Jakhumfest: Ketika Millenial Berkarya Seni dan Ngobrolin Keuangan, Kesehatan Mental hingga Lingkungan

 



Jakarta Humanity Festival (JakHumFest) hadir lagi! Pertama dan terakhir kali datang ke Jakhumfest di tahun 2020 dan setelah tiga tahun off, Jakhumfest hadir lagi! Lebih senang lagi, aku berkesempatan hadir!



Jakarta Humanity Festival adalah puncak acara bulan Humanesia yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa. Kegiatan ini bertujuan untuk melibatkan sebanyak-banyaknya pihak untuk semakin aktif merawat kebaikan kolektif. Jakhumfest tahun ini  bertempat di Gedung Filateli Jakarta, Pos Bloc, Jakarta Pusat. Pada Jakhumfest tahun ini, Dompet Dhuafa mengangkat dua program utama mereka yaitu Indonesia Mendengar dan pemulihan Cianjur pascagempa. Dengan mengusung tagline #IniTentangKita, program Indonesia Mendengar menarget fokuskan untuk membantu teman-teman tuli.

sumber: dokumen pribadi

Beberapa rangkaian acara di panggung utamanya antara lain talkshow, stand up comedy dan konser musik. Detail susunan acaranya sebagai berikut 

  1. Pembukaan 09.30
  2. Final Schoolunteer 10.15-12.15
  3. Break 12.15 - 13.00
  4. Talkshow Financial Planner "Ngomongin Budget 2023, No Overthinking" pukul 13.00-14.00
  5. Stand Up Comedy: Ini Tentang Kita "Local Hero" 14.00-15.00
  6. Talkshow Mental Health: Alasan Untuk Tetap Hidup 15.30-16.30
  7. Talkshow Kerelawanan "Ambil Peranmu" 16.30-17.30  
  8. Sound of Humanity 18.30 - selesai  

sumber: Instagram @jakhumfest

Oia Schoolunteer sendiri merupakan kompetisi gagasan antar siswa sekolah. Acara ditutup dengan konser musik bertajuk sound of Humanity yang diisi oleh Chiki Fawzi, Mocca & The Rain. Ada pula instalasai pameran fotografi dari kegiatan-kegiatan Dompet Dhuafa khususnya yang berkaitan dengan kebencanaan.

sumber: dokumen pribadi

sumber: dokumen pribadi


Ngga cuma acara di panggung utama, tapi juga ada beragam booth yang diisi oleh komunitas. Booth-booth ini bisa didatangi untuk beraktivitas dan menemukan pengalaman baru!

Seratan Studio, disini pengunjung diajak melukis di atas tas kanvas sesuai kreasi masing-masing. Mulai dari anak-anak hingga dewasa.

sumber: Instagram @jakhumfest


Belajar Bahasa Isyarat, bersama Silang.id pengunjung akan diajarkan beberapa bahasa isyarat. Tentunya ini bakal nambah infomasi banget khususnya buat kita yang sama sekali belum tahu tentang bahasa isyarat dan menumbuhkan empati kepada "teman-teman sunyi".

sumber: dokumen pribadi

Ruang Hening, kita akan diajak merasakan bagaimana "teman sunyi" ketika mengikuti konser musik. Apa yang mereka rasakan dan bagaimana mereka menikmatinya. 


sumber: dokumen pribadi

Pojok Cerita, disini pengunjung bisa berkonsultasi atau bahkan sekadar bercerita didampingi oleh tim psikolog dari Aku Temanmu.

Pojok Kenangan, nah ini yang paling aku suka. Disini semacam thrift shop baju hasil donasi dari para selebgram yang bisa kita beli. Decluttering-nya dapat, kebahagiaan berbaginya dapat, harga ekonomis pun dapat, hehe. 

sumber: dokumen pribadi


Mural Ngakarya, disini pengunjung bisa mewarna mural bernuansa kemanusiaan dalam satu kanvas panjang bersama-sama. Yap, sesuai temanya yaitu Merawat Kebaikan Kolektif. 

sumber: dokumen pribadi


VR Simulasi Bencana, sejak awal aku sudah mengincar booth ini. Disini pengunjung diajak merasakan sensasi ketika terjadi bencana khususnya gempa bumi dengan kacamata khusus bersama tim DMC Dompet Dhuafa. 


Ular Tangga Kebencanaan, sesuai namanya, pengunjung diajak bermain ular tangga berbentuk spanduk lebar dengan dadu bantal. Setiap kotaknya berkaitan dengan kebencanaan. 

sumber: dokumen pribadi


Banyak kan experience yang bisa didapatkan? 

Vibes lokasi dan instalasi-instalasi yang dipasang terkesan anak muda banget. Salah satu instalasi yang aku suka adalah spanduk bertuliskan "80% sampah di laut berasal dari daratan"


Atau ini.. "Karena bumi cuma satu" " Antara aku, kau & plastik"


Yap, ngga hanya mengusung nilai kemanusiaan dan kepedulian antar sesama, Dompet Dhuafa melalui Jakhumfest juga berusaha membangun nilai-nilai kepedulian lingkungan. 

sumber: dokumen pribadi


Di Minggu siang aku mengikuti talkshow "Budgeting 2023 No Overthinking" bersama Annisa Stevani. Suasana panggung tampak ramai. Emang ya, kalau ngomongin "cuan" langsung pada ramai biasanya, hehe. Talkshow dibuka oleh host, Aditya. Dan yang bikin beda dari kebanyakan talkshow, di talkshow Jakhumfest disediakan juga Juru Bahasa Isyarat (JBI) lho! Jadi buat para "teman sunyi" tetap dapat materinya walau tidak melalui suara. Keren!

sumber: dokumen pribadi

Mbak Annisa menegaskan bahwa budgeting dan mencatat itu ternyata penting banget untuk pengaturan keuangan yang sehat. Ya meskipun pengeluarannya "sekadar" bayar parkir, tapi at least kita jadi tahu kemana "larinya" uang-uang kita. Aku mengamini banget hal ini. Cuma memang konsistensi bermain banget dalam hal ini.  

Sound of Humanity yang Menggugah dan "Beda"

sumber: Instagram @jakhumfest



“Bencana dari negeri air mata, ratusan ribu jiwa lergi mendahului kita”

Itulah  Penggalan lirik di atas adalah sebuah lagu dari @marjinalband.official saat Sound of Humanity. Semua penonton seakan diajak untuk merenung, terhadap peristiwa-peristiwa yang telah dan sedang terjadi di bumi yang kita tinggal saat ini. Indeed, sudah sepatutnya juga kita saling tolong menolong , meringkankan duka saudara sesama.

sumber: Instagram @jakhumfest

Di sesi penampilannya, Chiki Fawzi membawakan beberapa buah lagu dan salah satunya adalah lagu berjudul Belukar Dunia yang terinspirasi dari story telling di dalam Al-Quran surat Yusuf. Dan tentunya ada penampilan dari band Mocca. Ya ampun, pertama dan terakhir kali nonton mereka saat pensi SMP!

sumber: Instagram @jakhumfest


sumber: Instagram @jakhumfest

Oh ya di Sound of Humanity juga ada Juru Bahasa Isyarat (JBI) dari Silang Yap, kegiatan Jakhumfest 2023 dibuat ramah difabel, untuk bantu "teman sunyi" memahami apa yang ditampilkan, sekalipun itu saat live musik. Dompet Dhuafa melalui tim penyelenggara Jakhumfest berharap, kegiatan ini bisa menjadi insiprasi banyak orang mengadakan acara dengan konsep ramah difabel.

See, banyak inspirasi, informasi dan pengalaman baru ya di Jakhumfest 2023. Semoga milenial semakin sadar isu keuangan, kepedulian sesama, lingkungan dan kesehatan mental. Semoga Jakhumfest 2024 kembali hadir!


13 komentar:

  1. Wah acaranya keren bngt mba banyak informasi yang bermanfaat yang kita dapatkan saat datang ke acara ini dengan berbagai macam tema keren

    BalasHapus
  2. Seneng deh lihat generasi milenial berkarya seperti ini. Bagus-bagus karyanya. Dan senengnya lagi, mereka pun melek dengan berbagai isu di sekitar. Termasuk untuk diri mereka sendiri

    BalasHapus
  3. baru tahu event jakhumfest ini mba, seru dan beragam sekali yah isi acaranya talkshow, musik sampe stand up comedy semua ada, semoga tahun depan ada lagi jadi ada kesempatan untuk datang dan menikmati eventnya

    BalasHapus
  4. Seruuu banget. Bahkan ada Pojok Cerita juga ya buat pengunjung yang ingin coba melakukan sesi konseling dengan psikolog sepanjang acara berlangsung. Secara sesi konseling ke psikolog kan biasanya lumayan.

    BalasHapus
  5. Ada psikolog nya juga.
    Jadinya yang ingin ngobrol sekaligus menjaga kesehatan mental lebih mudah. Semoga berkelanjutan dan bisa ikutan acaranya

    BalasHapus
  6. aku paling penasaran sama bahasa isyarat nih. pastinya akan sangat membantu para teman tuli ya kalau banyak orang yang mempelajari bahasa isyarat ini

    BalasHapus
  7. bermanfaat acaranya selain sebagai hiburan juga berpesan dalam kebaikan banyak hal.. ikir acara ini bayar berapa Mba?

    BalasHapus
  8. acaranya seru banget ya Mbak, super keren, penuh dengan insight dan juga hiburan yang menyenangkan ya, apalagi tidak hanya bisa dinikmati oleh pengunjung umum, pengunjung dari teman sunyi pun tetap bisa menikmatinya ya.
    Jakhumfest ini terbuka untuk umum kan ya? Kali tahun depan bisa lihat langsung juga :)

    BalasHapus
  9. Lengkap banget rangkaian acara Jakhumfesr, lokasi event nya strategis dan produk jualannya juga menarik perhatian

    BalasHapus
  10. Ada banyak sekali dunia baru yang bisa kita masuki di Jakhumfes 2023 kali ini ya..
    Ini akan memperkaya dunia kita dengan banyak pengalaman. Paling penasaran sama Ruang Hening dan VR Simulasi Bencana. Semoga Indonesia aman dan dijauhkan dari bencana. Aamiin~

    BalasHapus
  11. Wah JakHumFest ini menjadi tempat asik bagi milenial untuk belajar banyak hal ya mbak
    Mulai dari keuangan, kesehatan mental hingga lingkungan

    BalasHapus
  12. Kukira tadi konser, ternyata acaranya Dompet Dhuafa. Rada kaget. Tapi mungkin itu salah satu cara untuk menarik anak-anak muda supaya sadar dan mulai peduli dengan sekelilingnya

    BalasHapus
  13. keren ada Mocca :D kangen liat mereka perform

    BalasHapus