Pengalaman Berkunjung Ke Dokter Anak di OMDC Healtchcare Untuk Konsultasi Tumbuh Kembang Anak dan Imunisasi

Oktri Manessa Dental Care

Menjadi orangtua adalah menjadi pembelajar seumur hidup. Banyak hal yang harus diperhatikan, bahkan sejak si kecil masih berupa janin dalam kandungan. Salah satunya adalah soal tumbuh kembang anak. Rasanya nyaris tidak ada orangtua yang tidak mengharapkan tumbuh kembang anaknya berjalan normal dna ideal. Hal yang sama berlaku padaku dan suami.

Tapi sayangnya hidup di dunia nyata bukan sekadar semua berjalan mulus, ada tantangan yang harus dihadapi termasuk tantangan soal tumbuh kembang anak. Cham sendiri sekilas memang tampak normal, namun ada beberapa hal yang kami pertanyakan. Hal itu akhirnya membuat kami memutuskan berkonsultasi pada dokter anak. Karena suami bekerja, akhirnya aku berdua dengan Cham saja. 


Pilihan kami jatuh pada OMDC Healthcare yang terletak di Mampang, Jakarta Selatan. Lokasinya hanya sekitar 5 km dari rumah orangtuaku. OMDC sendiri sudah tak lagi asing bagiku. Kehadiran OMDC di awal sempat viral lantaran konsep yang diusungnya: serba pink. Jauh dari kesan klinik atau sejenisnya. drg. Oktri Manessa adalah orang di balik inovasi klinik gigi ini.

Setelah sekian lama hanya sekadar tahu, akhirnya berkesempatan juga mengunjunginya.


OMDC Mampang Menjadi OMDC Healthcare

Di awal kemunculannya, OMDC berfokus pada layanan kesehatan gigi. OMDC sensiru memiliki banyak cabang yang tersebar di Jakarta. Namun baru-baru ini, OMDC Mampang sememperluas unit kesehatan menjadi OMDC Healthcare lho! Ada 7 layanan baru yang tersedia antara lain:

🌸spesialis obgyn

🌸spesialis anak

🌸rontgen gigi

🌸instalasi farmasi

🌸OMDC clear aligner

🌸sedasi dental

🌸laboratorium

Wah jumlahnya sesuai dengan usia OMDC tahun ini! Yap, di tahun 2020 ini, di bulan ini, OMDC merayakan hari jadinya yang ke-7. Untuk klinik Umum OMDC juga memiliki banyak layanan seperti dalam foto berikut ini.


Daftar Layanan OMDC Healthcare
(sumber: dokumen pribadi)


Kami tiba disana sekitar pukul 13.45 WIB dan langsung disambut oleh security di bagian depan yang mengarahkan kami menuju loket pendaftaran. Seluruh staf menggunakan protokol kesehatan lengkap, tentunya. 


Interior OMDC yang Unik dan Cantik

Setelah selesai melakukan pendaftaran, kami menunggu di ruang tunggu yang super asyik sambil memandangi suguhan interior yang bikin terpesona sejak kami datang. Tak ketinggalan harumnya aroma therapy menambah rasa rileks.


OMDC hadir sejak tujuh tahun silam dengan nuansa khas berwarna pink. Untuk OMDC Healthcare ini, mengambil tema nuansa Jepang di lantai 1 dan 2.

Lantai 1 merupakan loket registrasi awal dengan front desk dan sofa berbaris. Disini terdapat jembatan dengan miniatur bunga sakura dan bebatuan di sisi kiri dan kanan. Sedangkan di dinding, terdapat lukisan dan miniatur makanan khas Jepang. Belum lagi alunan backsound yang kental dengan nuansa Jepang, benar-benar unik!

Begitupun lantai 2 masih mengusung interior bertema pink dan Jepang. Sedangkan lantai 3 mengambil tema safari adventure.




Pengalaman Konsultasi Tumbuh Kembang Anak

Setelah menunggu, akhirnya tiba giliran Cham dipanggil. Nuansa safari adventure di bagian luar dan dalam interior ruang dokter anak membuat mata setiap anak yang berkunjung terkagum-kagum. Nyaris tidak seperti ruang periksa!

Dokter dan nurse menyambut dengan hangat. Mereka berpakaian lengkap APD sesuai protokol kesehatan. Pertama-tama dr dibantu nurse mengukur tinggi dan berat badan Abrisham. Sambil mencatat di buku tumbuh kembang Abrisham, beliau bilang.

"Masih di batas normal ya, Bu."

Lebih lanjut, akupun mulai membuka pertanyaan sambil merekam dengan handphone. Dengan sabar dokter menjawab setiap pertanyaanku pun dengan nurse yang telaten menghibur Abrisham. Bikin suasana menyenangkan. Pun dokter dengan telaten evaluasi perkembangan anak sudah sesuai dengan usianya dan stimulus motorik yang sesuai dengan diary perkembangan anak yang dibuat oleh OMDC.


Setelah sesi konsultasi selesai, dr. memberikan resep vitamin untuk Abrisham. Tak lupa sebelum keluar, berfoto dulu dengan dokter yang ramah.

"Nanti kalau mau konsultasi sama saya, silakan WA saja ya, Bu."

Dibilang gitu ya sudah tentu girang dong, hehe. Setelahnya, aku langsung menuju apotek untuk menebus vitamin. Sayang vitamin yang aku butuhkan sedang tidak tersedia. Akupun langsung menuju loket pembayaran.

Kwitansi
(sumber: dokumen pribadi)

Imunisasi di OMDC

Seperti yang saya tuliskan di awal, OMDC sudah menyediakan layanan imunisasi anak. Ah OMDC paham betul, mencegah anak dari berbagai penyakit berbahaya tanpa harus mengalaminya terlebih dahulu itu penting.

Harga vaksin yang tersedia pun cukup kompetitif dan tentunya lengkap.


Fasilitas Lengkap di OMDC

Lantai 1 merupakan Loket registrasi dan ruang tunggu. Lantai 2  merupakan loket pendaftaran poli gigi dan ruangan poli gigi. Terdapat pula ruang tunggu dan tea and coffee corner gratis. Eits take ketinggalan, OMDC Shop, toilet dan ruang refleksi. Sementara lantai 3 merupakan playground, private nursery room dan poli anak bertema safari adventure. Dilengkapi juga dengan parkir yang luas serta lift di ruang parkir.

Playground
(sumber: dokumen pribadi)


Dental care
 Ruang Tunggu Dokter Gigi
(sumber: dokumen pribadi)

OMDC Social Project Board
(sumber: dokumen pribadi)


Staf yang Ramah dan Mumpuni

Bicara soal staf, Desta dan Tista  adalah panggilan untuk para staf OMDC. Mereka begitu ramah dan siap membantumu. Staf dokter OMDC Healthcare mereka yang mmiliki latar belakang sub-spesialis yang sesuai dengan jenis pemeriksaan yang dibutuhkan. Reputasinya sudah terjamin baik. Dokter yang menangani beserta nurse begitu ramah, informatif dan komunikatif. Mereka berpakaian APD lengkap, bahkan APD sang dokter begitu unik, jauh dari kesan mengerikan.

Staf Mumpuni


Mengapa Memilih Klinik?

Saat pandemi seperti sekarang ini saya rasa klinik menjadi tempat berobat yang nyaman karena tidak terlalu banyak bertemu dengan pasien lainnya. Hal ini meminimalisir paparan virus dan penyakit. Semakin luas tempat, semakin besar potensi banyaknya virus dan penyakit, bukan?


Protokol Kesehatan OMDC Healthcare di Masa Pandemi

Di masa pandemi begini tentunya, OMDC memberlakukan protokol kesehatan yang sangat ketat seperti disinfektan chamber, APD lengkap dan hazmar bagi dokter dan nurse, hazmat, penyediaan hand sanitizer, dan lain sebagainya. Selain itu, ruang klinik ibu dan anak didesain private (pasien ibu & anak berada di lantai khusus, dari parkir mobil langsung naik ke lantai 3 menggunakan lift), tidak menyatu dengan pasien lain, sehingga meminimalisir paparan virus dan penyakit.

Terlebih mengingat anak-anak rentan dengan paparan penyakit. Intinya, protokol kesehatan di OMDC Healthy ini tidak diragukan lagi.


Keunggulan OMDC

Setelah kunjungan tempo hari, membuat saya terkesan dan menyimpulkan beberapa keunggulan OMDC di mata saya antara lain:

🌸Harga kompetitif dan worth it

🌸Antrean yang terjadwal, sehingga tidak perlu menunggu lama

🌸Waktu check up setiap hari dan fleksibel

Tersedia apotek

🌸Alat-alat medisnya lengkap, steril, berkualitas dan modern. 


Yuk, berkunjung ke OMDC Healthcare dan ciptakan pengalaman berkesanmu sendiri.

  

OMDC Healthcare Mampang

Jl. Warung Buncit Raya No.6, RT.4/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

Instagram: @omdc

Jam Operational:

Kamis 10.00–23.00

Jumat 10.00–23.00

Sabtu 09.00–23.00

Minggu 09.00–23.00

Senin 09.00–23.00

Selasa 10.00–23.00

Rabu 10.00–23.00



10 komentar:

  1. Aku juga pernah berobat gigi di OMDC suka banget sih sama interiornya cute banget dan kartu membernys juga lucu banget.
    Sekarang OMDC jadi luas banget ya pelayanannya. keren
    Semoga sukses selalu untuk OMDC

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbak hehe lupa belum diupdate kartunya. Soon.

      Hapus
  2. Beneran suasana dan interiornya keren. Seperti bukan di rumah sakit saja kalau tidak baca artikelnya.
    Ada harga ada kualitas ya.
    Senang kalau berobat dan memeriksa kesehatan bisa maksimal seperti itu...

    Semoga sehat selalu bersama keluarga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Doa yang sama untuk teh Okti sekeluarga.

      Hapus
  3. Playground ya INI yang bikin anak betah main dan lupa kalo mau nemuin dokteedokter ya 😁🙈 gemes amatan interior yang ada di Omdc healthcare

    BalasHapus
  4. Ternyata sudah 7 tahun ya mbak OMDC ini. Woww dan lihat fotonya bersih plus rapih gitu. Jadi nggak perlu khawatir klau datang langsung dan melakukan imunisasi ke sana ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaj aku pun tahu sejak beberapa tahun lalu :D

      Hapus
  5. Tempatnya nyaman & bersih banget ya apalagi ada playground nya sambil nunggu giliran anak" bisa main dulu tanpa rewel

    BalasHapus