Ads 468x60px

Sabtu, 23 November 2019

STIFIn Bantu Individu Optimalkan Potensi Diri



"Jika bicara soal hidup, (maaf) kera pun hidup. Tapi kita bukanlah binatang yang asal hidup. Kita adalah Manusia yang dianugerahi-Nya potensi diri agar bisa disalurkan dengan optimal agar bermanfaat juga bagi orang lain."

Ah rasanya jleb banget ya? :')

Apalagi ditambah sebuah kisah tentang seorang (calon) pengusaha yang sudah beberapa kali gagal membangun bisnisnya. Uang ratusan juta melayang seolah dengan percuma. Jika ia tak bermental baja, mungkin ia akan kalah oleh nestapa, tak akan pernah bangkit.

Demikian kisah yang dituturkan oleh Dhey Siregar, seorang ahli tes STIFIn sekaligus pendiri salah satu cabang bisnis STIFIn, dalam acara blogger gathering yang diadakan di SMK 57 Jakarta pada Senin 18 November 2019 lalu.


Kisah tersebut ternyata adalah kisah nyata beliau sendiri yang akhirnya membuat beliau kini menggeluti dunia STIFIn.

Level pra STIFIn itu sendiri terdiri dari (bawah ke atas):
  • Personality, masih sebagai  individu dan fokus pada kepentingan sendiri.
  • Mentality, aku sudah merasa hebat.
  • Morality, aku untuk orang lain.
  • Spirituality, aku selalu menghadirkan Allah dalam hidupku.


Tentang STIFIn
Kalian tentu udah ngga asing dengan tes psikotes? Tes ini biasanya dilakukan untuk keperluan pekerjaan ataupun studi. Meskipun seorang individu sudah pernah melakukan psikotes, namun ketika ia memerlukannya, is harus melakukannya lagi. Intinya psikotes itu berkali-kali, ya jarena hasilnya sangat bisa berubah-ubah.

Sebab fenotif dalam psikotes merupakan campuran dari DNA dan lingkungan.

Psikotes= 20% DNA + 80% lingkungan

Sedangkan untuk tes STIFIn cukup sekali seumur hidup dilakukan. Hasilnya akan sama saja. Karena yang menjadi item-nya, sidik jari, adalah genetik yang tidak akan berubah. Oh ya, STIFIn merupakan singkat dari Sensing, Thinking, Insting, Feeling dan Intuiting.

Sebetulnya aku udah ngga asing lagi soak STIFIn ini, tapi jujur baru tahu bahwa ternyata metode tes STIFIn ini ditemukan oleh Pak Farid, co-founder Kubik Leadership, yang juga juga dibantu Pak Jamil Azzaini (Founder Kubik Leadership).

Sebelum acara berlangsung, aku dan teman-teman blogger lainnya mendapatkan kesempatan tes STIFIn GRATIS!



Tes STIFIn menggunakan item sidik jari. Kita cukup menempelkan ke-sepuluh jari kita pada scanner yang menjadi tool. Scanner ini terhubung dengan laptop atau komputer. Jadi, alurnya data sidik jari diterima, diproses oleh sistem dan... Jengjeng, didapatlah hasilnya. Totalnya ngga sampai lima menit kok. Cepet banget kan?

Trus apa hasilku? Feeling introvert :)

Hasil kepribadian dari tes STIFIn berupa personality gender (PG) yang teridiri dari mesin kecerdasan (MK) dan Drive.

Dalam pemahamannya, MK ini artinya ada bagian otak yang menjadi "imam' sebagai pemimpin untuk mengarahkan atau memutuskan dan menjadi dominan dan sisanya menjadi "makmum".


MK dibedakan antara lain menjadi:
Sensing
Memiliki bakat mengamati, meniru dan memodifikasi sesuai. MK ini biasanya berorientasi pada materi dan tidak bisa "diam" sehingga harus selalu "bergerak".

Thinking
Sesuai dengan namanya, MK ini  adalah mereka yang segala sesuatunya biasanya harus dipikir logis, penuh logika. Thinking  juga ssenang dihormati.

Insting
Bisa dibilang MK ini adalah yang "paling baik" dengan sifatnya yang rela berkorban dan mampu mengerjakan banyak hal. Meski hal ini terkesan membuatnya kurang bisa spesialis, namun ia adalah seseorang yang multitasking.

Feeling
Perasa dan senang dipuji, itulah dua dari beberapa ciri MK ini. Tipe Feeling juga biasanya easy going dan senang tampil di depan publik. Salah satu sumber kebahagiaannya adalah apresiasi.

Intuiting
Agak bertolak dengan sensing, tipe MK ini mengutamakan pujian dibandingkan harta. Jika ia membuat karya, ia sudah cukup senag jika diapresiasi. Intuiting memiliki imajinasi tinggi dan mempunyai mimpi yang sangat banyak.


Sedangkan, Drive terdiri dari:
  1. Extrovert, artinya sumber motivasinya biasanya (harus) berasal dari luar diri barulah masuk ke dalam diri.
  2. Introvert, artinya sumber motivasi biasanya (harus) berasal dari dalam diri barulah ia ke luar diri.


Sehingga hasil tes STIFIn akan menunjukkan personality gender seperti Thinking Introvert, Thinking Extrovert, Feeling Introvert, Feeling Extrovert, dan lain sebagainya.

STIFIn? Penting?
Beberapa manfaat tes STIFIn antara lain:
Membantu menemukan potensi diri
Hasil tes STIFIn semakin membuat seorang individu menemukan keunggulan atau potensi diri, juga kelemshannya. Eits tapi kelemahan ini bukan berarti sebagai tameng pembenaran ya!

Meminimalisir 'buang-buang waktu'
Berkaca pada kisah seseorang yang bekerja tak sesuai passion dan kemampuan, tentu secara tak langsung membuatnya membuang-buanh javah hidup. Memang, semua akan memberikan pengalaman  tapi dengan mengetahui PG masing-masing, individu dapat langsung berkarya sesuai bidang sehingga waktunya lebih bermanfaat.

Membantu menemukan bidang untuk berkarya
Hasil tes STIFIn juga merekomendasikan bidang pekerjaan yang sebaiknya digeliti individu tersebut sebab disitulah dirinya akan berkembang dengan optimal.

Membantu menemukan gaya belajar yang tepat 
Kita meyakini bahwa Gaya belajar setiap orang berbeda-beda. Misal ada yang tipe visual, auditori, kinestetik dan lain-lain. Nah, hasil tes STIFIn memberitahu individu gaya belajar yang cocok bagi dirinya.

Saling memahami dan melengkapi
Ketika individu satu dengan lainnya saling mengetahui personality gender masing-masing, mereka akan dapat saling memahami. Jadi ngga ada istilah baper karena si A kayaknya matre banget atau si B baper banget.

Tes STIFIn juga membantu individu saling melengkapi diri. Misal, Intuiting yang gemar bermimpi ke angkasa, butuh Thinking until mendaaratkan mimpinya. Atau Thinking yang terlalu pemikir, butuh Feeling untuk mengajaknya berempati.

Nah ini juga bermanfaat nih dalam kehidupan pernikahan.

"Jika kamu 'thinking', jadilah seperti Umar bin Khattab. Jika kamu 'feeling' jadilah seperti Abu Bakar. Jika kamu 'sensing' jadilah seperti Utsman. Jika kamu 'insting' jadilah seperti Rasulullah. Jika kamu 'intuiting', jadilah seperti Ali bin Abu Thalib."

Ya, tidak ada yang perlu dijudge dan tidak ada yang salah, tinggal bagaimana kita, setelah mengetahui potensi diri, mengambil teladan untuk menghasilkan karya.


STIFIn Untuk Pengasuhan
Pengasuhan disesuaikan dengan personality gender anak, mengikuti PG orangtua. Hasil tes STIFIn yang juga menunjukkan gaya belajar yang telat, membuat orangtua mampu memahami gaya belajar anaknya.

Ketika orangtua sudah mengetahui PG anak, mereka akan lebih memahami dan memfasilitasi. Bahkan mungkin sudah tidak akan ada lagi yang memaksakan anaknya harus pintar pelajaran ini itu dan lain sebagainya. Semoga saja. :D

Benar-benar so insightful buatku dengan anak yang baru bangun beranjak ke dunia balita. Semoga tidak terlambat 💙

STIFIn Untuk Profesi Blogger
Dalam acara gathering blogger tempo hari, ada sharing session bersama Mira Sahid, salah satu pendiri Komunitas Emak-emak Blogger.

Mak Mira mengakui bahwa STIFIn memiliki peran dalam menentukan karakter seorang blogger.

  • Sensing, blogger dengan MK ini biasanya tipe pengamat dan peniru (dengan modifikasi) ulung.
  • Thinking, blogger dengan MK ini biasanya dalam setiap tulisannya selalu disertai data dan fakta.
  • Insting, blogger dengan MK ini biasanya mampu menulis segala jenis tema tulisan.
  • Feeling, blogger dengan MK ini biasanya menulis dengan hati dan penuh perasaan.
  • Intuiting, blogger dengan MK ini biasanya tulisannya berbau fiksi dengan beragam imajinasi.


"Saya merasa harusnya saya ini thinking extrovert, tapi kok hasilnya feeling extrovert?" tanya salah seorang peserta.

Eits, tapi jangan ditelan mentah-mentah dulu ya hasil tes STIFIn ini. Jangan pula langsung membantah. Karena ada faktor lain yang bisa membuat seseorang kenapa akhirnya tergolong MK dan PG ini. Apa itu?
Golongan Darah
Golongan darah A biasanya adalah Thinking, B adalah Intuiting, O adalah Feeling dan AB adalah Sensing. Jadi, misalnya, dalam hasil tes STIFIn seseorang tergolong Feeling Introvert tapi dalam jiwanya terdapat ciri Thinking pula, ditambah golongan darahnya A, artinya memang ada sekian persen Thinking dalam dirinya namun yang lebih besar persentasenya adalah Feeling.

Lingkungan
Faktor kedua adalah lingkungan tempat ia dididik atau dibesarkan. Masih dengan kasus yang sama, ternyata orang tersebut dibesarkan dalam budaya Jawa yang notabene mengutamakan 'feeling', maka sangat mungkin jiwa Feeling-nya yang dominan.

Dalam dunia bisnis STIFIn terdapat profesi promotor, mereka yang mempromosikan pentingnya melakukan tes STIFIn. For your information, prospek bisnis ini memiliki resiko rendah. Paket yang tersedia antara lain paket 200 juta dan 600 juta yang tentunya dilengkapi dengan fasilitas menjanjikan.

Menurutku pribadi, profesi promotor bukan soal materi belakangan namun juga soal tolong-menolong. Para promotor ini membantu individu menemukan potensi diri agar mereka dapat mengembangkannya dengan optimal.

Bermain Boardgame Pancarona
Setelah mendapatkan banyak ilmu soal STIFIn, selanjutnya para peserta diajak memainkan boardgame Pancarona. Jika gamification hanya fokus pada fun, berbeda dengan Game Based learning yang menstimulasi kecerdasan. Boardgame Pancarona STIFIn merupakan salah satu aktivitas Game Based Learning.



Tools-nya terdiri dari alas, kartu PG, satu buah dadu dan empat orang-orangan (ikon). Cara memainkannya mirip-mirip monopoli dan ular tangga. 

Kocok kartu terlebih dahulu, lalu ambil empat kartu teratas, letakkan di sisi alas dengan posisi terbuka. Akan tampak PG yang tertulis.

Setiap orang melempar dadu secara bergantian, jika ikonnya berdiri pada kotak PG tertentu dan kartu PG itu ada di sisi alas, maka ia berhak memilikinya.

Mereka yang menang adalah yang berhasil mengumpulkan kartu terbanyak atau yang berhasil mengumpulkan ke-empat jenis kartu pada MK yang sama.

Misal, si A berhasil mengumpulkan semua kartu FE, FI, TE, TI, IE, II, SE, SI, InE, InI. Maka dia meanang, sekslipun ada pemain lain yange kartunya lebih banyak.

Duh seru banget dan bikin nagih :D Sebagaimana tes STIFIn yang seru, tapi kalau nagih, hasilnya pun bakal sama yah, hehe. Bersyukur banget bisa ikut tes STIFIn hari ini :')


Bagaimana denganmu? Tertarik melakukan tes STIFIn? 

Info selengkapnya kalian bisa kunjungi sosial media berikut ini.

Call Center: 081511371446
YouTube: STIFIn Studio Inc
Website: http://stifinloyalis.com/
Instagram: @stifinstudio dan @stifindepok

0 comments:

Posting Komentar

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!