Ads 468x60px

Selasa, 26 November 2019

Liburan Bebas Flu Bikin Traveling Bahagia Selalu


Semasa single dulu, salah satu passionku adalah traveling, meski aku lebih suka menyebutnya backpacking. Bukan sekadar backpacking, tapi aku juga nyambi. Kadang nyambi ikut lomba karya tulis ilmiah atau pengabdian karena keduanya juga passion-ku. Jadi bisa dibilang itu juga liburan versiku setelah berkutat dengan tugas-tugas kuliah.

Tapi, sejak "menjabat" sebagai istri dan ibu, frekuensi backpacking mulai berkurang. Tapi tetap dong, setidaknya setiap empat bulan sekali aku dan suami agendakan liburan keluar kota. Rencananya akhir pekan ini kami bakal liburan ke Solo.

Sebelum berangkat liburan, biasanya apa sih yang jadi fokus kita?


Kalau aku sih jujur aja akomodasi, transportasi dan itinerary. Ternyata oh ternyat penting lho memperhatikan kesehatan diri. Jangan sampai saking senengnya mempersiapkan liburan eh,  tau tau sakit. Atau bahkan saat liburan itu sedang berlangsung. Duh, ngga mau!
Bersiap Liburan!
(sumber: dokumen pribadi)

Salah satu common illness yang biasa dan dengan mudahnya menyerang adalah flu. Sepertinya hampir setiap orang di dunia pernah terserang flu.

Tahukah kalian tanggal 1 November lalu diperingati sebagai World Flu Day? Aku sendiri juga baru tahu. Oleh karenanya Sanofi Pasteur Indonesia mengadakan blogger gathering dengan tema "Bebas Flu Saat Traveling" pada hari Minggu (24/11) lalu. Kegiatan yang berlangsung Di Paradigma Cafe Cikini ini menghadirkan dr. Patricia Fina (Safoni Pasteur Indonesia) dan dr. Suzy Maria Sp PD.


dr. Suzy Maria & host
(sumber: dokumen pribadi)

Sanofi Pasteur tahu banget kalau aku hobi traveling, sehingga aku masuk daftar blogger yang diundang :D *narsis dikit.

Traveler Rentan Terserang Flu
"Flu adalah penyakit yg paling rentan menimpa para traveler. Sering dianggap  sepele tapi bisa berakibat fatal." ungkap dr. Suzy.

Lho kok bisa?

Ketika dalam perjalanan tentu kita akan bertemu banyak orang termasuk mereka yang sedang atau sudah terinfeksi virus influenza. Apabila daya tahan tubuh sedang tidak baik, sangat mungkin virus influenza menyerang, sehinga kita terkena flu.
Flu Bisa Bikin Liburan Berantakan
(sumber: dokumen pribadi)

Bayangin deh, kalau lagi traveling, tiba-tiba flu menyerang?
💙Pakai masker, bikin ngga pede foto-foto.
💙Hidung bengkak dan merah, bikin ngga pede ketemu orang.
💙 Harus bedrest, waktu traveling terbuang di atas ranjang.


Flu Itu Apa?
Sebelum beranjak lebih lanjut, yuk kita ketahui dan pahami apa itu penyakit flu?

Flu merupaka penyakit pernapasan yang menular dan disebabkan virus influenza biasanya menginfeksi hidung. Satu hari sebelum gejala sudah menularkan ke org lain. Gejala muncul 5-7 hari setelah benar-benar sakit.

Flu berbeda dengan salesma (common cold). Sekilas memang tampak sepele atau biasa saja. Tapi ternyata ada populasi orang yang beresiko tinggi terserang influenza antara lain:

  • Manusia lanjut usia (manula)
  • Mereka yang menderita penyakit lain (diabetes, jantung, komplikasi)
  • Ibu Hamil
So, ngga bisa disepelekan banget kan?

Tips Mencegah Datangnya Flu
Segala sesuatunya bukan ngga mungkij dicegah, sangat mungkin. Berikut beberapa tips yang dibagikan dr.Suzy untuk menghindari datangnya flu khususnya bagi para traveler.
💙Menjaga pola makan, asupan nutrisi & jam tidur
💙Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir Selma 40-60 detik. JikaJmenggunakan cairan sanitized dengan alcohol based, cukup 20 detik
💙Cegah dengan vaksinasi berisi 4 strain virus dengan perlindungan 1 tahun. Harganya pun TERJANGKAU! 😱


Cegah Flu dengan Vaksinasi
"Flu aja kok pake vaksin?"
"Maksudnya mencegah dengan vaksin, gimana?"
Menurut dr Suzy, influenza bisa dicegah dengan vaksinasi berisi 4 strain virus dengan perlindungan 1 tahun.

Lantas, bagaimana prosedur vaksinasi?

Vaksin bentuknya bagian dari virus tapi cukup memicu tubuh membentuk kekebalan. Disuntikkan di otot atau lengan bagian atas. Biasanya di Indonesia vaksin influenza dilakukan menjelang atau saat musim hujan. Sedangkan di negara empat musim, vaksin influenza dilakukan sebelum masuk musim dingin.

Kenapa Harus Vaksin?
Sebagian dari kita mungkin masih bertanya-tanya apa pentingnya vaksin dan mengapa harus vaksin. Berikut poin penjelasan dari dr.Suzy yang menjadi dasar pentingnya vaksin influenza khususnya ketika akan bepergian, antara lain:


Menghemat Pengeluaran
Flu merupakan infeksi paling umum di dunia. Nah, dengan melakukan vaksinasi flu sebelum liburan, bisa menghemat uang, menjamur serunya liburan bahwasanya menyelamatkan nyawa!


Menyelamatkan Nyawa
Influenza adalah penyakit yg paling rentan menimpa para traveler, tingkat infeksinya sampai 8,9 org per 100 org per bulan. Influenza sering dianggap sepele tapi bisa berakibat fatal khususnya bagi lansia, ibu hamil dan orang dengan penyakit komplikasi.


Selalu Berubah & Cepat Menyebar
Flu merupakan virus yg bisa menyebar dg sangat cepat. Virus influenza selalu ada kapanpun dinanapun dan selalu berubah bentuknya setiap tahun. Oleh karenanya perlindungan vaksin influenza adalah satu tahun.

Menikmati Perjalanan dan Liburan
Sesuai dengan fungsinya yaitu pencegahan dengan meningkatkan imunitas, apabila seseorang sudah melakukan vaksin, kemungkinan besar ua akan terhindar dari flu. Hal ini tentu membuatnya bisa menikmati liburan dengan leluasa.

Lima Fakta Vaksin Untuk Traveler
(sumber: @kenapaharusvaksin)

Ketika Flu Datang Menghampiri
Setelah segala upaya dilakukan, tapi ternyata si flu masih datang? Jangan anganap semua itu percuma. Bisa jadi kalau kita tidak vaksinasi, efek flu bisa lebih parah.

Lalu kalau sudah begitu, bagaimana?
Tutup hidung ketika batuk/bersin dengan tissue lalu buang ke tempat sampah.
❤Jangan pakai tangan ketika bersin atau batuk.
❤Jangan lupa cuci tangan setiap habis berkegiatan.
❤Menjauh dari orang banyak, sebagai bentuk penjagaan terhadap orang lain.
❤Memakai masker yang tepat.


Tentang Sanofi Pasteur & Kampanye Kenapa Harus Vaksin
Sanofi Pasteur merupakan Divisi Vaksin dari Sanofi Indonesia, perusahaan bidang kesehatan diversifikasi global dari Prancis dengan portofolio produk farmasi yang beragam (obat resep dan obat generik), vaksin, dan produk kesehatan konsumen.

Sanofi Pasteur menyediakan jenis vaksin untuk melindungi masyarakat dunia terhadap berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakeri maupun virus.

Sanofi Pasteur merupakan produsen vaksin terbesar di dunia sekaligus mitra Global Alliance for Vaccines & Immunization (GAVI), yakni sebuah badan yang berupaya memastikan terciptanya perlindungan bagi setiap anak terhadap penyakit yang dapat diatasi dengan vaksin. 

Kampanye #KenapaHarusVaksin merupakan kampanye yang diadakan oleh Sanofi Pasteur. Kampanye ini merupakan upaya mengedukasi masyarakat khususnya para traveler untuk sadar vaksinasi.

Yuk jaga kesehatan diri sebelum dan selama liburan! Kita lawan beragam penyakit termasuk influenza dengan vaksinasi demi liburan happy!
Travel Blogger Ready To Holiday With No Flu!
(sumber: panitia)

11 comments:

  1. Unik juga yah, ada hari flu sedunia segala. Klo kata guru biologi waktu smp emg kalo virus gak ada obatnya. Hanya perlu meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satunya dgn vaksinasi

    BalasHapus
  2. Ohh ada ya hari Flu sedunia. Saking pentingnya menjaga kesehatan meskipun cuma flu tapi emang cukup mengganggu sih ya. Baru tahu juga vaksin utk mencegah flu, hemmm cocok banget deh kayaknya buat si adek biar g bolak balik minum obat flu.

    Meskipun flu kelihatannya sepele, tapi cukup mengganggu dan bikin ga nyaman serta ga pede pastinya. Takut pas ngobrol sm org tiba2 bersin haha. Terimakasih infonya, diriku jadi penasaran sm vaksin flu nih skrg

    BalasHapus
  3. ngebayangin kalo lagi traveling tau2 kena flu. ugh ga enak banget jadi ga menikmati jalan2.
    skr bisa dicagah dg vaksin flu terlebih dahulu :)

    BalasHapus
  4. Saya setuju banget bahwa para pelaku traveling mestinya divaksin influenza. Influenza itu bisa menyerang kapan saja, dan sangat mengganggu aktivitas ketika jadwal traveling sedang padat-padatnya. Bagus banget Sanofi Pasteur mau bikin kampanye ini. Eh, dikasih tahu juga nggak, kalau mau vaksinnya Sanofi, minta disuntiknya di provider mana?

    BalasHapus
  5. Duh pasti nggak asik banget sih yaa kak kalo traveling saat flu itu aku juga nggak mood pasti kalo flu :(

    BalasHapus
  6. Aku pernah vaksin flu seminggu sebelum ke overseas, malah sinus ku kambuh hampir 2 bulan lamanya hahahah

    BalasHapus
  7. Ah iya mba, jangankan lagi travelling ke luar negeri, kalau pulang dari aktivitas harian juga klo badan lg gak fit mudah banget terserang flu.

    BalasHapus
  8. Duhh kalau hobi traveling kadang apapun pingin segalanya berjalan lancar. Aku pernah jalan ke Curug tapi tiba2 h-sekian terserang flu. Tetap jalan sih meski agak mudah lelah jadinya. Maklum kondiai kalau lagi kurang sehat kan jadi agak lemah

    Paling asyik flu hilang Travelling pun nyaman

    BalasHapus
  9. baru tahu saya kalau ada ada vaksin nasi flu yang diperuntukkan khususnya untuk para traveller sehingga nyaman selama di perjalanan dan tetap sehat tentunya

    BalasHapus
  10. Saya baru tahu Mbak Visya, kalau 1 November hari flu. Dan memang Mbak, kalau mau jalan-jalan, kondisi baran harus fit. Soalnya kita ga tau cuaca di jalan. Bisa terserang sakit termasuk flu. Makanya harus antisipasi.

    BalasHapus
  11. Kena flu di rumah aja rasanya gak nyaman. Apalagi saat traveling. Malah jadinya malas mau ke mana-mana.

    BalasHapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!