Jangan Datang Ke BBW Sebelum Baca Ini


Hei para pecinta (baca) buku! Buat kalian yan ngaku maniak buku pastinya suka dong ke acara bazaar buku? Untuk yang berdomisili di Jabodetabek tentu tahu event bookfair yg diadakan setahun 3 kali di Istora Senayan, kan? Tapi sudah tahu kah kalian event bernama BIG BAD WOLF?  Waaah apa tuh? Serigala buruk besar?

Big Bad Wolf atau biasa disingkat BBW adalah event book sale tahunan yg diadakan di Jakarta (ICE BSD Serpong) dan Surabaya. Ngga hanya di Jakarta tapi juga di Malaysia. BBW berawal dari ide sepasang suami istri di Malaysia yang membuat bazaar buku murah.

BBW diadakan 24 jam selama kurang lebih 11 hari selama 24 jam nonstop! Buku yang dijual sekitar 80% nya adalah buku inport (khususnya tema bayi/anak-anak). Alhamdulillah tahun 2017 aku berkesempatan hadir disana. Meskipun Saat itu itu  hamil Tua 😂

Pun di tahun ini. Nah buat kalian yang baru akan datang, sok atih dibaca tips tips di bawah ini yah. Semoga bermanfaat.
Hasil gambar untuk big bad wolf 2018
Pastikan Lokasi Secara Detail
BBW berlokasi di Indonesian Convention and Exhibition, semacam Gelora Bung Karno. Luas? Banget. Ada 10 hall. Nah ga semua hall ada pintu masuknya maka ada baiknya kamu memastikan lokasi tepat dari BBW.

Di hall berapa? Masuk lewat gate apa?

Pengalaman tahun lalu, karena ngga tau ada di hall berapa, alhasil aku muter-muter ngelilingin ICE.

FYI, BBW 2018 diadakan di hall 6, masuk lewat gate D. FYI lagi, ngga ada angkutan umum yang melewati ICE BSD. Ada baiknya pakai kendaraan pribadi atau ojeg online

Tentukan Incaranmu
Ini semata-mata menjagamu dari kekalapan, guys. Kalo aku pribadi membatasi buku yang dibeli yaitu untuk baby dan buku parenting buat ayah bundanya. Budget juga perlu dibatasi ya. Lain halnya kalau beli untuk dijual lagi. hehe.

Siapkan Amunisi Makanan
Di BBW sebenarnya ada beberapa booth penjual makanan dan minuman. Tentu dengan harga di atas harga normal. Pun biasanya bukan makanan yang mengenyangkan. Mau beli di luar? Jangan harap ada pedagang kaki lima. Nothing.
Tips ala #VISYANDIFamily adalah bangun pagi, masak bekal. Atau kalo ngga sempat masak, bisa juga beli nasi uduk atau warteg. Hehe.

Ambil Dulu, Seleksi  Kemudian
Please, jangan habiskan waktu bermenit menit hanya untuk mikir 'Buku ini bagus ngga ya? Bermanfaat ngga ya? Bagusan sama buku yang mana ya?'. Asal tertarik sama buku, ambil aja. Yaa pakai mikir dulu juga sih, tapi jangan kelamaan. Jangan sampai kemudian kita berubah pikiran, pengen buku yang tadi ga jadi diambil. Sayangnya dikarenakan luasnya area pameran, membuat kita ngga bisa menemukan buku yang sudah kita lewati. So sad... :(

Nah, di akhir baru deh pilah pilah. Tapi tips ini ada ngga bagusnya sih, jadi bikin berantakan 😆

Siapkan Waktu Untuk Membayar
Hah? Maksudnya apa deh? Jadi gini, kalo di bazaar buku lainnya, mungkin kamu tinggal datang ke setiap kios, ambil buku lalu bayar, nah kalo di BBW ada kasir. Ngga tanggung tanggung, total ada 54 kasir siap melayani!

Sekilas sih kelihatannya banyak, tapi nyatanya antrian tetap masih mengular loh! So, sediakan waktu sekitar 15-20 menit (bahkan 30 menit) untuk membayar sebelum lanjut ke aktivitas berikutnya. Syukur syukur waktu ngantri kurang dari 15 menit..

Jangan Datang Sendiri
Jangan datang sendiri, itu berat, kamu ngga akan kuat!
Seriously, apalagi untuk yang datang dari jakarta atau tempat yang jaraknya jauh. Gunanya bareng bareng selain mempererat silaturahim, juga berbagi ongkos perjalanan. Wkwk. Karena ini memang lumayan berongkos sih, kalo dari Jakarta, hehe. 

Terakhir.. please jangan kalap! Walaupun kita sesama pecinta buku, tetap harus bisa self control ya, guys!

Eits, ini ada bonus tulisan. Rute kendaraan menuju BBW Jakarta.

- dari Jakarta, naik kereta sampai Stasiun Rawa Buntu, lanjut angkot (tanya abangnya kalo mau ke ICE turun dimana, dari situ, bisa naik taksi onlen). Biaya total sekitar Rp 20.000.
- dari Parung/Sawangan/Ciputat, naik angkot ke pasar Parung. Lanjut angkot 27 sampe Cilenggang, lanjut ojeg online. Biaya total sekitar Rp 30.000.

Ada bonus lagi! Apa aja yang mesti dibawa saat datang ke BBW?
- Makanan (berat dan atau cemilan), mengacu pada poin di atas ya.
- Perlengkapan sholat, terutama buat muslimah yang tidak sedang uzur.
- Botol minum dan airnya, menjelajahi area yang SANGAT luas pasti bikin lelah.
- Tas besar, wabilkhusus buat yang mau belanja banyak. 

Spesial untuk Moms membawa batita, bawalah:
- makanan berat dan cemilan baby
- popok, tissue basah, plastik kresek,  dan tissue kering
- air minum baby (untuk yang sudah MPASI)
- GENDONGAN, kalo aku lebih nilih pakai gendongan daripada stroller.


That's all what we can share to prepare going to BBW 2019. Happy shopping aanyway!



25 komentar:

  1. Thn ini pgn bgt datang. Tp aku denger memang areanya luas banget yaaaa.. Disediakan peta ga sih mba di sananya? Thn2 sblmnya aku ga bisa mulu, makanya thn ini bertekad bisa :D. Aku sih suka bgt kalo udh berurusan ama buku gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa luas mba, jadi ga perlu desak2an hehe. Ada petanya. Ada spanduknya juga tulisan jenis bukunya. Misal di area bekakang buku2 children, depan buku2 nonfiksi hehe ayoo berburu

      Hapus
  2. aduh kalau aku dekat sih sudah mabur ke sana

    BalasHapus
  3. kebetulan deket rumah tapi udah tiap tahun ke sini, tahun ini ke sini lagi ya udah ilang aja amazednya hehehehe. pilihan bukunya banyak cuma ya itu kendala antre akibat jastip masih ada aja, seperti tak ada perbaikina.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuiih pelanggan setia mbak hihi emang ya ada kalanya ngerasa biasa aja :D tp kalo in my opinion udh mendingan dr taun lalu mba, atau krn taun lalu aku datengnya hari terakhir jd ngantrinya gila2an. Hehe

      Hapus
  4. Mak rute dari Cikarang gimana ya? Terus itu 2018 tanggal berapa ampek berapa Mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik kereta aja Mak turun di St Rawa Buntu trus ngegrab/gojek. Hehe. Sampe tgl 9 April. 24 jam nonstop. Ayooo terqkhir hari Senin Mak.

      Hapus
  5. Asyik juga kalau bisa belanja buku, apalagi kalau ada yang sale, bisa puas cari buku, anak2 pun pasti senang kalau disuruh cari buku.

    BalasHapus
  6. Sekarang udah mau ada BBW 2019 aja ya, duh aku suka ngiri pengen hunting langsung. Btw thanks tips nya ya mbak

    BalasHapus
  7. penasaran pengen datang langsung ke BBW :D tapi jauh, setiap mudik ke tangerang pas lagi gak ada BBW hehe penasaran mau hunting buku-bukunya :D

    BalasHapus
  8. Wiiih, BBW bentar lagi dimulai. Aku udah siap banget mau ke sana. Thank informasinya, mba. Jadi bisa tau deh apa yg perlu disiapkan, karena tahun kemarin belum sempat ke sana.

    BalasHapus
  9. Wah bisa dibilang ini bazar buku yg paling dinantikan. Emang bener perlu periapan dan taktik berburu buku di sini mah. Trims sharingnya mba.

    BalasHapus
  10. Terima kasih tipsnya. Memburu buku perlu persiapan matang buat berburu buku murah di bbw .

    Pulangnya senang bisa banyak bawa ilmu

    BalasHapus
  11. Setuju..kenyang dulu baru ke situ. pengalaman pertama kali datang akhirnya makan di sana berempat lebih 400 ribu, padahal makanannya cuma ya gitu deh..
    Akhirnya pas datang yang kedua perut kenyang dulu biar enggak jajan di situ . Karena mending duitnya buat nambah beli buku huhuhu

    BalasHapus
  12. Wahhh.. cuma ada di Jakarta dan Surabaya yaa..

    BalasHapus
  13. INi salah stau acara yang aku nanti-nanti. Kepengen banget bisa ke sini lagi dan puas untuk memilih buku bacaan yang aku sukaa :)

    BalasHapus
  14. Wiih diskonnya mantab ya mba.. hehe sayangnya jauhh. Di Jogja nggak ada pameran kayak gini.

    BalasHapus
  15. Bener banget harus diplanning mau beli buku apa. Kalo enggak bingung atau malah kalap! ��

    BalasHapus
  16. Event book sale nya bikin mupeng buat kesana mbak. Krn saya dan suami suka banget berburu buku2 apalagi kl ada yg sale.

    BalasHapus
  17. Gak berasa ya ini BBW bakalan ada lagi, aku suka kalap kalau ke BBW. Bahkan demi menyambangi BBW aku rela nginep di hotel yang bersebelahan dengan BBW, hahahaaaa

    BalasHapus
  18. Ini sih event favoritku. Aku biasanya pakai jastip kalau beli buku di sini. Pengen nyobai dateng langsung. Makasih mbak tipsnya.

    BalasHapus
  19. BBW ini godaan banget emang, ya. Beneran bisa kalap. Aku belum pernah datang langsung, tapi ditawarin nitip sama teman. Ngarep banget BBW diadadin di Jogja. Btw, thanks udah share tipsnya, Mbak. Jadi ada gambaran buat first timer yg mau ke sana.

    BalasHapus
  20. BBW yang tahun kemarin aku datangnya habis subuhan, jadi masih sepi gitu, masih dingin, masih seger. Cuma pulangnya ya jadi kliyengan, hahaha

    BalasHapus
  21. Kebayang ramenya deh datang ke acara ini. Dari Depok lumayan juga transpot dan ongokosnya.

    BalasHapus