Ads 468x60px

Senin, 24 Juni 2013

A (Short) Nice Story of Nuclear Youth Summit 2013 in Yogyakarta, 23 - 26 Mei 2013 ^^

Bismillahirrahmanirr­ahim, hello, teman2, kembali lagi denganku.. Dalam Backpacking story ala Visya Blue. Pasti pada kangen dengan cerita2ku, yakaaan? Ok deh sebelum UAS, aku tulis sebuah cerita nih..:D 
Ok have a nice reading, readers!
Intro :
Sebuah kabar menerpaku, kabar yg membuatku sontak terkejut tapi juga bahagia. Finalis paper Nuclear Youth Summit 2013. Artinya tanggal 23 - 25 Mei aku harus berangkat ke Jogja, mempresentasikan paperku. 

Rabu, 22 Mei 2013
Sebelum berangkat aku udah dapat doa dari orang2 tersayang, orangtuaku, adik2 di TPA. Belum lagi di stasiun anak2 Science Club pada nanyain udah dimana, aaaaa kangeeeennn.. #Eh?
Bahkan anak2 sekelas pada ngedoain.


"Visya berjuang ya! Pokoknya semangat!"
"Visya pasti bisya!"
"Good luck blaooo!" si Cutan nih -__-
Malam itu jam 8 aku sudah tiba di stasiun. Keretaku berangkat pukul 22.00. Aku berangkat bareng Gigi dan tanpa diduga segerbong sama mahasiswa UIN Jakarta, Kak Rifqi dkk. Total kita ada 3 ikhwan, 4 akhwat.
Ini kali kedua aku pergi ke Jogja setelah kali pertama di bulan November. Mataku enggan terpejam lama. Sepanjang malam kuhabiskan dengan mendengarkan musik, tilawah, dan membaca. Jogja... Masih samakah seperti enam bulan yang lalu?

Kamis, 23 Mei 2013
Pukul 7.00 kami sampai di St.Lempuyangan. Setelah naik minibus 10 menit, sampai juga di tempat pembukaan acara, aula UIN Jogja.
Pas lagi registrasi, aku nyari-nyari namaku di form finalis paper but guess what? Aku tidak menemukan namaku.. Hiks.. Paniklah aku..
"Mbak, tunggu bentar ya. Saya panggil panitia."
Belasan jam di jalan, bawaan yang bejubel. Tiba2 pas datang namanya ga ada di daftar tuh rasanyaa....
Coba bayangin sodara sodara! -__-
Beruntung aku boleh ngambil nametag dan baju dulu.. Bdw bajunya biru muda lho!
Abis dapat baju, aku langsung ke toilet, bebersih dikit trus masuk ke aula. Subhanallah ratusan orang berkumpul disana, ngeri juga ngebayangin aku maju di hadapan mereka yak.. Ok lupakan bentar, penampilan musik daerahnya bagus deh, trus aku juga mulai kenalan2 gitu.. Ditutup dengan penampilan para pembesar KOMMUN, pemukulan gong, NYS pun resmi dibuka! 

KOMMUN-ers

Abis itu aku langsung ganti baju biru muda nuklir, padahal bajuku sendiri dari atas sampe baawah biruuuu semuaaa, asik dah pas banget ya kaan..Dan jengjeng narsis bersama para UNJ-ers, 2 akhwat 3 ikhwan. Bdw para laki2 ini mendadak banget datangnya, jadi kita berpencar kesininya
Ok setelah sesi foto2, saatnya menuju bis. Bis aku itu bis 4, eh sebis sama anak2 UI dan UNJ. Sebelum naik bus juga sempat cipika cipiki sama akhwat2 UI, hho . Maklum, long time no see.. Disini ada 4 bus, dipisah jadi dua rute kunjungan.
Ok kunjungan pertama ke Taman Pintar. Ya Allah ingat banget pas bulan November ke Jogja sama anak2 Matematika, pengen mampir sini ga sempet secara cuma 2 hari di Jogja. But now, i've stayed there! Itu mungkin kalo di Jakarta mirip2 PPIPTEK di TMII gitu lah, seru seru banget.. Ada zona Matematika dan zona Fisika!
Siangnya abis sholat dzuhur aku balik ke bis, but what? Lha kok sepi yo? Ternyata rombongan bis 3 dan bis 4 pada lunch di taman dekat masjid dan aku ditinggal T.T 

Rombongan I at Taman pintar Yogyakarta

Setelah lunch, kita pun melanjutkan perjalanan ke Reaktor Kartini-BATAN. Yeyeye, Kartini, eh tapi jangan ngebayangin ada Kartini nya ya.. Aku sendiri juga bingung kenapa namanya Kartini, lha wong Kartini rumahnya sebelahan sama desaku di Jepara kok -.-a

Selama perjalanan, para penumpang tertidur kelelahan. Sampai di BATAN jam 14.00, langsung caw ke aula, dijelaskan tentang sejarah BATAN. Tapi untuk notes ini fokus ke ceritanya, bukan materinya yak XD setelah itu kita langsung masuk lab yang dibagi 2 rombongan. Aku masuk rombongan pertama, bahkan yg pertama ketemu petugas proteksi radiasi, sempat ngobrol sama bapaknya juga. Kocak dah bapaknya 

Sejarah BATAN

Ok next kita dijelaskan segala hal tentang reaktor nuklir.. Singkat cerita abis masuk lab, kita semua menuju hotel. Akhirnya, istirahat! Eh, tunggu ternyata perjalanan masih panjang... Gini nih ceritanya..
Harusnya 10 menit doang perjalanan ke hotel Royal Ambarrukmo, but what? Setengah jam lebih. Oh my god, mateng di jalan dah. Ok lebay, ga gitu juga lah. Udah mana pas sampe pendopo hotel kudu nunggu giliran dipanggil dan masuk kelas.
"Jadi yang dipanggil 2 orang itu satu kamar ya."
Abangnya bawel banget, itu udah keseratus kali yak..Oh my god, ga tau apa aku udah lelah selelah lelahnya :x
Alhamdulillah namaku dan nama teman sekamar yg juga teman sekampusku pun dipanggil. Yeay, finally check in! Kita dikasih waktu kira2 1,5 jam untuk bebersih karena jam 6.30 kita kudu ke ballroom buat next agenda.
Begitu sampai di ballroom, aku langsung discuss buat presentasiku bersama temanku. Iyak, presentasi, rasanya kalo ingat itu saat itu deg2an luar biasa lah, heemm.. Berhubung kuliah umum udah mau dimulai, kita pending discuss nya.
Wah, ada pembicara dari IAEA namanya Mr. Mika dan Mr. Hogner Holger..
Singkat cerita kuliah umum selesai jam 22.20, lanjut lah diskusi bertiga bersama temanku. Awalnya di ballroom tapi karena takut diusir, pindahlah kita ke sofa dekat ballroom seraya mengamati langit malam. Tiba2 pandanganku tertumbuk pada mawar merah yg ada di cangkir di atas meja. Ah ini mawar ke sekian yg kulihat di hotel ini. Semuanya merah dan ga ada yang biru. Semoga suatu hari nanti aku bisa mendapatkan mawar biru yg sesungguhnya :')
Ok baiklah, presentasimu, Visya, ingat ingat! Bdw berdasarkan jadwal, aku presentasi di Jumat sore, jengjeng..Setelah sempat menimbang2 mau pake warna apa, at last my presentation almost ready. Kalo bukan karena terpaksa ga bakal aku malam2 masih disini ngerjain presentasi, however i am not a nocturnal
Oia berhubung aku ga bawa kunci kamar, my roommate, Gigi, pun langsung ke kamar.
"Nanti kalo udah di depan kamar, misscall aja ya.."
Yawis lah aku balik ke kamar bersama Yunda. Kita pun berpisah. Aku berdiri di depan kamar, aku misscall Gigi berulang kali, but what? No answer at all! Aku ketok2 pintu juga ga dibukain. Masya Allah! Paniklah aku mana ada dua orang peserta laki2 yang lewat.
"Ini orang dikunciin ya."
Mana ada abang2 penjaga hotel ngeliatin. "Ini anak ilang yak?"
Demi apaaaaa, ibuuuuu! Pengen pulang rasanya, huhuhu...
Serius panik, akhirnya aku ngetok dua kamar di sebelahku, kamarnya Ayunda.
Aku misscall dia juga sambil aku ketok.. Satu menit, dua menit, ga dibukain.. Nah ayo lho!
Alhamdulillah di menit ketiga...
Krek!
"Lho? Kakak ngapain? Masuk masuk."
23:55
Tanpa sempat menceritakan semuanya, aku langsung meletakkan laptopku di meja dan merebahkan diri di sebalah kiri Yunda. Zzz..

Jumat, 22 Mei 2013 

Banner depan Bus peserta

Kembali kuketuk pintu kamar. Syukurlah Gigi udah bangun.
"Visyaaaa, maafin Gigi."
Ok, ini bukan saatnya untuk ngebahas itu soalnya aku harus kembali berkutat dengan slide.
Pukul 6.15 aku langsung meluncur ke restoran untuk breakfast. Di meja itu kita berempat, aku, Yunda, Nuning dan Satrio duduk. Aku sibuk berdiskusi slide ku sambil menyeruput susu coklatku. Setelah semua fix, kita pun kembali ke ballroom untuk menyaksikan presentasi.
Singkat cerita setelah agak ngaret, at last presentasi subtema SDM Nuklir pun tiba. Ada 3 finalis. Dan aku satu2nya finalis individu wanita!
Finalis pertama datang dari Surabaya. Mereka kompak banget dengan gaya kocaknya. Finalis kedua datang dari Palembang dengan gaya formal tapi atraktif.Hatiku doki doki alias ketar ketir.
Akan seperti apakah penampilanku?
Aku edarkan pandangan ke seluruh penjuru ballroom, makin deg2an dah aku. Tiba-tiba namaku dipangil, bismillahirrahmanirr­ahim.

Aku maju ke depan, naik ke atas panggung. Suasana yang tadinya ramai karena tawa, tiba-tiba hening. Sing... Duh jadi ga enak nih.. Tapi kucoba mantapkan hati.
"Assalammualaikum-wa­rrahmatullahi-wabara­katuh!"
ucapku ngasih salam yang kata orang2 mirip Pildacil -__-.
Blablabla aku mulai presentasi. Lalu sesi tanya jawab yang berhasil kujawab. Sampai sebelum penutupan, seperti biasa aku ngasih yel yel.
"Nuclear4tive? Be active! Cognitive! Affective! Innovative" dengan gaya2 yang khas. Ceileh ngebuang rasa malu banget tuh aku, kayak pas Petrogas yang nyiptain yel yelnya aku, yg ngasih aba2 juga aku :x
Oke syukur alhamdulillah presentasi berjalan lancar..huft..
Setelah presentasi terakhir yaitu aku, pukul 17.30, kita pun balik ke kamar untuk persiapan malam performance.
"Visya, gokil! Tadi pas kamu maju auranya kelihatan banget. Orang-orang di sebelah Gigi juga pada muji kamu. Ih ini bu guru banget deh!" astagfirullah, ini komentar Gigi -__-
Setelah sholat magrib, aku pun langsung menuju taman hotel. Widih udah ada panggung, segala akustikan dan ada..NUSAKI! Hayo siapa tahu NUSAKI?? Dia adalah ikon NYS, lucunyaaa
Oia di meja dinner itu ada aku, Gigi, Raisha, Gisky, Satrio dan 2 org laki2 aku lupa namanya. Maafin aku ya :') Kita awalnya sempet diskusi tentang paper aku gitu, tentang pembangunan lembaga pendidikan formal setara SMK yg fokus di nuklir. Wah seru banget lah, ada yang bierargurmen setuju tapi blablabla, ada yang bilang seharusnya blablabla.. Huuuaaaa :'D
sambil dinner, sambil mendengarkan akustikan. 

NUSAKI I MISS YOU!

Awalnya musiknya selow, menenangkan ya kan? Eh tapi lama2, masya Allah ngerock abis, weleh deleh.. Malah aku tipe orang yang ga suka suasana crowded. Kututuplah telingaku rapat-rapat dan memilih untuk berkutat dengan ponselku or mengobrol dengan temanku. And you know what? Itu anak laki2nya pada joget2an di depan panggung. Ampun dah kalian ini -__-
Sekitar pukul 21.30 musik keras pun berhenti soalnya kita mau.. Hayo tebak mau ngapain? Yap, kita mau menerbangkan lampion. Yang aku pikirin sampe sekrang adalah, itu lampion isinya kan api ya, nah kalo jatuh di tempat yang ga pas gimana tuh? Ga tau dah, wew..
Nah, lampion itu menganalogikan impian para pemuda yang setingiiiii langit dan sebiru langit
Pukul 22.00 kita pun kembali ke kamar.
Berarti besok hari terakhir..Tetiba aku merasaaaaa...mau curhat, ga ada ibu, ga ada diary...dan aku ngantuk berat, wekekek..ah yasudahlah..... Sleeping is the right choice..
Terimakasih untuk hari ini... Zzzz...

Sabtu, 23 Mei 2013
Ya Rabbi.. Mungkin ini hari yang paling mendebarkan kali ya.. Secara hari ini closing plus pengumuman pemenang.. Ya aku sih ga terlalu berharap, lha wong presentasiku biasa saja dibandingkan mereka.. Slide ku tuh polos banget, pokoknya standar lah ya..
Pagi itu jam stgh 5 aku bangun. Langsung ditelfon LO tercinta, Nurul. Disuruh packing. Oke lah, yang aku pikirkan adalah gimana cara masukkin barang2 ini ke dalam tas? Lha masa bawaan pulang lebih banyak daripada pas berangkat, bukannya sama, heran kan? Lha apalagi aku cobaaa..
Yaudahlah setelah mengatur strategi dan yak...slret (bunyi risleting tas), packing is done! Yeay! \^.^/
Saatnya breakfast. Orang mah di breakfast nyantai ya, ini saya malah diinterogasi, masya Allah apapan nih, wew..
Oia aku juga sempet ketemu dengan teman akhwatku, ah sayangnya ga smpat ngobrol banyak karena aku udah harus ke ballroom lagi
Di ballroom masih tersisa 2 subtema untuk presentasi. Oia ada sesi kesan dan pesan dari ketua acara, ini katanya.
"Oh saya ingat tuh, mas dari Unsri yang ngomongnya formal tapi lucu. Saya juga ingat mbak dari UNJ. Mana? Masih ada ga orangnya?"
Glek! Aku yang mendengarnya langsung pucat pasi, rasanya malu banget.
"Iya mbaknya lucu pas ngucap salam, kaya pildacil."
-___- oke kuakui aku sempet pengen ikutan pildacil, tapi itu aku bener2 tanpa sengaja ngasih salam kayak gitu lah ya.. Oia trus ada games2 gitu, salah satunya rebutan bunga mawar terus dikasih ke lawan jenis sambil ngerayu gitu. Oh-my-god. And you know who get the flower? Kak Pandi yang dari Unsri and tanpa rasa malu ia 'mulai merayu' masya Allah, kk =.="
Pas pengumuman pemenang...paper terbaik SDM Nuklir...namaku dipanggil.. Hello, is that right? Of course, majulah aku ke depann. Oia FYI, di paper competition itu ada 4 subtema, masing2 diambil 1 juara. Berturut2 per subtema juaranya dari UI, UI, UGM dan...UNJ! Subhanallah, gimana ga bangga coba ngebawa nama almamameter dan bersanding bersama mereka :') 

The WINNERS ^_^

Di depan panggung perasaanku benar2 campur aduk, kombinasi, permutasi (?) antara bahagia, sedih, haru biru.. Subhanallah ya.. Trus abis penganugerahan, aku langsung ke tempat duduk. Dengan segala kehectican, meladeni berbagai ucapan selamat. Lantas kami semua seperti biasa bernarsis bersama. Jujur aja aku begitu hectic dengan bawaanku, menuju musholla untuk shalat magrib.
Ehem, usai sholat magrib aku, Gigi, Satrio pun duduk di lobby bersama. Sementara teman2 lain di sekitar kami.
Okeeee baiklah singkat cerita hujan turun rintik2 membuatku benar larut di dalamnya. Keretaku baru berangkat Minggu sore, jadi malam itu aku berencana nginap di kosan temanku. Tiba2 Gigi mengajakku bareng Kak Rifqi dkk. Yawis ikut baelah.
Jengjengjeng.. Disinilah backpackingnya baru benar2 kerasa! Bayangkan begitu banyaknya bawaanku; ransel belakang, 2 tas genggam dan satu kotak. Ditambah pula menerobos hujan, naik TransJogja nan penuh sesak. Oh my god Allah saat itu kami berombongan; UIN, UNJ dan Airlangga. Subhanallah, rame banget lah! Sekitar 30 menit kemudian kami pun turun di Malioboro.... Wah, untuk kedua kalinya menikmati Malioboro di malam hari. Oia ada suatu kejadian yang cukup mengejutkan.. Ceritanya aku sama Gigi jalan agak depan dibandingkan rombongan. Nah tiba2 kita baru nyadar kalo kita jadi anak ilang. Masya Allah panik lah kita, nyoba nelfonin kakak2. Berjalan hilir mudik di tengah hujan cobaaa.. Alhamdulillah Allah menemukan kami kembali :'D
Awalnya hanya gerimis menemani namun kian lama kian deras.
"Kak Cia sama Kak Desy mana, Kak Visya?" tanya Ero.
"Ga tau, Ro."
"Tuh, Bos." kakak dari Airlangga menunjuk ke arah dua akhwat yang tengah berbelanja.
"Gigi, sini, bantuin milih dong." ajak Kak Cia.
Para ikhwan pun menepuk kepalanya masing. "Dasar cewek!"
Baru aja aku mau ikutan, Kak Rifqi menarik tasku dari belakang.
"Eh, mau kemana kamu. Udah disini aja."
"Iya, Kak Visya ga boleh kemana mana." perintah Ero. Yah, apa boleh buat?
Akhirnya para akhwat itu selesai belanja. Dan kita pun berhujan2an di Malioboro, mencari tempat berteduh. Jilbab biruku sudah benar2 basah kuyup. Nggak kebayang deh gimana kalo ayah ibu tau aku hujan2an kayak gini. Ckck .
Hampir 20 menit menebus hujan, akhirnya kami beristirahat di sebuah warung makan pinggur jalan. Tanpa tunggu waktu aku langsung ambruk. Saat itu benar2 posisi terlemahku. Rasanya ga kuat, rasanya pengen pulang. Aku kangen ibu, kangen rumah, kangen ibu , kangen banget
"Lho? Visya ga makan?" tanya Kak Rifqy, Gigi dan Kak Desy.
Aku menggelengkan kepala.
"Makan, Sya, nanti sakit."
Emang aku udah sakit kok, aku kangen ibu, aku cuma butuh ibu, batinku bergejolak.
"Kayaknya baru kemarin ya makan enak di hotel, apa aja ada. Lha sekarang?"
"Rasanya kayak jatuh dari langit ketujuh! Hahaha."
Candaan2 itupun keluar, mau tak mau aku tertawa lemah. Setelah dibujuk akupun mau makan.
"Kak, kapan kita ke kosan temen Kak Rifqi? Aku capek." tanyaku pada kakak2. Rencananya malam itu tadinya aku sama Gigi mau nginep di kosan temenku tapi langsung banting setir ke kosan temen SMA Kak Rifqi.
Para ikhwan pun sibuk mencari taksi untuk ke empat akhwat. Alhamdulillah dapat taksi juga. Di dalam taksi, tiga akhwat lainnya sibuk mengobrol, aku sendiri benar2 tepar....

Minggu, 24 Mei 2013
Hap,hap,hap. Setelah packing, rencana hari itu adalah ketemuan dengan beberapa teman. Tapi berhubung Gigi mau belanja belanji yasudah aku ikutan, mana pada nitip oleh2 nih sama aku coba -.-a
Oke jadi kenapa bawaanku makin banyak? Tas ransel depan belakang, tas jinjing besar dan 1 kotak. Subhanallah ya.. Dengan menenteng itu semua aku berjalan menyusuri jalan melewati UGM, naik Transjogja, jalan sepanjang Malioboro...
Di Malioboro aku udah bener2 ga kuat, akhirnya aku memisahkan diri dari Gigi yang lagi asyik belanja. Aku pergi ke mall malioboro. Bisa ga sih ngebayangin, ada backpacker bawa 2 ransel, 1 tas jinjing, 1 kotak masuk mall? And that's me!
Hap, aku merebahkan diri di musholla, beremu dengan dua org teman akhwat. Aaaa kangen banget rasanya.. Ditambah kedatangan seorang akhwat yang sempat kutemui di hotel tempo hari yang lalu. Kamipun mengobrol bersama, seperti biasa, aku mulai berbagi kisah :x
Singkat cerita, Gigi pun datang. Setelah sholat ashar, dengan dibantu teman2 akhwatku membawa jinjingan (jazakumullah, ukhti :D) kita ke depan mall. Setelah cipika cipiki dan pamit, kita langsung cabs ke stasiun.
Ah, ga kerasa sebentar lagi meninggalkan Jogja... Ya Allah....
Tepat pukul 17.30 keretaku tiba dan mulai bergerak melaju, meninggalkan Jogja, meninggalkan semua kenangan. Ada bulir yang mengalir, mengiringi kepergiannya...
Will be miss all those moments..
Alhamdulillah sampai di Jakarta pukul 03.30 disambut sang ayah.. Aaa, i miss you so much dad, really ternyata baru berapa hari di luar rumah udah bener2 bikin aku homesick.. Gimana kalo aku jadi anak rantau ya? Heeemmm.. Tapi aku harus belajar dari sekarang, belajar mandiri, belajar hidup jauh dari ayah ibu, sebab suatu hari nanti insya Allah ga cuma satu dua hari, bisa jadi berbulan2 jauh dari ayah ibu.. Pasti bisa! \^.^/
Terimakasih untuk semua teman2 baruku.. Terimakasih utk mereka yang udah nemenin bkin slide presentasi.. Terimakasih yang udah nyemangatin aku.. Terimakasih untuk semuanya...
Semoga kita bisa bertemu dalam kondisi yang lebih baik ya, semuanya..
Aamiin ya Allah..
#speechless.. 

0 comments:

Posting Komentar

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!