Ads 468x60px

Senin, 29 September 2014

Refleksi Se-ember di Bulan September (Part I)



 “Dahulu aku adalah seorang anak yang sangat pendiam dan sangat pemalu. Bahkan teman-temanku bilang jumlah kata yang kuucapkan setiap harinya tak pernah lebih dari jumlah jari. Kalian tahu kan berapa jumlah jari? Sepuluh, ya, kata yang kuucapkan setiap harinya tak pernah lebih dari itu. Berdiri disini seperti sekarang adalah hal yang tak pernah terpikirkan dalam benakku, seorang anak yang bahkan bicara sepatah kata saja sungguh sulit..”

Kalimat itu mengalir dari mulutku saat mengisi sebuah talkshow di kampus. Bibirku sampai bergetar, wajahku sesekali menunduk. Kali ini bukan karena malu, melainkan terharu. Ya, terharu karena matamorfosa yang telah Allah berikan padaku. Itu sungguh adalah sebuah pengalaman hidupku..


Bulan Agustus. Masa-masa ospek tiba. MPA (Masa Pengenalan Akademik) di UNJ terbagi dari tingkat jurusan, fakultas hingga universitas. Ingin tahu cerita MPA FMIPA 2013? Disini :D Di tahun 2012 aku menjadi panitia MPA Jurusan Matematika, tepatnya sie HPD (Humas, Publikasi dan Dokumentasi). Kemudian di tahun 2013 aku menjadi panitia MPA FMIPA. Disinilah pengalaman pertamaku menjadi pembicara MPA, tak tangggung-tanggung, bahkan tingkat universitas! Ceritanya disini :)

Kali ini aku akan menceritakan pengalamanku tampil di depan umum sebagai pembicara ataunarasumber, sekaligus sebagai refleksi atas bulan September yang kata orang adalah September Ceria. Bismillahirrahmanirrahim..

GSG, 4 September 2014 – Talkshow Mawapres FMIPA – FMIPA; Empat Warna, Satu Hati!
FMIPA SATU!

Aku ingat betul di tahun 2013 ga ada yang namanya talkshow mawapres FMIPA. Sebetulnya waktu itu sempat bertanya-tanya, tapi mungkin karena acara sudah diarrange sedemikian rupa, jadi ngikut sajalah :D Aku ingat betul sebulan sebelumnya ada panitia yang mengkontakku untuk menjadi pembicara. Talkshow ini adalah rangkaian dari MPA FMIPA.

Seminggu sebelum acara, panitia gencar mengkontakku. Mulai dari ngasih rundown dan TOR, hingga briefing pembicara. Wuih bakal sukses nih, batinku. Aamiin.

Hari H pun tiba. Hari itu aku ada jadwal ngajar di sekolah, ngajar murid-muridku di 8-4. Wuih seperti biasa ramai nian anak-anakku ini. Jam 11.30 aku langsung cabut ke kampus, masih pakai baju ala guru. Haphaphap. Sekitar jam 13.30 aku tiba di kampus. Langsung aku berganti baju dengan baju gahoelku. Alah alah, apaan sih, Sya, wong cuma gamis batik biru kok -__- dan bedakan dikiiit.

Lalu aku menuju BEMF, wedeh langsung pada heboh ngelihat aku udah kayak ngelihat hantu kali, hahaha. Maklum beberapa hari ga ke kampus, sibuk PPL di sekolah :’) Istirahat bentar sambil lunch dan ngobrol-ngobrol sama 3 pembicara lainnya. Ada Gigi sang mawapres II FMIPA 2014 dari Fisika, Vafa sang Mawapres I FMIPA 2013 dari Biologi dan Firyah sang Finalis PIMNAS 2014 dari Kimia. 

Pukul 14.00 kami masuk ke gedung serbaguna (GSG), tempat kami akan mengadakan talkshow. Kita masuk dari pintu belakang. Asli ini kali pertama aku masuk lewat pintu belakang GSG~ Widih ratusan maba berkumpul jadi satu..Jadi deg-degan..

MC pun mulai memanggil sang moderator, Bagas. Ini dia nih yang gencar banget menghubungi kami berempat, hehe. Lalu Bagas mulai memanggil pembicara satu persatu bersamaan dengan prestasi yang diraihnya. Gigi udah dipanggil, Vafa menyusul, lalu Firyah dan engingeng giliranku..

“Beliau adalah peraih...blablabla (ga usah disebut lah ya, hehe). Kita panggilkan Evi Syahida, atau kak Visya.”

Sesi talkshow dimulai dengan eprtanyaan yang dilemparkan oleh moderator ke masing-masing peserta meliputi kisah-kisah heroik perjuangan meraih prestasi, suka-duka, dan lain-lain. Aku ingat betul ada pertanyaan begini yang ditujukan untukku.

“Seandainya kakak mendapat panggilan bekerja di luar negeri. Apa yang akan kakak lakukan?”

“Sejak saya berpredikat sebagai mahasiswi UNJ saya sudah mengazzamkan diri saya untuk menjadi guru di pelosok negeri. Saya ingin berkontribusi bagi tanah kelahiran saya. Saya terus menyemangati diri saya. Maka jika saya ditanya demikian, sampai detik ini saya akan menjawab; Saya ingin mengabdikan diri saya disini, di Indonesia, menjadi pendidik yang melahirkan berlian-berlian hebat dari pelosok negeri.”

Sungguh aku terharu mendengar kata-kataku sendiri.. ya Allah kuatkanlah aku, istiqomahkanlah diriku.. Aamiin..
Di akhir talkshow, setiap pembicara menyampaikan pesa-pesannya. Dan inilah pesan dariku untuk adik-adikku..
“Mungkin UNJ bukanlah pilihan pertama kalian. Mungkin ini adalah pilihan terakhir kalian. Namun Allah telah menempatkan kalian disini, di tempat terbaik, insya Allah. ”
Alhamdulillahirabbilalaamiin, talkshow pun berakhir dengan sukses. Kulihat binar semangat di mata para maba.. Semoga mereka bisa benar-benar terinspirasi hingga akhirnya bisa berprestasi dan menginspirasi yang lainnya, aamiin..
Sungguh bangga aku berada disini, seperti mengulang memori setahun yang lalu. Bangga pada teman-teman seperjuanganku, yang senantiasa membersamai perjuangan ini..

Kampus FMIPA UNJ, 5 September 2014 – Seminar Karya Ilmiah - Banggalah Jadi Mahasiswa UNJ!

Hari Jumat ini ada rangkaian kegiatan MPA yakni seminar karya ilmiah yang terdiri atas 2 kloter, kloter pagi dan siang. Kloter pagi ada jurusan Kimia dan Biologi, kloter siang ada jurusan Matematika dan Fisika. Setiap jurusan ada di satu kelas.
Seperti biasa hari itu di pagi harinya aku ‘bermain’ Matematika bersama murid-muridku. Niatnya di skeolah cuman mau sampe jam 9, begitu selesai ngajar niatnya mau langsung cabut ke kampus eh tapi ketahan di sekolah. Siang hari baru tiba di kampus, langsung ke ruang seminarnya maba Matematika. Ada Pak Rusdi, PD3 (Pembantu Dekan bidang Kemahasiswaan) sedang memberikan materi, dilanjutkan Pak Ibnu ngasih sedikit brainstorming. Dan..engingeng, giliranku dan Hengki (ketua departemen keilmiahan BEMJ Matematika) maju ke depan. Hengki ngasih pembukaan tentang pengalaman dia dalam membuat KTI, sedangkan aku membagikan ceritaku tentang PKM. Ah, never ending story with PKM lah! Next time aku buat ceritaku sama dia ah..
Alhamdulillah respon maba positif, banyak yang bertanya, kujelaskan. Dan inilah pesan-pesan ku di akhir acara kepada mereka, adik-adikku..
“Kak Visya pengen kalian bangga jadi anak UNJ. Buat UNJ bangga punya kalian. Selamat berjuang, dek!”

Ya Allah, semoga mereka lebih berprestasi dan menginspirasi dibandingkan kakak-kakakknya yang lain.. Aamiin ya Allah.. :’) Semangat PKM minus 5 hari!

Taman UNJ, 12 September 2014 – Kopi Darat II Komunitas Blogger UNJ – Be Inspiring Blogger!
Ada yang belum tahu apa itu Komunitas Blogger UNJ alias KOMBUN?? Yang belum tahu, yuk mari disimak disini :)
Well tanggal 4 Juli 2014 Kombun resmid dibentuk, berbarengan dengan kopi darat (kopdar) part I. Dan..hari ini saaatnya part II. Ada sekitar 70 Kombuners yang udah bergabung di Kombun. Kira-kira ada berapa orang yang datang hari ini ya?

Well hari ini aku ndak ada jadwal di sekolah, jadi dari rumah aku langsung ke kampus buat kuliah jam 13.00. Sebenarnya jam 15.00 aku ada kuliah SPS tapi aku nekat aja teteup ngadain kopdar di tanggal ini karena kupikir ga akan lama juga kuliah SPS nya dan ada Gigi juga yang ngehandle. Tapi ternyata... 

Kuliah SPS berjalan normal alias mulai jam 15.30 dan masih terus berlanjut. Setelah sholat ashar jam 15.30 aku mampir dulu ke taman UNJ, tempat kita kopdar. Udah ada beberapa orang yang datang, ada Gigi juga. Karena dosennya udah datang, akhirnya kuserahkan sementara ke Gigi. Eh ternayat dia juga ada janji sama dosen, O-M-G. Tapi aku harus tetap balik ke kelas. Di kelas udah was was aja sama nasib anak-anak Kombuners, gimana ya? Tapi harus fokus kuliah! Fokus, fokus, fokus!

Alhamdulillah kuliah SPS selesai jam 16.45 aku langsung cabs ke taman UNJ, ternyata baru dimulai pas aku datang.. Jadi terharu #apasihSya. Well, dibuka dengan perkenalan antar anggota. Ada sekitar 20 orang yang datang, alhamdulillah. Setelah perkenalan, kilas balik sejarah oleh aku #ciee
“Visya ya, ada dimana-mana. Di buletin ini, di buletin itu, semuanya Visya. Ckck.” Kata Rozan bikin aku salting -__-
Lalu pejelasan kurikulum Kombun oleh Gigi dan ngobrol santai. Kita juga sempat bagi job mengenai Twitter dan web Kombun. Tia-tiba hening...
“Eh ngapain lagi ya?”
“FOTO!” kataku penuh semangat, haha. Dan..untung saja ada kak Yusuf dengan DSLR nya jadinya kita bernarsis ria, eeeaa..

Alhamdulillah kopdar part II berjalan lancar, program kita yang terus berjalan adalah penulisan artikel dwi mingguan dan penyusunan buku antologi. Kemudian insya Allah di tahun depan bakal ada Blogger Menginspirasi. Mohon doanya ya :’)

Eits kisah bulan Septemberku masih berlanjut.. Masih ada TIGA KISAH lagi lhoo!Ditunggu ya publish keduanya ya :)

0 comments:

Posting Komentar

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!