Ads 468x60px

Minggu, 15 April 2018

[REVIEW] Jenis-jenis Buku Bayi





Bismillahirrahmanirrahim..
Sebelum aku ngebahas tentang tips memilih buku bayi, aku akan nge-review tentang beberapa jenis buku bayi yang aku tahu. Berikut jenis buku bayi dilihat dari materialnya (board book & soft book) dan konten dalamnya.



BOARD BOOK

Ini jenis buku bayi yg umum, artinya halamannya terbuat dari bahan tebal semisal karton duplex dll. Ketebalannya beragan, mulai darjli 0.05cm hingga 1cm. Jenis buku ini direkomendasikan banget khususnya utk anak <2th krn di usia itu baby masih belum terlalu paham apa itu buku, so supaya awet deh 😆

Ini dia jenis2 BOARDBOOK:
1. Touch n Feel Book

Biasanya berbentuk boardbook. Isinya bisa gambar satuan atau berbentuk cerita. Yg membuatnya beda adl bagian dalam (bahkan mulai dari kaver) ada tekstur yg bisa diraba dan berbeda2 teksturnya. Ininrecommended banget buat bayi krn merangsang saraf sensorinya.

2. Sound Book

Namanya juga sound book, tentunya menimbulkan bebunyian. Yap ada beberapa tombol di sisi kanan buku yg ketika ditekan menimbulkan suara. Biasanya suara yg dihasilkan adl suara hewan/kendaraan.

3. Flip Flap Book/Hide n See Book

Buku jenis ini yang setiap halamannya ada potingan gambar yang bisa dibuka-tutup. Biasanya temanya tentang 'finding me'. Umumnya juga dilengkapi fitur touch and feel. Guna flip flap book? Mengajak anak bermain petak umpet, usia usia bayi lagi suka banget diajak main petak umpet/cilukba.

4. Puppet Book

Unubjuga inovasi terbaru produsen buku Indonesia. Tampilannya boneka kecil tapi bisa dibuka dan dipanjangkan. Gunanya? Tentu menarik perhatian bayi dengan fitur bonekanya. 

Selanjutnya ada jenis buku dengan material softbook
SOFT BOOK
Umumnya terbuat dari kain berisi busa atau dakron. Buki dengan material kertas HVS/A5/A4 juga tergolong di dalamnya. Apa aja jenis softbook?

1. Buku Bantal

Ini merupakan inovasi terbaru dari para produsen buku di Indonesia (thumbs up). Terbuat dari kain lembut yg ada isinya. Disebut buku bantal krn emang overall empuk dan tebal kayak bantal, hehe. Ngga ada fitur tambahan di dalamnya, so aranku kalo mau beli ini jangan terlalu banyak. In my opinion, lebih enakeun boardbook sih hehe. .

2. Teether Soft Book

Mirip dengan buku bantal tapi ada tambahan pegangan disalah satu tepi buku, dengan orbamen kerincingan2 sebagai teether (pegangan/gigitan bayi). Selain itu ada pula yang dilengkapi pencetan bersuara utk menarik perhatian bayi. Untuk materialnya, dari kain beriis plastik. Kenapa plastik? Supaya menimbukkan bebunyian, bayi suka dengan bunyi2.
.
3. Visual Baby Soft Book

Namanya juga visual book, tentu menekankan pada gambar di dalamnya. Yap gambar di dalamnya ga terlalu banyak tapi fokus pada warna warna.
.
4. My Pictionary Book

Buku ini biasanya berbentuk bigbook. Apa tuh bigbook? Buku berukuran besar kurang lebih 40-60cmx40-60cm. Bigbook ada yang berupa boardbook, ada yang softbook (halaman kertas). Utk bayi <1.5 th aku rekomendasikan yg boardbook yah. Pengalamanku beli yg halaman kertas, alhasil gampang lecek krn baby suka ngeremes2 😆

5. Cloth Book

Untuk material mirip2 teether softbook (beriis plastik) tapi untuk fitur lebih mirip touch n feel book karena ada ekor2 menyembuk dari tiap halaman dengan beragam tekstur yang dapat diraba bayi.


Wooow banyak juga yaa jenis2 buku bayi. Hehe. Tinggal dear moms pintar2 memilih yang mana deh. Selamat memilih, dear moms. Boleh banget loh tag ke aku postingannya, hehe. Ditunggu yah ;)

0 comments:

Posting Komentar

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!