Ads 468x60px

Selasa, 30 Juni 2015

Cerita dari Bumi Khatulistiwa #2 : Pontianak, I am In Love!

Ini Indonesia(ku)!



Bismillahirrahmanirrahim..
Baca cerita sebelumnya disini:
Cerita dari Bumi Khatulistiwa #1: Selamat Datang di Kota P Pulau K, Muslimah Backpacker!

Jumat, 8 Mei 2015
Selamat pagi, tanah Khatulistiwa! Hmm cerita ini ditulis ketika keadaanku sedang tidak begitu baik, tapi semangat berbagi terus membara, insya Allah. Bismillahirrahmanirrahim..
Oia kalo mau baca cerita sebelumnya Cerita dari Bumi Khatulistiwa #1

Huaa pagi ini aku akan mempresentasikan esaiku. Deg-deg-an, pasti. Belum latihan pula, biasa deh.. Anw, di Pontianak aku nginap di penginapan namanya Dempo. Hihi, kayak nama gunung di Sumatera Selatan kalo kata Rona. 

Well, pukul 07.00 kami sarapan dan bersiap ke kampus Untan dengan dibonceng oleh para panitia. Senang deh melihat panitia disini yang perempuan syar’i-syar’i, hehe. Aku dibonceng sama Mayang. Logat mereka itu loh.. Nak macem Upin Ipin, hehe. Waah selamat datang di kampus Untan! Kampus yang luas banget. Selamat datang pula di FKIP Untan! Suasana yang sederhana tapi disinilah para calon guru hebat dilahirkan, aamiin.

Welcome to Untan!

Kegiatan pagi kami adalah jalan-jalan keliling tempat seru di Untan. Kami mulai dari rektorat Untan. Ada seorang peserta dari UNY namanya Ihsan, dia itu suka banget bawa batik. Usut punya usut ternyata beliau pengusaha batik! Ketjeh! Bahkan dia minta aku berfoto membawa batiknya dan meemberikan testimoni. Awas kamu ya, San, kutagih batik gratisnya lho, haha.

Dari rektorat selanjutnya kami ke..
"Selanjutnya kita ke Amcor ya teman-teman." kata Lena, salah seorang panitia.
AMKOR? Apaan tuh? Kok aku mikirnya kayak tempat angker ya, haha..


Oalah ternyata Amcor itu adalah Amerincan Corner. Ini merupakan wadah belajar bahasa Amerika ala Amerika bekerjsama antara Untan dengan Kedutaan Besar Amerika di Jakarta. Wuiih keren banget deh. Kita diajak berinteraksi dengan bahasa Inggris seperti nonton film, berdiskusi dan lain-lain. Lalu ditutup berfoto bersama. Aaaah rasanya pengen lama-lama disini, seru banget, kegiatan-kegiatannya.
Deuh,, serius banget belajar bahasa Inggrisnyaa

ruang belajar Amcor

Btw aku berhasil menjawab kuis yang diberikan oleh Ma'am dan aku mendapatkan ini...


Di sesi foto bersama, kami diberikan bendera Amerika dan Indonesia, and of course bendera Indonesia yang kupilih :')

Selanjutnya kami ke BCLC atau British Council Learning Center. Ini adalah wadah pembelajaran bahasa Inggris ala Inggris bekerjasama antara Untan dan British Council. Disini kita dijelaskan beragam program BCLC. Ada perpus mini juga disini, dan tempat foro yang ketjeh abis.
Welcome to BCLC Untan guys!

Dri BCLC selanjutnya kita ke... KEDAI PERANCIS! Sejujurnya nih ya, di bayangan para peserta, kecuali Ihsan (FYI, dia udah 3 kali lolos event ini -_-) disana pasti ada makanan gitu, kayak kafe.. Eh ternyata... BUKAN!
Bersama 7 finalis lainnya, selalu ada yang kurang -___-


Kedai Perancis adalah tempat pembelajaran bahasa Perancis yang dibuat oleh Untan bekerjasama dengan lembaga Perancis di Indonesia (lupa apa namanya). Wuuiih Paris, langsung ingat kan tuh! Disini kita diajarkan oleh seorang madam yang ternyata lulusan UNJ lho! Kami diajarkan tentang angka melalui video yang ditampilkan, lucu banget. Kemudian ada prakteknya juga, ada hukuman bagi yang salah. Seru banget deh pokoknya. Jadi nambah ilmu banget. Ternyata emang ada les bahasa Perancis setiap Jumat pagi disini, oh gitu toh..
Someday i will go there, Paris, with someone :p

Tengteng, jam istirahat berbunyi, kami langsung dibawa ke aula FKIP dimana akan diadakan presentasi esai. Pagi hari tadi ada presentasi esai oleh siswa SMA, siangnya giliran mahasiswa. Huaa deg-deg-ah. Oh ya semalam kami sudah mutar undian maju dan aku dapat urutan ke-4. Urutan pertama ada Ihsan, karena katanya dia sore ini kudu cabs ke Yogyakarta. Wih orang sibuk :p 

Maulin selaku MC, jadi ingat aps cerita2 bareng dia di kamar :D

Singkat cerita tibalah giliranku, tampil seadanya pake banget, ga ngarep menang lah pokoknya, wkwk. Oia di tengah presentasi, hujan mengiringi kami. Huaaa hujan di kota Khatulistiwa, syahdunyaaa...
Aku nich~

Hingga sore hari selesai presnetasi seluruh peserta, hujan masih menemani, terpaksa nunggu dulu. Redaan dikit, baru deh balik ke penginapan. Rencananya nanti malam kami mau jalan-jalan ke alun-alun lho. Olala tapi apa yang terjadi? Hujan masih saja mengguyur :( kata panitia, terpaksa dibatalkan, agenda pun kami putar balik jadi sesi curhat peserta wanita, wkwk.
Finalis dan dewan juri

Tapi sejujurnya kami masih menyimpan harap bakal jalan-jalan malam ke alun-alun.. Alhamdulillah Allah kabulkan! Hujan berhenti, kami pun jalan ke alun-alun.

Butuh waktu sekitar 10 menit saja untuk kami tiba di Masjid Agung, oia kita mau sholat isya dulu disini. Ini adalah masjid terbesar di Pontianak, meski baru disahkan tahun 2014 lalu oleh Presiden Jokowi.

Dari masjid agung ke alun-alun cuma 5 menitan. Alun-alun ini mirip pasar malam, banyak yang jualan. Hmm kalo di Jakarta ga pernah nih aku ke alun-alun, tapi kalo ke kota lain pasti selalu ke alun-alunnya, hehe. Kami diajak naik kapal keliling Kapuas. Waaah MAU BANGET lah!

Kapalnya rada unik gitu, kayak kafe. Kami merogoh kocek 20ribu buat naik kapal ini, per orangnya. Syahdunya suasana malam di PontianaK, walau gelapn pastinya.. Tapi jadi khusyu buat menggalau #eaaa
EAAA
Sekitar 30 menit kami berlayar hingga kembali lagi ke peraduan awal. Di tepi sungai ada air mancur, sayangnya warna dan bau airnya sudah tidak jernih :( Semoga segera diperbaiki oleh pemkot. Aamiin. Lalu kami berjalan ke depan alun-alun. Disini ada air mancur lagi.

“Biasanya kalo malam air mancurnya menyala dan Ada musiknya?”
“Hah? Masa?”

Dan.. benar saja! Seketika muncul musik-musik dan air seolah menarik mengikuti irama.. Huaa jadi ingat pas di Menara Kembar Kuala Lumpur :”””) Kami manfaatkan untuk bernarsis ria.

Ini air mancur di Kuala Lumpur (dokumen pribadi)

Ini air mancur di Pontianak (karena gambar yang kuambil jelek, jadi kuambil dari Google :p)
 Oh ya pas lagi narsis gitu, sempat ada kakek-kakek menghampiri kami. Ihh jadi ngeri T_T

Sekitar pukul 22.00 kami pun kembali ke penginapan. Langsung kami tepar, padahal tadinya katanya mau nonton film, wkwk. Bersiap untuk agenda esok hari. Apa itu? Nantikan ya! :p

Kukatakan..
PONTIANAK, I AM FALLING IN LOVE WITH YOU!

1 comments:

  1. Artikel yang sangat menarik :D
    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ | http://informasiberitatop.blogspot.com | http://bit.ly/1QTpF4S | http://goo.gl/eQV9d3 | http://bit.ly/1sUU8dl | http://goo.gl/CI4bLf | http://bit.ly/1IAMpsv | http://goo.gl/lNMX3D | http://bit.ly/1NM7v7j | http://bit.ly/1VxDjyt | http://bit.ly/1IAMpsv | http://bit.ly/1QTpF4S | http://goo.gl/cAQcMp | http://goo.gl/97Yn1s | http://goo.gl/tw2ZtP | http://bit.ly/1VxDjyt | http://goo.gl/RkuB4G | http://goo.gl/8rM20b | http://goo.gl/5dAkJO | http://bit.ly/1IAMpsv | http://bit.ly/1IAMpsv

    BalasHapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!