8 Alat Tempur MPASI yang Wajib Moms Miliki



Menjadi seorang ibu baru, dalam hal ini yang baru memiliki anak eprtama, sungguh suatu pengalaman tak terlupa. Trial and error sudah jadu hal yang lunrah, tentunya sebelumnya punya ilmunya ya.

Setelah memasuki fase ASI eksklusif selama 6 bulan, baby Ahnaf menjalani fase MPASI, tepatnya tanggal 16 Januari 2018 lalu. Kata para ahli ini momen penting dimana motorik dna sensorik anak banyak belajar lewat kegiatan makan. Berbagai buku dan artikel sudah kulahap demi mempersiapkan momen itu. 

Nah di postingan kali ini aku mau #BukaReview tentang tempur MPASI baby Ahnaf. Semoga bermanfaat. :)


1. Gelas + mangkuk/piring agak cekung

Ini pastinya peralatan utama yang dibutuhkan untuk makan. Mangkok, piring, sendok daa gelas biasa disebut dengan istilah feeding set. Honestly, feeding set adalah kado terbanyak yang baby Ahnaf dapatkan.

Awalnya aku sempat bertanya-tanya, aman ngga ya? Free BPA ngga? Tahan panas ngga? Sempat galau juga. Atau beli yang baru? Halaah dasar buibu, hehe. Akhirnya memutuskan pakai yang ada sampe bingung mau pake yang mana, hehe. Akhirnya jatuhlah pilihan ke mangkok-gelas biru ini. Simple dan ringan.

Harganya berkisar antara Rp45000-Rp50000, tergantung merek.

2. Saringan + Snendok Besi

Aku adalah penganut metode konvensional. Jika 'metode modern' memakai food proccessor atau slow cooker, aku pakai dua alat tempur andalan ini. Keduanya dibutuhkan khususnya di awal masa MPASI dimana tekstur makan baby masih begitu halus.

Dulu sempat ragu, memang bisa menghasilkan makanan halus hanya dengan disaring? Ajaib! Bisa banget loooh. Apalagi kalo yang nyaring suami, asli halus banget! 😍

Saranku, pilihlah saringan bergagang. Karena di pasaran ada paketan peralatan makan plus saringan tida bergagang. Aku pribadi lebih enjoy yang bergagang karena bisa ditahan.

Saat menyaring dibutuhkan dorongan yang tidak sedikit. Karenanya untuk sendok, pilihlah yang bertahan tebal. Kalo tipis kan jadinya cepet penyok, hehe.

Saringan adalah benda yang paling campur campur, artinya semua bahan makanan yang dimakan baby Ahnaf pasti pernah nempel disitu. Pilihlah saringan yang anti karat, mahal dikit gapapa lah daripada murah taunya karatan.

Harga saringan sekitar Rp 25.000. No brand.
Untuk sendok besi, rasanya ga perlu beli, pake yang di rumah aja, tapi pisahkan penggunaannya ya.

3. Fruit Feeder

Ini baru kepikiran beli saat baby tetangga makan buah pakai ini. Kupikir saat itu membantu banget untuk baby belajar megang, meminimalisir serpihan buah jatuh sia-sia.

Di awal MPASI ini bermanfaat banget buat makan buah khususnya pepaya, pir (rebus dulu ya, Moms!) dan buah naga. Itu tiga buah andalan bunda buat baby. Challenge nya adalah saat makan pakai alat ini, baby Ahnaf suka gemes sendiri apalagi kalo buahnya sudah mau abis. Duhh bayi bisa emosi juga 😌

Ini barang impor tapi ga ada mereknya. Ga terlalu mahal, hanya Rp 24.900.


4. Spout Cup

Suka banget dengan tempat minum ini karena anti slip. Apa itu anti slip? Artinya ketika botol dalam keadaan terbalik, air tidak akan keluar. Yup, air hanya akan keluar ketika dihisap/disedot oleh bayi. 

Selain itu ternyata pegangan tangannya removable alias bisa dilepas supaya bisa masuk ke bagian kanan kiri tas yang biasanya diperuntukkan untuk minuman. Tersedia 2-3 warna termasuk BIRU ini.

Harganya? Hmm lumayan sih, Rp 93.000 termurahnya. Tapi worthed lah 😆 
Mereknya? Merek impor, dr.Brown. 

Aku beli di Bukalapak. Recommended banget deh, pembeli dan sistem di Bukalapak ini!


Pekan pertama kedua aku paki gelas dan sendok untuk memberi minum baby tapi memasuki bulan ketujuh, memang saatnya bayi belajar minum sendiri. So disarankan banget Moms punya cup semacam ini.

Saranku, pilihlah tempat minum yang anti slip alias anti sedak. Artinya air ga akan keluar dari spout jika tidak disedot bayi.

Moms, botol minum bayi pun ada tahapannya. Mulai dari dot, spout (pipa hisap seperti di gambar), straw (sedotan) sebelum akhirnya bayi bisa minum langsung dari gelas. Yap, tahapan tahapan itu memang perlu bagi bayi.

5. Heat Sensor Twin Taste Bowl

Dibeli dengan maksud supaya makanan bisa dibawa kemana mana berhubung kami sering mobile, hehe. Alhamdulillah memang BERGUNA BANGET.

Mereknya Tommee Tippee. Cukup mahal, dibandrol dengan harga Rp 79.100 paling murah. 
Lagi, aku membelinya di Bukalapak. Barang cepat sampai dan penjual terpercaya.




Aku nyaman banget pake ini karena tempat sendoknya terpisah. Kalo digabung khawatir sendok jadi kena makanan apalagi kalo makanannya yang lembek-lembek gitu.

Saranku kalo pilih tempat makan portable. Pilihlah yang tempatnya minimal ada dua bagian. Pun kalo bisa tempat sendoknya terpisah.

6. Botol ASIP

Di awal MPASI aku masih campurkan menu tunggal dengan ASIP supaya baby ga terlalu kaget dengan makanan baru di mulutnya. Untuk itu, wajib banget punya breastpump dan juga botol ASIP.

Botol ASIP ini merek BKA warna biru. Aku beli sepaket isi 8 botol. Harganya sekitar Rp 48.000.

Botolnya tebal, sayangnya kadang agak susah menutup botol ini dengan tutup karetnya. Butuh perjuangan ekstra. Selain BKA, ada juga botol ASIP tanpa merek, tanpa garis indikator jumlah cairan, tapi tutup karetnya enak. Pas dipakai.

7. Wadah lainnya

Ini berguna banget buat wadah makanan setelah direbus, sebelum disaring.

8. Slabber/Bibs/Celemek


Sebenarnya baby Ahnaf punya kado dari om/tante berupa celemek berbahan kain. Tapi bunda pengen beli lagi untuk cadangan.  Jatuhlah pilihan pada celemek berbahan plastik.

Celemek plastik ini recommended banget. Karena kalaunkotor bisa langsung dilap, tudja perlu lamgsung dicucinya Moms.


Nah, Moms, di era kekinian banyaaaak banget peralatan bayi bermunculan. Kita sebagai ibu cerdas harus mampu memilah milah mana yang penting, mana yang prioritas. Tapi perlu diingat bahwasanya kebutuhan setiap baby berbeda-beda, ibunyalah yang harus memahami dan mengobservasi :)

Membeli perlengkapan bayi bisa dilakukan offline maupun online. Jika seara offline, Moms bisa memilih toko terprcaya. Jika dilakukan sevara online Moms bisa melalui marketplace. Bukalapak menjadi pilihanku berbelanja perlengkapan bayi.

"Kenapa?"

Alasan Berbelanja di Bukalapak

Lets learning to be creative in combining and serving foods, dear moms!

PS: Next posting bunda Visya akan ngepost tentang bahan makanan penunjang MPASI Ahnaf. Staytune :)

34 komentar:

  1. Ini memang perangkat tempur saat anak mulai MPASI ya mba ^^ kalau saya ditambah kursi makan biar dibiasakan makan saat duduk. Tapi kalau lagi nggak betah, sesekali digendong atau sambil nonton tv. Selamat maem dedek, happy ya makannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bun. Saya juga baru seminggu beli chair stroller setelah galau milih kursi makan hehe. Yuupp sesekali juga sambil digendong atau duduk di karpet hehe.

      Makasiii

      Hapus
  2. ahai, banyak ya... klo mau ngikutin serinya dari merk juga banyak x))
    trus si bayi maunya alat makan yg dipakai sama kayak orang rumah. kejadian sih. jadinya yg masi bertahan sampe skrg cuma high chairnya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaj piring n gelasnya kayaj org dewasa ya mba? Hihi emang bayi tuh pengen coba2 hehe :)

      Hapus
  3. Itu cara menggunakan fruit feedernya gimana? Kok aku gagal paham pas liat bentuknya? Boleh dijelasin mbak? Hehe
    Juga biasanya buat buah apa aja??

    BalasHapus
  4. Betul saringan berguna banget buat awal2 MPASI. Duuh sayangdeh dulu blm paham waktu awal MPASI.

    BalasHapus
  5. Lengkap banget mba alat tempurnya, dulu pas anak pertama aku agak cuek soal mpasi gak sedetil mba hehee.. Agak sedikit ngerasa bersalah juga sama si abang hehhe..semoga nt adenya bisa jauh lebih baik dalam mempersiapkan mpasi

    BalasHapus
  6. Kurang lebih hampir sama mba peralatan tempurnya. Jadi kangen pengen siapin MPASI. Beli di bukalapak banyak yang murah yaaa, saya juga sering belanja disana.

    BalasHapus
  7. Yuhu... Aku butuh ini mom, anakku uda mulai MPASI soalnya. Pas banget lagi nyari2 botol yg cocok buat minum buah si kecil. Selama ini pake sendok aja soalnya

    BalasHapus
  8. aku jadi pengen beli Heat Sensor Twin Taste Bowl mba mursidalah harganya belum punya euy peralatan yang lain juga alhamdulilah kado juga hehehe

    BalasHapus
  9. Kalau untuk peralatan makan si kecil yang baru belajar makan memang harus dibedakan, dan pilih yang bahannya aman. Lebih praktis lagi belanjanya di Bukalapak.

    BalasHapus
  10. Twin taste bowl-nya samaan, Mba :). Tentu dengan warna yang feminin sih kalau di rumah, hehehe. Memang membantu banget buat bepergian, jadi nutrisi anak juga tetap terjaga.

    BalasHapus
  11. Wah, terima kasih sharingnya Mba. Sangat bermanfaat. Apalagi aku sedang menunggu kelahiran keponakan. Ini perlu diberitahu mamanya...hihihi

    BalasHapus
  12. Peralatan tempur saya dulu cuma saringan dan alat makannya saja. Itu juga dapat dari kado. Setelah 8 bulan baru pake slow cooker. Ternyata banyak ya peralatan tempurnya.

    BalasHapus
  13. persiapan mpasi jadi tantangan tersendiri dan serasa seru sendiri. karena banyak yang dipersiapkan agar kegiatan pasi menyenagkan baik bagi ibu dan bayi ya mom, tentulah kebih ringkes kalo belanja di bukalapak.

    BalasHapus
  14. Wah baca ini jadi inget masa MPASI erysha dulu hihihi. Wah perlengkapan MPASI anaknya bunda Visya lengkap ya. Kalau aku belum pernah belanja di buka lapak. Biasanya suami yang suka belanja online dan terakhir beliin kosmetik buat aku di buka lapak juga hahaha

    BalasHapus
  15. Beberapa produk di atas dimiliki juga sama kakak iparku. Kalau aku belum pernah belanja di Bukalapak. Seringnya malah isi ulang pulsa melalui aplikasi Bukalapak.

    BalasHapus
  16. Beberapa produk di atas dimiliki juga sama kakak iparku. Kalau aku belum pernah belanja di Bukalapak. Seringnya malah isi ulang pulsa melalui aplikasi Bukalapak.

    BalasHapus
  17. ya ampuuun ini bagus semua yaak, jaman anakku MPASI belum ada semuwaaa..
    Oh ya, aku juga penganut metode saringan Mbak Visya, bukan blender dan teman-teman.
    Untuk Tomme Tippe , merk lama itu, dulu anakku sudah pakai
    Wah, cus Bukalapak, mau cari buat ponakan yang MPASI juga

    BalasHapus
  18. Keren nih informasi parenting MPASI nya mba. Aku jadi berpikiran untuk menyiapkannnya untuk anakku nanti. Disini nih ya kreatifitas seorang ibu di buktikan ya.

    BalasHapus
  19. Hmm daku jadi paham bahwa alat tempur MPASI banyak juga yah..dan nggak cemas bisa pesen langsung di bukalapak

    BalasHapus
  20. Aku udah selesai urusan perMPASIan, dulu juga seneng ngumpulin aneka pernak pernik MPASI gini, pingninnya semua di beli hahahaa

    BalasHapus
  21. Ini nih alat-alat yang dibutuhkan untuk mpasi. Aku baru mulai mpasi dan informasi ini diperlukan banget. Thanks mom!

    BalasHapus
  22. nomer 3 yang gak pernah aku beli sekalipun buat MPASI ketiga anak hehehe..

    BalasHapus
  23. Jadi ingat zaman-zaman MPASI anakku dulu, alat-alat perang diatas juga termasuk yang sering saya gunakan sehari-hari.

    BalasHapus
  24. Dulu zaman anak2 masih MPASI jg suka ngumpulin kotak2 buat simpan makanannya hehe. Botol2 asi jg.
    Peralatan mpasi zaman now apalagi, makin banyak yg lucu2 ya :D
    Tapi tetep sebaiknya beli sesuai kebutuhan aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli peralatan mpasi di Bukalapak ya mbak? Aku dulu juga beli bbrp perlengkapan mpasi secara online :D

      Hapus
  25. Hehe saya sudah melewati masa-masa ini. Lelah tapi menyenangkan untuk dikenang. Anak-anak begitu cepat tumbuh, ada pergantin masa dengn keunikannya sendiri.

    BalasHapus
  26. MPASI ada alat tempurnya juga ya...Seneng lihatnya. Unyu-unyu, apalagi belinya praktis banget di Bukalapak.

    Pasti bikin Ahnaf semangat maemnya. Sehat dan soleh ya Nak..:)

    BalasHapus
  27. Jadi inget keponakan yg udah mulai makan. Peralatan tempurnya sama. Cuma dia gak suka pake bibs yg plastik. Maunya pake popok kain dia. Dia jg pake bangku buat makan. Jadi dibiasain makan d tempat

    BalasHapus
  28. Meskipun saya belum MPASI namun ini catatan banget buat saya mbak, agar saat MPASI nanti gak bingung lagi. Ternyata masa MPASI masa2 yang melelahkan namun menyenangkan ya

    BalasHapus
  29. Saringan adalah koentji! Akupun suka pakai saringan meskipun udah ada slow cooker. MPASI tidaklah lengkap tanpa saringan hihihi.

    BalasHapus
  30. Wah aku dulu gak punya alat-alat MPASI di atas. Ya cuma piring, sendok, dan gelas aja.

    BalasHapus
  31. Alat tempur MPASI yg wajib dimiliki nih mbak. Noted deh buat saya jika MPASI, krn saya belum mengalami masa2 MPASI mbak

    BalasHapus