Ads 468x60px

Jumat, 20 Desember 2019

Perawatan Bagi Ibu Hamil, Ibu Menyusui dan Anak Pentingkah?



Sekitar dua tahun lalu saat mulai hamil, sejujurnya aku cukup minim soal informasi kehamilan, termasuk perawatan diri ibu hamil. Apalagi ketika dibilang oleh orang-orang sekitar:

"Ibu hamil jangan begini, jangan begitu. Jangan perawatan ini, itu."


Alhasil ngga perawatan, eh.. keterusan pas punya anak, jadi ibu menyusui pun demikian.
"Jangan pakai macam-macam, nanti anaknya kena dampak."

Moms, siapa yang juga mengalami hal yang sama sepertiku?😂

Tapi semua mitos itu luruh ketika aku hadir di acara Community Gathering hari Kamis (19/12) lalu  yang diadakan Sakti Medika. Bertempat di Klinik Sakti, kegiatan ini mengambil tema "Berbagai Problem Ibu Hamil, Ibu Menyusui dan Anak Serta Cara Penanganan yang Tepat". Turut hadir para narasumber mumpung seperti dr. Tina Wardhani Sp.KK (K) FINSDV, FAADV (Dokter Spesialis Kulit & Kelamin Sakti Medika), Elva Megasari Saragih S. Kom MBA (Direktur Marketing Sakti Medika) dan dr. Hety, Sp. Aku (Dokter Spesialis Akupunktur Sakti Medika).


Beragam Tantangan Ibu Hamil, Ibu Menyusui  & Anak
Bicara soal 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak maka bicara pula soal tantangan bagi ibu hamil di 9 bulan kehamilan, ibu menyusui selama dua tahun menyusui dan anak bayi (0-2 tahun). Pada masa awal kehamilan, biasanya daya tahan tubuh menurun disertai mual dan muntah yang berakibat berkurangnya pada nafsu makan ibu hamil. Jika tidak tertangani dengan tepat, akan sangat mempengaruhi perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil.

Permasalahan lainnya yaitu berkaitan dengan kulit. Salah satunya  adalah stretch mark. Ini cukup menjadi momok di kalangan ibu hamil dan ibu menyusui yang baru melahirkan. Bahkan beberapa di antaranya masih mengalami stretch mark hingga berbulan-bulan lamanya.

dr Tina & Host
(sumber: dokumen pribadi)
"Perubahan kulit selama masa kehamilan dan menyusui sangat mudah terjadi, seperti mudah berjerawat, stretch mark, dan lain-lain. Gangguan kulit juga bisa terjadi pada bayi seperti ruam popok dan eksim susu." ungkap dr. Tina

Ibu Hamil, Ibu Menyusui dan Anak Perlu Perawatan
Bener sih bumil dan busui ngga boleh sembarangan, harus selektif memilih produk & tempat perawatan. Tapi dengan perawatan tantangan-tantangan tersebut jadi lebih mudah dilalui. Kebanyakan orang menganggap ibu hamil, ibu menyusui tidak perlu melakukan perawatan akhirnya merasa kurang percaya diri. Hal ini pun terjadi pada si kecil.

"Karenanya Sakti Medika hadir memberikan solusi perawatan kesehatan dan kecantikan bagi ibu hamil, ibu menyusui dan anak." ungkap Ibu Elva Megasari

Di 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) penting bagi ibu (Hamil & Menyusui) dan anak (0-2 tahun) mendapatkan penanganan untuk permasalahan kulit. Namun perlu dikonsultasilan terlebih dahulu pada ahli yang tepat yaitu dokter spesialis kulit & kelamin. Misalnya untuk kasus  anak atopik.

Berikut tips merawat anak atau bayi dengan jenis kulit atopik:
💙Sering bilas air setelah menyusui
💙Mandikan dengan air suhu normal jangan hangat atau panas
💙Jangan dibaluri segala macam obat atau herbal, pilih salah satu saja.
💙Jika sedang merah jangan kasih bedak.

Untuk anak berkulit normal, tak masalah dibedaki. Namun perlu diingat, jika anak mengalami biang keringat, sebaiknya jangan ditumpuk bedak terus menerus. Solusinya, tiap akan dibedakan dibilas dulu sisa bedak sebelumnya.


Akupunktur Sebagai Solusi Tantangan Ibu Hamil, Ibu Menyusui & Anak
Tidak ada batasan minimal usia bagi anak melakukan akupunktur. Ternyata ada beragam manfaat dari akupunktur antara lain:
❤Bagi ibu hamil, mengurangi mual, mengembangkan nafsu makan dan mengurangi pegal-pegal seiring bertambahnya usia janin.
❤Bagi ibu menyusui, melancarkan produksi ASI,  mengurangi pegal-pegal, dan lain-lain.
❤Bagi pasangan promil, memperbagus kualitas sperma, dan lain-lain.
❤Bagi anak, merileksasi otot-otot, membuat tidur lebih nyenyak, dan lain-lain.


Aku pribadi belum pernah mencoba akupunktur tapi sangat tertarik mencobanya.

For your information, Klinik Sakti Medika menyediakan layanan akupunktur juga lho! Tentunya dibedakan antara umum (pria/wanita) dan ibu hamil/ibu menyusui. Bahkan untuk ibu hamil, treatment-treatment yang diberikan sesuai dengan usia janin.

Di akhir sesi acara diberikan award bagi tiga penanyae pertama. Alhamdulillah aku termasuk di dalamnya dan mendapatkan free facial! Yeay! 😁
PemberianPemberi Bagi Penanya
(sumber: MBC)

Tak hanya itu, sebelum acara diakhiri, ada Kahoot Quiz seputar materi dengan hadiah paket perawatan jutaan rupiah. Wow! Sayang di sesi ini aku ngga ikut karena tiba-tiba handphone lemot.

Sst.. setiap peserta yang hadir mendapatkan voucher medical facial GRATIS lho! 😍

Tentang Klinik Sakti Medika
Berdiri sejak 18 Desember 1996, sebagai Praktik Dokter Bersama Spesialis (PDBS), akhirnya di bawah naungan PT JOLIE LIVIA, Sakti Medika memfokuskan diri sebagai penyedia layanan kesehatan dan kecantikan.
(sumber: Klinik Sakti Medika)

Didukung oleh dokter spesialis kulit & kelamin serta dokter spesialis akupunktur, Sakti Medika selalu menghadirkan teknologi termini sesuai kaidah keilmuan dan etika kedokteran Indonesia. Mengusung konsep "One Stop Health & Beauty", Sakti Medika memiliki berbagai layanan bagi pria, wanita, ibu hamil & ibu menyusui hingga anak-anak, dan fasilitas seperti kids corner dan kafe.
Sakti Medika & Mom Blogger Community
(sumber: MBC)

Lokasi: Klinik Sakti Medika

Jl. Tebet Barat I No.5, RT.1/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, 



RT001/RW002, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810

18 comments:

  1. Saya baru tahu jenis kulit ada yang disebut atopik. Jangan jangan anak saya termasuk jenis kulit ini nih...

    Terimakasih ulasannya, jadi pengen mencoba akupuntur juga hehehe. Banyak ya manfaatnya.

    BalasHapus
  2. Hal paling galau saat hamil dan setelah melahirkan mudah berjerawat, stretch mark, rambut rontok dan lain-lain. Memang harus Konsul juga di bidang kecantikan dan kesehatan supaya tetep keliatan fresh. Apalagi klinik sakti Medika sudah 23 tahun. Trusted bgt.

    BalasHapus
  3. Jadi di sana bisa untuk anak juga? Asik dong jadi bisa me time bareng ibu

    BalasHapus
  4. Ini kliniknya khusus untuk ibu hamil dan menyusui atau bebas? Aku kok penasaran pengen juga treatment kesana. Mau intip-intip harganya dulu deh.

    BalasHapus
  5. Klinik Sakti Medika perawatan untuk ibu hamil dan menyusui, eh bisa juga loh perawatan buat anak. Jadi bisa me time barengan deh .

    BalasHapus
  6. Saat hamil aku stop perawatan, nggak pake skin care plus nggak nyalon..
    Karena khawatir pengaruh ke janin..
    Tapi klo ada Klinik Sakti Medika gini enak ya, ibu hamil bisa ttp tenang melakukan perawatan

    BalasHapus
  7. Kalo ibu hamil dan menyusui ke sini, pasti happy banget ini mba. Tempatnya nyaman sekali ini mbaa. Dan bersih juga ya mbaa

    BalasHapus
  8. Kalau menurut saya sih penting
    Tetlebih lagi untuk sang ibu,karena bergadang hampir nggak tidur, belum lagi pekerjaan rumah,dan urus suami.
    Bukan tidak mungkin berdampak buruk terhadap ibu karena kelelahan.
    Dengan me time sesekali,apalagi bisa perawatan satu tempat dengan anak.
    Pasti seru dong, bisa happy bareng anak

    BalasHapus
  9. Aku langsung kepoin review klinik sakti medika ini, dan ga sabar mau facial disana hehehe

    BalasHapus
  10. Aku jadi penasaran gimana perawatan disitu soalnya sejak hamil dan nyusuin alu emang pilih pilih tempat treatment

    BalasHapus
  11. Ternyata pas lagi hamil boleh facial juga yaa asal ditangani sama ahlinya

    BalasHapus
  12. Penting banget perawatan di segala usia. Untung ada Klinik Sakti Medika yang menawarkan treatment lengkap dan aman ya

    BalasHapus
  13. Penting banget dong ibu hamil tampil cantik dan sehat apalagi pas bngt ada klinik yang aman buat ibu hamil dan menyusui ..biar ttep kecehh selama masa hamil

    BalasHapus
  14. Ternyata bumil dan busui bisa jg terawat apalagi ketemu sama ahlinya yang tepat seperti klinik ini ya mbak. Soalnya dulu tu aku gak berani perawatan. Nanti kurekomen deh ke temanku yang di Jkt yg lg hamil utk treatment di sini jg

    BalasHapus
  15. Tantangan ibu hamil dan busui ada aja ya mbak. Namun memang harus dihadapi sunatullahnya, sambil cari tahu banyak info deh apa yang boleh dan nggak nya

    BalasHapus
  16. Aku dulu udah pernah coba akupuntur dan jadi pengen lagi hehehe. Sakitnya kaya digigt semut sih, tapi tergantung untuk apa hahaha. It works on me dan pengen coba buat yang treatment biar tetap singset hihi

    BalasHapus
  17. Aku banget ini mbaaak. Dulu gak skincarean karena takut anaknya kenapa-kenapa padahal yaaa ibu hamil boleh aja merawat diri. Biar tetap glowing.

    BalasHapus
  18. Aku juga kemakan nih jadi selama tiga kali hamil aku gak perawatan dan skincare-an. Duhh kulit jadi kusem kering huhuhuuu
    Sekarang jadi tahu perawatan saat hamil dan menyusui justru perlu yaa

    BalasHapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!