Ads 468x60px

Selasa, 23 September 2014

90 Hari Menjadi 'Pendamping' (Hidup)


Bismillahirrahmanirrahim..
Me and my maba







Tiga tahun yang lalu kali pertama aku menginjakkan kaki di fakultas ini dengan predikat ‘mahasiswa baru’. Serangkaian kegiatan ospek yang biasa disebut MPA (Masa Pengenalan Akademik) mulai dari tingkat jurusan, fakultas hingga universitas kuikuti bersama ratusan mahasiswa baru lainnya. Di FMIPA sendiri adalah pengalaman ospek yang tak terlupakan bagiku. Berhari-hari menjalani MPAF yang juga bersamaan dengan bulan Ramadhan. Setiap selesai sahur langsung berangkat menuju kampus diantar ayahku hingga pukul 04.45 sudah tiba di kampus. Menjadi leader bagi wanita Matematika 2011. Di saat yang lain mulai kelelahan, aku harus jadi yang paling bersemangat meski wajahku tak bisa dibohongi sampai masuk ruang medis berkali-kali. Ah, malu -__-
Oke tapi sekarang bukan MPAF 2011 saat aku jadi peserta melainkan MPAF 2013 saat aku jadi panitia. Perjuangan itu dimulai sejak bulan Mei 2013..


Bulan Mei 2013 ada open recruitmen kepanitiaan MPA FMIPA. Kalo aku gabung, artinya liburanku pasti akan ‘terhambat’ oleh rapat-rapat dan pertemuan. Padahal aku sudah merencakan berbagai macam rencana liburan di dalam maupun luar kota. Tapi aku pengen ikut. Bismillah, ikut kepanitiaan. Ada beberapa divisi (sie) seperti acara (bertugas meng-create acara), medis(menyiapkan obat-obatan saat hari H), pendamping (menjadi mentor dan kakak curhat dan mendampingi maba selama MPAF), keamanan (berjaga di pos dan selama acara), HPD (membuat publikasi dan dokumentasi). Seksie Pendamping adalah pilihan pertamaku. Setelah melalui sesi wawancara, diumumkanlah fiksasi kepanitiaan. Alhamdulillah namaku ada di kolom pendamping bersama sekitar 40 orang lainnya. Yap setiap pendamping memegang sekitar 10-12 maba.
 
Perjuangan bersama tim MPAF MIPA 2013 khususnya tim pendamping pun dimulai dari rapat pertama, simulasi (semacam micro teaching gitu, haha. Tujuannya untuk menerka-nerka respon dan pertanyaan-pertanyaan maba terkait akademik) sampe bikin souvenir bareng buat maba. Pokoknya dibandingkan sie lain bisa dibilang pendamping lebih sering ketemua, walau paling banyak orang-orangnya :’) Lucu deh pas bikin suvenir bareng jahit-jahit gitu, yang laki-lakinya ikutan ngejahit bahkan ada yang berpuluh kali ketusuk jarum, tapi demi maba gapapa deh :D
 
Oke bismillah dengan tekad yang kuat dan senantiasa mengingat Allah, kita memulai perjuangan MPAF di hari H. Selama 4 hari itu pula aku beneran jadi anak kosan. Bayangin aja, jam 4 kita udah kudu standby di kampus karena maba standby dari jam 05.00. Anw mohon maaf aku lupa tanggal-tanggal MPA. Baiklah, bismillahirrahmanirrahim!

16 Agustus 2014


Mbak Tres tengah mengatur maba


Hari ini adalah briefing MPA atau pra-nya MPA. Dibagi menjadi kegiatan jurusan dan fakultas. Di hari ini adalah pengalaman pertamaku menjadi pembicara di MPA, setelah biasanya hanya di kajian-kajian. Ini dia cerita selengkapnya...
Hari ini aku belum mulai ngekost, alhasil jam 06.45 WIB baru tiba di kampus. Malu banget dah, udah banyak maba. Di pagi hari aku bertugas sebagai pendamping, ada sesi perkenalan pendamping di GSG. Mabaku ada 13 orang. Ada Hersa, Wawan, Yayah, Cintya, Lena, Vivi, Risma, Rio, Kahfi, Rahma, Lona, Fathul, dan Diani. Oh ya dresscode panitia MPAF hari ini adalah kerudung hitam, jas almamater dan rok bahan hitam. Ke-40 pendamping memegang papan bertuliskan nomornya. Aku nomor 15. Kita berjejer di depan, udah kayak apaan aja yak. -__- Trus langsung lah bikin lingkaran-lingkaran kecil. Oke disini mereka masih pada belum tau aku siapa, haha. Emangnya siapa? Power rangers?
 
“Assalammu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Perkenalkan nama kakak Evi Syahida tapi biasa dipanggil Visya.”
 
Karena masih awal kali yah jadinya masih pada diam. Aku tetap berusaha seatraktif mungkin, ngajak ngomong apa aja dah. Sekitar 15 menit waktu kita selesai karena saatnya sholat dzuhur. Setelah ini mereka akan ‘dikembalikan’ ke jurusan. Nah mulailah aku hectic berganti pakaian karena mau ngisi brieifing di MPA Jurusan Matematika. Sampe malu dilihatin maba-maba karena udah ganti pakaian aja ==” Belum lagi aku jadi mentor juga. Jadi ada 3 job aku; mentor, pembicara dan panitia. Hecticnyaaa...
 
Singkat cerita selesailah Brieifng MPA hari itu, sore hari maba pun langsung dipulangkan. Para panitia berbaris di sepanjang jalan dari FMIPA menuju gerbang keluar. Niatnya mau mengawal eh tapi malah disalimin sama ratusan maba itu, ga kelar kelar ini mah -__-“ Semangat buat MPA yang sesungguhnya beberapa hari lagi ya, adik-adik maba! ^^

MPA Hari Pertama, Agustus 2014



MPA di UNJ berlangsung selama 6 hari dengan pembagian sebagai berikut :
-          Opening MPA diikuti oleh seluruh mahasiswa baru 7 fakultas
-          Dua hari berikutnya MPA 4 Fakultas secara berurutan
-          Dua hari berikutnya MPA 3 fakultas secara berurutan
-          Closing MPA diikuti oleh seluruh mahasiswa baru 7 fakultas
Nah MPA FMIPA berlangsung di kloter kedua. Malam sebelum opening FMIPA adalah ahri pertamaku bermalam di kos Erlina. Saking teparnya aku sampe langsung tidur begitu tiba di kosan. Huft.. Dan.. Alhamdulillah masa MPA FMIPA pun tiba! Nah di sore harinya kita ada brieifing panitia. Sekaligus di malam hari ini adalah hari keduaku menginap di kos tapi kali ini adalah kosnya Dwi.

Widih rame banget yang nginap disini. Nah kali ini aku banyak mengobrol dengan orang-orang di kos Erlina, bahkan ada maba yang skeos sama kita, zz..
Alhasil aku bangun kesiangan. Masa jam 04.30 baru sampe padahal harusnya jam 04.00 -__- Pagi harinya dimulai dengan shalat subuh berjamaah lalu tilawah dan al-matsurah. Kemudian agenda-agenda fakultas seperti sidang peraturan MPA, materi, mentoring agama dan lain-lain. Ah jadi ingat masa-masa MPA 2011 saat jadi peserta.. Tapi ga asik ah sakit-sakitan mulu aku :’D
 
Oke kalo udah acara, yang paling ribet adalah anak acara dan pendamping paling magabut, haha. Nah tapi tiba jugalah sesi kumpul bersama pendamping. Yeay kumpul sama kelompok 15 lagi! Aku banyak ngobrol sama mereka, mereka pun udah mulai terbuka denganku walau kata mereka suaraku masih terlalu pelan, zz, ini mah bawaan kalii -__-

My number. My name is Evi Syahida not using h in the back -_-



MPA Hari Kedua, Agustus 2014
Pulang dari kampus ba’da magrib, semalam tadi pulangnya ke kos dong (gaya bener anak rumahan~). Pulang ke kos aku nyuci baju malam-malam gegara bajuku pada abis. Alhasil pas bangun jam 3 badanku menggigil. Tapi tapi tapi bagaimanapun juga aku harus tetap bangkit! Adik-adikku menunggu di kampus! :’D
Nah hari ini adalah jadwalnya MPA Jurusan. Ada juga parade OPMAWA dan ORMAWA tingkat fakultas. Hari ini juga penutupan MPA FMIPA. Wiih seru deh pas sore harinya. Nah selama siang hari para pendamping sibuk meriksain buku MPA para maba. Sampai ada yang ketukar antara adik mabanya, haha.


Para pendamping yang sibuk :'D

Trus juga ada  ini bikinannya anak acara, maba disuruh ngumpul di lapangan komplek BEM. Lalu dilakukan evaluasi. Para ketua dan korwat (koordinator akhwat) angkatan dari 4 jurusan dan ketua serta korwat fakultas maju ke depan untuk ‘dimintai pertanggungjawabannya’. Mereka dijadikan indikator kesalahan (bahasanya anak MIPA) alhasil para maba lainnya berusaha membela teman-temannya di depan.
 
“Masih banyak yang telat. Masih banyak yang buku MPA nya ga lengkap! Siapa yang salah? Ketua dan korwat kalian?”
 
“Iya ketua dan korwat kalian kan penyebabnya!”
 
“Atau kakak pendamping kalian?”
 
Hingga tetiba semua pendamping maju ke depan, menampakkan wajah sedih dan bersalah.
“Ya, ini semua salah kami, para pendamping. Biar kami yang dihukum, jangan mereka!” Ayu, sang korwat pendamping pun maju ke depan seraya menangis.
 
Para maba perempuan menghampiri Ayu dan memintanya berhenti. Suasana diiringi tangisan. Benar-benar skenario yang sempurna, begitu batin anak acara :D
 
“Kalian tuh ga pantas jadi calon mahasiswa baru! Nggak pantas!” kata Evan. Suasana hening.
“Kata siapa, Kak? Kita pantas kok!” salah satu maba membela.
“Ya, kalian ga pantas jadi CALON mahasiswa karena mulai hari ini..” Evan menggantung kalimatnya. “Kalian adalah mahasiswa baru 2013!”


Sorak sorai pun menggema, menggantikan tangis ajdi suasana tawa dan haru. Para pendamping, panitia MPA lainnya dan para mabab saling bersalaman meminta maaf dan berpelukan. Wah sungguh ukhuwan di antara para calon saintis dan pendidik. Alhamdulillah, MPA FMIPA 2013 resmi ditutup. Selamat atas kesuksesan MPA FMIPA 2013, kakak-kakak panitia! :)
 
Apa? Kata siapa udah selesai? Belum sih, hehe. Karena masih ada rangkaian closing MPA Universitas hari Sabtu. Semangat!

Penutupan MPA Universitas, Agustus 2013


Lautan 5000 maba
Suasana kampus B UNJ hari itu tampak amat ramai. Gimana ngga? Ada 5000-an maba jadi satu di gedung serbaguna FIK UNJ. Hari itu akan ada parade OPMAWA, ORMAWA dan UKM tingkat universitas. Plus ada juga talkshow mahasiswa berprestasi UNJ. Untuk kedua kalinya di MPA 2013 aku jadi pembicara. Mau tau cerita lengkapnya? Disini yah..
 
Oke jadi jobku hari itu adalah panitia MPA dan pembicara (lagi). Dan bolak baliklah aku jadinya, tak apa.. Semangat!
 
Di sore hari MPA Universitas resmi ditutup. Meski ada sedikit kejadian tak mengenakkan, alhamdulillah semua berjalan lancar..
Selamat datang, mahasiswa baru 2013 (setahun yang lalu), hehe. Sekarang udah punya adik ya, ciecie..
Wah jadi kangen sama maba-maba kelompok 15. :D
 
Anyway Allah memang tak pernah salah menempatkan hambaNya termasuk menempatkanku  di sie pendamping MPA FMIPA. Begitu banyak pengalaman berharga yang kudapat khususnya bersama teman-teman pendamping..


Jadi Pendamping itu..
Pekerja keras. Gimana ngga? Setiap kali rapat yang dipegang di tangan adlaah kerajinan cinderamata, laki-laki sekalipun! Bisa bayangin kan? :D
Banyak tahu. Karena orang pertama yang dituju kalo mau nanya-nannya dunia perkampusan adlaah pendamping. Banyak tahu ya, bukan sok tahu.
Sabar dan ramah supaya maba-maba pada betah (?)
Telaten karena ngoreksi tugas buku MPAF maba yang bejibun~
Setia mendamping di kala susah dan senang. EAAAA yang ini mulai ngaco, haha.

Dan inilah secara singkat kesan dan pesan dari maba kelompok 15 untukku. Kata mereka aku terlalu lembut, -__- tapi aku senang karena bisa berbagi motivasi sama adik-adikku. Hei, kalianlah yang akan ajdi penerusku kelak, penerus yang lebih baik. Insya Allah. Aamiin
 
Terimakasih atas kerjasamanya teman-teman panitia MPA FMIPA 2013.
Terimakasih teman-teman pendamping yang slealu setia mendampingi #eaaa
Terimakasih adik-adik maba yang ketjeh dan qren qren :D
 
Buat angkatan 2011.. Semangat SPS, Semangat skripsi! Hahaha. Graduation on 2015 insya Allah. Bismillahirrahmanirrahim..
Yaps beginilah pengalamanku 90 hari (dari bulan Mei hingga Agustus) menjadi pendamping (hidup).. Trus kamu pendamping hidupku siapa? Lagi apa? Lagi dimana? Kapan kita ketemu? #eeaaaa
Udah ah, bubbye!
Wassalammu’alaikum :)

0 comments:

Posting Komentar

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!