfasilitasi mereka yang ingin mendirikan sekolah Montessori di kota lokal mereka dan berbagai macam awal tahun dan program pelatihan guru Montessori. Wah saya sih dukung banget berdirinya sekolah berbasis montessori.

Metode belajar di Montessori Haus Asia ini tentunya bisa membuat orangtua bergairah dan tertarik untuk belajar Montessori. Hashtag yang diusung yaitu Montessori MadeSimple bukan cuma pembelajarannya yang simple tapi charge nya juga terjangkau lho, moms!

FYI, Montessori Haus Asia ini didirikan di Singapore didirikan oleh Mr. Allan Ang untuk membuat dan mengadvokasi lingkungan belajar Montessori. Hebatnya lagi, Montessori Haus Asia telah menjalin kemitraan strategis dengan Indonesia dan memiliki ahli Montessori yang handal. Wuih!

Miss Rosalynn adalah pendiri PT Montessori Haus Asia Indonesia pada tahun 2017. Dalam kurun waktu HANYA 4 bulan, telah berdiri 3 pusat pelatihan dan memiliki banyak kemitraan di seluruh nusantara.

Beberapa poin dalam Montessori Haus Asia antara lain:
1. Semangat untuk mengubah kehidupan melalui pendidikan berkualitas
2. Kerja tim adalah kunci pertumbuhan
3. Kerja keras adalah dasar kesuksesan
4. Inovasi dan kepemilikan individu didorong dan dihargai komitmen terhadap penelitian dan pengembangan
5. Kepuasan dan kesuksesan mitra sangat penting.

credit to MBC

Sebagai intromezzo  di awal ada sharing tentang apa itu montessori oleh Mr. Allan. Selain itu Ms. Rosallyn menyampaikan lebih jauh tentang montessori. Ternyata ada lima area dalam pembelajaran montessori. Apa saja ya?
- Practical Life, berkaitan dengan aktivitas dalam kehidupan sehari hari. Contohnya, memasang kancing, memutar keran, dll.
- Sensorial, berhubungan dengan indera seperti penglihatan (visual), peraba (motorik). Contohnya, meraba benda-benda beragam tekstur, bermain tepung, dll.
- Mathematics, berkaitan dengan angka-angka dan simbol matematika. Contohnya, berhitung dengan kartu atau media lainnya.
- Language, berhubungan dengan kemampuan berbahasa. 
- Culture, berkaitan dengan pengetahuan umum mengenai budaya.

Tidak ada aturan khusus atau tahapan mutlak yang harus dilakukan. Moms dibebaskan untuk memulai dari tahap mana. Untuk baby Ahnaf masih dalam tahap sensory. Sejak usia 6 bulan ia sudah saya ajak melakukan sensory play seperti meraba sensory board yang saya buat sendiri, bermain tepung dan cat air, dll. Beberapa kegiatan sensory play sudah saya praktikkan bersamanya. Lebih lengkapnya ada disini.

Selanjutnya Miss Rosalynn mendemokan beberapa kegiatan montessori berbasis matematika. Wuih saya banget ini!
credit to MBC

Tak hanya satu arah, beliau juga mengajak para peserta untuk aktif dalam kegiatan. Seru banget deh!

Sekitar pukul 15.30 sesi workshop pun berakhir. Saya mau berterimakasih dulu untuk para sponsor yang sudah mewujudkan mimpi saya belajar montessori walau hanya beberapa jam. Terimakasih, Interlac, Ayam Gepuk Mpo Oneng dan Granula Healthy Food Partner!

FYI, tentang Interlac ini saya udah tau dari beberapa bulan lalu. Sebuah brand produk untuk menjaga kesehatan pencernaan. Mulai dari usia 0 bulan hingga dewasa. Kemasannya juga disesuaikan dengan usia. Contohnya, untuk bayi berupa drops (tetes), untuk balita berupa permen kunyah dan untuk dewasa berupa tablet.
credit to MBC


Sst.. sebelum mengikuti mini workshop ini saya sempat menjaring pendapat para netizen tentang pengetahuan dan ketertarikan mereka terhadap Montessori. Hasilnya?
credit to @visyabiru_

Sebanyak 45% responden menjawab ya untuk pertanyaan "Apakah kamu pernah mendengar tentang Montessori?". It means, masih banyak yang belum tau tentang Montessori.

credit to @visyabiru_

Dan ternyata sebanyak 91% netizen tertarik untuk tahu lebih dalam tentang Montessori. MHA jadi wadah yang tepat banget buat belajar lho! Tak hanya offline, di sosial media nya setiap pukul 17.30 ada live instagram rutin tentang salah satu kegiatan Montessori.  Moms bisa stay tune di @montessorihausasia.

Dari event Montessori Made Simple, saya dapat oleh-oleh Trial Box dari Game Montessori. Ah, thank you so much! Isinya media pembelajaran montessori berupa kacang hijau, kapas dan beberapa kartu. Saya praktikkan proses memindahkan kacang dari satu wadah ke wadah lainnya. Respon baby Ahnaf? Diacak-acakin 😆
Unboxing!!
Yuk lihat video main main bunda n Ahnaf :D


Well meskipun si baby belum bisa meniru apa yang saya ajarkan tapi at least dia melihat apa yang saya lakukan.
Believe that every children imitates by what they see.

Ah rasanya saya benar-benar jatuh cinta pada momtessori! 😍

Oh ya, seperti yang saya paparkan di atas, ada beberapa program degree maupun non-degree di MHA. Kalo saya sih tertarik dengan program diplomanya. Kenapa?
Pertama, saya punya anak usia balita yang bisa dijadikan teman praktik langsung montessori. Kedua, major kuliah saya Pendidikan Matematika yang menurut saya pas banget sebagai basic belajar Montessori. Ketiga, tentunya saya pengen banget mengenalkan montessori pada khalayak ramai yang umumnya belum tahu tentang montessori (based on my data above). Doakan ya semoga ada rezeki untuk kuliah Montessori. :)

Terimakasih kepada;
@GameMontessori @mombloggercommunity
@montessorihausasia
@interlacprobiotics
@kamoemontessori
@letthefunbegun
@toru.id
@joyandsmart_toys
@makkeik
@ayamgepukmpooneng
@healthy.food.partner

#gamemontessori #Healthyfoodpartner
#interlacprobiotics
#probiotics
#probiotik
#ayamgepukmpooneng
#ayamgepukbsd
#ayamgepukpamulang
#ayamgepuk
#Montessoriforeveryone
#MontessoriMadeSimple
#BelajarBerbagiBerkarya
#MomBloggerCommunity

        

19 comments:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Program terbaru yang memang baru saya ketahui setelah membaca ulasan beberapa teman mengenai metode ini. Apalagi ada tempat pelatihannya, jadi ibu muda yang pengen tahu dan belajar bisa datang langsung kesana buat belajar

    BalasHapus
  3. Anak-anak saya udah mulai remaja. Tetapi, kadang-kadang saya tetap tertarik dengan konsep ini. Masih punya beberapa keponakan kecil. Siapa tau nanti saya bisa kasih tau info tentang ini

    BalasHapus
  4. Pendidikan berkualitas untuk anak memang penting banget apalagi dengan metode yang disesuaikan dengan USIA anak 😊

    BalasHapus
  5. Seru kalau bisa belajar lebih banyak ttg Montessori ya mbak. Kalau guru2 yg ngajar anak usia dini atau sekolah dasar belajar Montessori jg mungkin pendidikan dasar kita akan lbh baik lg kali ya...

    BalasHapus
  6. Wah beruntungnya bisa ikut kegiatan ini ya Bun. Banyak ilmunya. Sayangnya saya ga bisa dateng. Padahal udah pengen banget

    BalasHapus
  7. Montessori ni jadi cara asyik buat ngajarin calistung ke anak usia balita. Soalnya metodenya kayak mainan.

    BalasHapus
  8. Metode belajar yang kreatif sebenarnya. Anak bisa mengeksplor lebih dalam selama belajar.

    BalasHapus
  9. wahhh baru tau ada kuliahnya ya buat belajar montesensori.. kbetulan aku juga suka begini soalnya anak juga enjoy

    BalasHapus
  10. Pas banget mbak sama pendidikannya. Bisa untuk membuka bimbel atau kursus nantinya. Karena Montessori ini sedang mulai dikenalkan yah kepada masyarakat

    BalasHapus
  11. pengin ikut workshopnya
    menarik banget sepertinya
    wah ternyata ada fasilitasi tuk dirikan sekolah lokal ya
    hmm..moga di kota saya ada nanti

    BalasHapus
  12. Heihooo, visya teman dudukku, juragan buku montessori kesayanganku. Muahahaha. Emang seru banget yah acara kemarin, berfaedah!

    BalasHapus
  13. Aku juga jatuh cinta mba sama montessori. Sayangnya gak kenal sejak dulu waktu krucils kecil.

    BalasHapus
  14. Anak dan bunda adalah tempat yang pas buat belajar bersama dan menciptakan suasana bermain yang nyaman

    BalasHapus
  15. Believe that every children imitates by what they see... Ah that words! Thanks for sharing ya mom.. Jadi dapat banyak insight baru nih.

    BalasHapus
  16. Menarik sekali metode montessori ini bikin saya ingin ngajarin ke anak2 juga. Tapi benar2 harus luangkan waktu ya.

    BalasHapus
  17. Wah baby Ahnaf baru 6 bulan ya mba, pas banget diajarkan dengan metode montessori yg penerapannya sedini mungkin.

    BalasHapus
  18. Whuaa seru ya metode belajar montessori, apalagi di.montessori haus asia bikin anak gak berasa kalau sedang belajar.

    BalasHapus
  19. Iyaa ternyata banyak yang belum tau soal Montessori yaaa, pas banget kemarin kita belajar itu hehe.

    BalasHapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!