Jakarta Humanity Festival Bikin Millenial Lebih Peduli Soal Lingkungan dan Kerelawanan


"Kami ingin menjadikan gerakan kerelawanan sebagai sebuah gaya hidup atau lifestyle khususnya para millenial."

Sebuah kalimat yang rasanya hingga detik ini masih terngiang di telingaku. Sebuah kalimat yang dalam hati aku langsung teriak "Ah, I can't agree more with this." alias SETUJU BANGET.

Kalo kamu gimana, kawan?

Relawan, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
Tiba-tiba pikiranku melayang ke masa-masa kuliah, ketika aku mulai menerjunkan diri dalam kegiatan kerelawanan khususnya bidangaa pendidikan di pelosok negeri. Melihat binar senyum anak-anak di pelosok negeri, duuuh maknyes!


Oh ya, kawan. Kalian masih ingat bencana besar yang Belanda Palu dan sekitarnya di bulan September 2018 silam? Sebagai orang yang pernah tinggal di Palu aku merasa begitu terpukul. Beruntung teman-temanku di Palu berinisiatif mengambil langkah, alih-alih terpuruk mereka bergerak sebagai relawan.

Tak mengharap diberi, meski patut diapresiasi.

Baca Juga:

Ada Apa di JAKHUMFEST 2020?
Ngomongin tentang kerelawanan, Dompet Dhuafa sebagai lembaga ZISWAF juga fokus terhadap dunia kerelawanan termasuk relawan bencana. Karenanya sejak 2019, Dompet Dhuafa menyelenggarakan Jakarta Humanity Festival (Jakhumfest).

Welcome to Jakhumfest
(sumber: dokumen pribadi)

Anyway, kalimat pembuka di atas kudapatkan dari Kak Marsya (Indorelawan) pada acara Jakhumfest di M Bloc, Jakarta Selatan hari Minggu (26/1) lalu.

Bapak Imam memberikan sambutan
(sumber: dokumen pribadi)

Acara dibuka secara resmi oleh Bapak Imam  perwakilan Dompet Dhuafa, dilanjutkan dengan keynote speech oleh Mbak Marsya (Executive Director Indorelawan). Dan.. kalimat pembuka di awal postingan ini kudapatkan dari beliau lho! Katanya, sesuai dengan visi Indorelawan juga.
Marsya (Indorelawan)
(sumber: dokumen pribadi)

Para pengunjung yang hadir tidak perlu melakukan pendaftaran link dan tidak dikenakan biaya (kecuali konser musik). Pengunjung disuguhkan dengan beberapa rangkaian kegiatan JAKHUMFEST antara lain:

 Humanity Exposure
Ketika memasuki pelataran gedung M Bloc, para pengunjung akan  disuguhi pameran foto-foto kebencanaan. Tak hanya di bagian depan, di bagian dalam tempat acara juga tersebar foto-foto tersebut.
Salah Satu Sudut Pameran
(sumber: dokumen pribadi)

Salah Satu Sudut Pameran (2)
(sumber: dokumen pribadi)

Ada pula video show berisi rangkaian kegiatan JAKHUMFEST yang ditayangkan di pintu masuk.

Humanity Talk
Bincang seputar dunia kerelawananan, lingkungan & siaga bencana. Humanity Talk terbagi menjadi dua sesi, sesi pertama pukul 10.00-12.00 WIB dan sesi kedua pukul 1 WIB.

Panggung Acara
(sumber: dokumen pribadi)

Pada sesi pertama bertema "Youth For Earth". Beberapa narasumber yang hadir antara lain Dhiti Sofia (Manajer Indonesia Diet Kantong Plastik), Dhila Hadju (Founder Tumbuh Hijau Urban), Swietenia Puspa (Founder Divers Clean Action) dan Syamsul Ardiansyah (Manajer Lingkungan Dompet Dhuafa).
Ka-Ki: MC Dini Andromeda, Swietenia Puspa, Dhitu Sofia, Dhila Hadju, Syamsul Ardiansyah
(sumber: dokumen pribadi)

"Tiga hal yang bisa kita  lakukan sebagai upaya menjaga bumi dan laut kita," ungkap Dhila Hadju. "Meminimalisir, memilih/memilah dan mencari tahu."
Ketiga lembaga di atas bersama-sama punya misi menjaga lingkungan melalui pengurangan penggunaan plastik dan bijak dalam gaya hidup.

Sedangkan di sesi kedua  bertema "Bagi-Bagi Bahagia & Indonesia Siaga Bencana" menghadirkan Chiki Fawzi (Artist), Adhe Indra Saputra (Relawan Kemanusiaan Dompet Dhuafa) dan Pak Benny (Direktur Disaster Management Center Dompet Dhuafa) dan Perwakilan dari Tokopedia Salam.

"Keluarga saya semua relawan. Kenapa sih menerjunkan diri di dunia kerelawananan? Apa sih yang dicari? BerkahNya." ungkap Adhe Indra.

Wow, masya Allah ya? :')

Workshop Melukis Payung
Tak hanya talkshow, Jakhumfest juga menghadirkan workshop melukis payung bersama Chiki Fawzi. Kegiatan ini berlangsung pukul 16.00-18.00 dan berhasil menyita perhatian parse pengunjung yang hadir.

Bazaar Kemanusiaan
Bazaar ini diselenggarakan oleh Tokopedia Salam. Disini ada banyak berupa baju, sepatu, aksesoris dan lain-lain. Barang-barang ini merupakan preloved para selebgram yang seluruh hasil penjualannya didonasikan untuk kaum dhuafa melalui Tokopedia Salam.
Booth Bazaar Kemanusiaan
(sumber: dokumen pribadi)

Setelah memilih barang, pembeli cukup buka aplikasi Tokopedia, dishake, lalu isi OVO sesuai nominal total pembelian. Yeay, berbelanja sambil donasi!
Meja Produk Bazaar
(sumber: dokumen pribadi)
Deretan Baju di Bazaar Kemanusiaan
(sumber: dokumen pribadi)

Sound of Humanity
Konser kemanusiaan yang menampilkan Chiki Fawzi, Navicula Band dan V1MAST. For your information, seluruh hasil pualan tiket didonasikan untuk program-program kemanusiaan & lingkungan yang dikelola oleh Dompet Dhuafa.

JAKHUMFEST Untuk Millenial Peduli Lingkungan & Kerelawananan
Jakhumfest terselenggara berkat dukungan oleh Wardah Beauty, Tokopedia, Suqma ID dan M Bloc Space. Jakhumfest 2020 diselenggarakan untuk mengajak millenial lebih peduli pada permasalahan sosial kemanusiaan & lingkungan dengan ikut kegiatan kerelawananan, menjaga lingkungan dan saling berbagi kebahagiaan sebagaimana yang disampaikan Bapak Imam di awal kegiatan. Hal ini pun didukung dengan mayoritas pengunjung berasal dari usia millenial.

"Dompet Dhuafa diinisiasi oleh para millenials pada jaman itu. Kehadiran Jakhumfest ditujukan bagi para millenials agar lenih peduli terhadap isu lingkungan dan kerelawanan."
Indeed. Udah saatnya millenial menjadikan gerakan kerelawanan sebagai gaya hidup. Naik relawan lingkungan, pendidikan maupun bencana.

Yuk, ambil bagian dalam kerelawananan,  menjaga lingkungan dan saling berbagi bahagia!❤

34 komentar:

  1. Wahhh bener banget nih, milenial sekarang harusnya lebih aktif dan peduli terhadap isu isu seperti ini. Jadi gak hanya di depan laptop atau bermain hape saja.. Bisa dan patut dicontoh hal hal yang seperti ini

    BalasHapus
  2. Acaranya bagus banget ini ya, apalagi pengisi acaranya. Ada Switenia salah satu favoritku, seorang yang peduli dengan lingkungan. Padahal waktu itu pengen banget main ke Jakarta Humanity Festival, tapi bentrok dengan acaraku yang lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah baru kenal disini Samar Mbak Tenia hehe kereeen gerakannya.

      Hapus
  3. Domoet Dhuafa memang selalu keren ya, selalu turut serta di dalam acara-acara yang bermanfaat kayak gini, dan turut serta menjaga keberlangsungan alam dan lingkungan hidup :)

    BalasHapus
  4. Era globalisasi saat ini telah mampu menarik perhatian anak anak muda yang senang berkarya untuk bisa lebih peduli dengan lingkungannya

    BalasHapus
  5. Asyik banget acara ini Mba visya. Selain dapet workshop yang keren di sini, juga bisa beramal bareng dompet dhuafa ya Mba.

    BalasHapus
  6. Jakhumfest cara kita mencintai bumi dan sesama. Tunjukan kepedulian bukan berarti kita seorang pahlawan tapi menunjukan kepedulian merupakan bagian dari ibadah

    BalasHapus
  7. Wahh ada preloved selebgram...
    Acara yg bermanfaat dan penuh kreatifitas ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah di booth Tokopedia jg gampang yaa cara bayarnya. kita bs beli sekalian beramal dg cara yg menyenangkan

      Hapus
  8. Keren banget Dompet Dhuafa bikin Jakhumfest 2020. Rangkaian acaranya bener-bener nggak boleh ke skip nih, selain nambah ilmu, nambah kesadaran para millenial juga untuk peduli sesama dan lingkungan yah.

    BalasHapus
  9. Aku yg milenial sendiri malahan gadateng yaampun jadi malu huhu. Mana itu di M bloc yg tempatnya lagi hits sih katanya, ditambah eventnya jakhumfest yg acaranya bener-bener mengedukasi ya kakk

    BalasHapus
  10. Dari keseluruhan acara memang milenial banget konsepnya. Senang dengan tema kepedulian dan kebahagiaan yang dibagikan pada sesama. Jakarta Humanity Festival keren ini! Pengisi acara dan kegiatannya paten!

    BalasHapus
  11. Jaman boleh makin keren, diikuti pula dengan kerennya kita sebagai generasi milenial untuk turut andil pada kegiatan sosial atau kemanusiaan

    BalasHapus
  12. Merasa tersentuh banget soal yang para relawan cari adalah keberkahan. Semoga mereka-mereka yang terjun langsung selalu diberkahi kesehatan, aamiin

    BalasHapus
  13. Kagum banget ama acara gini. Apalagi seluruh hasil penjualan kembali disumbangkan untuk kemanusiaan. Semoga orang-orang yang terjun jadi relawan Allah mudahkan urusannya. yang nyumbang juga berkah aamiin

    BalasHapus
  14. Tergabung menjadi relawan Dompet Dhuafa, hal yang positif banget ya.
    Kita bisa lebih peka terhadap sesama dan lingkungan.

    Terlebih lagi Dompet Dhuafa menyelenggarakan kegiatan seperti Jakhumfest 2020, tentu tepat banget kalau generasi milenial ikut bergabung juga

    BalasHapus
  15. Bagus banget idenya Dompet Dhuafa bikin Jakhumfest 2020. Kalau ada acara kayak gini lagi daftarnya dimana ya bun?

    BalasHapus
  16. Dompet Dhuafa keren nih bisa support milenial jadi relawan... selain membantu sesama.. jadi relawan juga memupuk rasa empati.. milenial jadi generasi yang peduli sesama

    BalasHapus
  17. Keren ya acaranya.. memang sudah seharusnya generasi muda seperti kita lebih peduli sama isu-isu kemanusiaan dan berbagi dengan sesama. Selain itu, mengajak kita juga untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

    BalasHapus
  18. Acaranya keren ya, Mbak. Benar-benar bisa meningkatkan awareness para millenials untuk terlibat dan peduli dengan sesama. Jadi relawan di usia muda juga bisa menumbuhkan rasa empati dan tanggung jawab.

    BalasHapus
  19. Wah seru nih memperkenalkan ttg kemanusiaan dan seluk beluk relawan ke milenial ya mbak. Sayang gak bisa datang krn pas bepergian. Moga acara kyk gini sering2 diselenggarakan

    BalasHapus
  20. Konsep acaranya bagus banget ya mba, keren sih Dompet Dhuafa mengemas acara yang kekinian untuk merangkul para milenial agar lebih peka dengan isu sosial, lingkungan dan kemanusiaan. Salut sekali dengan mas Adhe sekeluarga yang suka menjadi relawan, MasyaAllah... semoga kita semua selalu dilimpahkan berkah dariNya. Aamiin. Terimkasih sharingnya mbak Visya :)

    BalasHapus
  21. Seru banget ya mbak acara ini, bermanfaat banget. Abis ikut acara ini aku jadi tergerak lagi untuk serius ikut gabung dalam kegiatan kerelawanan setelah beberapa tahun lalu ngundur-ngundur mulu, hehehe

    BalasHapus
  22. Ini event nya menarik banget mbak, aku jadi pengen dateng ke acaranya, tapi lokasinya terlalu jauh. Semoga aja di Surabaya ada event semacam ini biar aku bisa ngerasain pengalaman dateng ke event kayak ginišŸ¤­

    BalasHapus
  23. Hidup memang harus seimbang ya.. apalagi soal kemanusiaan dan lingkungan, bagaimanapun juga kita ngga bisa jauh dari kehidupan sosial dan lingkungan, kita butuh orang lain untuk bisa hidup dan hidup di lingkungan yang baik maka keseimbangan hidup akan tercapai ya mbak

    BalasHapus
  24. Acaranya bagus banget nih kak, berfaedah sangat. mendorong para milenial untuk peka terhadap lingkungan juga kegiatan posotif

    BalasHapus
  25. Coba di Malang ada acara kayak gini juga ya, bagus konsep acaranya mengangkat tema humanitas yg sering jadi pembahasan publik

    BalasHapus
  26. MasyaAllah kegiatan begini sangat bermanfaat, semoga kedepannya juga hadir di kota-kota lain ya, agar lebih banyak lagi orang tertular kebaikan kerelawanan ini :)

    BalasHapus
  27. Benar banget mbaa sudah saatnya milenial yang peduli pada lingkungan, dan harapan saya dengan adanya kegiatan ini semoga memberikan kesadaran para millenial untuk lebih peduli terhadap lingkungan

    BalasHapus
  28. Seru banget nih eventnya, kemarin lihat postingan di instagram jadi kepengen ikutan juga. Apalagi pas workshop menghias payung. Seru..

    BalasHapus
  29. Saya berharap lebih banyak lagi event semacam jakhumfest. Tujuannya lebih banyak anak mudamdan orangoyang sadar akan ada lingkungan dan sukarelawan Yang Ada dibalik bencana

    BalasHapus
  30. Acaranya bermanfaat dan bagus banget untuk jakhumfest yang dimana lewat acara ini akan sadar dengan lingkungan. Paling suka sesi lukis payung karena hasilnya bisa di bawa pulang

    BalasHapus
  31. Suka banget dengan acaranya pasti seru dan memberikan informasi serta ilmu tentang jakarta humanity.

    BalasHapus