Dear Emak-emak, Perhatikan Tips Ini Sebelum Memilih Bengkel Terbaik Untuk Sepeda Motormu




Kalau ngga menikah, mungkin aku ngga akan tahu kalo kendaraan itu juga butuh "disalon". 

Kalau ngga menikah, mungkin aku ngga akan tahu kalo kendaraan itu butuh ganti oli setidaknya setiap tiga bulan sekali. Duh, dasar aku! 


Tapi dari situ aku semakin meyakini bahwa punya barang, termasuk dalam hal ini kendaraan, adalah sebuah kesadaran mulai dari membeli, merawat, memperbaiki hingga bagaimana cara bijak "membuang" ketika sudah tidak lagi dibutuhkan; apakah dijual/dihibahkan ke orang jika masih layak atau dijual ke rongsokan. 


Kembali lagi lagi ke kendaraan. Sepeda motor jadi kendaraan utama kami yang sudah memberssmsi sejak awal menikah. Itu artinya sudah tujuh tahun lebih! Sejauh ini performanya cukup bagus, sangat amat jarang "rewel". Setelah aku ingat-ingat, semua itu berkat peran suami yang rutin membawanya ke bengkel setiap bulan, terlepas ada masalah yang disadari atau tidak. 


Pentingnya Merawat Kendaraan 

Aku dan suami menganut konsep fleksibilitas untuk pekerjaan rumah tangga. Tapi memang untuk urusan kendaraan, sepenuhnya aku serahkan ke suami. Alasan utamanya ya karena aku tidak mengendarsknya alias cuma jadi yang dibonceng. 


Meski begitu aku dan suami bersepakat bahwa kendaraan harus dirawat dengan baik. Sebulan sekali, suami membawa sepeda motor kami ke bengkel guna  melihat kondisi dan performa sepeda motor agar tetap dalam kondisi prima. 


Hal ini penting untuk mencegah kejadian yang tidak diharapkan dan membuat kami nyaman saat berkendara. Selain itu juga dari sisi spiritual, ini sebagai bentuk rasa syukur dan tanggung jawab kami terhadap nikmat dariNya. 


Mencegah memang lebih baik ketimbang mengobati. Jangan tergoda oleh rasa "ah sehat sehat aja kok" atau justru membesarkan rasa mager. 


Menurut pengakuan suami, ngga semua bengkel cocok dengan kami baik dari biaya hingga pelayanan. Pasalnya, ada saja  oknum bengkel yang tidak bertanggung jawab dengan mencurangi maupun berbohong kepada konsumen. Ditambah lagi, beberapa mekanik bengkel sengaja memberikan harga lebih tinggi dibandingkan harga pasaran demi mendapatkan untung besar.


Oh ya ini juga salah satu alasan mengapa tanggungjawab kendaraan ada pada suami. Kebayang dong, kalau ibu-ibu seperti aku jadi konsumen bengkel? Tanpa bermaksud mendiskreditkan, tapi fenomena yang sering terjadi di lapangan, biasanya konsumen perempuan akan lebih mudah jadi sasaran empuk oknun bengkel dalam mematok harga. 


Eits tapi bukan berarti perempuan ngga boleh ke bengkel. Semua harus ada ilmu termasuk tipsnya. 


Tips Memilih Bengkel Terbaik & No Tipu-tipu 

Masih dari cerita pengalaman suami, berikut ini tips memilih bengkel terbaik untuk meminimalisir tipu-tipu oknum bengkel. 


Menuliskan Harga Secara Transparan

Jujur sih, memang tidak banyak bengkel yang memberikan harga secara terang-terangan kepada calon konsumen. Maka dari itu penting di awal konsumen menanyakan perihal harga sebelum layanan diberikan. Abaikan rasa gengsi, ketimbang menyesal di belakang, bukan? 


Akan lebih baik lagi, sebelum ke bengkel, kita melakukan riset mengenai harga suku cadang dan layanan servis yang ingin dilakukan untuk menjadi patokan. 


Mekanik Profesional dan Handal

Pilihlah bengkel dengan mekanik yang handal;  mengerti seluk beluk sepeda motor secara menyeluruh dan mampu menjawab segala pertanyaan kita. Mekanik yang profesional juga sebaiknya jadi pertimbangan sehingga sepeda motor kita tidak diperlakukan asal-asalan. Kadangkala melakukan "tes pertanyaan" perlu juga untuk membuktikan kehandalan sang mekanik. 


Peralatan yang Modern

Tips memilih bengkel motor terbaik berikutnya adalah kelengkapan peralatan dan modern tidaknya. 

Semakin modern perlengkapannya, tentunya sepeda motor kita bisa tertangani denganebih efisien dan efektif. 

Sebagai contoh, ketika ingin mengganti ban motor. Penggunaan Tyre Changer, alat untuk melepas dan memasang ban, akan membuat kondisi velg motor lebih aman, karena tidak baret atau lecet oleh alat congkel untuk melepas ban.

Penting! Pastikan bengkel yang kita kunjungi memiliki perlengkapan modern, membantu mekanik dalam melepas maupun memasang berbagai baut atau mur dan suku cadang lain secara aman tanpa merusak atau membuatnya tergores.


Kelengkapan Suku Cadang

Pertinbangkan untuk memilih bengkel dengan suku cadang yang lengkap. Kelengkapan suku cadang di dalamnya juga tidak harus membuat kita "pontang panting" mencari suku cadangan yang dibutuhkan ke luar bengkel tersebut 


Jaminan Garansi

Bengkel terbaik & terpercaya akan berani memberikan jaminan garansi atas apa yang mereka kerjakan terhadap motor konsumen.

Hak ini tentunya membuat kita merasa lebih aman menyerahkan sepeda motor kita untuk dicek dan diperbaiki. Keuntungan lainnya dari jaminan garansi, kita bisa melayangkan complain jika sewaktu-waktu motor mengalami kendala setelah melakukan perbaikan atau adanya kerusakan suku cadang selama masa garansi.


Jam Operasional Panjang

Jam operasional yang panjang menjadi nilai lebih dari sebuah bengkel. Selain untuk perawatan, ada kondisi-kondisi seperti kerusakan yang memerlukan perbaikan yang membuat kita harus ke bengkel di waktu tak terduga. Kesibukan, misalnya bekerja pagi hingga sore hari, membuat kita menjadikan bengkel dengan jam operasional sampai malam sebagai solusi. 


Berbagai Metode Pembayaran

Semakin berkembangnya digitalisasi membuat sistem pembayaran ini dan itu beranjak ke cashless termasuk pada beberapa bengkel. Pada banyak kejadian, ini menguntungkan sebab kita tidak perlu membawa uang terlalu 

Saat ini bengkel-bengkel modern, sudah memiliki metode pembayaran non tunai (debit dan e-wallet) sehingga memudahkan kita dalam proses pembayaran. 


Memperbaiki Sepeda Motor Di Planet Ban

Sebagian besar dari kita mungkin sepakat bahwa mencari bengkel dengan kriteria di atas, susah-susah-gampang. Planet Ban jadi salah satu bengkel yang memenuhi banyak kriteria di atas. 

Awalnya kukira Planet Ban hanya menjual berbagai variasi ban. Tapi ternyata aku salah! Planet Ban tidak hanya menjual ban motor saja, melainkan juga berbagai suku cadang berkualitas dan lengkap, mulai dari servis motor, oli motor, kampas rem, minyak rem, busi, dan berbagai suku cadang lainnya tersedia lengkap di Planet Ban. 


Ternyata Planet Ban merupakan pelopor ritel otomotif pertama di Indonesia. Bengkel dengan tagline #RasaMesinBaru itu menawarkan layanan “Servis Motor Rasa Mesin Baru”. Setelah aku kepoin, ternyata Servis Rasa Mesin Baru merupakan konsep yang diusung Planet Ban untuk layanan servis. Berbeda dari servis motor pada umumnya, pada proses servis ini, mekanik tidak menghisap bensin dari tangki motor melainkan menggunakan cairan khusus yang telah tersedia di Planet Ban. Harganya sudah termasuk dalam biaya jasa servis di Planet Ban lho! 


Beberapa bagian yang bisa diservis antara lain; 

  • Servis Mesin
  • Servis Throttle Body
  • Servis CVT / Rantai
  • Servis Injeksi

Harga yang ditawarkan untuk servis dan suku cadang juga transparan, karena bisa di cek di website resmi Planet Ban, planetban.com. Yao, Planet Ban bisa menjadi rekomendasi bengkel  untuk kita-kita  yang ingin mendapatkan layanan terbaik dari bengkel motor. Mekanik profesional, peralatan canggih, produk suku cadang lengkap, bisa pembayaran non tunai (debit & e-wallet) hingga garansi layanan servis sampai dengan 7 hari. Ke Planet Ban aja, untuk seluruh kebutuhan sepeda motor.

Eits, ngga sampai situ aja. Planet Ban juga memberikan berbagai benefit lain yang mungkin tidak akan kita dapatkan di bengkel motor lain, seperti gratis biaya pemasangan ban, gratis jasa servis dan ganti oli dan gratis jasa pengisian cairan anti bocor. 

Pengen ngisi nitrogen? Gratis selamanya untuk para konsumen Planet Ban. 



Hitung-hitungannya no rugi-rugi club sih. Tunggu apalagi? Yuk kunjungi Planet Ban terdekat untuk kebutuhan sepeda motormu! 

Sst.. Kamu juga bisa dapat Voucher dengan potongan harga sampai Rp 150.000 dari Planet Ban. Caranya? Langsung hubungi WhatsApp Planet Bank dengan klik disini. 

Jadi, udah ngga ada alasan lagi untuk kita kaum emak-enak turun tangan bawa sepeda motor ke bengkel terbaik selama memilih Planet Ban. 


9 komentar:

  1. Ini khusus motor saja ya mbak. Ada list harganya nggak mb?

    BalasHapus
  2. Aku nggak ngerti juga soal motor. Jadi apa apa serahin aja ke bengkel. Tahunya cuma pake aja aku 😂. Ngomong ngomong aku baru tahu tentang planet ban. Emang apa apa serahin aja ke ahlinya ya contohnya planet ban ini 😊

    BalasHapus
  3. Memang kudu paham sih ya urusan per-motor-an ini, sehingga gak hanya cuma bisa bawanya aja, tetapi juga dalam hal merawatnya

    BalasHapus
  4. Semoga semakin banyak emak-emak Indonesia yang ngga takut (boncos) atau ragu buat ke bengkel sendiri yah. Apalagi ada promo dari Planet Ban.

    BalasHapus
  5. Baca tulisan visya jd kaya ngaca diri sendiri, hehe aq jg tipe yg cm taunya tgl pake, skrg jd tau gmna hrs merawat kendaraan.
    Makasih infonya ya bs cuss ke planet ban nh pas ada promonya ya

    BalasHapus
  6. Iya aku juga saranin suami cari bengkel yang transparan, jangan main bongkar semua, dibilang rusak ini itu, pas bayar bisa hampir 1 juta. Pusing banget. Kalau ada Planet Ban deket sini mau juga service, lumayan ada promo

    BalasHapus
  7. Sebagai orang awam merasa terbantu dengan tulisan di atas. Walaupun pergi pulang naik kendaraan umum, setidaknya dapat ilmu baru tentang service motor

    BalasHapus
  8. Aku sama suami juga ke Planet Ban nih kalau mau service, gak cuma ganti ban aja..enak pelayanan oke, dan senengnya iya itu bisa isi nitrogen gratis hehehe

    BalasHapus
  9. Planet ban emang oke untuk ganti ban dan service motor, kalau aku mah termasuk suka tuker tambah barang, jual yang lama, uangnya untuk tambahan beli yang baru

    BalasHapus