Rekomendasi Barang untuk Menunjang Profesi Blogger



Hampir enam tahun menggeluti pekerjaan profesional sebagai blogger, tentu memberikan pengalaman, ilmu dan wawasan baru buatku. Menjadi seorang narablog (blogger) tentu perlu motivasi dan ilmu dasar seperti kepenulisan dan teknikal membuat blogger. 


Kalau ditanya, barang apa aja sih yang "wajib" dimiliki seorang blogger? Mungkin aku akan menjawab, bukan wajib tapi lebih ke direkomendasikan. Yuk simak rekomendasi barang untuk menunjang profesi blogger! 



Smartphone & Internet yang Stabil 

Ini mungkin prioritas barang yang rasanya wajib dimiliki oleh seorang narablog. Tentu saja, karena segala akses informasi dan komunikasi seputar pekerjaan, terlebih di era digital, dilakukan secara praktis melalui smartphone yang dilengkapi dengan koneksi internet yang stabil. 


Laptop

Laptop digunakan untuk mengetik artikel dan melakukan penyuntingan. Namun jika karena kondisi, belum memungkinkan memiliki barang ini, kalian masih tetap bisa menjalani profesi narablog, lho! Alternatifnya, kalian bisa menggunakan smartphone. Tapi sebaiknya pastikan storage tidak penuh, agar proses pengetikan artikel berjalan dengan lebih smooth dan minim nge-lag. 


Jadi bisa dikatakan, barang ini sebenarnya bisa masuk sekunder. 


Kamera Mirrorless

Pertimbanganku membeli barang ini adalah karena pada saat itu kualitas kamera smartphone-ku tidak terlalu baik. Di satu sisi, aku sering melakukan liputan acara di luar yang mengharuskan mengambil gambar. Barang ini sangat membantu untuk memfokuskan masing-masing fungsi; mirrorless hanya untuk membidik dan smartphone untuk chatting, terutama membuat laporan berupa Tweet apabila diwajibkan oleh brand. 


Namun jika karena kondisi, belum memungkinkan memiliki barang ini, kalian masih tetap bisa menjalani profesi narablog, lho! 


Alternatifnya, lagi-lagi, gunakan smartphone untuk mengambil gambar. 


Bicara soal kamera mirrorless, jadi teringat masa-masa awal punya barang ini. Aku membeli barang ini dari sebagian hasil ngeblog selama setahun, sungguh sebuah kebanggan bagiku karena bisa dibilang ini barang "mahal" pertama yang aku beli pakai uang sendiri. 


Mirrorless Canon menjadi pilihanku karena pada saat itu aku lihat beberapa blogger memakainya. Dari hasil survei ke mereka, mempertimbangkan juga kebutuhan dan budget, aku menjatuhkan pilihan pada mirrorless Canon tipe EOS M100. 


sumber: dokumen pribadi
sumber: dokumen pribadi


sumber: dokumen pribadi

Selain menjadi barang "mahal" pertama yang kubeli, mirrorless Canon punyaku juga jadi barang elektronik pertama yang aku beli lewat e-commerce. Tokopedia menjadi pilihanku sat checkout kamera ini. 


Dengan teliti dan sadar, aku riset para penjual terpercaya di Tokopedia sampai akhirnya menjatuhkan pilihan pada salah satu toko yang juga masih berlokasi di Jakarta. 


Jujur, sempat agak deg-deg-an, khawatir barang rusak di jalan, dibawa kabur kurir dan lain sebagainya. Alhamdulillah barang selamat sampai di tanganku dan tak kurang satu apapun. 


Semakin percaya belanja di Tokopedia karena;

- lebih ketat menyeleksi barang asli & palsu yang dijual seller

- terdapat banyak pilihan metode pembayaran 

- sering ada promo diskon ataupun cashback

- ekspedisi disertai dengan asuransi sehingga lebih terpercaya

- proses refund terbilang mudah, efektif namun tetap teliti. 

sumber: dokumen pribadi

Oh ya, selain mirrorless Canon, beberapa merek yang sering direkomendasikan di mesin pencari antara lain Sony A6000 dan Nikon Z50


Menjadi blogger profesional bukan tentang seberapa banyak dan canggih peralatan teknologi yang dimiliki, namun yang utama adalah konsistensi dan kualitas tulisan yang menjadi cermin kualitas diri. 





10 komentar:

  1. Peralatan penunjang memang saat dibutuhkan buat dapatkan hasil foto yg bagus, jd pgn punya kamera mirrorless

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga dikabulkan Allah mbaak keinginannya 🤗

      Hapus
  2. Wah, saya punyanya cuma camera pocket. Ga ada mirrorless. Atau ngandelin kamera hp.. Hiks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masya Allah masih awet ya kamera paketnya mbak Ade 🥰

      Hapus
  3. barang-barang tersebut sangat menunjang aku sebagai blogger yang seasonal ini, alhamdulillah dari ngeblog banyak yang aku dapatkan selain cuan yaitu networking

    BalasHapus
  4. Wah udah lama saya gak pegang kamera pocket euy. Padahal dulu kemana=mana ya bawa kamera. Sejak HP makin canggih, kamera jadi terlupakan. Lihat ini jadi nostalgia deh, kapan-kapan mau juga punya kamera profesional untuk penunjang pekerjaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jugaa dulu taunya kamera pocket pas masih kecil, budeku punya mbak hehe

      Hapus
  5. Duhhh jadi pengen segera beli kamera mirrorless juga deh. Soalnya ringkas dan ringan buat dibawa kemana-mana kalau traveling lebih dari seminggu. Meski kamera hp jaman sekarang sudah sangat bagus, tapi kalau motret saya masih memilih menggunakan kamera sih. Cuma bawa kamera DSLR itu berat kapten. Kalau bukan karena kerjaan, saya akan memilih membawa mirrorless aja deh.

    BalasHapus
  6. Kamera memang hasilnya lain sih ya dibandingkan smartphone, aku juga utk beberapa occasion suka pake kamera juga. Tinggal beli tripodnya nih yg bagusan. Semangat ngontennya ya kak 😍

    BalasHapus