Ads 468x60px

Jumat, 21 Desember 2018

Lima Ide Aktivitas Motorik Anak 1 Tahun dengan Monde Boromon Cookies ala Bunda Visya




Moms, masih ingat kisah seorang anak balita yang (maaf) gemar merokok? Kira-kira apa yang menjadi faktor utama kebiasaan tersebut?


Tak lain dan tak bukan adalah orangtuanya. Ya, kebiasaan orangtua yang merokok, terlihat oleh anak, masuk ke alam bawah sadar dan akhirnya ditirunya. Akibatnya kebiasaan itu melekan dan sukit terhapus. Padahal usianya masih tergolong golden moment.


Pentingnya Golden Momen Anak
Beberapa hal yang harus menjadi catatan kita sebagai orangtua dalam membersama golden moment anak antara lain:
Pertama, berilah teladan terbaik. Ingat, childreen see, children do. Anak juga belajar dengan mengamati dan meniru kita. Misal, jika kita suka membaca buku, kemungkinan anak akan gemar membaca juga. Maka, berilah teladan yang baik padanya ya!

Kedua, beri apresiasi atas segala usahanya. Misal saat ia mulai bernai merangkak atau berjalan dengan tepuk tangan, pelukan atau ciuman. Ia mungkin belum mengerti, tapi ia bisa melihat.

Ketiga, salah satu kebutuhan utama anak adalah kebutuhan akan rasa kasih sayang dan dicintai oleh orangtuanha. Golden moment adalah masa yang akan terus terkenang dalam memori anak, baik maupun buruk, hingga ia dewasa. Tapi tentu kita sebagai orangtua menginginkan hal-hal baik saja yang diingat, bukan? Maka berilah kasih sayang terbaik pada anak. Ini akan memberi pengaruh positif di kehidupannya kelak. Bukan dengan materi semata, tapi kepedulian dan kehadiran fisik.

Last but not least, latihlah kemampuan motoriknya dengan memberikan beragam stimulus. Bingung mencari dimana idenya? No worries, Moms, saat ini banyak ide aktivitas melatih motorik anak yang dishare di sosial media lho!

Pentingnya Stimulasi Motorik di Masa Golden Moment
Motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar serta sebagian atau seluruh anggota tubuh, dipengaruhi oleh usia, berat badan dan perkembangan anak secara fisik. Contohnya, kemampuan berlari, menendang, naik turun tangga, duduk, dan lain-lain.


Perkembangan motorik berelasi dengan proses kematangan fisik anak. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, antara lain perkembangan sistem saraf, lingkungan yang mendukung, serta kemampuan fisik anak sendiri.

Misalnya, anak akan mulai berjalan jika keseimbangan sarafnya sudha cukup sempurna, proporsi kakinya cukup kuat dan anak sendiri memiliki insiatif untuk berjalan, tentunya karena distimulus dan diberi semangat ya Moms!

Sebaliknya, motorik halus adalah kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata serta tangan. Motorik halus dapat distimulus dengan kegiatan dan rangsangan secara rutin, seperti menyusun puzzle, memindahkan benda dari satu wadah ke wadah lain dan sebagainya. 

Perbedaan kemampuan motorik halus anak  dipengaruhi oleh pembawaan anak dan stimulasi yang didapatnya. Ini berarti setiap anak bisa mencapai tahap perkembangan motorik halus yang optimal asal mendapatkan stimulasi tepat.

Perkembangan Ahnaf di Setiap Fase

Tak terasa Ahnaf akan menuju usia 1,5. Artinya sudah 17 bulan bunda mendamping fase tumbuh kembangnya. Semua fase dan tahap perkembangan sekecil apapun selalu bunda tuliskan dalam buku khusus. Berikut perkembangan motorik Ahnaf hingga kini.



Perkembangan Motorik Kasar

  • Mampu tengkurap di usia 4 bulan
  • Mampu merangkak dibusia 11 bulan
  • Mampu bertepuk tangan di usia 7 bulan
  • Mampu duduk tegak di usia 7 bulan
  • Mampu berjalan walau masih tertatih sejak usia 15 bulan


Perkembangan Motorik Halus

  • Mampu memindahkan benda ke wadah lain di usia 10 bulan
  • Mampu membuka dan menutup botol di usia 12 bulan
  • Mampu mengeluarkan dan memasukkan benda kembali ke wadahnya di usia 12 bulan


Tentang Monde Boromon Cookies



Beberapa waktu lalubsaat sedang berbelanja di supermarket, saya tertarik dengan cemilan Monde Boromon Cookies dan membelinya. Hmm ternyata Ahnaf suka, bundanya apalagi! Hehe. Monde Boromon Cookies adalah cemilan untuk anak usia 1-3 tahun yang baik dan aman dikonsumsi.


Kelebihan Monde Boromon Cookies antara lain

  • membantu melatih motorik
  • gluten free
  • mengandung sari pati kentang, madu dan DHA.

Monde Boromon Cookies juga mudah meleleh saat kena air liur. Kni melatih motorik yang ada di lidah dan mulut bayi, membantu Si Kecil mengeksplorasi rasa, bentuk, tekstur serta kemampuan untuk makan. Dan Moms tak perlu khawatir si kecil akan tersedak. 

Lima Aktivitas Seru Latih Motorik Anak
Dari kecintaan ngemeal, khususnya ngemeal Monde Boromon Cookies, bunda terpikirkan untuk membuat aktivitas motorik menggunakan Monde Boromon Cookies. Apa saja ide aktivitasnya? Let we see.

Memindahkan



Bahan: Boromon, mangkok, kertas
Cara kerja: taruh beberapa butir Boromon di atas kertas. Mintalah anak memindahkannya ke mangkok
Manfaat: melatih motorik halus anak (koordinasi mata dan tangan)


Menempelkan


Bahan: Boromon, kertas putih, selotip, lem
Cara kerja: Bubuhkan lem pada kertas, tempelkan selotip. Minta anak menempelkan butir Boromon di atasnya mengikuti alur selotip
Manfaat: melatih motorik halus anak


Mengejar
Bahan: Boromon, nampan besar
Cara kerja: Tuangkan Boromon di atas nampan. Berdirilah agak jauh dari posisi anak bbrdiri. Minta anak mengambil Boromon di atas nampan yang Moms bawa.
Manfaat: melatih motorik kasar anak, melatih kemampuan berjalan anak.


Menghancurkan

Bahan: Boromon, plastik agak besar
Cara kerja: Masukkan Boromon ke dalam plastik. Ajak anak untuk perlahan menghancurkannya.
Manfaat: melatih motorik halus anak, melatih kemampuan jemari anak.


Melempar

Bahan: Boromon, kertas putih, mangkok kecil
Cara kerja: Tuang Boromon pada kertas. Letakkan mangkok agak jauh dari kkrtas. Minta anak melempar Bormon ke arah mangkok.
Manfaat: melatih motorik halus anak, melatih koordinasi tanhan dan mata serya  kefokusan anak.


Overall, hanya satu saran saya untuk Monde Boromon Cookies, kalau bisa dibuat varian packaging dalam toples plastik atai satu wadah agar satu kemasan terbuka, tidak langsung habis atau repot-repot menyimpannya. Hehe. :)

Nah hanya bermodal Rp13.000 saja, bunda sudah bisa bermain sambil belajar bersama Ahnaf. Moms mau mencobanya? Atau punya ide aktivitas lainnya menggunakan Monde Boromon Cookies?

Berikut cuplikasi aktivitas seru Bunda Visya dan Ahnaf dengan Monde Boromon Cookies


64 comments:

  1. Monde boromon cookies ini kok yah serbaguna, bisa dimakan just bisa dijadikan alat pelatih motorik anak, bisa sampe 5 lagi, kreatif deh bunda visya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe itu baru sedikit mba. Masih byj kreasi lainnya cuman ideku mentok disitu XD

      Hapus
  2. Hal sederhana bisa jadi kaya akan manfaat ya mom, seperti Ahnaf yang bermain melempar butiran Boromon ke dalam mangkuk yang ada didepannya. Keren Ahnaf...laaaaf😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih belajar melempar, tapi sudah cukup oke XD

      Hapus
  3. Enak banget ya ngemil Monde Boromon Cookies :)
    Bentuknya pas banget buat stimulasi motorik anak-anak.
    Kesukaan kami sekeluarga nih mba.
    Jadi rebutan makannya, dan sedikit sedih karena belum tersedia di minimarket terdekat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba baru di suoermarket pilihan, kemarin pun pas beli ngepas tinggal 1 XD bundanya juga suka bangey 😍

      Hapus
  4. Kalau aku perhatikan si biskuit monde Boromon ini selain sbg camilan sehat bergizi, juga bisa jadi bahan belajat melatih motorik anak yaa

    BalasHapus
  5. Uuhh seru banget deh ini latihan motoriknya. Sambil ditemani cemilan Boromon. Seneng banget kayaknya babynya..

    BalasHapus
  6. Camilannya unyu-unyu banget bentuknya, pasti rasanya enak dan nikmat deh kalau dari monde

    BalasHapus
  7. Imut banget ya ternyata Boromon cookies ini. Btw, kayaknya di Kendal belum ada minimarket yang menjual cookies ini deh kayaknya.

    BalasHapus
  8. Wah Gluten Free ya. Berarti ga akan bikin diabetes nih.

    BalasHapus
  9. Wah samaan mb ankku juga suka banget sama monde boromon cookies nih,aku nya juga suka sih abis enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bundanya pun juga suka ya mom 😊 Multifungsi juga.

      Hapus
  10. Seruuuu banget main banyak games pakai Boromon. Aku ga sempet main games pakai makanan soalnya udah abis kemakan hahaha.

    BalasHapus
  11. Keren2 nih aktivitasnya, apalagi sambil ngemilin boromon cookies yaa.. aku & anak2ku juga suka ngemilin ini bareng2 :)

    BalasHapus
  12. serunya, hanya dengan biskuit ini anak-anak bisa ngemil sambil bermain melatih motorik ya, mbak :)

    BalasHapus
  13. Masya Allah, ahnaf udah besar ya vis. Satu setengah tahun, enggak kerasa. Pertama kali ketemu kamu di acara blogger muslimah, kamu bawa bayi.

    Aku juga tim #sukaboromon rasanya enak, gurih manis nyoi nyoiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya kak udah lama yaa. Ga berasa emang :''

      Yoii emaknya aja sukaa apalagi anaknya XD

      Hapus
  14. Pada dasarnya membuat anak belajar tidak harus mahal ya. Tinggal diberdayakan apa aja yang ada di rumah.

    Btw, Rayhan juga suka banget cookies ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mom tinggal kreativitas nih kudu tinggi utk memanfaatkan apa yang ada di sekitar.

      Hapus
  15. Aku juga suka stimulasi anak dengan Monde Boromon, praktis banget dan edible. Gak perlu beres-beres perlengkapan tapi manfaatnya banyak untuk anak.

    BalasHapus
  16. Betul. Ini kesukaan emak banget, hihi.

    BalasHapus
  17. Anak2ku paling suka tu nempel2. APalagi menempel benda yg kecil2 :D Stimulasi anak emang kudu kreatif pakai apa aja yang ada ya :D

    BalasHapus
  18. Selain bisa mengajarkan bermain sama anak juga bisa jadi cemilan disukai anak-anak ya si Monde Boromon.

    BalasHapus
  19. Hihi kalo pake aktivitas kayak gini makin semangat snack time nya ini mah :D katanya enak ya mba? Jadi pengen cobain juga buat anakku

    BalasHapus
  20. Karena banyak yg kasih anaknya Monde Boromon cookies, aku jd pengen juga nih kasih baby ku kue ini. Ntar kalo uda 1 tahun deh, 3 bln lg aq cobain. Hehee...

    BalasHapus
  21. Kreatif banget bun :) boleh ya aku contek hihi anakku juga doyan banget sama boromon, pasti dia seneng bisa bermain sambil makan hihi

    BalasHapus
  22. Doyan banget ya si dedek dengan biskuitnya. Hehehe...
    Sekarang saya lagi melihat kemampuan anak saya mbak. Eh... Ternyata setelah diamati motorik kasarnya lebih mendominasi...hehehe. suka manjat2 teralis jendela setiap detik. Suruh nulis ogah2an... Hehehe

    BalasHapus
  23. Belum cobain Boromon jadi pengen beli karena banyak yang review juga apalagi temen kantor juga bilang ini enak banget cocok buat anak :)

    BalasHapus
  24. Biskuit boromon itu memang enak dicemil ya mba. Yang mau bukan cuma anak saya aja tapi saya juga suja hahahha. Apalagi sensasi meleleh di lidahnya itu. Suka bangettttt

    BalasHapus
  25. Monde Boromon Cookies mah beneran enak, bukan anak saja yang suka, emaknya juga hahaha
    Semoga nantinya Boromon ada di minimarket2 terdekat juga biar semakin mudah beli Boromon :)

    BalasHapus
  26. kegiatan anak aku sekarang yang berumur satu tahun adalah main air dna memasukkan-mengeluarkan benda. boromon itu jadi penyelamat aku dikala menemanin anak belajar.

    BalasHapus
  27. sayang sekali boromonnya ditempel dan dilempar. itu kan enak. hiks :(

    BalasHapus
  28. Aktivitas melatih kemampuan motorik halus gak mesti dilakukan pake kegiatan khusus ya. Bahkan aktivitas sederhana keseharian pun bisa jadi ajang latihan ini. Dan setuju banget, kemampuan motorik halus anak itu penting banget!

    BalasHapus
  29. Kebetulan Zril usia 1 tahun. Saya contek yak. Hehe. Makasih banyak sharingnyaaa

    BalasHapus
  30. Hebat deh Mbak idenya. Bukan hanya dinikmati tapi makanan juga dapat digunakan untuk melatih motorik anak. Semoga mereka semakin sehat dan tumbuh besar dengan bahagia ya mbak

    BalasHapus
  31. bentuk kuenya lucuk. pas banget buat melatih motorik anak

    BalasHapus
  32. Ahnaf..Bundamu kreatif sekali. Boromon Cookies memang ya, sudah kaya nutiri bisa untuk menstimulasi lagi. Anak senang dan kenyang, Bunda jadi tenang

    BalasHapus
  33. Aku kenal boromon Ini udah Lama banget. Rasanya enak dan harganya juga terjangkau. Favorit anakku banget deh pokoknya mom Evi

    BalasHapus
  34. naufal klo dikasi ini pasti tambah diem mbak.. diem sambil. makan mksdnya hehehhe.. baru klo abis mau main.. wkkwk

    BalasHapus
  35. Ini camilan yang sudah lama ada sejak saya masih kuliah kayaknya. Saya suka banget meskipun tau itu camilan untuk anak-anak. Rasanya memang enak :)

    BalasHapus
  36. Suka deh sama packagingnya cookies ini. Harganya terjangkau pula. Kapan-kapan pengen beli Monde Boromon Cookies juga ah.

    BalasHapus
  37. Kesukaanku juga nih. Selalu stock di rumah buat dicemil bareng anak2 sambil menggambar atau baca buku, aktivitas bersama jadi lebih seru karena ada Boromon cookies :)

    BalasHapus
  38. Hai Afnaf, semoga makin pintar ya. Tante mau dunk biskuit Monde Boromonnya. Enak nih kelihatannya.

    BalasHapus
  39. Masya Allah, bagus ya perkembangan nanda Ahnaf. Apalagi camilannya Boromon yang dapat membantu melatih motorik ananda. Saya jadi ingat ponakan, namanya Ahnaf juga ^__^

    BalasHapus
  40. Dengan harga yang relatif terjangkau utk hasil yang performa sprtinya bagus nih untuk dicoba anak

    BalasHapus
  41. yaiyyy.. banyak yang suka sama boromon ya ternyata, aku dirumah juga sering stok nih buat snack anak anak.. Gak hanya buat anak sih sebenernya, aku pun sering makanin juga, abis enak sih hehehe

    BalasHapus
  42. Wah iya yaaa ternyata biskuit bisa dijadikan media untuk melatih motorik anak.

    BalasHapus
  43. Pasti happy ya nemu snack enak plus kayak akan gizi begini, anak2 suka mama pun bahagia ��

    BalasHapus
  44. Enggak perlu modal besar ya..13 ribu saja sudah bisa bermain sambil belajar barsama Monde Boromon Cookies...Asyiik nih..Camilan yang kaya manfaat baik bagi anak juga ortu

    BalasHapus
  45. Boromoon ini snack enak yang disukai anak-anak ya. Ponakanku pas aku kasih snack ini happy banget deh. dia suka

    BalasHapus
  46. Kreatif sekali mba dengan harga 13 ribu bisa bermain dan melatih motorik anak

    BalasHapus
  47. Ide aktivitasnya seru juga nih. Bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Aku malah nggak kepikiran samapi segitunya saat anak-anakku masih batita, hehe. Kreatif, Mbak.

    BalasHapus
  48. Belajar dan nyemil pakai Monde boromon cookies ini seru juga yah, bisa dicoba ah sama ponakan. hehe

    BalasHapus
  49. Benar sekali.kebiasaan seorang anak umumnya meniru perilaku orang tuanya. Oleh karena itu harus bgt tunjukan pribadi yg positif
    cookiesnya serba guna ya..selain bisa dikonsumsi juga bisa jd stimulus kreatifitas

    BalasHapus
  50. Seru dan menyenangkan aktivitasnya. Rasa cookiesnya juga enak

    BalasHapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!