Lima Cara Tepat Menggunakan Produk Eksfoliasi pada Wajah

 



Salah satu bagian penting dalam perawatan wajah yang dapat dilakukan secara berkala adalah eksfoliasi wajah. Eksfoliasi merupakan suatu proses mengangkat kulit mati pada lapisan atas kulit.

Perawatan wajah ini dapat bermanfaat untuk mendorong sirkulasi yang baik dan meningkatkan penampilan kulit, sehingga wajah akan cerah, mulus, dan bersih. Saat ini, sudah banyak sekali produk eksfoliasi yang dijual dipasaran.

Dengan begitu, kalian sudah bisa melakukan perawatan ini secara mandiri di rumah. Namun, untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, simak penjelasan mengenai cara tepat menggunakan produk eksfoliasi wajah berikut ini.


1.       Pertimbangkan Skincare yang Dipakai

Beberapa skincare produk eksfoliasi dapat menyebabkan kulit mengelupas atau lebih sensitif. Sebagai contoh, produk eksfoliasi dengan kandungan retinol atau benzoil peroksida atau krim retinoid.

Dengan melakukan eksfoliasi pada wajah saat menggunakan produk eksfoliasi tersebut dapat memperburuk kulit menjadi kering, bahkan menimbulkan jerawat

2.       Pilih Produk Eksfoliasi Wajah sesuai Jenis Kulit

Bagi yang memiliki kulit kering, maka perlu menggunakan langkah eksfoliasi kimiawi. Pasalnya, mengeluaskan kulit yang mati menggunakan alat (mekanis) dapat memperburuk iritasi.

Sementara bagi yang memiliki kulit sensitif, maka perlu menggunakan bahan kimia yang ringan untuk dapat eksfoliasi kulit. Lalu, untuk yang memiliki kulit yang rentan berjerawat dan memiliki kulit berminyak, maka eksfoliasi bisa menggunakan scrub dapat memberikan manfaat yang maksimal.


Terakhir, jika yang memiliki kulit normal dapat menggunakan cara apa saja untuk melakukan eksfoliasi, mau itu kimiawi atau mekanis untuk dapat mengangkat sel kulit mati. Dan yang terakhir, bagi yang memiliki kulit kombinasi harus menggunakan kombinasi eksfoliasi wajah kimiawi dan mekanis.

Namun yang harus diingat, jangan pernah menggunakan kedua cara sekaligus di hari yang sama sebeb bisa menimbulkan iritasi kulit.

3.       Eksfoliasi secara Lembut

Jika menggunakan eksfoliator kimia atau scrub, maka aplikasikan produk eksfoliasi secara lembut dengan cara gerakan melingkar yang kecil.

Lakukanlah cara tersebut hingga 30 detik, kemudian bilas menggunakan air hangat. Sementara itu, jika menggunakan spons atau sikat, lakukan dengan cara sapuan ringan yang pendek.

Namun sebaiknya jangan melakukan eksfoliasi jika keadaan kulit sedang terluka atau terbakar karena sinar matahari.

4.       Gunakan Pelembab setelah Melakukan Eksfoliasi Wajah

Hal yang harus ingat bahwa eksfoliasi merupakan perawatan yang dapat membuat kulit menjadi kering. Oleh sebab itu, gunakan pelembab segera jika sudah melakukan eksfoliasi yang berfungsi untuk bisa menjaga kulit akan tetap sehat dan terhindrasi.

5.       Tentukan Jadwal Eksfoliasi yang Tepat.

Seberapa sering yang harus dilakukan untuk eksfoliasi itu tergantung dari pada jenis kulit dan juga langkah yang digunakan. Pada umumnya, semakin kuat dari prosesnya, maka akan semakin jarang perawatan tersebut yang perlu dilakukan.

Bukan hanya itu, cobalah untuk hindari melakukan eksfoliasi secara berlebihan sebab dapat menyebabkan kulit menjadi teriritasi dan merah.

Itulah beberapa penjelasan mengenai langkah aman untuk eksfoliasi yang bisa dicoba. Jika kalian mencari produk eksfoliasi, maka gunakanlah Dermies Clear Me Honey, Can You Peel Me? untuk esksfoliasi kulit wajah yang bekerja untuk mengangkat sel kulit mati agar wajah menjadi cerah, mulus, dan bersih.

sumber: Dermies


0 komentar: