Ads 468x60px

Sabtu, 05 Desember 2015

Menepi Sendiri di Bali #DwilogidariBali


Bismillahirrahmanirrahim.. Baca cerita sebelumnya disini.

Hari Kedua, Desember 2014
Oh ya aku belum cerita ya. Di hotel ini aku sekamar dengan Amel, Fitri dan Leoni. Amel dari Padang, Leoni dari Jakarta dan Fitri dari Aceh. Mereka berdua dari Sumatera dan merupakan finalis siswa. Yap di lomba ini ada dua kategori yaitu mahasiswa dan siswa. Ihh ketjeh ya mereka masih SMA udah ikutan lomba, dari Sumatera ke Bali pula! Cuma aku yang paling ‘muda' :3




Sementara itu finalis lainnya ada di kamar di depan kamarku. Ada Nurul (UnAir), Kristi (Udayana), Indah (Unimed). Ada juga Noval (Undiksha) dan Irfan (UMY) di kamar sebelah kamar mereka. Sebelum kami dipertemukan disini, aku sempat kepo-kepo tentang teman-teman finalisku. Tentang nantinya mereka kesini naik apa. Kalo Kristi dan Noval mah ga usah dipertanyakan lah ya, haha, peace. Paling unik itu si Irfan. Dari Yogyakarta naik kereta ke Banyuwangi. Dari Bangyuwangi dia nyebrang naik kapal ke Selat Bali. Totally menghabiskan waktu dua hari dua malam! 8standing applause*

Yap hari yang dinantikan pun tiba. Hari ini kita akan mempresentasikan esai masing-masing. Welcome to Undiksha aka Universitas Pendidikan Ganesha Bali!
Wah baru di dekat-dekat gerbang udah terlihat aksen bangunan khas Bali gitu.

Belum lagi pas acara pembukaan langsung disajikan tarian khas Bali. Indah dan ragamnya Indonesiaku! Disini aku ketemu Mukti, temanku sesama finalis esai BEM JIAI UNJ, tapi kali ini dia jadi panitia.
Lalu kami pun dibagi menjadi dua kelas, mahasiswa dan siswa. Jurinya expert-expert, jadi degdegan. Udah mana aku dapat giliran ketiga (?).

Sebelum presentasi masih sempat-sempatnya narsis. Udah mana tempat duduknya kek macem konferensi gitu wkwk.

Singkat cerita tibalah giliranku. Waktunya sih pas. Tapi pas tanya jawab sama juri, entah kenapa nervous banget lah yaa -___- #skip

Presentasi pun usai, kami dibawa kembali ke aula untuk lunch dan menyaksikan tarian lainnya khas Bali. Hmm sayang banget aku ga sempat foto-foto disini :(

Jengjengjeng...pengumuman pun tiba. Well aku sih dari awal juga ga terlalu berharap menang lomba. Yang penting travelling and competitingnya :D and see, juara I, II dan III berturut-turut diraih oleh..Nurul, Noval dan Irfan, Congrats you guys! :')


Tapiii meski ga juara 3 besar, kita smua dapat souvenir khas Bali, ketjeh deh! Dan..berfoto bersama. Trus ada yang digosipin sama ketua BEM nya gitu :3 cc Kristi. Haha. Trus foto lagi kita di patung-patung khas Bali gitu. Dan narsis juga, pokoknya dokumentasi everywhere deh :D

Finally, sampai kembali di hotel sore harinya. Setelah bebersih diri, apa yang kita lakukan? Ngerumpi1! Haha, lagi-lagi aku main ke kamar depan soalnya aku kan pengen jadi dewasa jadi bergaulnya harus sama yang lebih dewasa #ceilah gaya beneur.. Apa aja kita omongin (kecualin ngomongin orang loh ya -___-). Tentang kepribadian diri, dunia kampus dan lain-lain. Seru banget lah ya!

Btw tadi sebelum masuk kamar kita berenam sempat sepakat mau jalan-jalan malam. Ini yang cewek udah pada nunggu, yang cowo pada kemana dah?

“Yuk, jalan!” yippie, untung ada Noval si bujang dari Bali (padahal aslinya mah dia dari Banyuwangi, Cuma hijrah kesini, hehe).

Ngga hanya kita berenam tapi juga ada Fitri, Amel beserta mama Amel. Lumayan jauh juga kita jalan dari  hotel. Sepanjang jalan dilihatin sama orang-orang karena penampilan kita yang ‘beda'. Yap kita yang cewe-cewe pada berhijab. Well, disini memang mayoritas Hindu dan mungkin sesuatu yang baru mendapati yang seperti kita, hehe.

Here we were! Pantai Panimbangan Bali! Kenapa disebut panimbangan? Sebab pantai ini tidak ada tepiannya. Hanya ada tembok yang membatasi begitu deh. Di pinggirnya banyak warung-warung. Kami duduk di salah satu warung dan memesan jagung bakar ataupun hanya segelas minuman. Ah ya ini malam terakhir kita bersama.. :')

Malam semakin merangkak naik. Udara kian berhembus. Sepertinya tubuhku tak sanggup lagi. Alhasil begitu mama Amel ngajak pulang, aku ikutan. Aku dan bocah-bocah SMA, wkwk. Sementara kelima teman finalis mahasiswa lainnya masih asyik disana. Tanpa babibu, aku langsung tepar di atas ranjang..zzz.. Well kali ini kita bertiga sebab Leoni langsung pulang tadi sore.

Hari Ketiga, Desember 2014
Last day. Hoping someday we'll meet in better condition, better opportunity... :')

Yap hari ini hari terakhir. Menurut jadwal yang ada hari ini kita akan ada jalan-jalan sekitaran Singaraja dan Kuta. Yippie.

Kuawali pagi dengan main-main di kolam renang. Yap, dari awal sampai sini begitu tau ada kolam renang, rasanya ingin menyeburkan diri. Tapiii selalu aja ramai oleh customer lain :( Hingga akhirnya pagi ini kuazzamkan diri pokoknya!!

Udah sepi sih kolam renangnya.. tapi akunya ngga berani nyebur wkwk -___-

Singkat cerita akhirnya pukul 10.00 WITA kami selesai packing dan panitia pun sudah menjemput. Yippie! Tapi sayangnya berhubung waktu yang tidak memungkinkan, akhirnya field trip pun ngga jadi :( Tapii alhamdulillah masih bisa jalan-jalan (re: belanja-belanja). Here we were, Krishna, tempat oleh-oleh khas Bali. Aslii banyak banget barang-barangnya, bikin mupeng..dan menguras isi dompet haha. Masih mending aku cuam abis 170ribu. Lha peserta lain sampe ratusan, wkwk.

Setelah dari Krishna, kita langsung melanjutkan perjalanan menuju Denpasar. Weits, mampir dulu kita di bedugul buat makan siang. Wuiiih bagusnya pemandangan Bedugul yaah. Kita makan di rumah makan ala-ala di Puncak gitu deh. Huhu, jadi kangen Jakarta.. udah seminggu lebih ‘melarikan diri'.

Di rumah makan, aku bingung mau pesen apa. Khawatir ada yang ‘ga sesuai' denganku. Bismillah, akupun pesn kwetiau seharga 24ribu. Alhamdulillah (masih) dibayarin panitia.

Well, sampailah kita di Denpasar! Kita ngelewatin Tugu Bom Bali, yang bertuliskan daftar nama korban terbunuh bom Bali *miris* juga ngelewatin banyak banget turis mancanegara. Disinilah kebimbangan terjadi. Pasalnya tiket pesawat pulangku masih besok pagi. Kucoba hubungi temanku disini tapi belum ada respon. Terus aku kudu kemana?
Ke masjid? Belum nemu. Mau kemana-mana sendiri juga ngeri, soalnya ngga kayak kota lain, ngga ada yang dikenal, huhu.

“Vi, kamu ikut tante dan Amel aja. Kita mau nginap di hostel. Ntar bayarnya pake uang tante aja.”

Alhamdulillah, memang ya prinsipku yang selalu kupegang selalu Allah buktikan pula. Akan selalu ada orang baik yang membersamai, jika memang niatnya baik. Akhirnya perpisahan pun terjadi. Aku, Amel, Fitri, ibu gurunya Fitri dan mama Amel diturunin di Kuta. Kita jalan kaki menuju hostel. Yippie here we are! Aku, Amel dan mama Amel di kamar bawah sedangkan Fitri dan ibu gurunya di kamar atas.

Waktu itu masih sore, setelah beberes barang dan istirahat sebentar, kami langsung menuju pantai Kuta! Cukup dnegan berjalan kaki. Ya, berjalan kaki yang sepanjang jalan tuh ketemunya bule-bule minim pakaian =_=

Alhamdulillah.. tiba juga. Yap, selamat datang di Kuta, Syahida! Waah demi apapun ngga nyangka banget bisa menginjakkan kaki disini. Dua belas tahun yang lalu cuma tau Kuta lewat TV karena ada bom bali. Walau sekarang pun masih ketar ketir kenapa kenapa, hehe. Asik main dan foto-foto di pantai.

Hmm, kusesapi aroma pantai Kuta di sore hari.. Lama-lama bosan, apalagi ada begituan -___-

Aku bertiga dengan Amel dan Fitri pun memutuskan untuk nongkrong di kafe sekitar Legian. Nyari aman aja, KF* pun jadi pilihan kami.

Saat pulang kami ngambil jalan yang berbeda, tapi jugalebih jauh, ckck. Hmm ramai banget banget ini Legian deh. Sebelum ke hostel, kami singgah makan dulu. Nyari yang aman, ada namanya Warung Indonesia. Olala ternyata banyak bule ksini juga ya, hihi.

Setelah makan, alhamdulillah perut kenyang, rasa lelah mendera, kami langsung istirahat di hotel. Btw aku jadi ragu mau mandi apa ngga. Pasalnya kamar mandi di kamar atasnya terbuka alias ga ada atapnya gitu dibuatnya. Sumpah yaa jadi was was, haha.

Berhubung besok pesawatku jam 09.00 WITA, aku bingung mesti naik apa ke bandara. Awalnya mau naik taksi. Tapi kemudian bu guru Fitri meminta orang hostel mengantarku dengan mobil. Biayanya 100k. Hadeuh, uang tunaiku tinggal seratus ribu pula, belum lagi nanti buat bayar aiport tax. :(

 “Jangan naik taksi. Naik mobil hostel saja biar aman. Nanti ibu yang bayarin. Ibu ngelihat kamu jadi ingat putri ibu di rumah.” Alhamdulillah. Terimakasih, Bu.. Hiks jadi, terharu :')

Hari Ketiga, Desember 2014
Pagi itu pukul 05.30 WITA aku sudah bangun. Sudah bersiap-siap meninggalkan hostel ini, menuju bandara Ngurah Rai, Bali. Aku samper bu guru ke lantai 2, ternyata beliau juga sudah bangun. Kami menuju resepsionis. Olala, abangabangnya masih pada tidur. Hellow, jangan sampe ketinggalan pesawat aku deh, mana belum cetak tiket pulak. -___-

Alhamdulillah pukul 06.00 aku diantar naik mobil ke bandara. Di dalam mobil, si supir masih sempat promosi sebagai tourguide. Yaa doain aja bisa balik lagi kesini. Btw, kukira sampai berapa menit gitu, eh ternyata cuma 10 menit, ckck.

Dan..langsung saja aku  cetak tiket, lalu menuju loket check in. Pas di loket boarding pass, aku sudah menyiapkan uang 50k karena aku kira biayanya sama kayak di Jakarta, 45k.

“Maaf, aiport tax nya 75k.”
What? Mahal bangettttzzz.. Duitku tinggal 25 ribu dah, gimana nasib aye di Jakarta ini? -__-

Tiba juga di ruang tunggu. Kuakui bandara ini lebih ketjeh dari semua bandara yang pernah kukunjungi. Bahkan ada balon-balonnya gitu. Entah apa ada yang abis ultah disini apa gimana. Ya kalii dah.

Lumayan lama juga aku menunggu. Udha mana batre abis pulak. Ah, tak terasa empat hari sudah aku disini. Sebentar lagi akan kutinggalkan kota ini. Entah kenapa perasaan sedih selalu menelusup ke relung hatiku tiap kali kutinggalkan sebuah kota. Aku tak tahu apakah aku akan kembali atau tidak. Entah akan jadi yang terakhir kali atau akan terulang kembali. Heemm...

Alhamdulillah pesawatku tiba. Ia akan membawaku kembali ke kotaku, Jakarta, dengan beragam kesibukan menanti. Selamat tinggal, Bali, Denpasar, Kuta, Legian, Singaraja! Semoga ada waktu berjumpa kembali..

Terimakasih atas segala kenangan, manis ataupun pahit sekalipun..


2 comments:

  1. Artikel yang sangat menarik :D
    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ | http://informasiberitatop.blogspot.com | http://bit.ly/1QTpF4S | http://goo.gl/eQV9d3 | http://bit.ly/1sUU8dl | http://goo.gl/CI4bLf | http://bit.ly/1IAMpsv | http://goo.gl/lNMX3D | http://bit.ly/1NM7v7j | http://bit.ly/1VxDjyt | http://bit.ly/1IAMpsv | http://bit.ly/1QTpF4S | http://goo.gl/cAQcMp | http://goo.gl/97Yn1s | http://goo.gl/tw2ZtP | http://bit.ly/1VxDjyt | http://goo.gl/RkuB4G | http://goo.gl/8rM20b | http://goo.gl/5dAkJO | http://bit.ly/1IAMpsv | http://bit.ly/1IAMpsv

    Berita Menarik
    Prediksi Bola
    Kumpulan Berita Menarik
    Kumpulan Berita Campuran
    Bandar Bola
    Agen Bola
    Agen Casino
    Agen Bola Terpercaya
    Main Dominoqq
    Agen Poker
    Bandar Ceme
    Agen Capsa
    Agen Poker Terpercaya

    Terimakasih admin..
    salam kenal ^_^

    BalasHapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!