Delapan Tips Tetap Sehat Selama Ramadan dengan Shopee #THRBigRamadhanSale2020

Shopee


Disadari  atau tidak, kenyataannya Ramadan tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Ya, kondisi pandemi membuat segalanya berubah dan berbeda. Dalam kondisi seperti saat ini kita dituntut  untuk selalu fit dan menjaga daya tahan tubuh. Karena si virus akan lebih mudah menyerang mereka yang daya tahan tubuhnya (sedang) lemah.

Mungkin tak sedikit di antara kita yang memiliki kekhawatiran daya tahan akan menurun ketika menjalani ibadah puasa. Nah ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menepis kekhawatiran tersebut. Ke-delapan tips ini pada dasarnya bukanlah hal sulit dilakukan. Tapi memang butuh niat kuat dan konsistensi.

1. Makan Cukup & Bergizi

healthy food
(sumber: Pixabay)

Makan bukanlah asal memasukkan makanan ke dalam tubuh melainkan mengikuti anjuran menu 4 bintang: karbohidrat, protein, sayur/vitamin & mineral. Selain itu pastikan juga jadwal makan tepat waktu. Puasa bukan beratbe mengurangi ataupun menambah jadwal makan melainkan hanya mengubahnya. Sarapan diganti dengan sahur dan makan siang & malam diganti dengan ta'jil dan makan berat.

2. Jaga Hidrasi Tubuh

Drinking water
(sumber: Pixabay)

Salah satu kendala umum ketika berpuasa bagi sebagian orang adalah memenuhi kebutuhan hidrasi atau minum. Lagi, puasa bukan berarti mengurangi asupan hidrasi tubuh melainkan memanfaatkan waktu sahur dan berbuka, masing-masing setidaknya minum 1L. Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangatlah penting karena sebagian besar tubuh diisi oleh cairan/darah. Tentu dehidrasi akan mempengaruhi daya tahan tubuh.

3. Konsumsi Supplemen/Multivitamin

Royal jelly capsules in wooden spoon and wood table background / Yellow capsule medicine or supplementary food from nature for health

Pada dasarnya apabila gizi dari makanan yang kita makan sudah maksimal, multivitamin hanyalah bersifat opsional. Namun selama kita mampu membelinya tak ada salahnya mengkonsumsi suplemen maupun multivitamin sebagai upaya meningkatkan imunitas tubuh. Suplemen memiliki beragam bentuk seperti kapsul, tablet hingga herbal dari madu maupun rempah.


4. Kurangi Konsumsi Gula

Sugar free

Data menunjukkan jumlah penderita diabetes di Indonesia sangat tinggi. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menunjukkan peningkatan angka prevalensi diabetes yang cukup signifikan, yaitu dari 6,9% di tahun 2013 menjadi 8,5% di tahun 2018.

Hal ini secara tak langsung juga menandakan konsumsi gula pada masyarakat masih terbilang tinggi. Syukur-syukur saat ini secara fisik kita masih tergolong senat, maka upaya penjagaan yang bisa dilakukan adalah mengurangi konsumsi gula. Sebagian orang bahkan mengganti pemakaian gula dengan gula rendah kalori atau bahkan madu.


5. Konsumsi Lemak Baik

Selection food sources of omega 3 and unsaturated fats. Super food high vitamin e and dietary fiber for healthy food. Almond ,pecan ,hazelnuts,walnuts ,olive oil ,fish oil ,salmon  on cutting board.

Lemak baik atau lemak tak jenuh salah satunya adalah omega 3 dan omega 6 yang bisa didapatkan lewat makanan seperti minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan lain-lain. Lemak baik membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga arteri tetap bersih.


6. Tetap Berolahraga

Pelari, Laki Laki, Berjalan, Jogging, Jarak Jauh
(sumber: Pixabay)

Puasa bukanlah penghalang bagi seseorang menjalani rutinitas berolahraga. Hanya mengganti jadwal pagi dengan sore agar begitu selesai berolahraga, tubuh bisa segera terhidrasi begitu waktu berbuka. Olahraga yang dilakukan tak mesti olahraga berat, jogging atau senam bisa menjadi pilihan asalkan dilakukan secara konsisten.

7. Meminimalisir Munculnya Stress

Calm woman relaxing meditating with laptop, no stress free relief at work concept, mindful peaceful young businesswoman or student practicing breathing yoga exercises at workplace, office meditation

Belakangan kesehatan mental menjadi issue yang semakin trending di berbagai kalangan usia maupun gender. Pada dasarnya setiap orang sangat berpotensi mengalami stress, maka yang perlu dilakukan adalah menghindari pemicu stres dan melakukan manajemen stres. Pemicu stres bisa berasal dari rasa takut berlebih, kelelahan dan lain-lain. Sedangkan manajemen stres bisa dilakukan dengan mindfulness, meditasi dan tentunya mendekatkan diri padaNya.

8. Tidur/Istirahat yang Cukup

Tidur, Tempat Tidur, Wanita, Kamar Tidur, Sedang Tidur
(sumber: Pixabay)

Orang dewasa setidaknya membutuhkan waktu tidur 7-8 jam setiap harinya terlebih ketika selesai beraktivitas atau rutinitas. Namun tidur bukan sekadar tidur melainkan tidur berkualitas. Dan tentunya jangan memaksakan diri begadang apabila tubuh sudah menujukkan gejala lelah.

Shopee THR Big Ramadhan Sale 2020 Tunjang Kebugaran Selama Ramadhan
THR Ramadhan Big Sale 2020
(sumber: Tribun Jakarta)

Sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia, Shopee memahami bahwa kebutuhanmu selama Ramadhan kian meningkat, terlebih di momen oandemu yang membuat orang-orang harus lebih banyak berada di rumah. Oleh sebab itu, aplikasi belanja online yang pertama kali diluncurkan pada 2015 ini mengadakan campaign belanja THR Big Ramadhan Sale. Selama campaign ini berlangsung, kamu bisa mendapatkan penawaran khusus setiap hari untuk belanja lebih hemat selama Ramadhan di rumah aja. Tak hanya itu, ada beragam penawaran dan diskon menarik yang bisa memenuhi kebutuhanmu untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri lho.

Ini adalah kesempatan emas sekaligus besar yang sayang dilewatkan. Hanya setahun sekali. Lantas bagaimana memanfaatkan THR Big Ramadhan Sale untuk menjaga kebugaran tubuh?

  • Berbelanja suplemen dan multivitamin di kategori kesehatan dan flash sale
  • Belanja pakaian olahraga di kategori fashion
  • Belanja kebutuhan pangan sehat di Supermarket Day Sale dan ikut tanam Shopee
  • Berbelanja alas tidur di kategori home living
Bagaimana cara meng-klaimnya?
  • Download aplikasi Shopee di Playstore
  • Login atau buat akun
  • Cek kolom cashback & voucher. Klain voucher yang kamu inginkan.
  • Belanja dan gunakan vouchermu.

Besok 11 Mei 2020 promo puncak THR Ramadhan Big Sale akan digelar lho.  
THR Big Ramadhan Sale

Pada promo puncak ini juga ada Shopee Live bagu-bagi hadiah yang bisa kalian saksikan di MNC TV Senin 11 Mei 2020 pukul 13.00 WIB. Jangan sampai terlewatkan ya!

Tetap sehat dan bugar selama Ramadhan di masa pandemi adalah sebuah keniscayaan asalkan ada usaha dan konsistensi di baliknya. Manfaatkan momen di rumah aja untuk beraktivitas dan berperilaku hidup sehat.
Tak lupa berdoa kepadaNya agar wabah ini segera berakhir dan kita semua bisa kembali berkumpul dengan orang tersayang. Stay healthy, stay safe. Tetap semangat jalani Ramadan dan belanja di Shopee aja!

Referensi: 
Kemenkes
Babe News
Hello Sehat
Olah grafis: Visya

Disclaimer:
Tulisan ini diikutsertakan dalam kontes blog #THRBigRamadhanSale2020 bersama Shopee.


27 komentar:

  1. pas banget nih hari ini aku lagi hunting keperluan lebaran di shopee. mumpung lagi diskon :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama. Jadi pengen lihat Shopee juga kalau begini

      Hapus
  2. Sebagai orang yang suka belanja online, senang banget ini kalau ada yang bagi-bagi THR.

    BalasHapus
  3. Ahoy mau dunk dapat THR nya mbah shopee cus ah hunting lagi di shopee bentar lagi kan lebaran😊

    BalasHapus
  4. Wah asyik banget nih ada promo besar2an. Kebetulan banget stok vitamin udah habis.

    BalasHapus
  5. Shopee selalu jadi andalan aku juga nih, mau belanja apa aja ada dan sejauh ini aman-aman aja .

    BalasHapus
  6. Kuncian Ibu-Ibu yang ingin berburu segala keperluan namun tetap berhemat nih, plus dapat THR pula, siapa yg nolaaak? haha

    BalasHapus
  7. Bener banget tips-tipsnyaa mbak,harus jaga banget kondisi tubuh saat ramadan gini. Btw, aku juga sering banget loh belanja di Shopee untuk kebutuhan ramadan ini hehe

    BalasHapus
  8. Bnyk bngt ini promo yg ada sampe bingung mau beli yg mana

    BalasHapus
  9. Ramadhan bikin sehat kantong dan sehat badan. Bisa belanja hemat apalagi ada thrRamadhanbigsale dari shopee.

    BalasHapus
  10. Kurangi gula itu penting ya..
    Tapi saat ramadan lumayan menantang, kn klo berbuka harus dgn yg manis

    BalasHapus
  11. Ini nih kabar gembira dimasa pandemi, ada THR dari Shopee yang bikin kita semangat belanja

    BalasHapus
  12. Makasih remindernya mbak. Aku InshaAllah untuk tips menjaga badan tetap sehat sih bisa semua cuma 1 yang ngurangin gula agak susah. Haha suka yang manis manis soalnya. Btw aku juga suka banget belanja di Shopee loh banyak banget diskonnya soalnya.

    BalasHapus
  13. Aku malah harus perbanyak dapat makanan yang kaya akan asupan gula, iya tahu beda emang. hiks - bw suka deg shopee - kumpulkan poin terus belanja deh - gratis ongkir pula. haha

    BalasHapus
  14. Dari 8 tips, sepertinya ngga sampai setengah yang saya jalankan.
    Dengan membaca tulisan mu saya seperti diingatkan, terimakasih ya mba

    BalasHapus
  15. Ramadan gini, malah lebih sering konsumsi gula. Memang badan langsung kasih sinyal siih...jadi leleus gitu...

    Shopee bikin mudah berbelanja di saat pandemi begini.
    Alhamdulillah~

    BalasHapus
  16. Keren emang kalau belanja di shopee, e-commerce favorit ku karena sering gratis ongkir

    BalasHapus
  17. Waoow banyak banget promonyaa jadii tegiur mĂ unbelanjaa nih mpo .apalagii klo thr udnkluar..kalap

    BalasHapus
  18. Dalam suasana Ramadhan selama pandemi ini tidak hanya tubuh saja yang disebarkan, pikiran pun sangat perlu, maka lakukan yg membuat bahagia

    BalasHapus
  19. aaahh Shopee, tongkrongan onlineku hahahaha kalau udah menjelang tidur pasti pantengin THR nya shopee

    BalasHapus
  20. Shopee memang jadi andalan banget yaaa terlebih buat mencari kebutuhan secara online. Udah free ongkir, banyak promo Dan kejutan menarik lainnya pula..

    BalasHapus
  21. Banyak promo pas puasa baik kuker ,baju lebaran sampai make-up tapi skg melalui online karena pandemi

    BalasHapus
  22. Aku kadang beli produk make up di Shopee. Belanja online memudahkan banget karena ga bisa ke mall sekarang

    BalasHapus
  23. Promonya bikin mupeng,pasti emak2 cari yg murah dong

    BalasHapus
  24. Menurut ku walau #dirumahaja masa pandemi seperti ini bisa update ya dr kebutuhan rumah sampai fashion di shopee

    BalasHapus
  25. Belanja di Shopee bikin happy ya. Temenku tuh rajin banget belanja di Shopee

    BalasHapus
  26. Buat busui kayak aku penting banget nomer 2. Sehari kudu minum 2-3 botol besar air putih supaya tetep kuat puasanya.

    BalasHapus