Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ Wujud Jaga Kelestarian Laut Indonesia yang Berkelanjutan




Pandemi pastinya memberikan dampak yang kurang menyenangkan bagi banyak orang, tapi aku yakin ada hikmah positif atau dampak positif lainnya. Karena akupun merasakan keduanya. Salah satu dampak positif yang aku rasakan dengan kehadiran pandemi adalah aku mulai lebih aware soal isu persampahan dan lingkungan. 


Disadari atau tidak permasalahan sampah plastik memang masih menjadi salah satu isu lingkungan yang dihadapi Indonesia dan harus segera dituntaskan. Untuk mengatasinya, ada beberapa permasalahan yang perlu jadi perhatian mulai dari jumlah sampah yang besar, pengelolaan sampah yang kurang bertanggung jawab, dan perilaku masyarakat yang membuang sampah sembarangan sehingga mencemari lingkungan, terutama lingkungan laut Indonesia. 


Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2021 menyebutkan limbah plastik Indonesia mencapai 66 juta ton per tahun,  dimana diperkirakan sebanyak 3,2 juta ton diantaranya merupakan sampah plastik yang terbuang ke laut. Selain itu, Data National Plastic Action Partnership (NPAP) juga menunjukkan ada 4,8 juta ton sampah plastik di Indonesia tidak diolah dengan baik, di mana sebanyak 48% di antaranya dibuang ke alam terbuka dan 9% dari sampah plastik berakhir di laut. 


Praktik yang aku lakukan antara lain beralih dari pembalut sekali pakai ke menspad dan memilah sampah serta menyalurkannya ke bank sampah. 


Sesederhana memilah sampah, ternyata efeknya domino lho! Memilah sampah artinya tidak lagi membuang sampah ke TPA dimana di TPA itu sendiri hanya akan ditumpuk yang pastinya sampah tidak akan hilang begitu saja. Malah justru mendatangkan masalah baru. Memilah di tahap awal sederhana saja, memilah antara sampah kertas/karton, plastik dan kaca/beling. 


Blackmores Peduli 'Tukar Botol'

Ngomongin soal memilah sampah, beberapa waktu lalu aku menemukan berita menggembirakan! Blackmores melalui produk unggulannya Blackmores Odourless Fish Oil kembali menginisiasi program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’. Melalui program ini, masyarakat diajak untuk ikut bertanggung jawab atas sampah plastik dengan mengumpulkan sebanyak-banyaknya sampah botol plastik bekas vitamin dari merek apapun agar bisa dikelola atau didaur ulang dengan baik sehingga tidak menambah angka sampah plastik yang mengotori laut. 



Oh ya catat ya, program ini berlangsung sejak 1 September hingga 30 November 2022.


Berikut pop up store yang ada id kota-kota besar. Selengkapnya bisa kunjungi Instagram @blackmores





PT. Kalbe Blackmores Nutrition (“Blackmores Indonesia”)  berusaha mengiri langkah pemerintah untuk menurunkan sampah plastik di laut hingga 70% pada tahun 2025, juga salah satu bentuk wujud komitmen kepedulian Blackmores Indonesia terhadap kebersihan lingkungan, khususnya ekosistem laut. 



“Secara global, selama lebih dari 90 tahun Blackmores terus berkomitmen untuk memberikan nutrisi terbaik dari alam dan juga pada kualitas dan keberlanjutan lingkungan. Untuk itu, sebagai produk suplemen yang bersumber dari minyak ikan laut dengan manfaat untuk membantu menjaga kesehatan harian tubuh, Blackmores Odourless Fish Oil terus berkomitmen menjaga kualitas produk dan lingkungan secara beriringan mulai dari memastikan kualitas sumber minyak ikan terpilih, pengemasan yang modern hingga permasalahan sampah produk yang juga harus diperhatikan. Hal inilah yang mendasari kami untuk terus mendukung segala upaya dalam menurunkan sampah plastik di laut dengan kembali menghadirkan program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’. Program ini merupakan salah satu inisiatif yang dilakukan Blackmores Indonesia untuk mendukung pemerintah dan mengajak masyarakat Indonesia peduli menjaga kebersihan lingkungan laut, karena menjaga kelestarian dan kesehatan lingkungan laut merupakan hal yang penting untuk dilakukan bersama demi terciptanya ekosistem laut yang bersih sebagai awal dari kesehatan.” ungkap Astrid Prasetyo, Head of Marketing Kalbe Blackmores Nutrition.


Nah berikut ini  mekanisme penukaran botol plastik dalam program Blackmores Peduli.

  • Pilah botol plastik bekas vitamin merek apapun. Eits jangan lupa dibersihkan terlebih dahulu ya! 
  • Bawa ke apotek independent yang tersedia dropbox Blackmores atau Blackmores Pop Up Store yang berada di beberapa titik mall di Indonesia.
  • Tim store akan mengecek botolmu dan jika approved, kamu akan mendapatkan voucher. Yeay!

Mudah banget kan?



Oh ya, Blackmores juga telah menyiapkan bentuk apresiasi bagi masyarakat untuk setiap keikutsertaannya pada kegiatan ini, dimana setiap botol plastik dapat ditukarkan dengan voucher belanja! 



Blackmores Indonesia tidak sendiri, untuk membantu proses pendauran ulang botol plastik yang telah terkumpul, kami juga menggandeng organisasi pengelolaan daur ulang sampah plastik eRecycle.


Masalah sampah akan menjadi besar jika terus dibiarkan, hal ini tentu akan berdampak pada kelangsungan hidup manusia dan mengakibatkan kerusakan pada lingkungan. Permasalahan sampah bisa menjadi berat dan sulit terselesaikan bila hanya mengandalkan satu pihak saja. Oleh karena itu, perlu adanya dukungan dari berbagai pihak untuk mendukung upaya untuk mengelola sampah secara bertanggung jawab agar tidak mencemari lingkungan, baik itu daratan maupun perairan Indonesia. Tidak hanya pemerintah, tetapi dari pihak swasta, asosiasi, komunitas, dan masyarakat Indonesia sebagai aksi kolaborasi dalam penurunan sampah plastik di laut.


“Sampah plastik telah menjadi permasalahan yang harus dituntaskan bersama, karena lingkungan yang bersih tanpa sampah plastik merupakan keinginan semua makhluk hidup. Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Saya sangat mengapresiasi dan menyambut baik inisiatif dari Blackmores yang peduli terhadap kebersihan lingkungan dan masalah sampah plastik, dengan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bisa ikut berpartisipasi dalam program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’. Misi dari penukaran botol plastik vitamin ini jelas, yaitu mengurangi sampah botol plastik bekas vitamin, dengan mengurangi sampah, berarti memberi kontribusi pada kelestarian lingkungan. Mari bersama-sama kita agen menjadi agen perubahan dengan mengumpulkan sampah botol plastik bekas vitamin untuk menjaga laut tetap bersih.” ungkap Tasya Kamila, Pemerhati Lingkungan.

Diana Agustina, seorang konsumen wanita berusia 36 tahun yang ikut berpartisipasi dalam program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ menyambut baik adanya program ini. 

“Saya selaku konsumen sangat senang ada program seperti yang dilakukan Blackmores ini. Dengan partisipasi dalam program Blackmores Peduli, saya bisa ikut menjaga kelestarian lingkungan, khususnya kerbersihan ekosistem laut dari sampah botol plastik. Karena saya menyadari kalau banyak sumber alami dari laut yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti minyak ikan yang sering saya gunakan.”



Melalui program Blackmores Peduli ‘Tukar Botol’ menjadi komitmen dan harapan Blackmores untuk semua pihak ikut berpartisipasi menjaga lingkungan. Jika semakin banyak orang yang peduli untuk menjaga lingkungan, terutama lingkungan laut, maka kebersihan lingkungan dan kesehatan masyarakat Indonesia akan dapat terjaga.


Yuk mulai pilah sampah botol bekas multivitaminmu dan salurkan lewat program Blackmores Peduli 'Tukar Botol'! Aksi sederhana kita tapi berdampak besar bagi bumi lho!


Tentang KALBE Blackmores Nutrition

KALBE Blackmores Nutrition (KBN) hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan produk suplemen premium di Indonesia. KBN berkomitmen dalam menyediakan produk kesehatan berbahan dasar alami serta layanan yang berkualitas tinggi dan menyediakan suplemen kesehatan  yang aman dan efektif. Ditunjang oleh distribusi yang kuat, kami melengkapi layanan konsumen yang terpadu seperti customer care dan home delivery, untuk membantu kesehatan sehari-hari Anda dan keluarga.

15 komentar:

  1. wah keren nih idenya, semoga banyak produsen yang makin ikut peduli dengan lingkungan ya, jadi meski packaging keren tetep ramah lingkungan :)

    BalasHapus
  2. Inspiratif sekali program Blackmore untuk melindungi produk yang berasal dari ikan, dengan cara penukaran botol Blackmore. Kepedulian ini perlu dikembangkan bagi para industri lain untuk melestarikan alam dengan cara mereka sendiri-seniri.

    BalasHapus
  3. Aku malah nyari-nyari ada gak sih produsen yang menerima botol bekasnya kalau kita beli produknya. Aku kayak belum menemukan gitu. Kebanyakan bekas skincare sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga soon Blackmores nerima botol bekasnya sendiri ya hehe


      Betul mbak akupun nemunya kebanyakan bekas skincare. Hehe. Follow aja @minimalistmoms.id mbak disitu suka dishare Dropbox #BijakMembuang

      Hapus
  4. Keren banget ya kak Blackmores dengan programnya tukar botol ini. Aku seneng banget ya kak, Karena Secara nggak langsung ini jadi cara mencintai lingkungan Kita

    BalasHapus
  5. Senang banget sekarang semakin banyak yang peduli pada lingkungan. Semoga hal baik ini akan terus dipertahankan kedepannya

    BalasHapus
  6. Wah keren blackmores, selain vitaminnya bagus, mereka memiliki program yang bagus juga utk masyarakat. Saluttt

    BalasHapus
  7. Botol plastik masih jadi Pe Er di Indonesia karena belum banyak pabriknya dan belum canggih metodenya. Tapi dengan setiap perusahaaan menerima kembali kemasan botol plastik produk mereka, ini langkah besar.

    BalasHapus
  8. Program ini jadi reminder buat kita ya bahwa menjaga lingkungan dari sampah botol plastik udah kewajiban utama yang harus dilakukan. Cuss ikut berkontribusi

    BalasHapus
  9. Tukar botol plastik jadi salah satu cara sederhana yang membuat kita bisa berpartisipasi dalam menjaga kelestarian laut ya mbak

    BalasHapus
  10. Mantep banget ini program Blackmores, bisa tukar botol ya. apalagi ini dapat voucher belanja, mantep loh

    BalasHapus
  11. Semoga produk-produk lain juga mulai kasih atensi dengan hal semacam ini ya. Ada sistem pertukaran botol agar lingkungan lebih terjaga

    BalasHapus
  12. Wah kebetulan aku banyak nih botol2 vitamin yg udh ga kepake. Apalavi blackmores. Ada nih.. cuzz ah lgsg ke bekasi.. lumayan kan yaa...

    BalasHapus
  13. Keren bgt programnya Kalbe, khususnya Blackmores ini. Kalo bukan kita, siapa lagi ya. Sampah nonorganik sdh meresahkan nih, aplg plastik betebaran dmn2 skrg.

    BalasHapus
  14. Aku perhatikan semakin banyak brand yang menawarkan layanan serupa Blackmores ini. Semoga jadi langkah yang baik untuk hidup yang minim sampah

    BalasHapus