10 Prinsip Decluttering dari Buku "Suteru Gijutsu"



Ada yang udah pernah baca buku Suteru Gijutsu (Tips Membuang Barang)? Buku yang menginspirasi  Marie Kondo menulis buku The Life Changing Magic of Tidying Up.

Buku ini cukup straight mengajak kita membuang sebanyak barang yang ngga kita butuhkan. Di bab pertama dibahas tips mengenyahkan barang, aku mengistilahkannya "prinsip decluttering".







1. Jangan "Simpan Dulu" 

coba hindari keinginan untuk menyimpan dulu, pikirkan nanti. Sebisa mungkin putuskan saat itu juga. Karena kalo ngga, yang terjadi adalah lebih sering gagal declutter 😭

2. Jangan Menyediakan Tempat Penyimpanan Sementara

hmm ini mirip mirip sama yang pertama

3. Ngga Ada yang Namanya "kapan kapan" 

Ngaku deh yang masih suka mikir kapan kapan kepake, tapi nyatanya? Seringnya sih terlupakan begitu aja 🙈

4. Jangan Mudah Tergiur Barang Praktis 

 di era gempuran barang2 home living yg terkesan praktis padahal kita ga bituh butuh amat~ Know your priority and responsibility (also your budget!). Ingat tiap kita punya barang, ada tanggungjawab yang menyertai; menyimpan, merawat dan #BijakMembuang ketika udah ngga kepake

5.  Tidak "Mengkeramatkan" Barang

Sudah tahun 2024, jangan lagi mikir kalo buang barang ini bakal dapat sial, kalo nyimpan barang ini bakal dapat cuan. Ini juga relate soal benda benda sentimental. Sebenarnya ngga apa-apa kok, nyimpan sentimental items tapi sebisa mungkin dibatasi jumlahnya dan tetap dipilah ya.

6. Barang yang Dipunya Harus Digunakan

Miliki mindset bahwa barang yang dimiliki harus digunakan. Jika dirasa tidak akan digunakan, jangan sampai punya. Jika sudah punya tapi tidak digunakan, singkirkan. Dalam hal ini ada baiknya punya barang-barang yang bisa dipakai sepanjang waktu. Misal, alih-alih memilih baju khusus pesta, belilah baju yang bisa dipakai pesta maupun pergi biasa.

7. Metode Penyimpanan & Penataan Bukan Solusi

 Di era gempuran berbagai macam model storage estetik, yakinilah bahwa menyimpan bukan solusi “terlalu banyak barang yang dimiliki”. Menyimpan HANYA bisa dilakukan setelah decluttering (mengurangi barang).

8. Ketika Memprhatikan Sebuah Barang, Segera Singkirkan Jika Tidak Butuh

Tiap kali ada barang yang menarik perhatian di rumah, tanyakan pada diri sendiri apakah barang itu terpakai untukku atau justru hanya menjadi tumpukan?

9. Jangan Takut Menyesal Karena Membuang

Mungkin ada “ketakutan akan menyesal” ketika akan decluttering tapi faktanya jarang sekali barang yang sudah disingkirkan akan dibutuhkan kembali. Tidak perlu terlalu takut menyesal.

10. Jangan Mengejar Kesempurnaan

Tidak perlu terlalu menekan dirimu ketika decluttering. Nikmati prosesnya. Tidak harus ke-10 poin di atas dilakukan, lakukan yang cocok untukmu. Mungkin akan lebih butuh waktu, tapi akan worth it dengan dampak baiknya.

Di antara 1-10 mana yg masih susah kalian lakukan?

0 komentar: