Ads 468x60px

Jumat, 24 Agustus 2018

Aku dan Birupink Bookstore: Jalan Rezeki dan Karir(ku) Lewat Anak(ku)


November 2016
Pasca dua bulan pernikahan, saya mulai memikirkan usaha apa yang bisa saya jalani. Sempat mencoba jual beli snack kemasan. Ternyata hasilnya tak terlalu menggembirakan. Lalu teringat usaha kue saya sejak SMA, Birupink Cakestory. Ya, sejak SMA saya berjualan kue buatan sendiri, hasil pengalaman kegiatan ekstrakurikuler Tata Boga semasa SMP. Wah lumayan, ada suami yang setia jadi tempat uji coba. Mulai dari batagor, roti maryam, hingga burger tortilla.


Ah, tapi lagi-lagi terbentur kemampuan marketing yang sulit, pun saat itu saya harus stay di Bogor kabupaten yang notabene masyarakatnya menengah ke bawah, kue-kue itu ngga jadi saya komersialkan. Hehe. 

Mulai lah saya galau kembali, harus usaha apa?? Di satu sisi saya juga ingin punya kesibukan..


Desember 2016-Juli 2017
Alhamdulillah saya dinyatakan hamil. Selama itu saya tak lagi memikirkan usaha yang harus dijalani. Kehamilan adalah prioritas saya.


Pertengahan Juli 2017
Segala puji bagi Allah, lahirlah seorang bayi laki-laki dari rahim saya. Beberapa pekan pasca bersalin, suami saya mengajak project baru: JUALAN BUKU.

"Ada buku bagus nih, yang. Sepertinya punya prospek. Gimana kalo kita jualin?"
Duh, lagi lagi jualan, pikir saya. Saya kan paling ngga bisa memasarkan, batin saya pesimis.

"Hmm, ntar dulu deh." itu jawaban yang keluar dari mulut saya.

Dua hari kemudian, suami saya menanyakan kembali. Qadarallah, timbullah keyakinan dalam diri saya.
"Wah ini kesempatan yang bagus!"

"Ayo deh kita coba."

Berbekal kemampuan desain seadanya saya mulai mempublikasikan project jualan buku 'Teach Like Finland'. Suami bertugas mencari suplier buku, saya memasarkan via digital.
project pertama Birupink Bookstore

Tak disangka responnya luar biasa. Pre-order pertama 80 buku terpesan. Pun pre order kedua tak kurang dari itu. Tak hanya dari Jawa, tapi juga kota-kota di pulau lain seperti Aceh, Palembang, Kendari, Palu, Makassar, Lombok, dll. Saya sendiri heran dari mana para customer saya mendapatkan info PO itu?

Jawabannya tak lain adalah kuasa Allah.

Sejak suksesnya project jualan buku itu, terpikirkan dalam benak saya dan suami untuk membuka usaha online toko buku. Alhamdulillah, Birupink Bookstore resmi berdiri pada bulan September 2017.

Hasil gambar untuk BIRUPINK BOOKSTORE
Saya yang dulu selalu galau, mau berwirausaha apa, Allah bukakan pintu. Inilah cara Allah membukakan puntu rezeki bagi kami melalui kehadiran buah hati kami. Maka benarlah bahwasanya anak adalah pembuka pintu rezeki :''

Oh ya, ada beberapa alasan yang kian menguatkan saya untuk berwirausaha jual beli buku. Apa saja?

Pertama, saya adalah seorang kutu buku. Sejak usia 5 tahun saya mengenal buku dan kegiatan membaca. Hingga akhirnya menjadi hobi saya, hingga kini.

Kedua, bisa dikonsumsi pribadi. Berkaitan dengan alasan pertama, saya tak perlu repot-repot jika ingin membuat booklist di bulan itu, tinggal comot barang jualan. Meskipun ini juga sejujurnya ujian supaya ngga sering nyomot, hehe.

Ketiga, buku tak akan basi. Secara fisik, buku tidak akan 'basi' dan no expired dates. Jadi bisa dibaca kapanpun.

Keempat, saya jadi update tentang buku. Namanya juga tukang buku, tentu harus update apa aja buku terbaru, khususnya tema parenting dan pendidikan.

Kelima, buku adalah ilmu. Harapan saya dengan berjualan buku, saya mampu membagikan informasi dan ilmu lewat promosi yang saya lakukan, berkaitan dnegan poin ke-empat. Semoga orang-orang yang membutuhkan ilmu tentang sesuatu, jadi terbantu :)

Ke-enam, usaha ini bsia dijalani cukup bermodal smartphone dan di dalam rumah. Order buku di penerbit, barang saapai di rumah, terima orderan customer, panggil kurir jemput paket deh :D

Apa sih istimewanya Birupink Bookstore?
Well ini  bukan postingan promosi loh, :D tapi tipis tipis bisa lah yaa hehe. 

Pertama, Bipi fokus pada buku-buku parenting dan pendidikan, sesuai passion saya saat ini. Beberapa buku best sellimg sejak awal hingga kini antara lain: Teach Like Finland, Seni Merapihkan ala Jepang oleh Marie Kondo, Keluarga Kita, Senyaring Tawa Ananda, dll. Boleh intip disini :D




Kedua, tak hanya fokus jualan, Bipi juga akan selalu update informasi dan event bertema parenting pendidikan. So, jangan lupa turn on notif kami yaa :D

Ketiga, harga buku-buku yang kami jusl SELALU di bawah harga normal. Ga percaya? Boleh cek di penerbit asli ;)  Tak hanya itu, kami juga kerap ngadain flash sale, promo, dll lho!

Keempat, Bipi mendukung program pemerintah KIRIM BUKU GRATIS SETIAP TANGGAL 17. Jadi buat para booklovers yang ingin menyumbangkan bukunya, sok atuh ke kami aja. Insya Allah ada beberapa TBM yang sudah berpartner dengan kami :)

Kelima, Bipi telah menjalin kerjasama dengan penerbit-penerbit buku jualan kami. So, we are the official resellers ;)

Keenam, kami fokus pada buku parenting, pendidikan dan (persiapan) pernikahan. Why? Supaya lebih fokus aja nyari buku-buku rekomendasi untuk para calon customer. Yap, buku-buku yang masuk katalog kami sudah kami filter lho :D Meski begtiu kalo kamu butuh buku genre lainnya silakan tanyakan di kami juga ya, kami langsung kirim dari penerbit!

Ketujuh, insya Allah ke depannya akan ada progran review buku Bipi oleh para customer. Silakan para customers ikutan, akan dipilih 1 reviewer terbaik setiap bulannya dan mendapatkan buku dari kami :D

Alhamdulillah ngga kerasa setahun sudah saya jadi kang buku. Yap, setahun sudah saya merintis usaha jual beli buku bersama Birupink Bookstore. Ada beragam kisah yang sudah saya lewati setahun brlakangan ini bersama Bipi. Mulai dari hampir rugi jutaan rupiah tapi kemudan Allah selamatkan hingga pernah juga tertipu ratusan ribu sebagai pengingat diri. Semua saya jadikan pembelajaran bagi saya dan BiPi ke depannya. Doakan semoga kami terus istiqomah untuk terus berjalan dan membawa kebermanfaatan. :)


Ah jadi teringat mimpi sewaktu SMA bersama tiga orang sohib saya. Dulu kami bersepakat saat sudah lulus kuliah nanti merintis usaha toko buku dan kafe. Barangkali inilah salah satu cara Allah mengingatkan saya akan mimpi saya itu. Masya Allah, saya jadi terharu. CaraNya begitu indah dan tak terduga meski harus ada drama (kegalauan) sebelumnya. :''

Well kalau ada yang bertanya-tanya mengapa namanya Birupink? Sebetulnya nama Birupink sudah saya ciptakan sejak SMA bersama kembaran saya yang menyukai warna pink. Selain itu juga Birupink bermakna keceriaan, semoga Bipi bisa selalu membawa keceriaan untuk orang-orang di sekitarnya. Aamiin.

Ada saran buat Bipi? Boleh banget tulis di kolom komentar :D

Karena berwirausaha bukan sekedar memasarkan (produk), tapi memberi kebermanfaatan.
 :)

6 comments:

  1. sukses ya buat usahanya. memang kalau bikin usaha dari hobi itu kayaknya lebih mudah ya memulainya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Makasiih mbaa.
      Iya betul alhamdulillah :D

      Hapus
  2. namanya unik mbak, dan mudah diingat semoga makin laris bipi nya.. saran? kayaknya belum ada, justru saya yg belajar dari artikel ini.. hehe, thank you so much

    kindly visit my blog
    www(dot)diarynovri(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin hehe makasih mbaa.
      Heehe siap insya Allah segera visit back ;)

      Hapus
  3. Masha Allah, sukses ya usahanya mba, namanya juga keren bangeettt, birupink, itu warna favorit saya.

    Semoga sukses dan istiqomah usahanya, saya juga pecinta buku, suka banget baca, tapiiii... untuk saat ini masih membatasi pembelian buku baru, soalnya setelahnya bingung naruh bukunya di mana hahaha.

    Btw kalau buku anak juga jual gak mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iyaa yaa mba. Btw misaa mau disumbangkan bukunya boleh bgt ke kami mba insya Allah kamiabda bbrp TBM siap mnampung hehe

      Juak buku anak juga mbaa ;)

      Hapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!