Ads 468x60px

Sabtu, 03 Januari 2015

Pertama Kalinya di 2014-ku!




Bismillahirrahmanirrahim.
Hai, readers! Coba deh lihat kalender kalian. Yap, hari ini tanggal 31 Desember 2014 bertepatan dengan hari terakhir di tahun 2014. The last but not least..
Sebenarnya apa sih makna tanggal 31 Desember? Bukankah sama-sama aja kayak tanggalan biasa? Masih harus ya ada pesta pora petasan dan kembang api? Masih ahrus bakar uang? Innalillahi..
Well aku ngga akan bahas tentang perayaan tahun baru versi itu, melainkan hari ini aku merenung, sekalipun lagi di kampus. Kuingat-ingat pencapaian-pencapaian dan pengalama-pengalaman yang telah kudapatkan di 2014 hingga tiba di hari ini..
“Barangsiapa yang bersungguh-sungguh, maka ia akan berhasil.” Allah, aku percaya itu!


Pertama Kali Ke Luar Negeri!

Ke luar negeri? Siapa sih yang ngga mau? Apalagi aku yang hobinya backapcking. Tapi sejujurnya rencana ke luar negeri ngga pernah tuh terbesit di benakku saat masa sekolah. Kenapa? Karena yang aku CINTA Indonesia. Yaps, saking CINTAnya ngga kepikiran buat ke luar negeri, haha. Kedua, sebenarnya aku pengen ke luar negeri tapi Cuma Jepang yang ada di pikiranku dan cuma untuk studi S2 kelak. Oh ya aku pernah diikutsertakan orangtuaku dalam seleksi beasiswa studi SMA di Singapore. Diikutsertakan? Ya, karena aku ngga niat, tapi orangtuaku bilang coba aja dulu. Alhamdulillah nggak berhasil, hehe.
Semuanya berubah ketika aku menjadi mahasiswa di tahun 2011. Keinginan untuk pergi ke luar ngeri mulai muncul, tapi sayangnya usahaku masih NOL. Di tahun 2012 dan 2013 aku sudah mencoba berbagai event ke luar negeri, tapi ternyata belum rejeki.. Barulah di tahun 2014. Kulihat temenku Yulin dan Alya, teman seperjuanganku pergi ke luar negeri. Siska backpacking ke Malaysia dan Singapura sedangkan Alya mengantar neneknya berobat di Malaysia. Aku, kapan??
Alhamdulillahirabbilalaamiin, Allah tunjukkan jalan bagiku. Maret 2014 aku dinyatakan lolos mengikuti ajang lomba produk inovasi di Perlis, Malaysia. Aku ngga sendiri melainkan bersama 2 orang teman setimku yang merupakan kaka kelas. Ada kak Wahyu da kak Itri. Perjuangan pun dimulai! Mulai dari funding ke jurusan, fakultas dan universitas. Bukan hal yang mudah! Hingga akhirnya.. Allah kabulkan mimpiku! Malaysia adalah negera pertama di luar Indonesia yang kusambangi. Kuala Lumpur dan Perlis Malaysia kuhabiskan dalam masa backpacking-ku! Mau tau cerita lengkapku? Disini nih..
Pertama Kali Jadi Guru!

Dulu pas awal-awal semester aku kerja serabutan. Yap menjadi guru private disini disebutnya kerja serabutan, haha. Karena bisa gonta ganti murid. Begitupun aku, pendapatan ga tentu banget tapi alhamdulillah..
Nah di tahun 2014 ini tepatnya di semester 7 tepatnya di bulan Juli 2014 aku ngambil mata kuliah Praktek Keterampilan Mengajar (PKM) sejak bulan Juli hingga November. Yap aku magang di SMP Negeri 43 Jakarta, bener-bener jadi guru Matematika!
Menjadi guru Matematika di sekolah, banyak hal yang dikorbankan. Bahkan aku yang biasanya selalu ikut event nasional/internasional di luar kota/negara, di semester ini sama sekali mengurangi bahkan ngga ikuatn demi memfokuskan diriku
menjadi guru Matematika di SMP Negeri 43 Jakarta :’)
 
Aku yang dulunya pas ambil mata kuliah Teori Belajar dan Pembelajaran (TBP) semester 3 atau Microteaching semester 6 selalu ga bisa bayangin kalo aku benar-benar ngajar di depan kelas, pada akhirnya beneran terjadi. Allahuakba! Sungguh Benar-benar kenangan tak terlupakan..

Pertama Kali ke Sulawesi, Pertama Kali ke Bali!
Backpacking. Cinta banget sama kegiatan yang satu ini sejak aku duduk di bangku SMA. Mulai dari antar kota, antar provinsi, antar pulau bahkan antar negara sudah pernah kujelajahi. Sejak beberapa tahun silam muncullah keinginan untukbackpacking ke Sulawesi, tepatnya Sulawesi Tengah tepatnya kota Palu. Tapi keinginan itu muncul-tenggelam. Hingga di tahun 2013 keinginan itu muncul kembali tapi qadarullah Allah memang tidak mmberikanku Palu, melainkan Palembang. Yap, sama-sama kota P di Pulau S.
Namun tak disangka, di tahun 2014 Allah kabulkan mimpi yang sempat tertunda. Untuk pertama kalinya aku tiba di Sulawesi, di kota Palu. Tak hanya Palu, perjalananku juga berlanjut ke Denpasar dan Singaraja-Bali. Sungguh tak menyangka aku, seorang diri..pergi ke pulau yang abru dikunjungi..berkilo-kilometer jauhnya.. Luar biasa Allah Maha Besar :”)


Pertama Kalinya Bikin Proker APRESI di BEMF!