Ads 468x60px

Jumat, 17 Mei 2013

Sukses Itu.... #UpdateMayapres

#Update MayaPres
sumber : google.com
Selasa, 14 Mei 2013
Di sore nan cerah itu, tepatnya di sebuah area diskusi mahasiswa FMIPA-UNJ, tampak beberapa orang mahasiswa tengah berkumpul. Mereka tak lain dan tak bukan adalah mahasiwa terpilih program pembinaan Mayapres (Mahasiswa Berkarya Dan Berprestasi) yang diselenggarakan oleh BEM FMIPA. Mayapres adalah program baru yang dilaksanakan di tahun ini. Program ini bertujuan untuk membina sisi keilmiahan para mahasiswa, begitulah yang sekiranya saya tangkap. Mayapres diawali dnegan pembukaan pendaftaran. Sleanjutnya dari seluruh peserta terdaftar, diseleksi menjadi beberapa orang. Tiap jurusan rata-rata terpilih 5 hingga 7 orang delegasi.

Acara kumpul perdana dimulai sekitar pukul 16.00. Kak Inez tampil sebagai pemandu acara. Setelah dibuka oleh Kak Andi selaku ketua BEM FMIPA 2013/2014, dilanjutkan oleh pembacaan tata tertib Mayapres oleh Kak Putri Khairunnisa selaku ketua departemen Keilmiahan BEMF MIPA 2013/2014. Kehadiran peserta pembinaan yang jumlahnya mencapai 30-an orang itu memenuhi area diskusi. Kala itu materi disampaikan oleh Kak Endang selaku S1 Fisika 2009. Beliau lulus dalam kurun waktu 3,5 tahun, sebuah prestasi yang amat membanggakan. Beliau berbagi cerita mengenai masa-masa awal kuliah yang dialaminya. Beliau juga membagikan beberapa tips terkait kuliah dan organisasi.
Menurut beliau, organisasi adalah sebuah ‘kebutuhan; terutama bagi diri beliau. Sebabmelalui organisasi, sesorang dapat melatih kemampuan bersosialisasi dan berkomunikasi. Ya, perlu disadari bahwa kuliah tidak melulu memikirkan bagaimana cara mendapatkan nilai A, lulus dari suatu mata kuliah, namun juga harus cerdas terhadap dunia sekitar. Sejak awal masa kuliah, beliau selalu menargetkan jumlah SKS yang akan dihadapinya serta senantiasa mencatat semua nilai yang telah diperolehnya sebagai bahan ‘perenungan’ diri.
Antusiasme peserta terlihat jelas manakala sesi tanya jawab dibuka. Banyak pertanyaan  yang sekilas nampak klasik namun selalu menjadi tanda tanya besar pada diri mahasiswa. Contohnya mengenai manajemen waktu, prestasi dan lain sebagainya. Acara kumpul perdana berakhir sekitar pukul 17.35. Pertemuan selanjutnya akan diadakan pada hari Jumat, 17 Mei di Saung Ungu.
Semangat Keilmiahan! Semangat MIPA! \^.^/

0 comments:

Posting Komentar

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!