Review Buku Jatuh Hati pada Montessori


Bismillahirrahmanirrahim.

Alloha Moms! Welcome to my first post about #booksharinybybundavisya. Berikut informasi buku yang bakal aku sharing.

Judul Buku: Jatuh Hati pada Montessori
Pengarang: Vidya Dwina
Tahun terbit: Oktober 2017

Pertama kali mendengar kata montessori melalui buku ini. Ternyata montessori adalah sebuah metode pengasuhan anak usia dini yang ditemukan oleh dr.Maria Montessori. Berawal ketika beliau sedang bertugas di sebuah rumah sakit anak berkebutuhan khusus, beliau melihat anak anak senang sekali menyentuh atau memegang sesuatu. Nah inilah pondasi awal beliau menciptakan metode Montessori, metode pengasuhan dengan merangsang indera peraba anak (pada awalnya, kemudian ke semua indera peraba). 


Beliau kemudian ditugaskan ke sebuah wilayah pabrik. Dari sanalah beliau menerapkan pengasuhan montessori bagi anak2 di skitar wilayah pabrik. Ada banyak penemuan yg beliau temukan di lapangan mengenak anak, misalnya:

  • Kecintaan anak pada pengulangan
  • Kecintaan anak2 pada material, bukan mainan.
Berbicara mengenai metode, tentu ada filosofi yang mendasarinya. Begitupun dengan Montessori. Filosofi montessori ini tentunya berkaitan dengan anak-anak, antara lain:

  • Anak bukan kertas kosong
  • Follow the child
  • Freedom with limitation
  • Respect the child
  • Filosofi penggunaan alas kerja
  • Meanningful activity/future learning
  • Konkret abstrak
  • Sederhana kompleks
  • Self correction
  • Penggabungan usia
  • Penggunaan istilah work
  • Kolaborasi bukan kompetisi

Dalam Montessori ada beberapa area pembelajaran.
Pertama area kehidupan sehari-hari atau practical life. Dalam sekolah2 berbasis montessori, 90% siswa pling gemar area ini. Namanya juga 'kehidupan sehari2' tentu kegiatannya ada du sekitar kita.

Contoh: menuang air, menyendok kacang, memegang benda2, dll. Manfaatnya?

- menguatkan jari utk persiapan menulis
-memperpanjang rentang konsentrasi
- melatih kemandirian
- membentuk citra diri posutif
- melatih koordinasi mata & tangan

Kedua, SENSORIAL AREA! Ini aku paling suka karena pas banget sama usia si baby. Yap baby usia di bawah 2 thn lebih fokus ke area sensori (indera peraba, penglihatan, penciuman, pendengaran). Tujuan utama area ini adalah menstimulasi dan menghidupkan kepekaan seluruh indera anak. Ini --sebagai bekal utk kegiatan di area-area lainnya.

Misal, anak yang indera penglihatan dan perabanya terstimulasi dg baik, dia lebih mudah membedakan bentuk, warna, ukuran, angka, huruf.

Contoh kegiatan yangg aku juga sering praktikkan ke Ahnaf adalah sensory board dan sensory bottle untuk pengenalan tekstur. Yap ini penting banget, dimulai dari pengenalan tekstur kasar dan halus.

Lengkapnya bs cek di @karyabundavisya atau baca postinganku Aktivitas Montesori Untuk Bayi

Manfaatnya?
- menstimulus indera peraba
- menambah pengalaman anak ttg beragam tekstur, rupa, warna.
- melatih durasi kefokusan anak
- menambah kosakata seperti 'halus', 'kasar', 'lebih halus' dan 'lebih kasar'.


Ketiga, area budaya dan ilmu pengetahuan atau biasa disebut kognitif. Ini bukan berarti anak harus paham ini itu.  NO. Kegiatan dalam area ini bertujuan agar anak memahami perannya dalam alam semesta dan diharapkan kelak ia akan menyadari pentingnya menjadi pribadi bermanfaat bagi orang sekitar dan alam semesta. Bahkan kalo dalam Islamic Montessori, ini bisa dikaitkan dengan tauhid; pengenalan anak pada penciptaNya dan rasulNya. 

Salah satu kegiatannya adalah pengenalan dan pengajaran globe menggunakan sandpaper globe  dan coloured globe. Biarkan anak meraba sand paper globe, ada bagian yang halus dan kasar. Dengan coloured globe, ajak anak melihat globe berwarna-warni yg merupakan miniature 7 daratan di dunia yg ditandai dg 7 warna berbeda.

See, topik tentang bumi, daratan, dan sejenisnya yang tampak ‘berat’, dengan metode Montessori jadi jauh lebih ringan.

Keempat, area Matematika. Topik yg menarik secara i am graduated from math major😆 Montessori menekankan pada pemahaman konsep mnggunakan material konkret. Aktivitas pd area ini dari konkret-abstrak-gabungan konkret abstrak. Material yang digunakan utk pengenalan angka 1-10 adalah number rods. Tujuannya agar scra sensoris anak paham makna kuantitas.

Untuk pengenalan angka ratusan-ribuan mnggunakan sequin board. Ingat, bujanlah seberat apa materi melainkan bagaimana cara menyampaikan materi. That's what important.

Jadi ingat matkul PMSD, mirip 11-12 😆

Lastly, area bahasa dan literasi. Kebetulan pekan lalu saya fokus di area ini untuk kegiatan si baby. Penjelasannya agak panjang, get ready

Area ini terdiri dari:
- tahap pra membaca (berbincang, bernyanyi, mendongeng)
- kemampuan berkomunikasi (mendengar, menyimak, memahami, menceritakan kembalj, menambahkan pendapat pribadi, menulis, membaca).
- writing before reading. 
- tahapan membaca

Dalam metode montessori, anak disebut bisa membaca ketika ia mampu memahami makna tulisan yg ia baca.  Anak disebut mulai menulis ketika ja mulai mengeksplorasi akat tulis kmudisn membentuk bersgam coretan. Noted.

Tahapan membaca terdiri dari:
- berlatih memperpanjang rentang konsentrasi
- berlatih mengobservasi
- membedakn bentuk/warna?huruf/bunyi
- mengenal huruf raba
- mengenali bunyi
- melatih kemampuan membaca dg kotak baca, buklet kata, kartu kata kerja, dll.

Ada beberapa kiat bagi guru & orangtua mengajarkan baca tulis:
- pastikan kegiatan (akan) berlgsg menyenangkan
- masuklah dr hal yg disukai anak
- rancanglah kegiatan yg melibatkan sluruh indera anak
- buatlah kegiatan mengenql huruf yg melibatkan aktvts fisik
- ajak anak membaca tanda di sekitarnya
- jgn jadikan kegiatan baca tulis sbg hukuman


Epilog
Menurut saya buku ini sudah secara gamblang dengan bahasa mudah dimengerti membahas tentag montessori. Pun di bagian akhir buku mba Vidya menjabarkan tentang lifehacks nya sebagai guru PAUD berbasis montessori. Kereeeen!

FYI, buku ini sudah sejak Oktober 2017  masuk ke katalog toko buku saya (barangkali ada yg mau beli, bisa di saya XD).

Tapi saya baru terakhir beberapa bulan belsksngan pasca mengikutu mini workshop Montessori. Dapat beasiswa short course Montessori, insya Allah bulan ini berjalan hehe.

Yes, insya Allah aku bakal rutin ngepost atau ngereview buku-buku bertema parenting, pendidikan ataupun rumahtangga. Doakan aku bisa istiqomah yaa, hehe.  Kalo Mms punya rekomendasi buku, boleh banget share ke aku, hehe. Atau Moms yang butuh rekomendasi buku, bisa banget cek di Birupink Bookstore. Eh iya buku ini masih ready juga di kami. :)

17 komentar:

  1. Bagus ulasan bukunya keren jadinya penasaran pengen beli nih pengen baca hehe

    BalasHapus
  2. Aku juga punya bukunya mbak Vidya ini. Bahasanya mudah dipahami dan menohok sampe ulu hati hehe. Bikin emak sadar kalo pengasuhannya suka maksa. Makasih mba reviewnya yang komplit ini :)

    BalasHapus
  3. Tahapan membaca dengan memahami bentuk huruf, bagaimana vokal dan konsonannya dengan jelas ya

    BalasHapus
  4. Buku yang cocok untuk guru guru PAUD sebenarnya ini, eh tapi buat ibu-ibu yang mau belajar mengajar anak-anaknya membaca menulis dan berhitung juga bagus sih.

    BalasHapus
  5. Wah menarik sekali ya mba, aku udah lama sih kepengin baca tentang Montesori ini.. makasih rekomendasinya ya mba.

    BalasHapus
  6. Aku juga dulu waktu mau belajar Montesori untuk anakku ada satu buku yang aku baca juga karena disana banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan sama anak dirumah.

    BalasHapus
  7. Dari awal aku sudah kagum sekali dengan metode Montesorri ini.
    Dan baca review ini jadi makin mengerti..
    Oh ya selamat untuk beasiswanya yaaa
    Dan ditunggu review buku lainnya ya Mbak Visya juga sharing short course nya

    BalasHapus
  8. Lagi pengen memperdalam ilmu montessori eh ketemu blog ini. Bukunya menarik banget buat dibaca bun. Ntar aku coba cari ah. Penasaran.

    BalasHapus
  9. kenapa ya aku udah mulai gak konsisten kasih montessori ke anak dari anak ketiga sampai skarang? huhuhu.. padahal anak pertama dan kedua udah nagih terus ngajak "main"

    BalasHapus
  10. Aku udah punya buku ini hehe.
    Menginspirasi para ortu dan mudah dipahami utk kenal montessori sebagai awalan ya mbak.
    Wah dirimu jual jg yaaa. SUkses ya buat toko bukunya :D

    BalasHapus
  11. Mba bagus bukunya dan reviewnya juga lengkap jadi bisa menggambarkan isi bukunya

    btw aku langsung kepoin IG-nya biru pink ada 2 buku yang jadi inceran aku bagus2 bukunya mba :) mau beli aku ntar insyaAlloh pas gajian tak DM :)

    BalasHapus
  12. Sepakat banget untuk tidak menjadikan kebiasaan baca tulis sebagai hukuman. Jadikan kebiasaan yang menyenangkan ya

    BalasHapus
  13. Menarik banget ya metode montessory ini tapi butuh banyak benda untuk alat pembelajarannya.

    BalasHapus
  14. Aamiin moga istiqomah ya, mba. Karena postingan semacam ini bermanfaat banget

    BalasHapus
  15. Wah baru tahu juga sih kalo montessori itu ternyata sebuah metode. Aku kira selama ini hanya nama sekolah aja, hehehe. Thanks sharingnya, Bun..

    BalasHapus
  16. Buku bagus nih mbak, apalagi buat saya yg masih awam soal anak2. Noted banget buat saya agar gak kelabakan saat dikasih anak. Metode montessori ini bagus banget ya diaplikasikan buat perkembangan anak2

    BalasHapus
  17. Waah kamu pasti udah khatam nih soal MOntessori hihi aku pengen baca buku ini tapi masih banyaaak list buku yang perlu dibaca hahaha. Semoga masih ada waktu sebelum Rio tambah besar :)

    BalasHapus