Ads 468x60px

Selasa, 24 Februari 2015

SPS On Fire!

Bismillahirrahmanirrahim.

Hellow, dunia!
Rindu kah kalian padaku? #eeeaaa
Apa? Harus dong! *maksa*

Well, ga kerasa yah rasanya baru kemarin aku jadi maba. Rasanya baru kemarin ikutan MPA 2011. Rasanya..ya, rasanya... Tapi sekarang aku sudah memasuki semester DELAPAN. Ya, semester terakhir, insya Allah. Aamiin. Aku mau kilas balik sedikit perjuanganku di semester 7 yang luar biasa banget.

Luar biasa?

Gimana ngga? Di semester itu aku disibukkan dengan PKM (Praktek Ketrampilan Mengajar) di SMP Negeri 43 Jakarta, menjadi guru Matematika 4 hari dalam 5 hari. Selain itu juga masih sempat-sempatnya aku ikutan PIMNAS di bulan Agustus di Semarang dan backpacker-an keliling Palu dan Bali. Eits, bukan sembarang backpacking, melainkan menebar dakwah, asiik dah. Ngga hanya itu, akupun ngambil mata kuliah SPS alias Seminar Pra Skripsi. Nah ini dia yang mau kuceritakan...

Di perkuliahan ini ada 3 matkul yang harus diambil sebagai syarat skripsi, tentunya di luar mata kuliah perhitungan ya, yaitu Metodologi Penelitian (alhamdulillah dapat A di semester 4), Seminar Matematika (alhamdulillah dapat A di semester 5) dan Seminar Pra Skripsi (semester 7). Bisa dibilang aku ini nekat, di semester 7 ngambil SPS. Tapi bahkan ada juga temenku ngambil ini di semester 6 meskipun hanya 2 orang yang  lulus. Yap, nilai SPS cuman ada tiga; BL alias Belum Lulus, A dan B. A dan B hanya berlaku buat yang udah sidang, sisanya ya BL.

Ingat banget, 17 Oktober 2014 akhirnya aku dapat dosen pembimbing dan kartu bimskrip alias Bimbingan Skripsi. Tapi menurutku ini agak lambat mengingat perkuliahan SPS udah dimulai dari awal September. Okelah gapapa. Dosen pembimbingku duaduanya ganteng lho. Ada Pak Tri Murdiyanto dan Pak Med Irzal. Secara judul yang kuambil adalah bertema RnD alias Research and Development. Gokil, cinta parah sama RnDheart emoticonheart emoticonheart emoticonheart emoticon

Hari-hari ku pun jalani dengan proposal bab 1, 2, 3, konsul dan seterusnya. Targetku, akhir Desember SEMINAR. Alhamdulillah bab 1 done, lanjut bab 2. Nah target akhir November udah selesai bab 2 dan menuju bab 3 karena di akhir November aku akan melancarkan backapacking-ku, secara tiket pesawat udah di tangan gitu lho. Tapi Allah Maha Berkehendak, ternyata aku masih revisi bab 2. Okelah, however the show must go on!

Pasca pulang backpacking, pastinya berkutat lagi dengan proposal skripsi. Dengar-dengar akhir Desember terakhir daftar sidang, sementara bab 3 juga belum bener. Masya Allah, aku benar benar berpacu dengan waktu. Sempat diri ini ingin menyerah, namun kulihat lagi mimpiku “SPS di Semester 7”. 
Semanga, Sya! Allah tahu kamu BISA! 

Awal Januari benar-benar menguras waktu, tenaga dan materi, hingga akhirnya...

SIAP SIDANG SPS

Alhamdulillahirabbilalaamiin. Tanpa berpanjangkalam, acc dosen sudah di tangan, langsung lah aku mengurus pemberkasan. Dan yak.. Tanggal 13 Januari 2015 adalah jadwal sidangku. Awal tahun yang penuh berkah, alhamdulillah...

Menjelang tanggal 13 aku disibukkan kembali dengan beberapa hal, salah satunya acara besar Lingkar Inspirasi yaitu Festival Studi Luar Negeri dan aku sebagai ketua panitia. Belum lagi aku mendapati kenyataan bahwa ibuku masuk Rumah Sakit dan harus dioperasi. Allahurabbi.. Ujian itu datang bertubi-tubi mendera diri yang lemah ini..

Hari-hari kuhabiskan di RS. Ditambah lagi ternyata jadwal sidangku mengalami ketidakjelasan. Tidak sempat diri ini untuk ke kampus yang berjarak dua jam dari Rumah Sakit..

Ada malam-malam saat aku menangis dalam sunyi..Untuk sekedar menguatkan diriku..Aku tidak ingin banyak orang tahu kala itu apa-apa masalahku, biar ku simpan sendiri.. Allah punya rencana indah di balik ini semua.. Aku harus bangkit kembali..

Selasa, 13 Januari 2015
Fixed. Aku maju sidang di pagi hari. Bayangkan, aku baru mendapatkan kepastian berita ini di malam hari. Selain itu aku belum sempat membuat slide presentasi. Alhasil di pagi harinya aku baru membuat slide. Satu kelas ada 5 orang yakni aku, Cutan, Nada, Kak Tantri dan kakak 2009 (lupa namanya). 

Awalnya seorang kawan berniat datang ke sidangku namun rupanya Allah berkehendak lain, tak apalah.

Sekitar pukul 10.45 WIB tibalah giliranku. Dosen pengujiku adalah Ibu Farhani, Ibu Sri Utami dan Pak Lukman. Alhamdulillah, tak sia-sia pengalamnku melanglangbuana presentasi paper, Allah lancarkan lisan ini selama sidang. Walau sempat ada pertanyaan yang kurang bisa terjawab olehku dan belakangan aku tahu bahwa memang di setiap sidang SPS dosen penguji ‘wajib’ mencari kesalahan mahasiswa. Jadi ingat ceritanya Cutan.

“Sya, lo tau ngga tadi kenapa tata cara penulisan gue dikomentari? Bukan karena gue ngga ngerti, tapi gue sengaja, itu siasat gue. Karena dosen penguji pasti nyari kesalahan lain dan gue mungkin bakalan susah banget jawab.”
O-M-G -___-

Alhamdulillahirabbilalaamiin, sidangku pun selesai, tentunya dengan revisi. Tinggal menunggu nilai dan nafas dulu sebelum mulai menyentuh revisi, haha.

Semester 7 pun berakhir. Penginputan nilai oleh dosen pun mulai berjalan. Namun apa yang terjadi? Nilai SPS ku ‘BL’ alias Belum Lulus? Benarkah sidangku kemarin gagal? Ya Allah..
Padahal berdasarkan informasi yang kudapat dari kakak kelas, nyaris tidak pernah ada sidang SPS mengulang. Jadi...

Setelah kuselidiku, ternyata dosen pembimbingku terlambat meginput nilai. Padahal aku cek di rekap data jurusan nilaiku B. Alhasil aku harus menguris perbaikan nilai; meminta tanda tangan sana sini, bolak balik kampus A-kampus B-kampus A. Belum lagi berkasku sempat hilang saat kutinggal di ruangan PD1(Pembantu Dekan 1) untuk meminta tanda tangan. Allahurabbi....

Aku pun curhat dengan dosenku yang merupakan orang Pustikom dan dosen pengampu SPS.
“Tenang aja.” jawab kedua dosenku. Tenang? Bagaimana bisa, Pak? Sementara besok terakhir input nilai T_T

Allah, ku pasrahkan padamu, jika memang aku harus mengulang SPS. Ini benar-benar titik terpasrahku..

Hingga keesokan harinya, aku kembali menemui dosen pengampu SPS. Beliau senyum sumringah mendengar curhatanku.

“Sudah saya ganti.”
“Beneran, Pak?” aku rada gak percaya.
“Iya. Coba kamu cek.”
Dan.. yak! Alhamdulillah nilai SPS ku berubah jadi B. Allah, terimakasih! Walaupun ga sesuai dengan nilai yang kutargetkan, tapi banyak ibroh yang kudapatkan dalam memperjuangkan SPS ini..
Allah Maha Menguatkanku, bukannya aku ngga pernah mau menyerah, bukannya aku ngga pernah lelah. Pernah, bahkan mungkin sering, tapi Allah kuatkanku!

Dan kini.. SKRIPSI telah menunggu di depan mata untuk diselesaikan. Ya Allah, lancarkanlah proses penyusunan skripsiku. Bantu aku membahagiakan orang-orang yang kini membersamai kehidupanku.. Istiqomahkanlah aku.. Aamiin..

Thanks for giving me this. I will, bismillah..
NB: Sayang sekali ngga sempat foto2 pas lagi sidang SPS :/

2 comments:

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!