Keunggulan dari Penggunaan Pembukuan Online yang Perlu Kamu Ketahui, Lebih Praktis!

 

Aplikasi pembukuan

Buat pebisnis atau pemilik usaha, pastinya perlu banget yang namanya pembukuan. Ya, pembukuan adalah pencatatan arus masuk dan keluar, simple-nya. Bayangkan jika kita tidak melakukan pembukuan, kok tau-tau uangnya habis? Kok ngga ada keuntungan tersisa padahal ada penjualan? 

Hayo siapa yang pernah merasakan hal tersebut?


Pencatatan keuangan membantumu membuat anggaran untuk bisnis, mempersiapkan pajak, menjaga bisnis tetap teratur, dan banyak lagi. Hal ini tidak boleh kamu hindari jika ingin menjaga keuangan tetap terkendali. Aplikasi pembukuan untuk bisnis bisa menjadi solusi untuk bisnis yang kamu jalankan.

Di era yang serba digital saat ini, ada banyak aplikasi pembukuan yang bisa membantu kamu untuk pencatatan keuangan. BukuMitra merupakan aplikasi pembukuan digital yang bisa kamu manfaatkan untuk mengelola keuangan bisnis. Adakah yang sudah pernah mencobanya?


 

Keuntungan dan Keunggulan BukuMitra 

Ada beberapa keuntungan serta keunggulan dari BukuMitra yakni sebagai berikut.

Pendaftaran Mudah

Proses pendaftaran akun di BukuMitra cukup mudah. Kamu hanya membutuhkan satu menit untuk membuat akun. Dengan satu akun ini, kamu bisa memasukkan pencatatan bisnis yang dijalankan lebih mudah dan praktis.

Promosi Bisnis Gratis

Kamu juga bisa mendapatkan promosi gratis yang dapat meningkatkan penjualan dan popularitas bisnismu. Promosi ini bisa meningkatkan brand awareness dari bisnis yang kamu jalankan.

Aplikasi Ringan

Ukuran aplikasi yang ringan membuatmu jadi lebih mudah menggunakannya di smartphone apapun. Kamu bisa menggunakannya lebih fleksibel untuk kebutuhan bisnismu.

Hitung Untung Rugi Otomatis

BukuMitra dilengkapi penghitungan untung rugi yang bisa dilakukan secara otomatis. Hal ini memudahkanmu saat ingin menghitung data yang banyak.

Alasan Pencatatan Keuangan Penting dalam Dunia Bisnis

Melakukan pencatatan keuangan merupakan hal mendasar untuk dilakukan dalam berbisnis. Selain membantu mengetahui jumlah dana yang dikeluarkan, juga membantumu dalam melihat kinerja strategi bisnis yang dijalankan. Berikut adalah tujuh alasan mengapa pencatatan keuangan penting untuk bisnis.

Membantu Penganggaran Lebih Akurat

Pencatatan keuangan sangat penting untuk bisnis apapun karena membuatnya lebih mudah untuk dianggarkan. Dengan pendapatan dan pengeluaran diatur dengan benar, mudah untuk meninjau sumber daya dan biaya keuangan kamu.

Anggaran menciptakan peta jalan keuangan untuk bisnis kamu. Dengan anggaran yang tersedia, kamu dapat merencanakan pengeluaran masa depan untuk bisnis guna membantu pertumbuhan. Jika kamu tidak menyimpan pencatatan keuangan yang akurat dan terkini, akan sulit untuk mendapatkan anggaran yang akurat karena semuanya hanya tebakan.

Mencatat Informasi Keuangan untuk Pajak

Betapa pun menjengkelkannya, bisnis harus mengajukan pajak pada akhir tahun pajak. Dengan adanya proses pencatatan keuangan, kamu akan memiliki informasi keuangan yang siap untuk musim pajak.

Jadi saat pembayaran pajak dilakukan, kamu akan dapat memprediksi hasilnya lebih akurat. Hal ini karena pencatatan keuangan memberikan neraca terperinci dari waktu ke waktu.

Menjaga Catatan Keuangan Lebih Teratur

Dengan sering melakukan pencatatan keuangan, kamu akan dapat mempertahankan catatan yang terorganisir. Seiring waktu, akan lebih mudah untuk menemukan informasi keuangan bisnis dalam waktu singkat. Selain itu, pencatatan keuangan akan membiasakan bisnismu berjalan dengan rencana yang teratur.

Memudahkan Melihat Target Bisnis

Setiap bisnis ingin tumbuh, namun, catatan keuangan yang buruk dapat memperlambatnya. Tanpa jumlah atau data yang akurat untuk dianalisis, tidak mudah untuk menentukan sendiri tujuan pertumbuhan apa pun. 

Dengan terus memantau pencatatan keuangan dan menyimpan catatan keuangan secara teratur, tujuan bisnis dapat direncanakan. Kamu juga dapat memetakan tujuan bisnis kamu dengan lebih akurat dan mencapai pertumbuhan.

Menjadikan Keuangan Usaha Lebih Teratur

Selain menjadikan keuangan bisnis lebih teratur, pencatatan keuangan akan memberikan perspektif lain. Tidak hanya pada bisnis, namun pada keuangan personal akan berdampak. Kamu akan belajar cara merencanakan keuangan dengan data yang yang ada.

Pencatatan keuangan yang rinci memberikan gambaran strategi yang harus dilakukan. Selain itu juga membantu dalam menentukan target bisnis ke depannya.

Pelaporan Instan

Saat terjadi pelaporan keuangan, kamu bisa melakukannya dengan lebih mudah. Data pencatatan keuangan yang ada akan membantumu lebih cepat dalam pelaporan. Biasanya, pelaporan semacam ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kekeliruan dalam proses bisnis.

Membantumu Mendapatkan Suntikan Dana dari Bank

Pencatatan keuangan yang baik dan teratur lebih membuka peluang mendapatkan suntikan dana dari bank. Pihak bank akan lebih memilih bisnis dengan catatan keuangan yang jelas. Selain itu, bisnis yang memiliki data jelas dan tepat cenderung mendapatkan suntikan dana yang lebih besar.

Oleh karena itu, pembukuan menjadi sangat penting dilakukan oleh bisnis kecil dan menengah. Dengan demikian, peta bisnis dan tujuan dari dana yang digunakan bisa dibaca.

Audit Lebih Mudah

Memproduksi laporan keuangan jauh lebih mudah saat kamu memiliki model pencatatan data yang baik. Kamu akan lebih mudah melakukan audit dibandingkan dengan catatan yang tidak jelas.

Proyeksi Bisnis Lebih Jelas

Pembukuan keuangan bisnis memberikan proyeksi bisnis yang jelas. Hal ini karena data sebelumnya menjadi pedoman dan pembanding untuk data saat ini. Penentuan arah bisnis ke depan jadi lebih mudah karena ada patokannya.

Oleh karena itu, sangat penting mencatat setiap detail transaksi dan juga aliran dana dalam bisnismu. Sehingga perencanaan ke depan jadi lebih jelas dan terarah.



Nah, itulah 9 manfaat pencatatan keuangan untuk bisnismu. Catatan yang jelas dan teratur akan memberikan gambaran tentang jumlah pengeluaran, pemasukan, serta proyeksi bisnis di periode selanjutnya.

Sudahkah kalian mencoba aplikasi pembukuan BukuMitra? 


0 komentar: