Ads 468x60px

Senin, 01 Agustus 2016

Trik Presentasi 'Ketjeh' ala @visyabiru

Saat menjadi pembicara seminar inspiratif untuk SMA seBekasi di Unisma Bekasi
Bismillahirrahmanirrahim
Dear para pembelajar! Masih semangat untuk terus belajar kan? Anw aku yakin sebagian besar dari kalian pernah melakukan presentasi, atau istilah sederhananya ngomong di depan publik untuk menyampaikan idemu. Entah itu di forum organisasi, forum akademik (konferensi, simposium, dll) ataupun forum lainnya. 
Well di postingan kali ini aku bakal share trik presentasi yang insyaAllah ketjeh berdsrkn pengalamanku presentasi di beberapa konferensi nasional dan inernasional. Have a nice reading guys! :)


1. Kuasai karyamu
Ini yg pertama dan utama. Ga mungkin dong kamu mau menyampaikan sesuatu tapi kamu sediri ga paham sama apa yang kamu sampaikan.Pastinya orang bakal dengan gampag menemukan kelemahanmu. Nah, semakin kamu paham, akan semakin lancar juga kamu menjelaskan di depan publik.

2. Kuatkan argumentasi
Eiits.. Paham aja sama karyamu itu ga cukup! apalagi di ajang presentasi karya, juri bakal ngebabat habis karyamu. Kamu harus punya argumentasi yg kuat bahwasanya karyamu ini *solutif* dan *aplikatif*. Pokoknya perjuangkan terus. Well tapi bukan berarti keras kepala dan ga bisa nerima masukan ya :)

3. Gunakan metode presentasi yang catchy
Setiap tim, atau bahkan setiap individu punya gaya presentasi masing-masing. Gaya presentasi satu per satu dan kaku? Ah itu biasa banget! Nah disinilah kreativitasmu diuji. Gimana caranya membuat juri terkagum dgn metode presentasimu tapi juga ga garing.
Misal, kamu bisa awali dengan drama singkat tentang latar belakang karya ilmiahmu. Oia kalo karyamu berupa gagasan atau alat/hardware/software, jangan lupa bawa prototipe nya ya. Itu akan menambah poinmu. Lagian gimana gitu, kalo kita bikin karya tulis tapi ga ada barangnya, hehe. Kalo hasilnya berupa data, ya berarti cukup disampaikan berupa diagram aja di ppt. 


4. Manfaatkan waktu semaksimal mungkin
Salah satu kendala sebagian besar tim/individu ketika presentasi adalah kuang bisa memanajemen waktu. Sebagia besar dari mereka out of time banget. FYI, biasanya diasih waktu 10 menit presentasi dan 5 menit tanya jawab. Nah gimana cara mensiasatinya? Cari tau dulu berapa lama masing-masing waktu presentasi dan tsnya jawab yang diberikan panitia. Lalu mulai lah latihan presentasi dengan durasi tersebut. Ingat, jangan korupsi waktu ya :)

5. Buatlah tampilan ppt yang sesuai
Di era kini ada beragam software penunjang dalam membuat ppt. Kamu bisa memanfaatkannya. Eits tp ingat *jangan lebay*. Rasanya ga perlu tuh tambah-tambahin pernak pernik kursor animal atau benda bergerak. Sorry to say menurutku itu lenay dsn sangat mengganggu.
Buatlah tampilan slide sederhana tapi memukai. Jangan dominasi kata karens namanya juga *power point*, langsung emrujuk ke point. Jangan lupa sertakan gambar, tapi jangan kebanyakan juga. Yaa kalian pahamlah ini.

Oke mungkin itu yg bisa aku share. Semoga bermanfaat ya. ;)

0 comments:

Posting Komentar

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!