Ads 468x60px

Senin, 07 Agustus 2017

Tiga Kiat Hasilkan Esai Memikat

sumber: Google.com

Haloha sobat LI! Gimana kabarnya? Gimana kabar prestasi dan karya kalian? Semoga makin meningkat ya! Ngomong-ngomong soal prestasi, ga jauh-jauh dari karya. Nah ngomong-ngomong soal karya, salah satu contohnya adalah esai! Apa sih esai itu?
Esai adalah tulisan ilmiah berisi opini disertai fakta pendukung dengan perbandingan 60:40. Eits meski tagline nya adalah opini pribadi, tapi ga sembarangan loh nulisnya. Mau tau gimana kiat membuat esai yang memikat (kreatif dan solutif)?


1. Bacalah sebanyak mungkin!
Kita ini ibaratkan gelas kosong. Kita hendak menuangkan isi gelas kita ke gelas-gelas kecil lainnya. Tapi bagaimana kita bisa mengisi gelas lain jika gelas kita saja kosong? Jawabannya tentu, isilah gelas kita dari teko besar.
Nah begitupun ketika kita ingin menulis (menuangkan air ke gelas lain) maka kit harus 'diisi' dulu yaitu dengan banhak membaca.  Nah, dengan membaca pengetahuan kita niscaya akan bertambah, seperti kata pepatah, buku adalah jendela dunia.
So, jangan malas-malas baca ya!

2. Temukan permasalahan yang sederhana
Gajah di pelupuk mata tak tampak, aemut di seberang lautan begitu tampak. Mungkin itulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan tentang permasalahan yang biasa diambil dalam sebuah esai. Stop dulu deh, melihat masalah-masalah besar karena nyatanya banyak banget masalah kecil di sekitar kita yang berpotensi besar. Nah, itulah seharusnya permasalahan yang dapat kuta ambil, bahas dan selesaikan dalan sebuah esai.
So, jadilah orang yang lebih peka terhadap sekitar ya!


3. Cari solusi dan berilah nama yang menarik
Nah tadi udah nemu masalahnya, selanjutnya carilah solusi. Lagi-lagi ga perlu yang ribet. Kata kuncinya adalah: APLIKATIF alias mudah diaplikasikan dan angat mungkin direalisasikan. Jangan lupa beri nama yang eye catctching juga ya. Ini juga berkaitan dengan judul. Karena judul bermain penting dalam sebuah tulisan. Seorang pembaca akan tertarik membaca sebuah tulisan salah satunya karena judulnya yang juga menarik.
So, awali tulisanmu dengan sesuatu yang menarik ya!

Nah, ga banyak banyak kan? Asalkan kamu bisa mempraktikkannya, niscaya kamu bisa menghasilkan esai yang memikat. Kalo masih bingung, eits jangan khawatir, kamu bisa cek karya UNJ di lingkarinspirasiunj.com. Ada banyak karya inspiratif disini.

Tunggu apa lagi? Tiada kata untuk tidak mencoba. Selamat menulis! Selamat berkarya dan selamat berprestaai!

(Evi Syahida, FMIPA 2011)

*pernah dimuat di www.lingkarinspirasiunj.com

0 comments:

Posting Komentar

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!