Ads 468x60px

Jumat, 10 Januari 2020

Empat Alasan Transaksi Pakai QR Code Ngga Bikin Kamu Menyesal


"Bayar pakai DANA aja, ada cashback 50%!"
"Eh, ngopi yuk. Weekend ini GOPAY lagi promo besar-besaran!"
"Mom, coba deh belanja pakai OVO, lagi ada promo potongan harga lho!"

Beberapa percakapan di atas sejak setahun terakhir seringkali kudapati, baik secara langsung ataupun tidak. Sejak menjadi seorang ibu sekaligus manajer rumah tangga, entah kenapa obrolan seputar diskon, cashback dan sejenisnya menjadi topik yang sangat menarik.


Biasanya semua itu didapatkan dengan metode pembayaran digital. Kalau beberapa tahun belakangan metode pembayaran digital diidentikkan dengan kartu debit atau kartu kredit, berbeda halnya dengan sekarang. Pembayaran digital diidentikkan dengan dompet digital seperti OVO, GOPAY, LinkAja, DANA, dan lain sebagainya.
Ternyata semuanya punya satu kesamaan lho, yaitu menggunakan QR Code Payment.

QR Code dan QR Code Payment Itu Apa Sih?
QR Code didefinisikan sebagai kode matriks yang berasal dari kata “Quick Response”. Pada QR Code, isi kode dapat diuraikan dengan cepat dan tepat. Sedangkan  Quick Response Code Payment (QR Code Payment) adalah metode pembayaran non tunai dengan memindai atau kode yang berwujud dimensi.  

QR Code Payment merupakan pengembangan dari QR Code yang ditemukan oleh Denso Wave, sebuah perusahaan Jepang, pada tahun 1994. Dibandingkan dengan barcode, QR Code lebih mudah dibaca dan mampu menyimpan data baik secara horizontal maupun vertikal.



Terdapat dua jenis QR Code yaitu Dynamic QR Code dan Static QR Code. Wah, bedanya apa?

Dynamic QR Code adalah QR Code berisi sebuah tautan singkat yang diteruskan ke halaman web yang lain. Pada Dynamic QR Code, QR Code dapat diubah dan digunakan ulang secara terus menerus. Sedangkan Static QR Code adalah QR Code yang berisi tautan ke halaman web yang tetap sehingga konten QR Code tidak dapat diubah. 

Bagaimana Cara Menggunakan QR Code?
Penggunaan QR Code Payment hanya membutuhkan smartphone dan sinyal internet. So, say goodbye to the cards!

QR Code bekerja dengan cara membaca beberapa komponen pada kotak kode.  Beberapa komponen yang ada di tengah kode adalah data informasi, pola waktu, dan nomor versi. Komponen-komponen ini dibaca oleh scanner dan diproses datanya. 

Sebagai praktiknya, berikut langkah-langkah jika kamu akan melakukan pembayaran menggunakan QR Code.
  
1. Buka aplikasi QR Code Payment (OVO, DANA, GOPAT, LinkAja, dan lain-lain)
2. Pindai QR code pada struk (untuk dynamic QR Code) atau atau berikan QR code pada penjual (untuk static QR Code).
3. Transaksi selesai.


sumber: Shutterstock



sumber: Shutterstock

QR Code tidak hanya terbatas fungsinya pada pembayaran saja, namun juga dapat digunakan untuk instrument lain seperti pelacakan kendaran dan akses berita. Namun di era kini, QR Code lebih diidentikkan untuk transaksi non tunai.

Saat ini Indonesia memiliki standar QR Code-nya sendiri berupa Quick Response Indonesia Standard (QRIS). Ini artinya semua transaksi QR Code dalam negeri wajib mengacu pada aturan Bank Indonesia tersebut. 

Empat Alasan Kenapa Harus Transaksi Pakai QR Code
Sebelum melakukan sesuatu, tentunya harus ada alasan mengikuti, begitupun ketika memilih bertransaksi menggunakan QR Code. Berikut empat alasan memilih bertransaksi menggunakan QR Code:

1. Lebih Aman dan Mudah
Transaksi menggunakan QR Code membuat para pembeli meminimalisir penggunaan dan kepemilikan uang tunai. Hampir semua aplikasi QR Code Payment juga memberlakukan pin sebelum transaksi. Ini demi menjaga keamanan pengguna.

"Lah kalau HP-nya hilang bagaimana?"

No worries, hampir semua aplikasi QR Code Paymentmenerapkan kode sebelum transaksi benar-benar diselesaikan. Kamupun bisa melaporkan kehilangan HP segera kepada pihak aplikasi QR Code Payment supaya mereka dapat segera memblokir akunmu. So, semua akan tetap berjalan aman, deh!

Kemudian, seperti yang sudah dijelaskan di atas tentang bagaimana QR Code bekerja, tentu kita sepakat bahwa transaksi menggunakan QR Code sangatlah mudah. Cukup buka aplikasi, pindai QR code atau berikan QR code ke penjual. Selesai, deh!


2. Transaksi Berjalan Lebih Cepat
Dengan QR Code, pembeli atau konsumen hanya perlu memindai QR Code yang diberikan (statistic QR Code) atau penjual hanya perlu memindai QR Code pembeli (dynamic QR Code). Proses ini berjalan sangat cepat. Apalagi jika sinyal sedang sangat kuat, tak sampai 5 detik transaksi pun selesai.

3. Banyak Promo & Diskon
Tak dipungkiri, aplikasi QR Code Payment mulai bersaing merebut hati masyarakat. Salah satunya dengan beragam promo, Diskon, cashback dan sejenisnya. Hal ini tentu menarik hati masyarakat. Yakin deh, ngga menyesal bertransaksi menggunakan QR Code jika setiap transaksi membuahkan "hasil"!

4. Memajukan Perekonomian
Tak hanya merchant besar, saat ini beragam aplikasi QR Code sudah membidik para pelaku UMKM. Hal ini tentu akan berdampak pada kestabilan perekonomian UMKM yang secara tidak langsung juga akan berefek ke masyarakat luas. Misalnya saja, sebuah warung sate menerapkan metode pembayaran QR Code, para kaum millenial digital yang terbiasa menggunakan QR Code tentu akan menjadikan warung sate tersebut sebagai pilihan berbelanja. Terlebih jika ada cashback mengikuti.

Empat Alasan Pakai Transaksi QR Code
(sumber: dokumen pribadi)

Pengalaman Pakai QR Code
Pertama kali bertransaksi menggunakan QR Code Payment tahun 2018, agak lupa tepatnya bulan apa. Semua bermula saat saya mendapatkan notifikasi cashback di beberapa merchant yang bekerjasama dengan GoFood. Entah kenapa, berasa mendapatkan angin segar. Segera saja saya mengisi ulang GOPAY saya kemudian pergi ke salah satu merchant.

Setelah diberitahukan nominal pembayaran, saya diminta memindai QR code yang ada dalam struk. Tak sampai 5 detik, proses pembayaran berhasil. Saldonya GOPAY terpotong sesuai nominal di struk, semenit kemudian cashback 30% langsung masuk ke saldonya. Sungguh bahagianya!

Selang beberapa waktu kemudian saya mengenal aplikasi QR Code Payment lainnya seperti DANA. Pertama kali register saya langsung dapat saldo Rp50.000 plus cashback 50%! Wah gimana ngga senang?

Apalagi di beberapa momen, transaksi menggunakan QR Code membuat saya bisa membahagiakan orang-orang terdekat saya.

"Lho, gimana caranya?"

Banyak merchant yang kerap menawarkan promo apabila membahas menggunakan aplikasi QR Code, khususnya merchant makanan. Saya jadi lebih sering makan bareng  orang terdekat seperti suami, anak, orangtua dan sahabat.

Efeknya? Tentu quality time bersama orang terdekat semakin sering.

Meskipun saya tetap menyadari bahwa QR Code bukanlah Tuhan yang tak punya cela. Misalnya, pengaruh kuat lemahnya sinyal internet sangat mempengaruhi transaksi menggunakan QR Code yang memanfaatkan internet.

Namun di luar itu semua, saya tidak dan semoga tidak pernah menyesal menggunakan QR Code.

Setelah membaca ini, kamu yakin masih ngga mau transaksi pakai QR Code?  Atau kamu pengguna setia aplikasi QR Code Payment? 

#feskabi2019
#gairahkanekonomi
#pakaiQRstandar
#majukanekonomiyuk

Referensi:
https://www.jaringanprima.co.id/id/mengenal-qr-code
https://www.moneysmart.id/qr-code-payment-buat-transaksi-ini-lho-untung-ruginya/

Artikel ini diikutsertakan dalam Grandfinal Kompetisi Blog Bank Indonesia 2020 

25 comments:

  1. aku malah saat ini udah beralih ke pembayaran menggunakan pembayaran dengan QR code mba, jadi kalo ketinggalan dompet itu ga kelabakan asalkan pegang e-money dan smartphone tentunya yg gaboleh ketinggalan hehe

    BalasHapus
  2. Aku suka banget transaksi pakai QR code ini. Berasa praktis dan keren aja. Selama ada saldo di e-wallet, nggak bakal panik kalau ketinggalan dompet. Tapi sayang belum semua merchant pakai sistem ini. Kalau sudah semua tentu makin praktis ya.

    BalasHapus
  3. Setuju banget banget aku sama artikel kakak. Aku sekarang kalau pergi jarang banget megang cash, asal hp udah kebawa aja udah berasa safety banget pokonya. Soalnya apa-apa aku beli lewat hp dan bayar pakai fitur QR iniiii

    BalasHapus
  4. ini sih jadi salah satu alasan aku bersyukur hidup di era digital ini, segalanya bisa diakses dgn mudah.
    dulu sering ketinggalan dompet, pelupa emang anaknya wkwk
    skrg asal ada quota, app, dan saldo jd aman ya ga bawa cash jg

    BalasHapus
  5. Memang pakai QR code ini gampang bgt ya kak. Aku juga suka menggunakan
    Apalagi banyak cashback nya. Jd berasa. Lebih murah hehe

    BalasHapus
  6. zaman sekarang semua dipermudah, salah satunya untuk pembayaran. aku pun merasakan manfaat pembayaran pakai QR , apalagi kl punya anak , jalan jalan jadi simple pake pembayaran QR

    BalasHapus
  7. aku paling senang sekarang belanja pakai QR apalagi dapat cashback, hehe. Mudah, praktis, dan gak perlo repot nyari uang kecil kan

    BalasHapus
  8. Jaman sekarang mending ketinggalan dompet daripada ketinggalan HP. Karena di HP sudah ada berbagai aplikasi e-wallet yang benar-benar mempermudah kehidupanku. Jadi nggak ribet nyari uang kembalian, udah gitu pengeluaran jadi terdata.

    BalasHapus
  9. Sebagai generasi cashless aku seneng banget kalau bayar-bayar pakai QR code gini mba. Lebih praktis dan senengnya banyak promo sih hihi

    BalasHapus
  10. Ah ya enak ini pake QR code begini, kalo kartu suka lah ketinggalan, lupa taro dimana, dan segala drama perkartuan lainnya. Nah kalo hape, hampir selalu di tangan dan tau persis tadi naronya dimana

    BalasHapus
  11. Emang enak sih belanja pake QR Code, semua jadi mudah dan cepat. Satu lagi, kalau ketinggalan dompet nggak perlu khatawir lagi asalakan bawa HP

    BalasHapus
  12. Sekarang lebih praktis pakai QR code ya. Ga ribet atau takut bawa2 uang tunai banyak. Saya juga kadang belanja pakai QR Code kok. Kapan yaa pasar tradisional transaksinya pakai QR code? Hehehe

    BalasHapus
  13. Zaman sekarang ya, semakin praktis aja dunia keuangan. Belanja pun, dulu yang pake uang cash, lalu beralih ke kartu, dan kini pake QR. Pastinya banyak manfaatnya. Yang paling aku suka banyak promo Dan diskonnya itu lho.

    BalasHapus
  14. Dulu aku kira harus install aplikasi khusus untuk scan barcode, tapi ternyata bisa langsung dari kamera, ya! Praktis sih. Malah kadang ada tentant tertentu yang bayar pakai QR Code dan struknya pun sudah digital. Less waste deh! :D

    BalasHapus
  15. Yep, bener banget mbak. Menurutku bayar pakai QR code gini tuh praktis banget, gak perlu bawa cash, cuma modal hp. Terus banyak promo/diskon juga biasanya🤭

    BalasHapus
  16. Saya fokus ke point no.1 mba
    Lebih aman dan mudah, lebih aman karena mengurangi angka kriminal.
    Seperti yang diketahui,kaum perempuan sangat rentan sekali.
    Dengan hanya menggunakan Scan QR,tak perlu membawa uang cash didompet

    BalasHapus
  17. Sama banget,
    Aku juga sekarang belanja atau makanan khususnya di mall lebih senang pakai metode pembayaran QR payment.

    Selain karena berburu diskonnya, juga simpel banget. Tinggal scan pakai hp aja.
    Sayangnya metode ini kadang masih terkendala di jaringan. Ada bebrbebe tempat yg kalau bayar itu prosesnya lama bgt karena sinyal jaringannya yg gak stabil.

    BalasHapus
  18. Dengan QR jadi bebas deh bawa duit banyak di dompet atau gak perlu gesek2 kartu lagi ya, praktis aja gitu ya. Saya baru pakai OVO dan DANA ini heheh

    BalasHapus
  19. Saya pernah beberapa bayar pakai QR Code. Kalau koneksi internetnya lancar memang praktis banget pakai ini. Apalagi buat saya yang jarang bawa cash

    BalasHapus
  20. Ada QRIS apapub uang digitalnya jadi mudah ya..
    Makin memudahkan era cashless ni

    BalasHapus
  21. Beberapa kali aku bertransaksi pake QR Code ini. Nyenengin deh. Dan ajaib rasanya. Gak bawa uang, gak pake kartu, tapi bisa belanja. Praktis.

    BalasHapus
  22. paling suka adanya diskon dan promo. pun kepraktisannya yg gak bikin buka tutup dompet lalu ketinggalan di meja.

    BalasHapus
  23. Alasan ketiga pas banget buat emak hemat macam saya hahaha
    Promo dan diskon bikin dana sisa bisa buat yang lainnya kan:)

    BalasHapus
  24. Aku juga seneng pakai transaksi via
    QR code kaya gini �� cepet banget dan ga ribet kalau cuman berdua aja sama anak

    BalasHapus
  25. Gara2 QR, aku pede kemana mana tanpa dompet.
    Identitas diri cuma diselipin di hp. Transaksi apa2 tinggal scan, beres. Perut kenyang, transaksi senang, pikiran tenang. Hihihi

    BalasHapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!