7 Cara Melembapkan Kulit Wajah Berjerawat Secara Alami

 


Kulit lembap, sehat dan bercahaya merupakan dambaan semua orang. Beberapa orang juga mungkin takut menggunakan produk pelembap kulit wajah karena takut tidak sesuai dan mengakibatkan makin bermunculannya jerawat pada wajah.

Bagi beberapa orang yang mungkin tidak tahu produk pelembap mana yang bagus dan cocok untuk kulit wajah, biasanya mereka beralih ke jalur alternatif dengan menggunakan bahan-bahan alami yang selalu ada di dapur rumah.

Untuk kalian yang belum tahu cara melembapkan kulit wajah berjerawat secara alami, berikut adalah bahan alami yang bisa dijadikan moisturizer atau pelembab yang bisa kalian gunakan.


1. Minyak Argan

sumber:halodoc


Minyak argan adalah minyak yang sangat baik untuk kulit dan rambut. Namun, perlu diketahui bahwa minyak argan tak memiliki kandungan non-komedogenik sama sekali, sehingga sangat aman untuk diaplikasikan pada wajah, terutama jika dimanfaatkan sebagai moisturizer.

Minyak argan dapat secara langsung menghambat bakteri penyebab jerawat sehingga ampuh pula dijadikan sebagai obat jerawat. Dilansir dari naturallyorganicskincare.com, minyak argan dapat membantu menyeimbangkan produksi sebum pada kulit, sekaligus dapat menghidrasi kulit yang kering.

2. Minyak Zaitun

sumber: siloamhospital


Minyak zaitun mengandung squalene yang berfungsi sebagai pelembap. Di dalamnya juga terdapat antioksidan seperti polifenol dan fitosterol yang mampu menenangkan dan memperbaiki tekstur kulit.

Guna melembapkan wajah, oleskan minyak di seluruh permukaan wajah setelah membersihkan muka. Jika teksturnya dirasa terlalu kental, campurkan minyak dengan sedikit air. Diamkan 10 menit lalu bilas dengan air.

3. Minyak Kelapa

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan di International Journal of Molecular Sciences pada tahun 2017, diulas data tentang pengaruh biologis dari pengaplikasian beberapa minyak tumbuhan termasuk minyak kelapa pada kulit secara topikal. Berdasarkan bukti yang ada, mengoleskan minyak kelapa pada kulit memiliki efek positif terhadap perbaikan skin barrier, penyembuhan luka, dan penuaan kulit selain sebagai antibakteri, anti-inflamasi, antioksidan, dan antimikroba.

Sebagaimana dibuktikan dalam studi klinis, minyak kelapa murni dapat bertindak sebagai pelembab yang mampu memperbaiki gejala gangguan kulit seperti eksim, psoriasis, ruam popok, jerawat, kulit kering, sunburn, dan stretch mark. Namun, perlu diingat bahwa minyak kelapa berpotensi menyumbat pori-pori sehingga penggunaan minyak kelapa sebaiknya dihindari oleh pemilik kulit berminyak.

4. Madu

Madu atau bahkan lebih baik lagi madu Manuka adalah salah satu bahan paling multifungsi yang ada di dapur. Berkaitan dengan perawatan kulit, penelitian telah menemukan bahwa madu organik mentah memiliki sifat antimikroba, dapat membantu menyembuhkan luka pada kulit, dan bersifat anti-inflamasi.

Untuk mencobanya di rumah, dapat menggunakannya sebagai masker penyembuhan seminggu sekali dengan mengoleskan tipis-tipis pada kulit yang bersih selama sekitar 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

5. Kombinasi Pisang, Madu, dan Susu

Cara melembabkan kulit wajah berjerawat juga bisa terbuat dari kombinasi pisang, madu, dan susu. Pisang mengandung vitamin C, kalsium, kalium, dan serat yang bagus untuk kelembaban kulit. Manfaat tersebut semakin maksimal saat dikombinasikan dengan madu dan susu.

Hanya perlu menumbuk sebuah pisang hingga halus terlebih dahulu. Setelah itu, tambahkan 1 sdt madu dan 2 sdm susu lalu aplikasikan pada wajah. Setelah didiamkan selama 30 menit, pijat sebentar, kemudian bilas menggunakan air.

6. Lidah Buaya

Cara melembabkan kulit wajah berjerawat secara alami lainnya adalah lidah buaya. Pasalnya, dalam lidah buaya ini mengandung 75 nutrisi yang terdiri dari berbagai vitamin, enzim, mineral, gula, lignin, saponin, asam salisilat, dan asam amino.

Nah kombinasi dari kandungan tersebut akan bekerja sama untuk memberikan efek anti-inflamasi, antiseptik, anti-aging, analgesik, dan antibakteri.

Selain itu, lidah buaya juga dapat bertindak sebagai moisturizer atau pelembab yang efektif tanpa membuat kulit berminyak maupun menyumbat pori-pori.

Kandungan dalam lidah buaya juga sangat efektif untuk menenangkan kulit yang iritasi atau meradang.

Mengencangkan pori-pori, meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi munculnya kerutan dan garis halus, serta meningkatkan penyembuhan luka.

7. Oatmeal

Tidak hanya sebagai menu sarapan sehat, oatmeal ini juga menjadi salah satu bahan alami yang dapat merawat kulit kering dan berjerawat.

Memiliki kandungan zat Saponin untuk membantu mengangkat sel kulit mati yang kering sehingga kulit menjadi halus, selain itu juga memiliki kandungan Zinc sebagai anti bakteri pencegah jerawat yang efektif.

Penggunaan oatmeal ini dinilai cocok untuk kulit sensitif dan berjerawat. Untuk perawatan kulit kering berjerawat kamu bisa gunakan ini sebagai masker dengan campuran madu atau minyak kelapa untuk efek yang lebih melembapkan. 

Selain cara alami yang sudah di jelaskan di atas, ada salah satu produk yang bisa kalian gunakan untuk melembapkan kulit berjerawat. Dermies Clear Me Acne Hydrating Gel adalah jawaban untuk kalian yang mencari cara melembapkan kulit wajah berjerawat.

sumber: erhastore


Pelembab ini diformulasikan khusus oleh ahli dematologi dan teruji dua kali lebih efektif dalam meredakan iritasi atau kemerahan, termasuk bruntusan, mengurangi jerawat, melembapkan kulitm dan membersihkan sisa kotoran serta minyak berlebih.

Pelembap ini memiliki beberapa super ingredients yang mampu mengatasi masalah pada kulit.

Dari cara-cara di atas, mana nih yang sudah pernah kalian coba? 

0 komentar: