Belajar dan Bersenang-senang di Field Trip Online Medikids Kemang

 

medikids


Genap sembilan bulan pandemi terjadi. Banyak hal yang berubah dan dialami, rasa-rasanya, semua orang di dunia. Mulai dari sisi ekonomi, sosial hingga pendidikan. Anak-anak mulai bertanya,
"Kapan aku bisa sekolah lagi, Ma?"
"Kapan bisa ketemu teman, Bun?"
"Kapan bisa field trip lagi, Ummi?"

Meskipun anakku, Abrisham, sekolahnya masih di rumah saja bersama Bunda tapi kami sebagai orangtua sudah memberikan pemahaman padanya soal keadaan saat ini dengan bahasa yang mudah dipahami.

Upaya Menjaga Kesehatan Keluarga
Selama pandemi ini pula aku lebih aware soal kesehatan keluarga, baik itu yang berhubungan dengan kepala ke bawah (tubuh) maupun di sekitar kepala; area mulut & gigi, rambut, telinga dan lain sebagainya. Apalagi ibu yang katanya manager keuangan menyambi manager kesehatan keluarga, mau ngga mau harus lebih peka soal kesehatan keluarga terutama anak.

Akhirnya aku dan suami bersepakat apa-apa saja yang kita lakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Upaya yang kami lakukan antara lain:

1. Bergerak Aktif dengan Ragam Kegiatan
Tubuh butuh bergerak agar bisa bekerja dengan normal. Maraknya kegiatan olahraga yang mulai up kembali seperti cycling bisa jadi indikator masyarakat semakin aware soal bergerak aktif. Di keluarga kami yang notabene punya balita, bergerak aktif ngga terbatas pada olahraga formal, tapi juga dengan cara yang fun seperti lomba lari, bermain lompat-lompatan.

2. Memperbanyak Konsumsi Buah & Sayur
Beruntung keluarga kami adalah pecinta buah dan sayur apalagi buah. Hal ini juga ditunjang dengan turunnya harga buah di pasaran yang then unya semakin terjangkau kocek :D

3. Konsumsi Multivitamin
Jika sebelum pandemi, konsumsi multivitamin kami galakkan untuk Abrisham saja, sekarang? Semua anggota "wajib" mengkonsumsinya. Eits bagi kami, multivitamin ini bukan pengganti sumber gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral dan lain sebagainya. Multivitamin bagi kami adalah penunjang.

4. Rutin Menyikat Gigi di Dua Waktu
Soal kesehatan gigi ngga bisa dianggap remeh. Ya sekalipun ada lirik lagu bilang "lebih baik sakit gigi daripada sakit hati" tapi tetap saua skait gigi suakitnya poll! Jadu lebih baik ngga sakit keduanya, hehe. Untuk itu kami terbiasa menyikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur. Harusnya diiringi juga dengan melakukan pemeriksaan gigi per enam bulan sekali.

Upaya di atas bukan tanpa hambatan. Ada kalanya Abrisham melakukan aksi GTM hingga menolak menyikat gigi! Kami sebagai orangtua harus punya 1001 trik dan solusi. Salah satu yang paling ampuh adalah mengiming-iminginya kegiatan yang disukainya; main ke alam.

Jalan-jalan Virtual Ke Medikids Kemang
Bicara soal merawat gigi, jadi ingat Klinik Medikids. Medikids ini sudah ngga asing olehku. Medikids berada di bawah naungan Mulia Health Dental Care (MHDC). Pertama kali berkunjung ke Medikids di tahun 2019 lalu ini aku dibuat berdecak kagum. Soalnya benar-benar ngga kelihatan kayak di dokter gigi, melainkan di playground gitu. 
Medikids
Pengalaman Berkunjung ke Medikids pada 2019
(sumber: dokumen pribadi)

Ada beberapa cabang Medikids di Jabodetabek. Salah satunya Medikids Kemang yang berdiri pada Januari 2017. Medikids Kemang terdiri dari dua lantai. Di lantai satu terdapat loket tiket (front desk), boarding gate (ruang tunggu),Medikids Play Hospital dan dua area untuk berfoto dengan miniatur Captain Medi, ikon khas Medikids.

Dilengkapi dengan fasilitas Medikids Play Hospital, anak dapat belajar dan merasakan keseruan untuk menjadi dokter gigi serta tenaga medis lainnya lho!

Loket Tiket (Front Desk)
Medikids Play Hospital Tampak Luar
(sumber: Medikids Kemang)



Medikids Play Hospital Tampak Dalam
(sumber: Medikids Kemang)

Interior Medikids mengusung tema Around the World. Ternyata semua itu dibuat untuk memberikan sensasi berkeliling dunia bagi anak, sebuah pengalaman baru untuknya. Juga supaya anak tidak keburu takut sebelum berhadapan dengan dokter gigi dan menghapus stigma bahwa "dokter (gigi) itu seram". 

Sementara di lantai dua terdapat ruang periksa yang diberi nama dengan nama negara seperti Japan, Africa, Paris dan London. Fasilitas di dalamnya sangat lengkap dan tentunya interiornya benar-benar playful & colorful! Duh anak mana yang ngga betah nih?

Di depan ruang periksa tersedia juga bangku tunggu yang dilengkapi dengan TV. Di bagian dindingnya dihiasi penghargaan yang telah diraih Medikids Kemang.



Ruang Africa
(sumber: Medikids Kemang)

Ruang America
(sumber: Medikids Kemang)

Ruang Japan
(sumber: Medikids Kemang)



Ruang Turki
(sumber: Medikids Kemang)



For your information, ada yang baru lho di Medikids Kemang! Tak hanya layanan gigi, Medikids Kemang juga menyediakan layanan dokter umum & vaksin lho! Wah sesuai sekali dengan kebutuhan anak ya.

Daftar Harga Vaksin Anak & Dewasa
(sumber: Medikids Kemang)

Layanan & Keunggulan Medikids Kemang
Selain Dokter Gigi Anak, di Medikids Kemang juga menyediakan layanan dokter gigi spesialis, di antaranya:

  1. Dokter Gigi Dokter Gigi Spesialis Pedodonti (Kesehatan Gigi Anak)
  2. Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi
  3. Dokter Gigi Spesialis Orthodonti (Kawat Gigi)
  4. Dokter Gigi Spesialis Prostodonti (Gigi Tiruan)
  5. Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut
  6. Dokter Gigi Spesialis Periodonti (Gusi dan Jaringan Gigi)

Beberapa keunggulan Medikids antara lain:
1. Tersedia sistem booking jadwal
Aktifitas kerja yang cukup padat kadang tak banyak waktu yang dimiliki untuk sekedar mengecek dan merawat kesehatan. Belum lagi kalo di klinik ternyata ngantri yang entah kaoan akan dipanggil. Di situasi pandemi memang sebaiknya tak berlama-lama berada di luar rumah ya.

Nah dengan sistem booking jadwal dokter, Moms tak perlu menghabiskan waktu berlama lama di klinik untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Lebih efektif dong!

2. Letaknya Strategis
Terletak di Jl Ampera Raya, Medikids Kemang sangat strategis dan mudah ditemukan.

3. Dilengkapi Layanan Vaksin
Meski terbilang baru, vaksin yang tersedia di Medikids Kemang juga cukup lengkap baik untuk anak maupun dewasa.

4. Edukasi Gigi dengan Cara Fun
Tidak hanya menghadirkan pelayanan kesehatan yang prima, Medikids Kemang  juga menghadirkan unsur edukasi kepada anak saat berkunjung. Hal ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kepedulian anak terhadap kesehatan dirinya serta menumbuhkan percaya diri pada anak ketika menerima perawatan medis.

Field Trip Online Medikids Kemang, Obati Kerinduan 
Sejak usia empat bulan, kami memang terbiasa mengajak Abrisham pergi keluar. Bisa berupa sekadar bermain di taman, playdate atau filed trip atau traveling ke alam. Ya, kami ingin menumbuhkan jiwa penyuka tantangan & pecinta alam pada dirinya.

Otomatis selama pandemi ini Abrisham libur playdate, field trip bahkan sekadar bermain di kolam renang. Jujur deh, ngga nyangka bakal selama ini. Obati kangennya, ya paling-paling main ke taman di kantor ayahnya.

Pengen jalan-jalan tapi masih belum aman. Tapi pengen...duh!

Nah.. menjawab kegamangan para Moms, Medikids Kemang mengadakan Field Trip Online. Yes, jika biasanya field trip dilakukan secara langsung tatap muka, di masa pandemi begini field trip online jadi solusinya.

Acara ini berlangsung pada hari Kamis(12/11) pukul 14.00-15.00 WIB via aplikasi Zoom. Ada ragam keseruan & kesenangan lho! Ngga cuma senang tapi juga insightful dan sehat. Beruntung sekali Abrisham dan Bunda terpilih menjadi salah satu peserta field trip online ini.

Oh ya sebelum hari H kami dikirimi box merchandise menarik. Beberapa akan dipakai di hari H saat field trip online. Apa saja ya isinya?

Masker Captain Medi
Tahukah Moms, Medikids punya ikon unggulan namanya Captain Medi. Nah Captain Medi ini adalah pahlawan dari gigi berlubang dan beragam penyakit gigi lainnya. Masker berwarna putih bergambar captain Medi polos siap diwarnai di hari H.

Crayon Pentel Dye 
Selain disediakan masker, ada juga crayon Pentel Dye khusus kanvas yang diklaim ngga akan luntur ketika dicuci. Hehe meskipun setelah dicuci punya Abrisham agak luncur, mungkin ada yang salah teknik pencuciannya.

Dental Kit
Ngga afdol, acara seputar gigi tanpa...sikat gigi! Yeah! Dental Kit ini terdiri dari sikat gigi, pasta gigi dan tutup sikat gigi. Ukuran anak-anak dong, tentunya.
Dental Kit
(sumber: dokumen pribadi)


Printable Mewarnai
Nah kalo ini dikirim lewat email. Isinya gambar pasta gigi dan gigi yang bisa diwarnai. Sambil mewarnai,a janganlupa sambil edukasi soal perawatan gigi ke anak ya mom's.

Tas Belanja Medikids
Pertama kali mendapat benda ini, ngga kepikiran ini adalah tas. Bentuknya unik, simple dan travel friendly. Tas belanja seperti ini memang dibutuhkan sekali mengingat pemerintah daerah sudah tidak memperbolehkan penggunaan tas Belanja sekali pakai khususnya di minimarket. Desain tas Belanja Medikids colorful sekali.


Merchandise Medikids
(sumber: Medikids Kemang)


Bunda Pakai Masker & Tas Belanja Medikids
(sumber: Medikids Kemang)


Kegiatan field trip ini dihadiri oleh 20 orang ibu anggota Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) bersama anak-anak mereka yang berusia 2-10 tahun. Wuih kebayang kan serunya? Yang biasanya hanya ibunya aja yang nge-zoom, ini anak-anaknya juga ikutan.

Sebagian Peserta Field Trip Online
(sumber: IIDN)


"Akhirnya bisa ngelihat anak teman-teman blogger" demikian kata Bu Ketu IIDN, Widyanti Yuliandari.

Meskipun agak telat, akhirnya acara dimulai juga yeay! Dibuka oleh Kak Keke dari Medikids Kemang, dilanjutkan dengan beragam acara.

🎨 Berdansa dengan Captain Medi
Di awal anak-anak diajak bergerak dengan berdansa bersama Captain Medi melalui video yang disetel, berjudul Brush Your Teeth with Captain Medi. Huaah akhirnya Abrisham ketemu Captain Medi! Video berdurasi 1 menit 39 detkk ini liriknya edukatif sekali, mengajak anak untuk menyikat gigi. Sambil dance, sambil pegang sikat gigi juga.
Brush Your Teeth with Captain Medi
*Up and down
Left to right
Up and down, up and down
Brush and brush!
All the way through

**Up and down
Nice and clean
Left to right
All the way through
Up and down, up and down
Brush and brush!

Move your toothbrush
Up and down
Let's brush our teeth, healthy and clean
Left and right, between the teeth
Front teeth, back teeth, shiny and clean
(Back to *)
(Back to **)

All together
It's time to brush
Brusha, brusha! (Mommy too!)
Brusha! Burhsa! (Daddy too!)
and around, and around, then left to right
It feels great! (sparkly!)
(Back to *)
(Back to **)


🎨 Berbagi Ilmu Seputar Kesehatan Gigi Anak
Ada drg. Saskia sharing tentang pentingnya menjaga & merawat gigi anak. Huaah nambah insight banget buat para Moms. Sebetulnya pengen nanya di sesi ini tapi sikon ngga memungkinkan, hehe.

🎨Melukis Masker
Ini dia saat yang dinantikan! Melukis bareng masker bergambar Captain Medi. Abrisham terlihat menikmati kegiatan ini, yang awalnya wara-wiri kesana kemari.
Abrisham asyik mewarnai masker
(sumber: Medikids Kemang)


🎨Mewarnai
Oh ya kita juga dikasih printable mewarnai bergambar gigi buat di rumah. Setelah selesai acara, Abrisham ajak bunda warnai dan mengguntingnya untuk ditempel di kertas berbeda.

Sepanjang acara Abrisham sibuk wara-wiri, tapi sangat antusias ketika sesi mewarnai. Ngga papa yah, Nak, hehe. Kan bergerak aktif itu baik XD.
Abrisham & Bunda
(sumber: dokumen pribadi)


Tips Perawatan Gigi Anak
Meskipun ini bukan kali pertama aku mendapatkan pencerahan soal perawatan gigi anak, tetap saja ada ilmu baru yang kudapatkan di sesi drg Saskia. Drg Saskia friendly sekali menyampaikan materi. Anak-anak jadi senang mendengarnya, meskipun Abrisham sendiri sibuk wara-wiri. Beberapa point yang kudapatkan dari sharing session tersebut antara lain;
1. Menyikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur. Harus benar-benar sebelum tidur ya. Jangan pula setelah sikat gigi, makan minum manis lagi. Wah, PR sekali buat para orangtua nih.
2. Setiap enam bulan sekali pergi ke dokter gigi untuk pemeriksaan berkala. Sebab kita tidak tahu secara detail apa yang terjadi di dalam mulut dan gigi anak jika tidak diperiksakan oleh ahlinya.
drg Saskia memberikan penjelasan
(sumber: Widyanti Yuliandari)


Ngomongin periksa gigi, tentunya Medikids Kemang jadi pilihanku. Tak ada salahnya berkonsultasi ke dokter gigi di masa pandemi seperti saat ini, asalkan tetap menjalani protokol kesehatan, baik orangtua yang mengantar maupun anak ya, Moms.

Oh ya, kini MHDC juga punya MHDC Marketplace yang menyediakan beragam kebutuh perawatan gigi dan kesehatan lho! Tersedia di ecommerce di bawah ini. Ssst, banyak promo menarik juga!



MHDC Marketplace
(sumber: Medikids)



Klinik Medikids Kemang
Jl. Ampera Raya No.5A, RW.8, Pejaten Baru, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12560
Website: https://mhdc.co.id/klinik-gigi-spesialis/kemang/
Instagram: @medikidsclinic

#ReopeningMedikidsKemang #HealthyActivitieswithfamily #Letsgofit
#FieldTripOnlineMedikids pada caption

0 komentar: