Ads 468x60px

Jumat, 30 Maret 2018

Jangan Datang Ke #BBW2018 Sebelum Baca Ini





Hei para pecinta (baca) buku! Buat kalian yan ngaku maniak buku pastinya suka dong ke acara bazaar buku? Untuk yang berdomisili di Jabodetabek tentu tahu event bookfair yg diadakan srtahun 3 kali di Istora Senayan, kan? Tapi sudah tahu kah kalian event bernama BIG BAD WOLF?  Waaah apa tuh? Serigala buruk besar?

Big Bad Wolf atau biasa disingkat BBW adalah event book sale tahunan yg diadakan di Jakarta (ICE BSD Serpong) dan Surabaya. Ngga hanya di Jakarta tapi juga di Malaysia. BBW berawal dari ide sepasang suami istri di Malaysia yang mmebuat bazaar buku murah. BBW diadakan 24 jam selama kurang lebih 11 hari selama 24 jam nonstop! Buku yang dijual sekitar 80% nya adalah buku inport (khususnya tema bayi/anak-anak). Alhamdulillah tahun 2017 aku uberkesempatan hadir disana. Pun di tahun ini. Nah buat kalian yang baru akan datang, sok atih dibaca tips tips di bawah ini yah. Semoga bermanfaat.
Hasil gambar untuk big bad wolf 2018
Pastikan Lokasi Secara Detail
BBW berlokasi di Indonesian Convention and Exhibition, semacam Gelorq Bung Karno. Luas? Banget. Ada 10 hall. Nah ga semua hal ada pintu masuknyam maka ada baiknya kamu memastikan lokasi tepat dari BBW. Di hall berapa? Masuk lewat gate apa? Pengalaman tahun lalu, karena ngga tau ada di hall berapa, alhasil aku muter-muter ngelilingin ICE.
FYI, BBW 2018 diadakan di hall 6, masuk lewat gate D. FYI lagi, ngga ada angkutan umum yang melewati ICE BSD. Ada baiknya pakai kendaraan pribadi atau ojeg online

Tentukan Incaranmu
Ini semata-mata menjagamu dari kekalapan, guys. Kalo aku pribadi membatasi buku yang dibeli yaitu untuk baby dan buku parentung buat ayah bundanya. Budget juga perlu dibatasi ya. Lain halnya kalau beli untuk dijual lagi. hehe.

Siapkan Amunisi Makanan
Di BBW sebenarnya ada beberapa booth penjual makanan dan minuman. Tentu dengan harga di atas harga normal. Pun biasanya bukan makanan yang mengenyangkan. Mau beli di luar? Jangan harap ada pedagang kaki lima. Nothing.
Tips ala #bluefamily adalah bangun pagi, masak bekal. Atau kalo ngga sempat masak, bisa juga beli nasi uduk atau warteg. Hehe.

Ambil Dulu, Seleksi  Kemudian
Please, jangan habiskan waktu bermenit menit hanya untuk mikir 'Buku ini bagus ngga ya? Bermanfaat ngga ya? Bagusan sama buku yang mana ya?'. Asal tertarik sama buku, ambil aja. Yaa pakai mikir dulu juga sih, tapi jangan kelamaan. Jangan sampai kemudian kita berubah pikiran, pengen buku yang tadi ga jadi diambil. Sayangnya dikarenakan luasnya area pameran, membuat kita ngga bisa menemukan buku yang sudah kita lewati. So sad... :(
 Nah, di akhir baru deh pilah pilah. Tapi tips ini ada ngga bagusnya sih, jadi bikin berantakan 😆

Siapkan Waktu Untuk Membayar
Hah? Maksudnya apa deh? Jadi gini, kalo di bazaar buku lainnya, mungkin kamu tinggal datang ke setiap kios, ambil buku lalu bayar, nah kalo di BBW ada kasir . Ngga tanggung tanggung, total ada 54 kasir siap melayani! Sekilas sih kelihatannya banyak, tapi nyatanya antrian tetap masih mengular loh! So, sediakan waktu sekitar 15-20 menit  (bahkan 30 menit) untuk membayar sebelum lanjut ke aktivitas berikutnya. Syukur syukur waktu ngantri kurang dari 15 menit..
Jangan Datang Sendiri
Jangan datang sendiri, itu berat, kamu ngga akan kuat!
Seriously, apalagi untuk yang datang dari jakarta atau tempat yang jaraknya jauh. Gunanya bareng bareng selain mempererat silaturahim, juga berbagi ongkos perjalanan. Wkwk. Karena ini memang lumayan berongkos sih, kalo dari Jakarta, hehe. 

Terakhir.. please jangan kalap! Walaupun kita sesama pecinta buku, tetap harus bisa self control ya, guys!

Eits, ini ada bonus tulisan. Rute kendaraan menuju BBW Jakarta.

- dari Jakarta, naik kereta sampai At Rawa Buntu, lanjut angkot (tanya abangnya kalo mau ke ICE turun dimana, dari situ, bisa naik taksi onlen). Biaya sekitar Rp 20.000.
- dari Parung, naik angkot ke pasar Parung. Lanjut angkot 27 sampe Cilenggang, lanjut ojeg online. Biaya sekitar Rp 30.000.

Ada bonus lagi! Apa aja yang mesti dibawa saat datang ke BBW?
- Makanan (berat dan atau cemilan), mengacu pada poin di atas ya.
- Perlengkapan sholat, terutama buat muslimah yang tidak sedang uzur.
- Botol minum dan airnya, menjelajahi area yang SANGAT luas pasti bikin lelah.
- Tas besar, wabilkhusus buat yang mau belanja banyak. 

Spesial untuk buibu membawa batita, bawalah:
- makanan berat dan cemilan baby
- popok, tissue basah, plastik kresek,  dan tissue kering
- air minum baby (untuk yang sudah MPASI)
- GENDONGAN, kalo aku lebih nilih pakai gendongan daripada stroller.

Happy shopping!



8 comments:

  1. Thn ini pgn bgt datang. Tp aku denger memang areanya luas banget yaaaa.. Disediakan peta ga sih mba di sananya? Thn2 sblmnya aku ga bisa mulu, makanya thn ini bertekad bisa :D. Aku sih suka bgt kalo udh berurusan ama buku gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa luas mba, jadi ga perlu desak2an hehe. Ada petanya. Ada spanduknya juga tulisan jenis bukunya. Misal di area bekakang buku2 children, depan buku2 nonfiksi hehe ayoo berburu

      Hapus
  2. aduh kalau aku dekat sih sudah mabur ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun nekat mba jauh, bawa baby pula hehe

      Hapus
  3. kebetulan deket rumah tapi udah tiap tahun ke sini, tahun ini ke sini lagi ya udah ilang aja amazednya hehehehe. pilihan bukunya banyak cuma ya itu kendala antre akibat jastip masih ada aja, seperti tak ada perbaikina.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuiih pelanggan setia mbak hihi emang ya ada kalanya ngerasa biasa aja :D tp kalo in my opinion udh mendingan dr taun lalu mba, atau krn taun lalu aku datengnya hari terakhir jd ngantrinya gila2an. Hehe

      Hapus
  4. Mak rute dari Cikarang gimana ya? Terus itu 2018 tanggal berapa ampek berapa Mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik kereta aja Mak turun di St Rawa Buntu trus ngegrab/gojek. Hehe. Sampe tgl 9 April. 24 jam nonstop. Ayooo terqkhir hari Senin Mak.

      Hapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!