Tiga Tips Memilih Peralatan Makan Minimalis

Interior rumah


Sudah tiga tahun terakhir sejak aku dan keluarga mulai menerapkan prinsip hidup minimalis. Dan jujur, kami menikmatinya hingga saat ini. Minimalis bukan sekadar pada barang, tapi juga pikiran dan komitmen hidup. Dalam arti, kami hanya "memasukkan" apa-apa yang menurut kami bermanfaat, dibutuhkan dan spark joy bagi kami. 


Menjadi keluarga minimalis, menghadirkan kedamaian di hati juga kelapangan di ruang. Meski tentunya kamipun masih banyak belajar terutama soal konsistensi. Konsistensi untuk tidak impulsive buying, decluttering, bersikap mindful dan lain sebagainya. 

Meskipun bisa dibilang baru dalam menerapkan prinsip hidup ini, tapi kami tidak ingin serta merta mengubah segalanya terutama "terpancing" membeli barang-barang berdesain aesthetic yang konon katanya mencirikan seorang minimalis. Tidak. 

Kami  berupaya hanya membeli barang ketika memang benar-benar butuh, mulai dari barang pribadi hingga milik keluarga. Mulai dari pakaian, furnitur atau interior rumah hingga alat makan.

Ngomong-ngomong soal alat makan, sejak awal menikah, kami memakai alat makan kado pernikahan yang alhamdulillah awet hingga kini meski jumlahnya terus berkurang akibat berbagai insiden. Entah pecah saat mencuci piring, tak sengaja dipecahkan anak dan ragam insiden lainnya. Itu untuk piring. Ternyata untuk sendok dan garpu pun punya cerita yang berbeda. Life! 😅

Setelah mempertimbangkan, sudah saatnya kami membeli peralatan makan baru. Setidaknya piring, sendok dan garpu. Oh ya ada beberapa tips membeli peralatan makan minimalis ala keluarga kami yaitu sebagai berikut:


Pilih yang Multipurpose dan Hemat Tempat

Minimalis berkaitan dengan multi-purpose atau multifungsi, artinya fungsi benda tak terbatas pada satu fungsi khusus saja. Minimalis juga berkaitan dengan ruang, jadi pilihlah alat makan yang hemat tempat namun ragam kegunaan juga.

Contohnya, untuk penyimpanan di dalam lemari pendingin,  kami memilih botol berukuran 1 liter agar tidak perlu banyak botol yang digunakan untuk menyimpan air. Hemat tempat juga.


Pilih Yang Menyenangkan Hati

Meskipun minimalis berfokus pada barang, namun minimalis juga punya "hati" dalam arti, tidak apa-apa membeli barang yang menyenangkan hati dengan tentunya tetap mengutamakan fungsi. Misal, membeli piring berwarna kesukaan. Efeknya? Sangat mungkin meningkatkan semangat memasak maupun memakan masakan.


Pilih yang Ramah Lingkungan, Durable dan Aman

Memilih peralatan makan minimalis, apakah harus selalu membeli yang berbahan kayu? Tentu tidak, ada pilihan bahan lainnya. Meski kayu dinilai lebih mudah didaurulang jika sewaktu-waktu barang tersebut sudah tidak layak pakai. Kayu juga umumnya durable alias bisa digunakan untuk jangka panjang dan awet.

Selain kayu, bahan pottery juga bisa menjadi pilihan lho!

Tak hanya durable, penting juga memilih bahan yang aman. Bukan sekadar kayu, tapi kayu dengan bahan pelapis yang aman alias food grade. Jika peralatan makan yang kamu pilih berbahan besi, pastikan bahannya merupakan stainless steel. 

Tentu awet tidaknya peralatan makan juga dipengaruhi bagaimana kita merawat dan menyimpannya. Untuk semua peralatan makan, setelah dicuci dengan air dan sabun, keringkan terlebih dahulu sebelum disimpan. Apalagi jika disimpan di wadah tertutup. Jika peralatan makan akan disimpan dalam jangka waktu lama, masukkan ke dalam wadah atau plastik pembungkusnya.

Ngomongin soal furnitur rumah, kita tentu ngga lagi asing dengan brand Mendekor. Aku mendengar brand ini saat berkunjung ke salah satu cabangnya. Desain-desainnya sangat menarik dan beragam!


Tentang Mendekor

Mendekor adalah situs belanja online produk interior rumah yang berkolaborasi dengan pengrajin lokal terbaik yang berada di beberapa daerah di Indonesia. Hadir dengan moto Menghias Ruang, Menat Hidup, lewat Mendekor, selain dapat Menghias Ruang kamu juga dapat membantu Menata Hidup para pengrajin yang telah bekerjasama dengan Mendekor untuk menjadi lebih baik lagi.

Logo mendekor

Mendekor menawarkan produk interior bergaya modern, klasik, skandinavia, shabby chic, vintage, industrial, pop art dan natural. Mendekor juga melayani custom produk dan desain interior. 

Tim Mendekor terdiri dari individu-individu kreatif yang berdedikasi tinggi untuk membantu para customer mengubah keinginan menjadi kenyataan. Tak hanya produk jadi, Mendekor jiga menyediakan layanan lengkap untuk pekerjaan desain interior, mulai dari konsultasi, perencanaan,  sampai konstruksi.


Lekuk, Sister Brand Mendekor Indonesia

Lekuk merupakan brand produk pottery dari sebuah merek yang tak lagi asing. Yap, Lekuk adalah sister brand Mendekor Indonesia yang hadir dengan moto “Shaping Harmony In Your Space.”



Jika dibandingkan dengan produk berbahan dasar plastik, kaca, besi dan bahan lainnya yang dapat  menimbulkan emisi tinggi, polusi serta pencemaran lingkungan, produk-produk Lekuk lenih aman dan juga lebih berkualitas produknya larena menggunakan material pottery yang ramah lingkungan.

FYI, produk Lekuk merupakan karya anak bangsa buatan pengrajin lokal. Artinya ketika kita membeli produk ini, kita juga ikut membantu kesejahteraan para pengrajin lho! Beberapa produknya antara lain piring, cangkir, vas bunga, teko dan lain sebagainya.

Beberapa keunggulan produk Lekuk berbahan pottery antara lain:

Beragam Pilihan

Ngga hanya satu warna dan satu desain, Lekuk memiliki beragam pilihan warna serta desain. Buat para food photographer, produk Lekuk bisa banget jadi pilihan saat plating makanan/minuman agar hasilnya terlihat lebih ciamik.

Mudah Dibersihkan

Bermodal air, sabun dan bilasan, kotoran pada produk Lekuk seketika hilang dan produk kembali bersih deh.

Lebih Awet dan Tahan Lama

Karena bahannya yang berkualitas, tentunya membuat produk Lekuk lebih awet dan tahan lama. Ngga perlu sering-sering Beli peralatan makan deh!

Berbahan Aman Untuk Makanan

Seperti yang sudah aku sampaikan di atas, Salah satu tips memilih peralatan makan adalah berbahan aman. Nah, no worries, Lekuk ini sudah dipastikan keamanan bahan pembuatannya.

Bersuhu Temperatur  Di atas Rata-rata

Hal ini membuat produk Lekuk cocok untuk menyajikan makanan dengan beragam temperatur, tidak mempengaruhi produk maupun makanan.

Desain Unik & Eksklusif

Dengan desain eksklusif ini, ruangan akan terlihat lebih spark joy, dan lebih bersemangat beraktivitas di rumah aja. Lekuk juga sangat cocok hadiah untuk orang tersayang dan kerabat terdekat yang membutuhkan. Apalagi untuk hadiah pernikahan! 


Cangkir minimalis

Food photography


Produk Lekuk ini secara eksklusif akan launching di Official Store Mendekor di Tokopedia mulai 11 Januari 2021. Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa kunjungi:

Instagram:

@lekuk.id

@mendekorindonesia


#MendekorIndonesia


3 komentar:

  1. pengen gitu kalau punya rumah sendiri, semua muanya dibikin serba minimalis, tapi sekarang liat barang sendiri dikamar aja rasanya kok banyak, padahal udah disortir

    BalasHapus