Ads 468x60px

Jumat, 26 Juni 2015

Cerita dan Bumi Khatulistiwa #1 : Selamat Datang di Kota P Pulau K, Muslimah Backpacker!


Bismillahirrahmanirrahim.
Intro :
Hari itu aku tengah berada di kota Bandung, mengeksplorasi setiap sudut kota Kembang tersebut. Mulai dari museum hingga masjid, bersama teman-teman MITI. Yap kami baru selesai kegiatan tepatnya di Lembang. Di dalam angkot, tiba-tiba aku ingat, hari itu tanggal 23 April. Akan ada pengumuman lomba yang kuikuti. Namanya Lomba Artikel Nasional yang didadakan oleh Universitas Tanjungpura, Pontianak. Iseng-iseng kuck, dan...Alhamdulillah! Namaku masuk sebagai top10 finalis. Itu artinya aku akan pergi ke Kota Khatulistiwa!


Usai pengumuman tempo hari, aku langsung mengajukan permohonan dana ke kampus. Well, saat itu keunganku lagi menipis-nipisnya. Hmm hampir aja ga mau jadi berangkat. Tapi Allah Maha Mendengar! Diberikannnya aku rezeki yang tak terduga-duga. Yippie, tiket pesawat pun sudah di tangan!

Kamis, 7 Mei 2015
Pagi hari aku sudah membawa barang-barang karena sore harinya aku langsung take off ke Pontianak. Pagi hari itu juga aku menjadi panitia acara Grand Launching Ekspedisi Beranda Indonesia. Cukup, bahkan sangat hectic, mengingat hanya ada belasan panitia yang terlibat di dalamnya. Mondar sana, mondar sini. Belum lagi harus ngurusin proposal yang harus kutandatangani. Kebayang lelahnya kan?
Pukul 14.30. Itu artinya minus 3 jam 20 menit keberangkatanku. Padahal aku rencana jalan dari kampus jam segitu, tapi entah kenapa seperti ada sesuatu yang menahanku.
Pukul 15.30. Ya ALLAH, aku masih juga di kampus. Ga mau jalan? Bukan, aku merasa fisikku sudah sangat lelah, selelah-lelahnya. Bahkan aku sempat kepikiran buat batal ke Pontianak. Apalagi saat itu temanku yang dari luar Jawa hendak bertandang ke Jakarta. Belum lagi sejujurnya aku tidak terlalu menguasai materi esaiku. Asli, baru kali ini nulis ga terlalu paham apa yang ditulis. Eits, tapi aku kan sudah terpilih. Bagaimana ini?
TIDAK! Aku harus tetap berangkat! Lupakan alasan yang menahan, selama izin dari ayah ibu sudah di tangan. Bismillah, aku pun pamit dengan teman-teman dan segera meluncur ke terminal.
Sesampainya di terminal, ternyata DAMRI yang kutumpangi ngetem, lumayan lama. Pukul 16.00 baru jalan. Aku berusaha merelaksasikan pikiranku dan fisikku yang masih lelah.
Pukul 17.00 DAMRI masih di tol. Oh ya Allah, bagaimana ini? Lima puluh menit lagi pesawatku take off.
Pukul 17.30 DAMRI baru masuk terminal 3B sedangkan aku terminal 1A! Pukul 17.30 akhirnya aku turun di terminal 1B. Aku sudah pasrah sepasrah-pasrahnya... Tapi tetap berusaha berlari menuju loket check in. Lalu berlari lagi menuju terminal pemberangkatan..

“Penerbangan ke Pontianak?” tanya petugas. Aku mengangguk.
“Ga usah lari, tenang, kami tunggu.” Sang petugas sepertinya tahu kekhawatiranku. Ah bagaimana tidak?
Run, run, run! Aku berlari menuruni tangga, menaiki bus hingga tiba di dalam kabin pesawat. Alhamdulillah! Tiga menit kemudian pesawat pun take off. Bismillahirrahmanirrahim..
SELAMAT TINGGAL JAKARTA!
Satu jam 20 menit kemudian aku pun tiba. Yippie, ini kali pertama aku menginjakkan kaki di Kalimantan, juga di Pontianak yang disebut Kota Khatulistiwa. HALO PONTIANAK!

Saat itu sudah pukul 19.30, beruntung langsung ketemu panitia. Ada juga peserta lain yang sudah menungguku, hehe, makasih yaa.
Setelah makan malam, kami pun meluncur menuju penginapan. Lumayan jauh, 1 jam perjalanan. Selama perjalanan kami asyik ngobrol. Ada bang Jahnsen dan Nura dari UNY dan Kinanti dari UGM.
Sesampainya di penginapan, ternyata juga sudah ada Anggi dari Untan, Nisa dari IPB dan Rona dari UIN Palembang. Oh ya ada peserta laki-laki yang kukenal juga namany Beni dari UB. Satu kamar perempuan ada empat tempat tidur atas bawah. Aku memilih posisi di atas ranjang Rona. Hmmm agak ngeri sih sebetulnya.
“Eh udah pada bikin PPT belum? Katanya dikumpul pas brieifng malam ini.” Kata Anggi setelah kami kenal-kenalan.
Huaaa PPT ku belum tersentuh sama sekali akibat hectic seminggu, tapi kok aku tenang aja yah? Ya iyalah secara Anggi sama Rona juga belum bkin, wkwk, kompaaak girls!
Malam harinya kami briefing bersama skaligus perkenalan panitia. Wah mereka tampaknya ramah-ramah sekali yaah. Langsung balik ke kamar. Yang lain tidur, sementara aku, Rona dan Anggi begadang dengan PPT, wkwk.
Oke, sekian cerita hari pertamaku di kota Khatulistiwa. Dan jengjeng..besok adalah presentasi. Baca cerita selanjutnya:
Cerita dari Bumi Khatulistiwa #2: Pontianak, I am In Love!

0 comments:

Posting Komentar

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!