Lima Hal Tak Terlupakan Selama Menjadi Finalis BI Netifest



Begitu bangun  tidur, biasanya aktivitas apa yang kalian lakukan Moms? Cek HP? Sama. Pagi itu, aplikasi pertama yang kubuka adalah email, biasanya mah WhatsApp.

Selamat Anda Terpilih Menjadi Finalis BI Netifest
Masih dalam posisi tiduran aku buka email dengan subject itu.

What? BI Netifest? Kapan aku daftar? Trus kok finalis?

Langsung cek WhatsApp dan... Benar saja. Ada grup baru, finalis lomba blog BI Netifest. Setelah merewind ingatan barulah aku ingat, Bulan Oktober 2019 pernah ikut lomba blog yang diadakan Bank Indonesia. Kupikir pengumumannya udah, dan aku ngga juara.

Ealah ternyata ada acara grandfinalnya dan baru pengumannya! Ada workshop nya! Nginap tiga malam! Nikmat Tuhanmu manakah yang kau dustakan? Alhamdulillah...

Allah Tahu Waktu Terbaik
Kayaknya hampir setiap ibu merasa satu tahun pertama kelahiran anak pertama adalah sebuah adaptasi besar. Akupun demikian. Berangkat dari (mantan) aktivis kampus dan kompetisi, tiba-tiba harus jadi ibu rumahan.

Masuk tahun kedua anak, pengen ikut lomba lomba lagi. Pengen berkarya, ketemu temen-temen baru. Beberapa lomba dengan karantina finalis kuikuti tapi ngga ada yang lolos. ๐Ÿ˜ฅ

Allah tahu, belum waktuku..

Ternyata Allah kasih kesempatan itu lewat kegiatan BI Netifest. Alhamdulillah..

Pengalaman Menjadi Finalis Dimulai
Singkat cerita, di hari Rabu 15 Januari 2020, sampailah aku di hotel. Baru juga nyampe, dapat kabar anak diare di rumah. Emak mana yang ngga kepikiran? Tapi mau pulang yo ngga mungkin. Akhirnya dikuat-kuat-in aja.

Oh ya BI Netifest atau Bank Indonesia Netizen Festival sendiri merupakan puncak acara dari Festival Keuangan Bank Indonesia (FESKABI) Yang diselenggarakan sejak Oktober 2019 di beberapa kampus di Indonesia. Kemudian diadakanlah lomba content creator seperti blog, vlog, short movie, animation dan one minute video.

Dari kelima kategori, masing-masing dipilih 30 finalis untuk mengikuti karantina di Jakarta. Sebagai warga Jakarta aku sebetulnya berharap diadakan di kota lain, biar  sekalian traveling ๐Ÿ˜
 
BI Netifest, Ini yang Tak Terlupa
Sepanjang empat hari tiga malam tentu banyak momen yang terjadi, baik maupun kurang baik. Tapo so far menurutku lebih banyak good moments-nya.

1. Dua Hari Ikut Kelas Blog
Sekalipun sudah memulai kiperah ngeblog sejak 7 tahun silam, tapi yha you know dulu masih curhat mode. Ngga terlalu merhatiin konten, desain blog dan lain sebagainya makanya aku sellau bersemangat ikutan blogging class. Nah di BI Netifest ini.


2. Malam Keakraban dengan Para Content Creator
Biasanya aku ikut konferensi/grandfinal lomba yg pesertanya mahasiswa. Yang ini campuran pemuda/i dan emak2 berbayi. Dan aku irisan keduanya, dari segi usia masuk pemudi, dari status masuk emak emak๐Ÿ˜‚ Kalo sama yang para pemuda ngomonginnya soal dunia kampus atau prestasi. Kalo sama emak-emak ngomonginnya pengalaman hidup dan pengasuhan. ๐Ÿ™†



3. Touring Museum Bank Indonesia dan Mengenang Sejarahnya
Museum Bank Indonesia berada di wilayah Kota Tua. Hmm, siapa sih yang ngga tau Kota Tua? Apalagi para millenial.

Kalau ditanya pernah ngga ke Kota Tua, jawaban tentu pernah. Sepanjang 2011 aku sering ke sana karena lagi ikut pelatihan menulis yang basecampnya di daerah sana. Dengan pedenya kubilang udah pernah ke Museum BI padahal ternyata yang dulu kukunjungi adalah Museum Bank Mandiri. Duh malu!


Ah ngga papa alhamdulillah berkesempatan ke Museum BI. Sesuai namanya, museum ini memuat sejarah tentang Bank Indonesia sejak zaman Hindia Belanda. Mulai dari awal mula munculnya bank di Indonesia, hingga kini Bank Indonesia menjelang menjadi bank millenial. Fasilitas-fasilitas di dalamnya pun dibuat modern, bukan sekadar museum tempo dulu. Ah emang udah saatnya museum "ramah millenial" ya.

4. Nonton Live Concert Sampai Tengah Malam
Jujur aja selama single aku nggae pernah sekslipun nonton live concert. Jangankan suruh bayar, gratis pun ngga mau. Yha karena kurang tertarik. Salah Satu hal yange jadi perbincangan peserta adalah kehadiran Sheila On 7 di puncak acara. Aku sih biasa aja. Nah, pas live concert itu kok asik juga? Hihi, pengalaman pertama emang biasanya berkesan. Kapan lagi coba nonton live concert?


5. Staycation dan Photo Studio Gratis
Di hari kedua siang hari, ada spare waktu sebelum touring. Aku dan Mbak Dian manfaatkan untuk ambil foto-foto di area spa & pool. Waah aku suka pamandangannya, banyak hijau-hijau. Lumayan lah ada simpanan foto sendiri dan foto buku. Ngga hanya di kolam renang, interior dalam juga bagus buat berfoto meski akue pribadi lebih suka latar alam.


6. Dapat Banyak Wejangan & Pembelajaran dari Rommate
Sebagaimana acara-acara pemerintah, urusan kamar sudah pasti diacak siapa dengan siapa selama masih satu gender. Betewe, aku belum cerita ya dengan siapa aku sekamar? Jadi, sejak awal datang demi mengantisipasi tidur sendiri, aku udah ngetag sekamar Sama blogger yang sudah datang. Kebetulan saat itu Mbak Dian Restu sudah datang tapi teman sekamarnya belum. Alhamdulillah Mbak Dian oke. Setelah koordinasi dengan teman sekamar masing-masing, lega deh.


Sepanjang malam pertama aku dan Mbak Dian asyik bercerita. Pun dengan malam-malam selanjutnya maupun siang ketika adae istirahat die kamar. When lebih tepatnya aku dapat banyak pembelajaran dari kehidupan Mbak Dian yange ngga ujug ijug seperti sekarang. Au juga dapat
Wejangan Dari. Hihi senang sekamar dengan beliau.

Eits buat kalian yang belum berkesempatan menjadi finalis di tahun ini atau tahun sebelumnya, no worries. Semoga kalian berkesempatan di tahun berikutnya ya! Bagi yang sudah mencoba tapi belum berhasil, semangat mencoba! Kalau masih gagal, berarti Allah pengennya ngasih another way ke kalian. Keep positive thinking. Bagi yang belum mencoba, wajib coba, hehe biar ngga penasaran.

Ahh.. mana sangka aku bakal ikut kegiatan BERFAEDAH ini? Menjadi finalis BI NETIFEST adalah pencapaian pertama di tahun ini yg jadi booster aku buat semakin berkarya di kepenulisan๐Ÿ’™

50 komentar:

  1. MasyAllah Bunda hebat bisa diundang dalam acara keren itu. Terus banyak banget lagi ya kayaknya ilmunya. Apalagi sampai 2 hari gitu ikut kelas blog. Pasti itu bergizi bangettt. Mauuuu ilmunya hahaha ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  2. Kapan lagi ya mba,punya kesempatan seperti ini. Apalagi pihak penyelenggara nya Bank Indonesia, wah... Impian semua orang nih pengen seberuntung mba.

    Aku juga pernah gitu mba,pernah ikutan lomna nulis di blog. Pernah sih gagal, menyerah ?
    Tentu nggak dong, malah semakin terpacu lagi agar ikutan lagi dan lagi.
    Congratulation ya mba, selamat

    BalasHapus
  3. Huwaaa mupeng, beneran pengen juga jadi finalist, tapi memang agak kurang memungkinkan sih karena saya nggak mungkin bisa ninggalin si kecil yang masih menyusui dan nggak pernah lepas dari saya, kalau diajak juga nggak memungkinkan hihihi.
    Semoga tiba waktunya saya bisa ikutan kayak gini, aamiin :)

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah, ikut seneng mbak... Bermanfaat banget ya acaranya... Asyik menambah wawasan, pengalaman, dan teman baru...

    BalasHapus
  5. keren banget kamu mba, semangat terus berkarya mba.

    BalasHapus
  6. Senangnya bisa ketemuan dengan beberapa blogger lainnya ya, saya juga pengen dong ketemuan dengan Mba Dian, itu blogger pertama yang rajin berkunjung di blog saya dan niat banget bacain semua tulisan saya sebelum komen hehehe.

    Enaknya kalau bisa ketemuan blogger beda kota :)

    BalasHapus
  7. MasyaAllah, seru sekali pengalaman jadi finalis BI Netifest. Saya juga ikutan lomba blognya tapi nggak masuk finalis hahaha. Selamat ya, Mbak. Pasti pengalaman berharga itu bermanfaat sekali menambah ilmu tentang blogging yaaa.

    BalasHapus
  8. Senangnya jadi finalis biangnya Bank, semoga tahun 2020 ada ya dan aq juga jadi pesertanya hihii

    BalasHapus
  9. Pengalaman yang sangat berkesan ya. Tidak mungkin terlupakan. Senang dong bisa bareng sama Mbak Dian Restu. Saya gak ikut lomba ini karena memang gak akan bisa keluar kota sebegitu lama, kalau terpilih sebagai finalis. Hahaha...

    BalasHapus
  10. Selamat ya mbak, sudah menjadi finalis BI Netifest, senang deh kemarin itu lihat teman-teman yang lolos ke BI Netifest.

    BalasHapus
  11. Wah, seru banget deh ya. Banyak banget pengalaman berharga yang didapat dengan jadi finalist ini. Bikin mupeeeeng dengan ilmu-ilmu dan pengalaman yang didapatnya :)

    BalasHapus
  12. Sneng bngt y mba bisa punya ksempatan jadi pserta BI Netifest pasti pengalaman yang luar biasa ya

    BalasHapus
  13. Keren, bs jadi salah satu finalis..
    Pasti jadi pengalaman berharga yg tak terlupakan ya mbak..
    Sekali lagi selamat

    BalasHapus
  14. Wah ternyata seru ya mbak, aku masih kehilangan semangat berkompetisi jd gak ikutan haha. Siapa tahu tahun berikutnya ikutan, eh emang akan diadakan secara annual tahunan gtu?
    Seru ya jd punya banyak pengalaman baru dan tentu aja networking :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seneng banget bisa berkeliling museum BI dan mengetahui soal sejarahnya ya mbak. AKu baru lewat depannya aja :D
      Pastinya jd pengalaman tak terlupakan ya krn banyak cerita2 baru selama mengikuti ajang ini :D

      Hapus
  15. Waah...benar-benar menjadi pengalaman yang tak terlupakan yaa...
    Semoga makin banyak lagi prestasi yang bisa diukir dan makin banyak mendapatkan pengalaman yang berharga.

    BalasHapus
  16. aku bisa membayangkan betapa serunya hari itu ya mom, bisa menjadi bagian dari acara kerennya sebuah Bank Negara

    BalasHapus
  17. Senang banget menjadi bagian dari BINetifest. Menang ataupun kalah, saat bisa diundang aja udah bahagianya

    BalasHapus
  18. Liat temen-temen yang ikut acara ini, sungguh mupeng banget. BINetifest emang keren. Semoga ada lagi di tahun 2020 ini. Mau ikutan jugaaa :D

    BalasHapus
  19. senangnyaaa. saya jg finalis tp belum waktunya hadir di Jakarta kali ya. suami keberatan kalau saya harus nibggal anak semata wayang kami. ah semoga bs ke Jakarta sekeluarga

    BalasHapus
  20. Pengalaman yang seru sekali. Iya ya, memang selalu akan datang waktu yang tepat. Saya yang dulu juga aktif sekali ikut lomba sana sini di kampus, lalu sibuk sekali di kantor, ketika resign dan punya anak, kok rasanya gabut sekali. Sampai kini kesempatan yang dulu saya impikan -- akibat saya nggak betah hidup monoton terus -- terbuka pelan pelan. Semoga di kesempatan selanjutnya, saya bisa merasakan pengalaman sebagai peserta BI Netifest seperti Mba ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perjuangan banget kalau udah jauh eh tiba tiba malah dapat kabar kalau si kecil diare ya.

      Jadi ibu memang harus kuat.

      Hapus
  21. Waah seru sekali ya pengalamannya bisa jadi finalis ajang keren BI. Si kecil diajak atau ditinggal?
    Pengalaman pertama pasti berkesan ya. Apapun itu...

    BalasHapus
  22. Nah jadi pelajaran ya. Ternyata museum bank Indonesia dengan museum bank mandiri itu beda ya... Hehehe.
    Selain dapat hadiah, silaturahmi, lomba ini juga kasih banyak wawasan ya

    BalasHapus
  23. Bener banget kak visya.. Waktu terbaik menurut Alloh itu pasti benar2 terbaik buat kita hambaNya.. btw, seru banget ya acara BI ini.. bank sentral gitu lho.. ladang uang jadi kalo ngadain acara pasti maksimal hoho

    BalasHapus
  24. Kok seru banget ya mbak, aku jadi pengen ikutan acara kayak gini. Aku paling pengen yg malam keakraban itu sih, kayaknya asik banget dan pasti seru kalo dapet banyak kenalan blogger.

    BalasHapus
  25. Tahun ini kalau kegiatan ini selenggarakan lagi pasti tidak akan saya sia-siakan. Aduh nyesal sekali gak optimal saat ikutan lomba nya kemarin

    BalasHapus
  26. wah keren banget ya ternyata acaranya BI ini. Kemarin saya juga ikut lomba blognya nih tapi sayang nggak terpilih. heu

    BalasHapus
  27. Serunya ada karantina, biasanya pemenang langsung diumumin ya..?! Ini ada undangan juga ...keren. sungguh pengalaman yg berkesan.udah berasa finalis Putri Indonesia..aja...hehehhe

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah ikut senang bacanya bisa ikut ajang bergengsi ini. Semoga menambah manfaat dan berkah ke depannya.

    BalasHapus
  29. Ikut seneng bacanya mba. Jadi motivasi juga untuk terus belajar karena belajar tuh ga kenal usia dan bisa ketemu dengan orang-orang yang menginspirasi itu kesempatan langka. Moga 2020 makin dimudahkan untuk mimpi-mimpi yg belum terwujud ya ❤️

    BalasHapus
  30. Yaa Allah selamat yaa teh, akhirnya setelah penantian ini jawaban dari Allah yaah. Semua ada masanya masing-masing. Keren banget yaah acaranyaa, tahun depan aku pengen ikutan ah teh, doakan aku yaah hehe. aamiin

    BalasHapus
  31. Saya lumayan ngikutin acaranya di media sosial maupun cerita dari para blogger. Keren banget, ya. Acaranya beneran berfaedah banget

    BalasHapus
  32. Beruntungnya. Aku dong 2 kali ikut ga pernah lolos
    Dan aku sempet liat seperjalanan para finalis yang di karantina. Begitu banyak kegiatan positif yang didapat
    Sekali lagi selamat ya

    BalasHapus
  33. Alhamdulillah kita bisa menjadi salah satu finalisnya ya...Barakallah buat Mbak Visya. Senang kenal lebih dekat dan bisa saling tjurhat. Semoga tahun depan kita keangkut lagi. Aamiin yang kenceeeng! :)

    BalasHapus
  34. Seru banget mba. Ini lomba setiap tahunkan ya. Selamat mba kepilih ya. Aku baru tahu loh ada BI Fest ini. Apalagi bisa mendapatkan banyak ilmu baru ya.

    BalasHapus
  35. Mba Evii selamat yaa udAh masuk finalis, seneng dan seru banget baca pengalamannya seakan menyentil aku lagi untuk terus berkarya dan semangat ikut ikut lomba lagi. Ikutan lomba nulis blog itu ga cuma ngincer hadiahnya tapi sekalian ngelatih lagi skill menulis kita ya :)

    BalasHapus
  36. Pertama mau komen selamat ya mba...kedua suka dengan kata kata *Allah tahu waktu yang terbaik* dan ketika senang liat dirimu ada dalam lomba ini mba . Dapat ilmu banyak ya.

    BalasHapus
  37. Wah keren banget mbak Evi bisa menjadi salah satu juara BI Netifest kapan lagi oinya pengalaman baru bisa nonton sheila on 7 juga kesukaan aku hehehe... Selamat ya mbak terus berkarya

    BalasHapus
  38. Pengalaman yg seru dan unik ya kak, saya juga mengikuti via medsos. Selamat dan terus berkarya

    BalasHapus
  39. Keren banget sih kamu mbak, bisa masuk menjadi salah satu BI Netifest, ini sih pengalaman yang tak terlupakan ya. Aku pun yang baca ikutan senang banget ini, berharap nanti kalau ada lagi bisa ikutan juga.

    BalasHapus
  40. Wow benar-benar pencapaian ya bisa jadi finalis dari sekian banyak peserta. Hebat banget itu! Pasti banyak pengalaman berharga yang didapatkan selama masa karantina ya mbak. Aku jadi tertantang nih pingin coba ikutan juga untuk tahun depan.

    BalasHapus
  41. Pengalaman berkesan berharga bgt yah. Agendanya pun padat bergizi ya jadi makin berkesan.

    BalasHapus
  42. Selamat ya Mba. Kalau memang sudah waktunya, ya kesempatan itu pastinya akan datang juga. Semoga ada lagi BI Netifest tahun ini. Penasaran pengen ikutan.

    BalasHapus
  43. Kesempatan istimewa banget ini bisa ikutan event keren kayak gini
    Jadi salah satu finalis itu kereeeen
    Apalagi memang acaranya luar biasa. Udah dapat ilmunya, nonton konser
    pula. Wuaaa lengkap

    Selamat ya mbak

    BalasHapus
  44. Wah seru dan keren banget acaranya ya. Banyak kegiatan yg bermanfaat banget buat menambah wawasan kita

    BalasHapus
  45. Pasti seru banget ya acaranya. Bacanya aja aku mupeng bgt.
    Wah sekamar sama yg dikenal mba Dian ya. pasti banyak cerita2 seru deh tuh :D
    Waktu itu aku mau ikutan tapi gak jadi gara2 jiper :) tulisannya pada bagus2.
    Semoga nextnya aku bisa ikutan deh.
    Anw, selamat ya mbaa :) keren deehh.

    BalasHapus
  46. Mantap banget kak bisa jadi finalis BI Netifest. Sempat ngikutin acaranya di sosmed beberapa teman yang jadi finalis BI Netifest juga, acaranya keren-keren banget. Selamat ya mbak

    BalasHapus
  47. seru ya, belajar blog terus bisa nonton live music gitu. love

    BalasHapus
  48. huwoooow kak visyaaaa keren! Siapa bilang jadi ibu rumah tangga nggak bisa berkaraya? Kak Visya sudah membuktika. Keep up the good work and positive mind, ya! Semoga kina berkah!

    BalasHapus