9 Fakta Ciri Khas FMIPA UNJ

(Syahida, 2015)

UNJ sebagai satu-satunya kampus negeri yang berlokasi di Jakarta punya 7 fakultas dengan ciri khas berbeda. Salah satunya adalah FMIPA. Nah apa aja ciri khasnya dari FMIPA ini? Yuk cari tau! Persembahan dariku, Evi Syahida alias Visya alias @visyabiru




Letaknya Terpisah
(Syahida, 2011)

Apa? Kamu ga nemu gedung FMIPA di kampus pusat UNJ? Ya jelas kamu ngga akan nemu disanalah, hehe. Karena FMIPA ini letaknya terpisah. Hmm sebenarnya sih masih sama-sama di wilayah Rawamangun, cuman beda  dua halte busway dari kampus pusat, sekitar 1 kilometer laah. Letak persisnya di  Veldrome. Disini ia berdampingan dengan FIK alias Fakultas Ilmu Keolahragaan. Jadi jangan keburu hopeless duluan kalo belum nemuin ya!

Ungu!
BEM FMIPA UNJ 2014/2015 (Syahida, 2015)

Fakta kedua yang akan kamu dapati dari fakultas ini, khsususnya begitu kamu (sudah) menemukan fakultas ini adalah warna ungu yang mendominasi. Entah dari mana awal mula dan siapa yang mencetuskan ‘warna’ khas untuk FMIPA ini tapi warna ini selalu jadi ‘pedoman’ warga MIPA. Misalnya buat bikin baju seragam, hiasan di kampus dan lain sebagainya. Kadang suka kasihan sama yang cowok-cowoknya, hmm tapi sebenarnya warna ini cocok juga buat warna cowok kok.

Fakultasnya Para Pejuang!
Ghaliyah 2015

Meski letak gedung FMIPA terpisah dari kampus pusat, tapi beberapa mata kuliah seperti mata kuliah umum buat anak MIPA diadakan di kampus pusat. Kebayang gimana perjuangan mereka bolak balik kampus A-kampus B dong? Bukan hanya tenaga, tapi juga materi dan waktu. Ngga jarang loh dalam sehari mereka bolak balik lebih dari dua kali. Entah untuk urusan akademik, organisasi atau yang lainnya.
Belum lagi banyaknya praktikum dari mahasiswa FMIPA ini yang bisa menguras tenaga bahkan air mata (?). Satu mata kuliah praktikum yang bahkan hanya 2 SKS rasanya kayak 8 SKS karena bisa sampai sehari penuh. Belum lagi laporan praktikum harus ditulis tangan. Tiada hari tanpa olahraga tangan bagi para mahasiswa FMIPA. Meskipun terkadang mereka dimudahkan juga dengan adanya ‘primbon’ dari para kakak kelas. Ups!
Karena alasan-alasan itulah, mereka layak disebut ‘pejuang’.

Empat Jurusan, Sembilan Prodi
Apa sih yang terbayang di benakmu kalo ditanya jurusan-jurusan di MIPA? Yaps, Fisika, Biologi, Kimia dan Matematika. Keempta jurusan itu juga yang ada di FMIPA UNJ. Eits, tapi tiap jurusan punya dua prodi yaitu prodi murni dan prodi pendidikan. Misalnya jurusannya Fisika, prodinya ada Fisika murni dan Pendidikan Fisika. Oh ya pengecualian untuk Matematika yang punya 3 prodi yaitu Matematika murni, pendidikan matematika dan sistem komputer (baru berdiri di tahun 2013). Eits jumlah ini masih termasuk sedikit lho dibayangin fakultas lain yang ada di UNJ.
Hmm tapi kabarnya awal taun depan jurusan mau dihapuskan dan dijadikan prodi aja. Begitupun dengan BEMJ berubah menjadi BEMPRO.

Adem Ayem~
(Syahida, 2015)

Selain dominasi warna ungu, juga warna hijau guys! Gimana ngga, disini ada banyak penghijauan. Ada rumah kaca punya mahasiswa biologi. Ada taman kelolaannya Komunitas Mahasiswa Berkebun FMIPA UNJ. Eits, selain karena banyaknya penghijauan, ada lagi yang bikin adem. Itu tuh kultur religiusnya yang terjaga gitu loh. Disini akan banyak kamu dapati para muslimah berhijab syar’i  juga para lelaki muslim yang menundukkan pandangan. Duh ademnya ya~

Punya Ospek yang Kece!
(Syahida, 2013)

Salah satu rutinitas tahunan anak MIPA adalah MPA FMIPA (Masa Pengenalan Akademik) FMIPA. Itu loh, ospek gitu. Nah ospeknya nih ketjeh banget. Bukan ajang senioritas, tapi ajang penanaman nilai-nilai sejak dini. Bayangin aja, kamu maba, disuruh datang sebelum subuh. Begitu sampai kampus diarahin buat sholat subuh, sementara yang lagi nunggu antrian, lagi ngga solat disuruh baca dzikir dan kitab suci masing-masing. Belum lagi yang wanita muslim dianjurkan buat pakai hijab selama masa MPA. Ngga jarang MPA ini jadi ajang hijrah. Hehe.
Masih banyak lagi yang unik-unik dari MPA FMIPA, kalo dibahas disini bisa macet kali, hihi.

Punya Kepanjangan yang Unik!
                       MPA FMIPA 2013 (Syahida, 2013)

Di MIPA, dominasi mahasiswa berjenis kelamin perempuan lho! Bahkan ngga jarang di tiap angkatan perbandingan laki-laki dan wanitanya adalah 1:3. Meski begitu para lelaki MIPA tetap menyadari perannya sebagai seorang laki-laki *ciee.. Btw yang kamu tahu FMIPA itu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yak?  Ternyata ada lagi kepanjangannya lho! Fakultas Muslimah Isinya Para Akhwat (re: wanita). Alasannya tidak lain dan tidak bukan ya karena dominasi wanita. Eits walau didominasi wanita, tapi wanita MIPA itu wanita-wanita yang strong!

Saung Tempat Bernaung
(Ghaliyah, 2015)

Ada tempat di FMIPA yang jadi tempat favoritnya mahasiswa selain kantin lho! Namanya saung. Iya, saung. Disana biasanya mahasiswa ngadain macam kajian atau diskusi di sore hari. Pokoknya kalo udah di atas jam 15.00 kamu akan mendapati seluruh saung penuh mahasiswa deh.
Di tahun 2011 jumlah saung di MIPA ada dua doang. Satu di komplek sekretariat mahasiswa MIPA namanya saung ijo. Satu di taman FMIPA dekat pintu masuk namanya saung ungu. Tapi seiring berjalannya waktu, kini ada 6 saung di FMIPA! Lima saung di komplek sekretariat dan satu saung di depan MIPA. Semoga semakin rajin diskusi dan belajarnya ya kakak-kakak!

Setengah Tujuh Malam
Guys, kamu datang ke MIPA di atas jam 18.30 dan mendapati suasana sunyi senyap macam kuburan disana? Weits, jangan heran! Pasalnya di MIPA ini ada budaya Gerakan Setengah Tujuh yang sudah mendarahdaging. Artinya di atas jam setengah tujuh malam, secara otomatis para mahasiswa khususnya yang perempuan akan langsung get out dari kampus. Budaya ini bagus lho, secara ga langsung melindungi kita-kita terutama yang cewek-cewek.
Nah buat yang susah nyari jam rapat atau mau rapat di malam hari biasanya langsung nyari tempat di luar kampus. Gampang banget nyari tempatb yang cozy karena di sekitar MIPA bertebaran banyak warung makan. Bahkan persis di depan MIPA ada mall. Kurang apalagi coba? Hehe.

Btw di awal tahun 2014 lalu jurusan Matematika sudah hijrah ke kampus pusat. Hiks.  Trus ada berita kuat beredar bahwasanya ketiga jurusan lainnya akan ikut hijrah di awal tahun ini sementara gedung FMIPA akan dijadikan asrama. Hiks, walau nantinya kita semua hijrah, tapi kenangan masa muda disana tidak akan terlupakan... Mohon doanya ya guys semoga MIPA makin jaya. FMIPA bersatu, tak bisa dikalahkan!!

(Evi Syahida/Visya Al Biruni/@visyabiru-FMIPA 2011)

Dimuat juga di http://unjkita.com/9-fakta-ciri-khas-fmipa-unj/

1 komentar: