Ads 468x60px

Senin, 03 November 2014

Refleksi Se-ember di Bulan September (part II)


Bismillahirrahmanirrahim..
Di postingan ini aku melanjutkan refleksi bulan Septemberku, menceritaakn segala pengalamnku di bulan September. Yang belum baca part I, yuk di baca dulu di part I :)

Gd. Sergur, 16 September 2014 – Seminar Motivasi Berprestasi – Unpredictable Dream!



Di bulan Agustus 2014 seorang kakak di LDK UNJ menghubungiku, memintaku menjadi pembicara di sebuah seminar bersama seseorang. Tahukah kamu siapa seseorang itu?? Beliau adalah bunda HELVY TIANA ROSA. Ya, beliau adalah penulis inspiratif, founder Forum Lingkar Pena. Unbelievable! Seorang gadis seperti aku berdampingan dengan bunda Helvy Tiana Rosa? Tapi begitulah kuasa ALLAH!
 
Hingga hari H pun tiba. Hari itu, Selasa 16 September 2014, seperti biasa aku mengajar di sekolah hingga pukul 13.00. Aku langsung cabs ke kampus. Walau acara baru dimulai pukul 15.00, pukul 14.00 aku sudah tiba di tempat acara di gedung sertifikasi guru lantai 1 (pindah tempat). Tampak beberapa anak LDK menyiapkan tempat.
Sekitar pukul 15.00 Bunda Helvy datang bersama asistennya. Wah tidak terbayangkan bertemu beliau secara langsung, walau beliau juga sebagai dosen di FBS UNJ. Jadi ingat dulu saat SMP aku ingin sekali bergabung di FLP, saat itulah pertama kali mendengar nama beliau. Hingga akhirnya aku bergabung di FLP saat SMA tapi belum pernah sekalipun bertemu langsung dengan beliau. 



Acara pun dimulai, aku, bunda Helvy dan kakak moderator maju ke depan. Talkshow diawali dengan beberapa pertanyaan dari moderator untuk kami berdua. Setiap perkataan  dari beliau begitu menginspirasi. Salah satunya kurang lebih begini,
“Menulis adalah dakwah. Kenapa saya harus menulis? Karena saya ingin melalui tulisan saya, aya bisa berdakwah.”
Aku juga sempat menceritakan pengalamanku,
“Dahulu saat masih sekolah saya adalah gadi pemalu. Kata-kata yang saya ucapkan setiap hari bisa dihitung dengan jari. Saya tak pernah berani bicara di depan umum. Berbicara di depan seperti saat ini adalah hal yang tak pernah saya bayangkan. Namun semuanya berubah. Allah telah mentarbiyah saya.” Air mataku hampir terjatuh. Bunda Helvy mengelus pundakku.
Banyak pertanyaan yang ditujukan baik untuk bunda, aku maupun kami berdua.

Hingga menjelang magrib talkshow pun ditutup. Oia, di talkshow itu bunda juga untuk pertama kalinya me-launching gerakan Sahabat Mas Gagah. Yang belum tau, bisa disearch dan bantu dukung yuk :)

Alhamdulillah Allah selalu memberi nikmat jika kita terus bersyukur. #speechless Semoga menginspirasi :)

Aula Perpus UNJ, 19 September 2014 – Open House Lingkar Inspirasi – Saatnya Kita Menginspirasi!


Sejak awal bulan September aku bersama teman-teman Lingkar Inspirasi menggagas sebuah acara dalam menyambut mahasiswa baru 2014. Open House Lingkar Inspirasi dan Training Potensi Diri, itulah acara kami. Publikasi sudah disebar semasif mungkin (sebenarnya agak tumpang tindih sama jarkoman aku yang tanggal 16 Sept :D) . Saatnya hari H.
Jumat 19 September 2014 seperti biasa aku ngajar di sekolah. Sebenarnya dresscode acara nanti siang adalah batik tapi berhubung aku ngajar, aku pake baju biasa dulu. Awalnya mau ada briefing jam 10 tapi ternyata urusanku di sekolah belum selesai, alhamdulillah ada kakak-kakak yang bisa dimintai tolong memimpin briefing.
Aku tiba di kampus jam 1 kurang dikit, langsung ganti baju dan sholat. Wuiih hectic banget deh ngurusin acara itu :D Alhamdulillah acara berjalan lancar. Yang datang ada sekitar 60 orang dan mereka tampak antusias sekali. Banyak yang nanya tentang LI. Acara pertama adalah perkenalan LI olehku, dilanjutkan training potensi diri oleh kak Tri dari Psikologi UNJ.
FYI, LI pertama kali dibentuk tanggal 25 April 2014. Yap masih baru banget. Di bulan April kami mengadakan seminar beasiswa LPDP. Lalu di bulan Juni ada klinik esai dan talkhow bersama penerima beasiswa. Ketua umum LI pertama adalah kak Ervina namun berhubung bulan Agustus 2014 beliau harus melanjutkan 2 di UK, jadi tonggak kepemimpinan LI dialihkan ke aku :’) Innalillahi, kuatkanlah aku ya Allah.
Anyway teman-teman LI ini inspiratif sekali lho. Selain kak Ervina yang dapat beasiswa LPDP ke UK, ada juga kak Mimi dapat beasiswa di UPI, ada yang ikutan summer school di luar negeri, dan lain-lain. Alhamdulillah.. Semoga kita semua istiqomah :)

Follow up dari acara ini adalah diadakannya pertemuan tanggal 9 Oktober 2014. Tunggu pre releasenya ya! Silakan difllow di Twitter Lingkar Inspirasi dan fanspage Facebook Lingkar Inspirasi :)

Unisma, 29 September 2014 – Seminar Kepemimpinan dan Motivasi – We Are Great Youth!

Berawal dari sebuah undangan dari salah seorang kakak yang pernah satu forum. Beliau memintaku menjadi pembicara di sebuah seminar motivasi yang diperuntukkan bagi siswa SMA. Acaranya di Unisma (Universitas Islam 45), Bekasi, Jawa Barat. Sejujurnya aku belum pernah sekalipun pergi ke Bekasi, paling nyerempet-nyerempet ke perbatasan Depok-Bekasi atau Jakarta Timur-Bekasi.  Sebelum acara, aku sempat diminta untuk memberikan foto close up terbaruku. O-M-G, lagi lagi foto dan aku paling bingung mau ngasih yang mana, hahaha, lebay~ Foto A lagi pake almet univ lain, ganti ah. Padahal bagus T..T Akhirnya foto yang lain deh..
Hingga tibalah hari H. Aku berangkat dari rumah pukul 06.30, sedangkan jam 08.30 kudu standby. Udah panik aja takut telat, udah mana aku belum pernah ke sana. Dari terminal Blok M, aku tanya ke orang-orang di terminal bus yang lewat Unisma. Dapatlah bus Mayasari Bakti AC 05. Alhamdulillah ga perlu nunggu lama.. Dapat duduk pula.. Bismillahirrahmanirrahim..
Sekitar pukul 07.45 aku tiba di tempat, ketemu dengan pembicara lain yaitu kak Deas, teman seangkatan di FLP Jakarta tahun 2010. Kita banyak ngobrol seraya menunggu acara dimulai. Wiih senangnya ketemu anak-anak SMA, berasa muda lagi. Tapi emang aku masih muda sih #ceilah gaya banget..
Pukul 09.30 acara pun dibuka oleh MC. Selain aku ada dua oembicara hebat lainnya yaitu Kak Deas, penulis buku, dan Kak Gama, presma Unpad. Modelnya talkshow gitu. Aku yang pertama kali mempresentasikan materiku yang juga pernah kusampaikan di ospek jurusan Matematika 2013.

 Mereka tampak antusias, ya para anak SMA Itu. Bahkan di sesi tanya jawab pun alhamdulillah banyak yang bertanya padaku. Salah satu pertanyaan yang masih kuingat adalah.
“Saat ini kan siswa dihadapkan pada kurikulum 2013 yang beanr-benar menyita waktu dan tenaga. Nah gimana sih caranya supaya bisa berprestasi, Kak?”
Waduh berasa dikasih soal Kalkulus yee, masalahnya aku ga terlalu mengikuti implementasi kurikulum 2013 di SMA seperti apa. Baiklah kujawab..
“Manfaatkan waktu dengan baik, jangan sampai ada waktu yang terbuang sia-sia. Misal kalo di kelas ga ada guru, manfaatkan untuk menulis atau belajar lebih dalam. Ikuti lomba atau olimpiade. Insya Allah kalian tetap bisa berprestasi.”
Talkshow pun berakhir sekitar pukul 11.00. Ketua panitia memberikan kenang-kenangan bagi pembicara. Dan tiba-tiba di belakang layar ada panitia yang memberiku amplop. Masya Allah, ini pertama kalinya aku dapat bayaran uang selama mengisi talkshow atau seminar. Alhamdulillahirabbilalaamiin..
Pemberian kenang-kenangan

Setelah itu aku ga langsung pulang, aku banyak ngobrol dengan anak-anak SMA para panitia dan mereka tampak antusias banget sharing denganku.
“Kalian percaya ga? Dulu itu aku orangnya pendiaaammm bangeeett.”
“Ah ngga ah, kalo ngelihat kakak yang sekarang, ga kebayang kalo dulu kakak pendiam.” Kata salah seornag di antara mereka.
O-M-G, what the maksud -___-a
Tibalah waktu makan siang. Kita makan siang bareng, trus sholat dan akupun berpamitan pada mereka. Waah terimakasih banyak IKOS (ikatan OSIS Bekasi) yang sudah mengundangku dalam acara yang super duper ketjeeeh ini. Semoga apa yang kubagi bias bermanfaat ya. Ditunggu karya-karya dan prestasi-prestasi kalian lainnya :)


Ya Allah... Sungguh tak pernah habis nikmat yang Kau berikan padaku, terlebih di bulan September ini...
Begitu dalamnya Kau mentarbiyahku hingga menjadi seperti ini..
Well walaupun sekarang sudah lebih banyak bicara, namun tetap sisi pendiamku masih kerap muncul.. Di situasi-situasi tertentu.. Bawaan lahir kayaknya, maklumlah dulu calon ilmuwan #trus?? :D
Oke deh readers, terimakasih telah setia membaca postinganku.
 Anyway aku suka sekali berdiskusi, so yang mau ngajak diskusi, silakan aja atuh kontak aku ;).
Semangat berprestasi dan menginspirasi! ^_^/
Visya dan bunda Helvy


 

0 comments:

Posting Komentar

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!