Aku, Ngeblog dan KOMBUN

Bismillahirrahmanirrahim..


Signs of KOMBUN-ers

Tentang Aku
Di postingan kali ini aku mau sedikit curhat santai. Oia pertama-pertama let me introduce myself. Nama lengkapku adalah Evi Syahida (dulu nama ini tersembunyi banget, haha) tapi kamu bisa panggil Visya. Nama penaku sejak 2005 alias nama pena pertamaku adalah Visya Blue. Blue, of course karena aku suka banget warna biru.  Dan di 2011 aku punya nama baru yakni Visya Al Biruni. Al Biruni adalah ilmuwan favoritku di bidang astronomi. Aku adalah seorang mahasiswi Pendidikan Matematika-Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam-Universitas Negeri Jakarta. Cie calon ibu guru, hihi. 
 
Ibu Guru Visya :')


Cerita Ngeblog-ku
Sejak duduk di kelas 8 SMP aku mulai menyukai dunia tulis menulis. Aku juga suka yang namanya blog walking tapi kebanyakan yang kubaca itu blog curhatan, hehe. Kalo blog ku sendiri sudah ada sejak aku duduk di bangku SMA (itu bukan ‘sudah’ tapi ‘baru’ kaliiii). Namanya alay banget, asli deh, haha. Udah gitu gantiganti mulu secara aku lupa mulu email dan passwordnya -__- Hingga pada tahun 2011, kuistiqomahkan untuk bikin blog asli (?) dengan nama www.dibawahlangitbiru.blogspot (kalo ga salah..lupa aku..). Nah ini juga karena mau ikut lomba nulis yang kudu diposting di blog. Tentang FLP :’) Tapi tapi tapi itu Cuma sekali, setelah itu udah jarang banget ngepost. Enam bulan sekali kalii (kayak check up, haha...). Entah kenapa aku lebih suka nulis di notes Facebook. Mungkin karena kupikiri akan lebih banya yang baca, kalo blog kan kayaknya ga banyak..kayaknya lho ya..
Hingga suatu hari di pertengahan 2013 seorang kawan bilang begini,

“Sya, kamu kan suka nulis, nulis dong di blog.”

“Males ah, udah di Facebook juga.”

“Mau kuubah domainnya jadi dotcom ga?”

“Mau sih tapi ga ngerti dan jarang ngepost juga. Percuma.”

Emang dasar keras kepala aku, haha. Eh tapi dia maksa bikinin jadi dotcom pake uangnya sendiri dan ga mau diganti pulak, padahal dia kan anak kos. Paham banget lah aku idup anak kos bagaimana (kayak pernah aja sih Sya~). Singkat cerita jadilah www.evisyahida.com pada tanggal 27 Juli 2014. So itulah hari milad blogku. Awalnya mau dirayakan tapi aku lupa-lupa mulu dah. Sudahlah.

Nah nah nah berhubung blogku udah jadi web, ciee.. Sayang banget kalo dianggurin gitu aja, emangnya anggur apah? #ApasihSya. Yawis aku mulai ‘merajinkan diri’ buat posting dan edit-edit. Tapi tetep aja pengikutinya baru dua waktu itu, haha. Aku lebih suka posting trs kutinggalkan -_- Trus aku baru nyadar kalo aku punya temen blogger. Blog kita sama-sama berdiri tahun 2011 tapi follower dia lebih banyak secara dia aktif banget blog walking, nah aku? Boro-boro deh, lupa lupa mulu.. Oia namanya Gia.

KOMBUN? Apaan tuh?

Semangat nulis di blogku semakin meningkat sejak Juli 2013. Nah sekitar bulan Juni 2014 aku iseng googling Komunitas Blogger di Indonesia. Dan tetiba terpikirkan olehku, ada ga sih Komunitas Blogger di UNJ? Check and recheck lah aku, termasuk nanya ke Gia. Walhasil kata dia ga ada dan dulu dia mau bikin sama anak Matematika 2010 tapi ga jadi jadi muluuu.. Okelah tanpa tedeng aling-aling, langsung tembak, jdoooor! Aku langsung menginisiasinya.

“Gi, bikin yuk. Namanya KOMBUN!”
Asli itu nama awalnya alay banget padahal aku yang ciptain, wkwkwk.

“Hah apaan tuh?”

“Komunitas Blogger UNJ.”

“Oh, ayo ayo!”
Yap dengan semangat 45 aku dan Gia menginisiasi. Awalnya aku bikin pamflet sederhana tentang KOMBUN. Kayak gini nih..


Bersama Gia, kita mulai nyebarin pamflet itu. Hingga tetiba..tuing! Banyak banget yang sms aku mau daftar KOMBUN, alhamdulillah. Meski begitu anyak pertanyaan-pertanyaan yang muncul dar mereka, dar ‘kalimat ber-tapi’

“Kak, saya punya blog tapi udah ga pernah diurus.”

“Saya suka nulis tapi belum bisa.”

Sampai kalimat penuh semangat
“Kak, saya mau gabung KOMBUN. Saya mau belajar.”

Wiiih alhamdulillahirabbilalaamiin. Kita pun mulai bikin grup WhatsApp. Alhamdulillah sebelum Kopdar I kita udah ada 34 orang dan Kopi Darat I pun diluncurkan.
Hari itu tepat pada tanggal 4 Juli 2014. Kopdar berlangsung di Taman Suropati Menteng. Olala namun aku telat hadir karena ada urusan dulu di Ciputat. Ternyata mereka belum pada mulai sampai aku hadir -__- Disini kita ngebahas tentang awal mula berdirinya KOMBUN, sekilas kegiatan kita ke depannya dan lain-lain. Alhamdulillah ada 8 orang yang hadir karena kebanyakan udah pada pulang kampung.
Setelah perkenalan dan sharing-sharing, adzan magrib pun berkumandang. Yaps kita sekalian bukber~ Lalu kita berfoto ria dan menandatangani piagam berdirinya KOMBUN. Bukan Cuma Jakarta, KOMBUN punya Piagam KOMBUN, asik dah. Hari itu, 4 Juli 2014 dengan ini saya Evi Syahida mendeklerasikan berdirinya Komunitas Blogger UNJ. Alhamdulillah.
Diskusi kita senantiasa berlanjut melalui Whatsapp, di saat itu pula masih banyak yang daftar. sampe penuh inbox ku dan terkadang missing, hehe, maaf yaa ^^v Oia bahkan ada mahasiswa dari universitas lain yang bertanya boleh gabung atau tidak, ada juga alumni UNJ. Ya Allah begitu semangatnya mereka :’) Saat ini tercatat ada 55 orang dari berbagai fakultas kecuali FIK.
Anyway, ini logo KOMBUN. Buata Helmi, anak FT.
 
Logo KOMBUN
Bentuk lingkaran melambangkan keistiqomahan kita yang insya Allah tak akan berakhir. Warna oranye melambangkan begitu cerahnya semangat kita. Bentuk di tengah yang mirip tali emdali melambangkan prestasi, kita berharap dapat menginspirasi dan berprestasi. Aamiin.
Oia hampir lupa.. Mungkin ad ayang bertanya-tanya mengenai tujuan, harapan dan alasanku berada di KOMBUN? Simak ya :)

Apa motivasi utamu membangun KOMBUN?
Aku mencintai dunia tulisan. Aku ingin sekali semangat menulis ini tertulari pada teman-temanku di UNJ bahkan semangat mereka harus lebih tinggi, hehe. Aku merasa KOMBUN adalah wadah yang tepat untuk dikembangkan.

Apa tujuanmu dan harapanmu?
Berbagi dan saling menginspirasi. As simple as that. Melalui KOMBUN ini aku berharap (sekaligus berusaha) agar mahasiswa UNJ semakin semangat dalam berbagi lewat tulisan sehingga pada akhirnya dapat menginspirasi lalu berprestasi.

Meskipun kita sebuah komunitas tapi kita juga punya program-program or kurikulum yang kece lho! Well sekarang aku akan menjelaskan kegiatan-kegiatan KOMBUN ke depannya apa aja sih?

1. Dua Tulisan Bermanfaat dan Menginspirasi Setiap Bulannya
Setiap dua pekan sekali kita bakal mengeluarkan sebuah tema. Dari tema tersebut setipa anggota KOMBUN wajib hukumnya mmbuat tulisan yang relevan lalu diposting di blog masing-masing kemudian dishare di medsos. Tujuannya apa? Ga lain dan ga bukan melatih kemampuan menulis KOBUN-ers dan berbagi ilmu, bahkan bisa sebagai forum diskusi ilmiah, of course. Sulit? Ngga kok, kita berusaha membiasakan diri dan istiqomah menulis. Nah untuk periode pertama adalah All About GAZA. Yuk mariii~
sumber: www.google.com

2. Buku Antologi KOMBUN 
Jadi setiap bulan setiap individu bakal punya 2 tulisan, dikalikan 12 maka jadinya... 24 tulisan!Nah dari 24 tulisan ini nanti dipilih beberap[a tulisan untuk dibuat antologi. Bisa juga antologi ini isiinya kisah seru di KOMBUN atau kisah seru ala blogger. Widih seru ya kan?? Insya Allah antologi ini akakan setahun skali. So antologi pertama in sya Allah akan diterbitkan bulan Juli 2015. Semoga Allah mudahkan. Aamiin.
sumber: www.google.com

3. Blogger Training  
 Kita, khususnya aku pribadi, menyadari bahwa dari sekitar 56 orang anggota KOMBUN yang bergabung, setiap  tentu punya potensi dan kelebihan masing-masing. Misal ada si B yang jago desain. Ada si C yang jago HTML. Ada si D yang jago nulis fiksi dan lain-lain. Dari situlah kita akan mengadakanya yang namanya Blogger Training atau Pelatihan Blog. Insya Allah satu bulan sekali dan insya Allah targetnya adlah anggota KOMBUN. Insya Allah September dimulai~ So, kalo mau ikutan yuk gabung dengan KOMBUN! :)
sumber : www.google.com

4. Blogger Menginspirasi 
Jengjengjeng.. Ini dia kurikulum ter-KECEH namanya Blogger Menginspirasi, merupakan sebuah seminar dan gathering para blogger. Kita akan menghadirkan pembicara di bidangnya yang super keren. Kita juga akan mengundang komunitas-komunitas blogger dari sleuruh Indonesia. Can you imagine how amazing is it? Cool!
Perlu ekstra usaha untuk mewujudkannya nih. Mohon doanya dan dukungannya ya, guys! :')
sumber: www.google.com

Well, that's all kurikulum KOMBUN yang keceh. Anyway sejak awal menginisiasi KOMBUN ini aku dapat pertanyaan begini..

“Kamu yakin bisa? Banyak lho komunitas blogger yang tiba-tiba mati di tengah jalan.” Pertanyaan sekaligus pernyataan itu kudapati dari seseorang dan dengan amat yakin aku membalasnya.

“AKU YAKIN AKU DAN TEMAN-TEMAN DI KOMBUN PASTI BISA. BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM.”

Mohon doa dan dukungan dari teman-teman sekalian, baik dari UNJ maupun dari luar UNJ, agar kami semua mampu istiqomah dalam menggerakkan semangat menulis melalui KOMBUN. Jangan lupa berkunjung ke fanspage kami ya Komunitas Blogger UNJ :)

Salam KOMBUN,
Itulah kami, KOMBUN.
Blogger Bermanfaat dan Menginspirasi! ^_^/

3 komentar: