Ads 468x60px

Senin, 14 Maret 2016

Cerita Penuh Bekas di FSLN Duribuenambelas

Bismillahirrahmanirrahim..

Akhir Oktober 2015
Alhamdulillah tuntas sudah amanahku dari Wakil Rektor Kemahasiswaan sebagai pendamping adik-adik yang berangkat PIMNAS. Alhamdulillah bisa merasakan kembali kultur PIMNAS yang kental.

Dan..alhamdulillah bisa main-main lagi ke Sulawesi, tepatnya Kendari! Alhamdulillah selesai pula event dari Lingkar Inspirasi UNJ (LI) yaitu Start To Inspire, kegiatan yang diperuntukkan bagi para mahasiswa baru untuk mengetahui potensi diri mereka. Alhamdulillah, lancar. Memang benar, bahagia itu sederhana. Sesederhana cara kita bersyukur pada Sang Maha Pencipta, Allah S.W.T.

Berleha-leha? Ups, sama sekali tidak! Santai-santai? Ngga deh.. Pekerjaan lain menanti!



Oke, STI telah selesai. Project selanjutnya adalah... Festival Studi Luar Negeri alias FSLN. Well buat kamu-kamu yang belum tau apa itu FSLN, sok mangga dikepoin di link ini ya.

Intinya FSLN adalah kegiatan tahunan LI bekerjasama dengan PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) yang fokus memberikan informasi dan berbagi inspirasi seputar studi di luar negeri.

Meskipun pelaksanaannya ditargetkan bulan Januari/Februari, tapi kepanitiaan harus segera dibentuk. Akhirnya aku dan beberapa orang anak LI segera membentuk BPH yang terdiri dari ketua pelaksana (Ikhor), divisi HPD (Mitha), divisi LO PPI dan Lembaga Pendidikan (Ara), divisi LO Peserta (Achsan), divisi acara (Viza), divisi sponsorship (Niya) dan divisi perlengkapan (Faro).

Aku? Hmm sebagai apa ya.. apa aja boleh :p

Jika tahun lalu LI bekerjasama dengan BEM UNJ, maka tahun ini kami bekerjasama dengan BEM FE UNJ. Oia kali ini kami punya pembina kegiatan bernama Bu Karlin, aku juga pernah bekerjasmaa dengan beliau saat diamanahi sebagai pendamping PKM oleh PR3. Emang dah ga jauh jauh, wkwk.

Segera saja dibentuk alur open recruitmen FSLN. Cuma tiga hari form online dibuka. Tapi tau ga sih? Pendaftarnya mencapai angka 200-an! Bayangkan, CUMA TIGA HARI. Belum lagi banyak yang ngechat, minta diperpanjang. AMPUUUUN DEH, GA KUAAATTTT... :’D

Singkat cerita di pertengahan November 2015 terpilihlan sekitar 40 orang panitia. Rapat perdana pun dilaksanaan guna menyamakan persepsi tentang penyelenggara FSLN, sharing FSLN 2015 dll. Ahamdulillah mereka tampak begitu bersemangat. And.. Saatnya bergerak!
Rapat Perdana Kloter  Dua

Ada sibuk mengkonsep acara yang ketjeh abis dan akan berlangsung selama dua hari. Anak perkap sibuk minjam tempat dan peralatan-peralatan. Anak LO PPI sibuk pedekate..eh ups, maksudnya mengkontak kakak-kakak PPI. Anak LO peserta merancang alur pendaftaran peserta. Anak HPD mulai desain ini itu. Anak sponsorship sibuk membidik sponsor-sponsor ketjeh.

Awal Januari 2015
Jengjeng.. registrasi peserta FSLN pun dibuka. Akan ada tiga sesi yaitu talkhshow, seminar dan workshop dengan kuota masing-masing 600 kursi. You know what? Baru dua pekan dibuka, sudah ada 500-an orang yang mendaftar. Huuuaaa. Bahkan ga Cuma dari Jakarta, dari luar kota juga!

Berhubung Ikhor  sang ketuplak lagi PKL selama Januari, akhirnya Bara sang wakil menggantikan, si maba 2015, haha. Rapat akbar, rapat BPH, rapat divisi, mondar mandir cari sponsor, kirim proposal dan lain-lain. Well alhamdulillah berkat kerjasama yang baik kami mendapatkan beberapa sponsor ketjeh deh. Pun ada sekitar 20 negara PPI yang akan hadir.

Akhir Januari 2016
Jengjeng.. Konflik mulai terjadi, konflik internal lebih tepatnya. Mulai dari antar divisi, antar individu, masalah teknis dll. Innalillahi -_- Udah mana dua pekan Januari aku lagi ga di Jakarta jadi pas pulang pulang disuguhi itu tuh rasanya... ya Allah.. maafkan hambaMu yang dhaif ini :')

Qadarallah, konflik bisa terselesaikan dengan baik tanpa ada dendam di antara kita #eaa emang dah ga ada aku ga rame #eh maksudnya ga ada konflik ga rame hihi.

Awal Februari 2016
Belum lagi jelang hari H kami sempat siaran di radio RRI sebanyak dua kali. Duaduanya aku yang ngewakilin dan duaduanya sangat berkesan. Aku yang dulunya bermimpi mau siaran di RRI mewakili tim Ekspedisi Beranda Indonesia (EBI), Allah kabulkan dengan mewakili LI dan FSLN. Allahuakbar!!!

Siaran pertama aku datang langsung ke RRI, waah pengalana tak terlupakan siaran di saluran luar negeri. Berkolaborasi dengan kak Dewi dari biro pers PPI Dunia. Siaran kedua via telpon, berkolaobrasi dengan kak Dafi selaku alumni PPI Dunia. Sempat ada trouble tapi alhamdulillah terselesaikan di meit-menit terkahir sebelum siaran :D

Hingga tibalah di H minus 1..
Well mesti diakui ga semuanya berjalan lancar, ada kalanya mandek, ada kalanya bingung, hectic, lelah dan lain-lain. Tapi kami saling menguatkan. Ketjeh lah panitia-panitia ini. Bahkan di h minus satu kesibukan begitu terasa. Ada yang sibuk guntang gunting. Ada yang lagi latihan ngeMC. Ada yang sibuk mendekor dan merangkai rangkaian (?). Dan lain-lain.

Malam harinya aku nginap di kos Silmi. Aku sendirian di kos Silmi, sedangkan dia nginap di rumah kakaknya :D
Jengjeng..tibalah hari H...

Hari H
Kerempongan sempat terjadi tatkala sang MC, Viza tetiba sakit dan berhalangan hadir. Alhamdulilah Rouza tidak sendiri, ada Memen menggantikan Viza :’)

Ya Allah alhamdulillahirabbilalaamiin, ayahanda tercinta (rektor UNJ), Pak Djaali serta jajarannya yaitu Wakil Rektor Kemahasiswaan dan staf-stafnya turut hadir. Tumben tumbe ada rektor #lho.

 Ya ALLAH, betapa bangganya aku bisa hadir memberikan sambutan mewakili Lingkar Inspirasi UNJ. Berasa semua duka yang pernah menyergap, kesendirian yang sempat menyelimuti, lenyap sudah, terbayarkan dengan melihat kerja keras kami di FSLN yang ketjeh badai! Sungguh aku sangat sangat terharu :””)


Oia acara ini bertempat di aula maftuchah untuk kegiatan 3 sesi dan stand PPI di pelataran aula latif di sebelah maftuchah. Stand PPI yang taun lalu hanya berupa meja, kali ini benar-benar berpenampilan stand. Ada 20 negara hadir dan ratusan mahasiswa pengunjung. Hari pertama diisi dengan talkhsow perwakilan mahasiswa 5 benua dilanjutkan dengan workshop penulisan CV dan motivation letter.

Btw di tengah kegiatan aku lihat pintu rooftop lantai 2 dibuka dan langsung aja take some photos disana hehe akhirnya kesampean juga foto di rooftop..wkwk.


Hari kedua, kegiatan pagi hari adalah workshop, ehem berhubung ada kegiatan dadakan dari rektorat akhirnya kegiatan kami yang tadinya di maftuchah dipindah di sergur. Bener bener butuh tenaga ekstra bolak balik nih!

Siang harinya kembali ke maftuchah. Aku sempatkan diri keliling stand. Pokoknya JANGAN SAMPAI panitia sebagai event organizer aja tapi harus ada yang digali juga dong! Itu prinsip yang selalu kupegang tiap kali gabung di kepanitiaan. Oia aku ketemu sama Kak Dafi, dari PPI Prancis. Jadi ingat pas siaran bareng FSLN di RRI, wkwk malu beuhd sih sebenarnya. Maafkan aku ya kakak ._.

 Anw aku tertarik bgt nih dgn Prancis karena di negara inilah pasangan ilmuwan favoritku which are Marie Curie and Pierre Curie bertemu :’)

Ok lanjut ke acara. Ada tes IELTS buat para peserta, pembicaranya dari The British Council. Jadi ingat pas tes IELTS dadakan di Kemdikbud. Asli ga ada persiapan apapun, begitu registrasi seminar langsung ditawarin. Dan cuman 4.2 :D

Oia sore harinya aku dan Isil sempat nongki bareng kakak-kakak PPI Prancis. Ngobrol banyak tentang dunia S2 di Prancis yang huaaah ga bisa lenye lenye *bahasa apaan dah*.

Singkat cerita.. Alhamdulillahirabbilalaamiin.. FSLN 2016 finished and be successfull! Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung :’) Ibu Karlin selaku pembina FSLN, bapak rektor dan jajarannya yang sudah hadir, kakak-kakak PPI dan pastinya seluruh panitia KETJEH BADAI DAHSYAT, wkwk. Love you guys! Segala usaha akhirnya berbuah, alhamdulillah, in my opinion ini signifikan meningkat dari FSLN 2015 :’)

Btw ada beberapa hal yang membuatku bilang bahwa FSLN ini ISTIMEWA dengan kata kunci PERTAMA KALINYA.
1. Dihadiri oleh rektor. Asli dari sekian banyak acara yang pernah kuselenggarakan, ini ACARA PERTAMA YANG DIDATANGI DAN DIBUKA LANGSUNG OLEH BAPAK REKTOR yang namanya sudah mendunia. Luar biasa deh, apalagi acara ini bukan diselenggarakan oleh OPMAWA, melainkan KOMUNITAS yang notabene ga punya basecamp di kampus :D

2. Ini acara yang kuselenggarakan dan paling BANYAK dapat sponsorship. Alhamdulillah surplus banget, saking surplusnya family gathering pake acara nyewa villa, wkwk. Alhamdulillah, alhamdulillah always. Ini dia beberapa dokumentasi kita selama 'liburan' haha.





3. Panitianya TOTALITAS banget. Walah ga bisa kupungkiri dari puluhan, ga semuanya aktif. Tapi sungguh TOTALITAS banget apalagi kebanyakan para maba. Eits, wahai maba, kalian harus share pengalaman dan ilmu kalian di FSLN 2017 ya

4. Pertama kalinya punya acara yang bikin aku bisa siaran langsung di radio dan itu dua kali ya, catat, dua kali. Haha, mantap lah!!

5. Ga cuma peserta, panitia juga dapat kesempatan simulasi tes IELTS gratis lho dari The British Council! Ini dia namanya bukan sebagai EO tapi fasilitator jarena ada ilmu yg didapat jugaa.



6. Variant peserta, ga cuma dari Jakarta tapi juga luar Jakarta bahkan luar Jawa! Yang lebih excited ada peserta (maaf) tunanetra dari Jogja.

Thanks to kakak-kakak PPI Dunia, kak Steven, kak Dewi dan semuanyaaa termasuk kakak-kakak Radio PPI Dunia.

Thanks to partner SC, Isil yg udah sering jadi tempat curhat tentang LI juga curhat perasaan #eh

Thanks to Bapak Ketuplak yang walau di tengah kesibukannya PKL dan ikut konferensi masih bisa ngehandle acara. Udah terdoktrin aku ye? wkwk

Thanks to Bara sang maba ketjeh walau kadang kalo ngomong suka belibet tapi kagum sama effortnya untuk terus belajàr!

Thanks to Bu Bendum yang udah ngehandle soal perduitan, asli aku ga ada apa2nya daah.. Makasih buaji :D

Thanks to Bu Sekre Dwiol yang asliii TOTALITAS banget, walau udah ga ngekos. Tapi seneng kan bisa ngeliatin bintang tiap pagi? hehe. Tetap husnudzhon dan ikhlas yaa, i really admire you :)) Semangat buat Netherland nyaaa, ada apa sih? #eh

Thanks to Cucu and HPD team yg udah desain sedemikian rupa juga ngelola medsos dgn sangat baik sampe meningkat followernya :3

Thanks to Goffar and perkap team yg sempet dibikin rempong sama kita yg bawel soal perkap ini itu. Makasih banyak udah melengkapi kita #eh

Thanks to Andri and LO peserta team yang sudah sangat ramah dgn peserta. Btw ga ada yg kecantol kan? wkwk.

Thanks to Anis and LO PPI team yg udah ngedatangin lebih banyak PPI. Ciee jadi banyak link nih yee, boleh laah bagi bagi :p

Thanks to Vika and acara ream yg udah nhecreate super ketjeh. Buat Eja, Roushan, Dina, Ajeng kalian yg sabar ya #lho wkwk. Keep making us laugh, Vik :))

Thanks to Aniya and sponsorship team yg ketjeh abis ngejar sponsor. Aku tau kaian jadi bahan teror sponsor hampir tiap hari kan#soktau

Thanks to Tissa and consumption team yg udah menyajikan snack lezatos dan lunch yummy. Wihiii makin bergizi deh kita euy :D

Segala kesedihan, kebahagiaan, kekecewaan, air mata, senyum, tawa, waktu, tenaga, materi dan semuanyaa udah kita lalui bersama. Ah thankyou so much guys!! Ah speechless asliiii.

Ya Allah semoga Lingkar Inspirasi UNJ alias LI kedepannya makin ketjeh, makin melahirkan banyak mahasiswa-mahaiswa inspiratif yang mengharumkan nama UNJ. Bukan untukku dikenang, melainkan agar karyaku bermanfaat. Untukmu, UNJ, kami persembahkan :’)

See you at FSLN 2017 guys!!

Salam Inspirasi,
Pembantu Umum Lingkar Inspirasi UNJ
@visyabiru







3 comments:

  1. Semangat kontribusi tiada henti, mbak blue :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin makasih Mbak Entes :')

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!