Ads 468x60px

Minggu, 10 Maret 2019

Enam Tempat Wisata Keluarga di Jogja yang Bisa Kamu Kunjungi dalam Tiga Hari Dua Malam



"Vacation is not only a wish. It's a need. It's a refreshment."

Liburan? Sebetulnya istilah itu baru aku gunakan beberapa waktu belakangan.  Sebelumnya aku lebih suka menggunakan istilah backpackeran,  khususnya ketika masih single.  Tapi baiklah untuk selanjutnya kita sebut liburan ya. Kenapa?  Sepertinya ini kata yang tepat untukku sebagai stay at home mom yang setiap hari berjibaku dengan urusan kerumahtanggaan.


Juli 2018 saat aku tengah berjuang meraih kelulusan sarjana,  aku sempat bergumam akan memberikan rewards bagi diriku yang telah menyelesaikan studi.  Simple aja,  jalan-jalan (ke luar kota). 

Rencana awal ingin ke Bandung di bulan September tapi karena satu dan lain hal,  harus dipertimbangkan.  Rencana kedua di akhir tahun,  tapi terpaksa batal karena urusan pekerjaan suami. Somehow,  rasanya nyesek!

Lantas apakah self rewards liburan versiku gagal total??


Alhamdulillah tidak,  saudara-saudara!  Di pertengahan Januari aku mendapat kabar salah seorang kawan dekat semasa SMP akan menikah di Jogja. Yes,  this was the time!

Indeed,  yang disebut liburan,  ngga melulu harus keluar kota,  menghabiskan uang ratusan bahkan jutaan rupiah. Tapi di postingan ini aku mau berbagi pengalaman liburan di Jogja tempo hari selama tiga hari dua malam, khususnya beberapa tempat yang kukunjungi selama di Jogja. Here we go!

1. Taman Sari
Tiba di Jogja Sabtu pagi,  bebersih di rumah calon pengantin (belum bisa check in di penginapan ๐Ÿ˜†)  dan sarapan,  pukul 11.00 WIB kami berangkat ke Tamansari.

Lho kok siang banget? Menurut info yang kudapat,  Tamansari buka jam 11.00 WIB meski kenyataannya Tamansari sudah buka sejak pukul 09.00 WIBNoted!  ๐Ÿ˜

Tamansari adalah salah satu peninggalan keraton Jogja.  Biasa disebut juga 'Water Castle'  atau 'Istana Air'.  Ngga lain karena memang di dalamnya banyak ditemukan kolam-kolam.

Selain kolam,  kita juga bisa menelusuri gua bawah tanah. Menurutku tempat ini punya nilai historis meskipun kurang recommended bawa baby kesini karena objeknya goa yang notabene gelap.  Meski begitu,  Icham sendiri enjoy aja, asyik main-main di goa.


2. Malioboro
Siang hari akhirnya bisa check in, segeralah kami rebahan, mengingat udah hampir 24 jam ngga menyentuh kasur. Meskipun si bayi,  malah asyik main.  Maklum,  ada sepupu seusianya juga dalam trip ini. 


Malam hari kami main ke Malioboro,  salah satu objek wisata yang ngga boleh dilewatkan.  Sudah lebih dari 5 kali ke Jogja,  aku selalu mampir kesini.

Malioboro sendiri sebenarnya adalah nama jalan yang di salah satu sisinya dipenuhi pedagang baju dan souvenir ala Jogja. Sedangkan di tepi lainnya dipenuhi pedagang makanan. Kalau kata orang makanan di Jogja murah-murah, subjektif sih menurutku.  Sebagian besar memang jauh lebih murah dibanding Jakarta dan mungkin kota besar lainnya,  tapi khusus di Malioboro harga yang ditawarkan lebih mahal. Alhamdulillah - nya tadi udah makan malam,  jajan pecel lele di penginapan.  Cukup 10000 rupiah saja!

Mau belanja oleh-oleh murah? Malioboro bisa. Mau belanja souvenir ala Jogja beragam? Malioboro bisa. Mau menikmati Jogja malam hari? Malioboro bisa.  Mau sekadar ngemall?  Bisa! Ada mall di ujung jalan.

Eits,  jangan lupa mengabadikan  fotonya di bawah nama Jalan Malioboro, sebagai jejak aja sih,  hehe.

3. Kebun Binatang Gembira Loka
Seperti yang aku share di atas,  tujuan (utama) ku ke Jogja adalah hadir di pernikahan temanku. Berhubung akadnya pagi banget jam 7, dan si bayi masih nyenyak tidur.  Belum lagi mandi,  drama layanan (emak emak pasti tahu ini) alhasil kita memutuskan untuk datang di resepsi pukul 11.00.


Untuk mengusir jenuh, pukul 08.30 kami main ke Gembira Lokasi Zoo.  Lokasinya deket banget dari penginapan,  cuma satu kilometer-an.


Kebun binatang selalu jadi tempat wisata keluarga asyik apalagi kalo bawa anak.  Kita bisa ngerasain beragam binatang.  Meskipun untuk Gembira Loka sendiri, berjarak cukup jauh antara gerbang dan kandang hewan.


Anyaway banyak spot ketjeh dan instagramable untuk foto lho disini!

Baru lihat gajah,  eh si bayi udah crancky ngantuk.  Alhasil ia pun tertidur. Kami?  Ya memutuskan balik ke penginapan aja.

4. Alun-alun Jogja
Hari kedua di Jogja kami pindah penginapan.  Siang hari check in.  Rencana pengen jalan-jalan sore hari,  gagal karena hujan. Malam hari ternyata si bayi sudah tidur,  tapi tetap kita ajakin motoran nyari makan di alun-alun Kidul.

Alun-alun Jogja terbagi menjadi alun alun Kidul (Utara)  dan alun-alun Lor (Selatan). Biasanya sore hari ramai orang duduk di alun-alun berkumpul sambil menyesap wedang ronde.





Perburuan malam itu adalah mencari angkringan pinggir alun-alun.  Alih-alih angkringan sederhana,  yang kami temukan justru angkringan premium๐Ÿ˜† Meski begitu ternyata RAMAI banget lho!  Ah angkringan emang Jogja banget!!

5. Kampung Flory
Tibalah di hari ketiga sekaligus hari terakhir di Jogja.  Yes,  sore harinya kereta akan membawa kami kembali ke Jakarta. Beberapa pekan sebelumnya aku sempat browsing dan tanya ke beberapa teman di Jogja, rekomendasi tempat yang harus kukunjungi.  Hingga jatuh lah pilihan pada KAMPUNG FLORY.


Maka pagi hari,  setelah packing,  kami langsung menuju KAMPUNG FLORY,  sekaligus playdate bareng salah seorang teman dekat suami. Wisata ini terletak di Kabupaten Sleman,  hanya 10 kilometer-an dari penginapan kami.

Ternyata KF adalah wisata hijau. Tempat yang sangat cocok buat pepotoan karena banyak tanaman hijau, kolam ikan, jembatan kecil, saung, dll. Di saung,  kami bisa menikmati alam sambil ngemil. Harganya sangat terjangkau!



Di kolam ikan, ada banyak ikan kecil berenang.  Lumayan,  nyemplungin kaki sebentar buat refleksi. ๐Ÿ˜…

Tempat ini biasa digunakan untuk gathering (dalam saung-saung besar) dan outbound (ada arena outboand anak). Begitu masuk, kita tidak dikenakan HTM lho!  HTM dikenakan ketika kita lewat jembatan, di seberangnya ada pasar dan aneka wahana outbound lainnya. Karena cuaca panas,  plus bawa baby,  kami ngga jadi nyebranh deh. 



6. Masjid Jogokariyan
Selepas dari Kampung Flory, kami memburu waktu untuk checkout. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Masjid Jogokariyan,  sebuah masjid fenomenal di Jogja di bawah asuhan Ustadz Salim A Fillah. Beberapa kali ke Jogja baru kali ini main kesini. Dan emang enak masjid ya, fasilitasnya,  lingkungannya dan..  Angkringannya!


Yes, di samping masjid ada Angkringannya sederhana yang selama ini kucari-cari.  Finally! Walaupun aku ga sempat memotretnya :(

Aku banyak dengar cerita tentang masjid ini yang menurut aku masya Allah banget dengan segala programnya. Btw si baby senang banget diajak kesini. Yes,  he always love to visit mosques. 

Sayangnya saat kami datang,  sedang tidak ada kajian yang bisa diikuti. Karenanya,  perjalanan kami lanjutkan ke area Bantul,  berkunjung ke rumah kawan suami.

Setelahnya,  kembali berburu dengan waktu mengejar kereta.  Meski hujan sempat mengguyur deras Jogja, seketika sebelum kami genggam dari penginapan,  untunglah beberapa menit kemudian hujan reda dan berhenti.

Itu dia enam tempat yang aku kunjungi di Jogja yang semoga bisa jadi rekomendasi Moms dan keluarga dalam menghabiskan liburan singkat atau istilahnya short escape di Jogja, hehe.

Ah Jogja..  Somehow ga pernah bosan kumendatanginya! 
Sampai jumpa kembali,  Jogja!


26 comments:

  1. Ini dia yang saya cari !

    makasih sharing nya mba, kami juga berencana ke Jogja (yang entah kapan terealisasinya, plan Januari, sampai sekarang belum tercapai hahaha)

    Kami juga belum pernah ke Taman Sari, ke Gembira Loka.
    Cuman pernah di Malioboro.

    Duuhh baca ini, serasa mau saya kirim link postingan ini ke pak suami, sebagai kode keras dan kencang mau ke Jogja hahaha

    Saya juga kepo ama masjid tsb mba.
    Pengen deh sholat di sana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi langsung mom, hehe. Semoga diluncurkan niatnya๐Ÿ˜

      Hapus
  2. Yogyakarta memang selalu ngangenin ya. Dari tempat tersebut di atas Kampung Flory nih yg blm kami kunjungi. Semoga masih berkesempatan ke Yogyakarta dan bisa berkunjung ke KF

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Iyah destinasi baru setaku itu mba hehe

      Hapus
  3. Wah saya suka banget ke yogya, tempat diatas bisa jadi wishlist saat kesana lagi nih. Makasi sharingnya mbak, sama nih kalau udah berkeluarga cari yang bersahabat buatanak2��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indeed bgt mba XD sama dong suka Jogja #highfive

      Hapus
  4. Ah jadi kangen Jogja nih. .. Hujan makin syahdu dan romantis hehe. Aku belum pernah ke Masjid Jogokariyan. Penasaran juga nih sama angkringannya. Seru ya mbak, jalan-jalan di Jogja. Gak akan bosen :)
    Next time ajak Luigi liburan ke Jogja ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun baru terwujud setelah berapa purnama ke Jogja, hehehe seruuu

      Hapus
  5. ya ampun pas banget kebetulan aku lagi pengen ke Jogja nih bulan ini

    BalasHapus
  6. saya penasaran sama kebun binatang gembira loka :D kalau malioboro pasti wajib ya setiap ke yogya hehehe jadi pengen liburan tapi lihat kalender dan dompet masih belum memungkinkan hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku dulu juga kepo, tp akhirnya terjawab syudaaahhehe

      Hapus
  7. Sebagai orang Jogja saya sangat bangga karena review ini. Semoga para wisatawan selalu menjadikan Jogja sebagai tempat tujuan wisata utama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iyaa mba Wiwin org Jogja yahy kemarin ga smpet meet up huhu

      Yeay makasih apresiasinya mba

      Hapus
  8. Gembira loka dan kampong Floy, sepertinya priority saya ntar kalau jalan ke Jogja... Thanks mbak, jadi tau nih tempat2 yang cocok buat keluarga

    BalasHapus
  9. Makin gak sabar deh akhir tahun mau ke Jogja. Seru kayaknya mengunjungi keenam tempat itu. Pasti aku masukin ke itinerary aku!

    BalasHapus
  10. Kampung Flory aku belum. Juga Masjid Jogokariyan..
    Mupeng banget sama masjid yang hype banget karena saldo yang nol rupiah karena semua dimanfaatkan untuk umat. Semoga lain waktu saat berkunjung ke Jogja lagi kesampaian ke sini

    BalasHapus
  11. Kebun binatang gembira loka sama flory belum pernah daku kunjungi. Baru sampai malioboro aja waktu ke jogja dulu

    BalasHapus
  12. Wah boleh juga nih buat list nanti liburan Jogja, beberapa sudah pernah dikunjungi. Penasaran sama tempat outbond itu sih.

    BalasHapus
  13. kebun binatang gembira loka dan taman sari jadi next wishlist aku mom. udah lama nggak ke jogja dan rindu dengan nuansa yang kental dan asri.

    BalasHapus
  14. Noted nih, bisa jadi destinasi juga klo ke Jogja bareng anak-anak. secara tempatnya ramah anak semua ini.
    makasih ya Mbak :)
    Icham pintar deehh, anteng gitu main di goa juga di Masjid :)

    BalasHapus
  15. Semua tempat wisatanya keren banget mbak, kalau ajak keluarga pasti seru nih. Saya blm kesampaian nih mbak ke Jogja nya, masih planing aja

    BalasHapus
  16. Wah semua udah oernah tuh kecuali kampung flory. Bisa jadi rekomendasi nih kalau berlibur ke Yogya

    BalasHapus
  17. Yogyakarta emang selalu ngangenin untuk dikunjungi. Aku juga kemaren kesana selama 3hr. Tapi kami mainnya ke borobudur dan tempat wisata ke arah gunung kidul.

    BalasHapus
  18. sekarang jogja banyak banget wisata yang bagus ya mbaa.. cucok nih buat list jalan2ku nnti pas mudik ke jogja.

    BalasHapus
  19. Aku waktu di Jogja cuman sempet ke Malioboro sama Gembira Loka aja ���� next time wajib ke Taman Sari hehehe

    BalasHapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!