Ads 468x60px

Selasa, 13 Mei 2014

A Story Behind Petrogas Days Conference 2014


Bismilahirrahmanirrahim.. I am back with old-new-story. Ini udah terjadi dari bulan Maret, tapi gapapalah ya belum basi-basi banget, hehe.
 
Introduction: 
Rasanya masih teringat jelas memori Petrogas Days Student Conference 2013 di benakku..
Saat kami ber30 konferensi bersama

Bersama bunda Rimda dan ayah Ajang (geothemral team)

Hmm ndak kerasa, setahun yang lalu. Tahu-tahu sudah ada info seleksi PGD 2014. Jika tahun lalu seleksi esai, tahun ini seleksi abstrak. Iseng-iseng kukirim abstrakku. Alhamdulillah lolos 30 besar. Hmm bagaimana ya cerita PGD 2014? Akankah sama dengan PGD 2013??


Kamis, 6 Maret 2014
 Hari itu aku baru selesai kuliah pukul 17.00 langsung cabs ke Depok. Hmm, seperti biasa 84 lama datang. Mana hapeku mati pula. Masya Allah! Dan benar saja, sesampainya di Depok hapeku mati. Alhamdulillah dapat tempat charger gratis di konter pulsa, hehe. Alhamdulillah dijemput juga~ Waah aku sekamar dengan Ruwiyah dari Brunei dan Vu dari Vietnam!

Jumat, 7 Maret 2014
Acara diawali dengan pembukaan lalu talkshow bersama para pembicara dari ESDM dan SKK Migas. Masih di tempat yang sama seperti 2013...heemm..Setelah talkshow, kami istirahat. Sayangnya aku ndak sempat ikut kajian kemuslimahan karena di saat itu aku justru tepar karena sakit di mustek a.k.a musholla teknik :') Lalu kami pulang kembali ke dorm yang tak jauh dari kampus UI. Sepertinya pada sibuk persiapan untuk presentasi paper besok.
after tech-meet


Sabtu, 8 Maret
2014 Oh ya di PGD 2014 kami dibagi menjadi 3 subtema oil dan gas yakni Alternative Resources, Technology and Procces dan Social Economy. Tiap room diisi oleh 10 presenter. Aku masuk room Soc-Eco bersama Janu, Mariam, Sabli dan 6 orang lainnya yang semuanya laki-laki. Well. Aku dapat urutan ke 7. Asli deg-degan deh. Ini presentasi pertamaku dalam bahasa Inggris. Alhamdulillah presentasiku berjalan lancar.
Ketegangan dir oom socio-eco :D

Presentasi usai, foto-foto dan kembali aula untuk ISHOMA. Nah setelah ISHOMA agenda selanjutnya adalah simulation. Kami dibagi menjadi 6 tim. Well, aku adalah yang tercantik di timku kami diminta membuat maket pengembangan energi migas. Saatnya berkreasi! Waah lucu-lucu nian kreasi tim lain~
I am in busy :p
Another creation

Me with my team
Our GREAT mock-up!
presentation
Setelah itu, kami dibagi menjadi tim kembali. Mau kemana kami? Kota Tua! Mau ngapain? Amazing Race! Yap kami ngeteng naik kereta menuju Kota Tua. Sesampainya di sana malam hari, kami langsung main games amazing race, semacam nyari clue gitu, hihi. Puas ngegames, istirahat bentar, dinner. Lalu kami kembali ke hotel. Ada dua adegan tak terduga disini. Febri dan Kak Febrian sempat sakit di perjalanan. Kasihan mereka. Alhamdulillah udah baikan. Oh ya, trus aku juga sempat ngasih susu kotak miniku ke Mariam. Ia menerimanya dan menawari Raja. "Oh my god, it's too small."kata Raja memandang heran kotak susu 125 ml dariku. Wah betapa melelahkan dan menyenangkannya hari itu!


Minggu, 8 Maret 2014
 Hiks.. The last day.. Diawali dengan rapat pleno. Wew, gaya banget, macam anggota DPR aja yak? Haha. Begitulah. Kami dibagi per tiga kategori itu untuk mendiskusikan permasalahan dan solusi.
Socio-Eco small group discussion
Selanjutnya kami adakan diskusi besar. Hmm diskusi sempat agak alot dan ricuh :') Aku dan Rio sudah coba jelaskan tapi masih agak ricuh, kami seperti kehilangan arah :') Akhirnya kami malah ngobrol yang lain, terlebih tentang keilmiahan di MIPA, hehe. Tapi alhamdulillah berhasil dikendalikan oleh 3 pemimpin diskusi kami yakni Ruwiyah, Janu dan Edo. Hingga akhirnya didapatlah kesepakatan untuk disampaikan saat deklarasi. Setelah pleno, kami diajak untuk mengikuti seminar Exxon dan melihat lomba debate. Tapi aku diajak Okta untuk menemaninya bertemu dengan pembimbing PKL nya yang baru usai menjadi pembicara di workshop PGD. Waah meski baru kenal, beliau tampak ramah. Memberikan kami motivasi untuk tetap belajar selagi masih muda. Sore harinya kami langsung pergi ke hotel. Di bus aku sempat menangis tetiba.. Ya, tetiba aku teringat kenangan hari terakhir PGD 2013. "Hei, Visya, dont be cry girl." Mariam tampak menghiburku, pun dengan Meli. Aaaaah, aku hanya..entahlah :''' Kami pun tiba di hotel. Aku, Febri dan Janu terpisah dari rombongan, kami memutuskan untuk sholat magrib dahulu lalu ke aula. Acara dimulai dengan sambutan dan performance tradisional. Diselingi dengan pengumuman pemenang. Ada 3 best presenter yang terpilih yakni Meli, Edo dan Bintang. Wah barakallah! Hmm jadi ingat waktu panggung PGD 2013 dikuasai tim Geothermal; aku, bunda Rima dan ayah Ajang Lalu sesi deklarasi. Yang ini jadi ingat pas ayah Ajang maju.. Lalu sesi foto-foto. Dan ah..aku harus pulang. Terimakasih keluarga besar PGD 2014 ku.. Terimakasih Mariam, Meli dan semuanya yang sudah menghiburku.. Sampai jumpa di lain kesempatan! Go Migas!
NB: Pelajaran berharga yang kudapat pasca event ini.. Aku senantiasa berikhtiar untuk mengikuti konferensi internasional di luar negeri. Mengapply disana sini, ditolak. Hingga saat mengapply konferensi internasional PGD 2014 di Depok aku diterima! Hikmahnya adalah, Allah akan kabulkan mimpi manakala kau siap dan ya, mungkin salah satunya karena aku belum punya paspor jadi Allah ngasih aku konferensi internasional di dalam negeri dulu, haha. Alhamdulillah Go Abroad sdah terwujud sekali.. Jadi ketagihan dan harus ketagihan! Semangat Go Abroad With Achievements! Bismillah..
my ID


0 comments:

Posting Komentar

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!