Ads 468x60px

Kamis, 01 Maret 2018

Review Alat Tempur #MPASIAhnaf


Assalammualaikum, dear sholihah moms!

Bulan Januari tepatnya tanggal 16 Januari, baby Ahnaf menjalani fase baru yaitu MPASI. Pengalaman pertama juga buat bunda. Berbagai buku dan artikel sudah kulahap demi mempersiapkan momen itu. 

Nah di postingan kali ini aku mau ngereview peralatan tempur MPASI baby Ahnaf. Semoga bermanfaat. :)


1. Gelas + mangkuk/piring agak cekung

Ini pastinya peralatan utama yg dibutuhkan utk makan. Honestly, feeding set adalah kado terbanyak yg aku dapat. Tapi awalnya sempat bertanya-tanya, aman ngga ya? Free BPA ngga? Tahan panas ngga? Sempat galau juga. Atau beli yang baru? Halaah dasar buibu, hehe. Akhirnya memutuskan pakai yang ada sampe bingung mau pake yang mana, hehe. Akhirnya jatuhlah pilihan ke mangkok-gelas biru ini. Simple dan ringan.

Karena ini kado dari temen jadi aku kurangtau harganya, hehe.

2. Saringan + sendok besi

Ini udah sepaket banget. Dibutuhkan khususnya di awal masa MPASI dimana tekstu makan baby masih begitu halus. Dulu mah sempat ragu, emang bisa menghasilkan makanan halus hanya dengan disaring? Ajaib! Bisa banget loooh. Apalagi kalo yang nyaring @andiyahmad, asli halus banget 😍

Saranku, pilihlah saringan bergagang. Karena di pasaran ada paketan peralatan makan plus saringan ga bergagang. Aku pribadi lebih enjoy yang bergagang karena bisa ditahan, FYI saat menyaring dibutuhkan dorongan yang ngga aedikit. Dan juga, sendoknya pilihlah yang bertahan tebal. Kalo tipis kan jadinya cepet penyok, hehe.

Saringan adalah benda yang paling campur campur, artinya semua bahan makanan yang dimakan baby Ahnaf pasti pernah nempel disitu. Pilihlah saringan yang anti karat, mahal dikit gapapa lah daripada murah taunya karatan.

Harga saringan sekitar Rp 25.000. No brand.
Untuk sendok besi, rasanya ga perlu beli, pake yang di rumah aja, tapi pisahkan penggunaannya ya.

3. Fruit Feeder

Ini baru kepikiran beli saat baby tetangga makan buah pakai ini. Kupikir saat itu membantu banget untuk baby belajar megang tanpa awut awutan. Di awal MPASI ini kepake banget buat makan buah khususnya pepaya, pir (rebus dulu ya, bun) dan buah naga. Itu tiga buah andalan bunda buat baby. Challenge nya adalah saat makan pakai alat ini, baby Ahnaf suka gemes sendiri apalagi kalo buahnya udah mau abis. Duhh bayi bisa emosi juga 😌

Ini barang impor tapi ga ada mereknya. Ga terlalu mahal, hanya Rp 24.900.

Ada banyal jenisnya dan harga twntunya juga variatif, berkisar antara 20-60ribu. Kembali lagi pada pilihan bunda masing-masing yaa :)

4. Spout Cup

Suka banget dengan tempat minum ini karena anti slip. Apa itu anti slip? Artinya ketika botol dalam keadaan terbalik, air tidak akan keluar. Yup, air hanya akan keluar ketika dihisap/disedot oleh bayi. 

Selain itu ternyata pegangan tangannya removable alias bisa dilepas supaya bisa maauk ke bagian kanan kiri tas yang biasanya diperuntukkan untuk minuman. Tersedia 2-3 warna termasuk BIRU ini.

Harganya? Hmm lumayan sih, Rp 93.000 termurahnya. Tapi worthed lah 😆 
Mereknya? Merek impor, dr.Brown. 

Pekan pertama kedua aku pake gelas dan sendok untuk memberi minum baby tapi memasuki bulan ketujuh, memang saatnya bayi belajar minum sendiri. So disarankan banget buibu punya cup semacam ini.

Saranku, pilihlah tempat minum yang anti slip alias anti sedak. Artinya air ga akan keluar dari spout jika tidak disedot bayi.

Oia botol minum bayi pun ada tahapannya. Mulai dari dot, spout (pipa hisap seperti di gambar), straw (sedotan) sebelum akhirnya bayi bisa minum langsung dari gelas. Yap, tahapan tahapan itu memang perlu bagi bayi.

5. Heat Sensor Twin Taste Bowl

Dibeli dengan maksud supaya makanan bisa dibawa kemana mana berhubung kami sering mobile, hehe. Alhamdulillah memang BERGUNA BANGET.

Mereknya Tommee Tippee. Cukup mahal, dibandrol dengan harga Rp 79.100 paling murah. 

Aku nyaman banget pake ini karena tempat sendoknya terpisah. Kalo digabung khawatir sendok jadi kena makanan apalagi kalo makanannya yang lembek-lembek gitu.

Saranku kalo pilih tempat makan portable. Pilihlah yang tempatnya minimal ada dua bagian. Pun kalo bisa tempat sendoknya terpisah.

6. Botol ASIP

Di awal MPASI aku masih campurkan menu tunggal dengan ASIP supaya baby ga terlalu kaget dengan makanan baru di mulutnya. Untuk itu, wajib banget punya breastpump dan juga botol ASIP.

Botol ASIP ini merek BKA warna biru. Aku beli sepaket isi 8 botol. Harganya sekitar Rp 48.000.

Botolnya tebal, sayangnya kadang agak susah menutup botol ini dengan tutup karetnya. Butuh perjuangan ekstra (?). Selain BKA, ada juga botol ASIP tanpa merek, tanpa garis indikator jumlah cairan, tapi tutup karetnya enak. Pas dipakai.

7. Wadah lainnya

Ini berguna banget buat wadah makanan setelah direbus, sebelum disaring.

8. Slabber/Bibs/Celemek


Sebenarnya baby Ahnaf punya kado dari om/tante berupa celemek berbahan kain. Tapi bunda pengen beli lagi untuk cadangan.  Jatuhlah pilihan pada celemek berbahan plastik.

Dan ternyata ini semua ga kepakai. Why? Ahnaf ngga betah banget dipakein celemek, yang ada tu celemen dia tarik-tarik. Hiks. Challenge-nya, harus sering ganti kaos dalam.

Di era kekinian banyaaaak banget peralatan bayi bermunculan. Kita sebagai #ibucerdas harus mampu memilah milah mana yang penting, mana yang prioritas. Tapi perlu diingat bahwasanya kebutuhan setiap baby berbeda-beda, ibunyalah yang harus memahami dan mengobservasi :)

Lets learning to be creative in combining and serving foods, dear moms!

PS: Next posting bunda Visya akan ngepost tentang bahan makanan penunjang MPASI Ahnaf. Staytune :)

2 comments:

  1. Ini memang perangkat tempur saat anak mulai MPASI ya mba ^^ kalau saya ditambah kursi makan biar dibiasakan makan saat duduk. Tapi kalau lagi nggak betah, sesekali digendong atau sambil nonton tv. Selamat maem dedek, happy ya makannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bun. Saya juga baru seminggu beli chair stroller setelah galau milih kursi makan hehe. Yuupp sesekali juga sambil digendong atau duduk di karpet hehe.

      Makasiii

      Hapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!