Popmama Parenting Academy Wadah Belajarnya Para Orangtua Millennial




Tiga tahun lalu saat menjadi ibu baru, aku banyak mengalami "jetlag
Popmama Pareting Academy 2020
". Mulai dari proses melahirkan yang penuh drama, kontraksi yang penuh histeria, proses mengedan yang lumayan lama. Parahnya aku seperti orang yang ngga punya ilmu melahirkan sama sekali! Berlanjut ke fase menyusui. ASI yang belum keluar hingga hari kedua ditambah masih adanya rasa risih saat menyusui. Bahkan menggendong bayiku sendiri saja aku masih ragu-ragu! 

Memang ini pengalaman pertama. Tapi kayaknya ngga gini juga. Oh no, ibu macam apa aku! Ditambah lagi nyinyiran orang sekitar, membuatku ngga terpikirkan mencari solusi. Bisa dibilang aku terkena baby blues syndrom level lower. Posisiku sebagai 'orang paling awal' yang menikah di antara teman-teman dekat, teman sekelas bahkan teman SMA membuatku seperti ngga punya tempat bertanya. Ya, aku menikah saat masih berstatus mahasiswi. 

Dari yang  awalnya mahasiswi aktif organisasi, harus jadi ibu rumahan, aebuah titik balik hidupku dan aku butuh dunia luar!


Tapi aku termasuk beruntung karena ada suami dan orangtua yang bisa ngebantu.

Aku mulai menyadari bahwa sangat minimnya ilmu seputar pengasuhan yang  kumiliku membuat tiga bulan pertama masa melahirkan menjadi penuh drama. Bukannya ngga punya ilmu sama sekali, tahu teorinya tapi sedikit. Ilmu yang sedikit bikin persiapanku sebagai ibu baru pun ngga cukup memadai. 

Di samping itu, support system di luar keluarga pun masih belum kutemukan. Yes, keluarga adalah support system terbesar tapi ngga dipungkiri, seorang ibu (baru) juga butuh "dunia luar" khususnya dengan sesama ibu. Ngga melulu soal gosip tapi untuk berbagi ilmu dan inspirasi.

Perlahan aku mulai membenahi diri. Setidaknya ada tiga hal yang aku lakukan untuk "membenahi " dan mengisi diri.

Menggiatkan kembali membaca buku terutama buku parenting
Buku adalah jendela dunia, aku sepakat sekali. Ada banyaaaak sekali hal, ilmu dan inspirasi yang bisa kita dapatkan dengan membaca. Salah satunya ilmu parenting. Akupun mulai membuka kembali buku-buku parenting yang sempat kubeli namun belum tersentuh. Penyebabnya? Ya, karena hidupku yang penuh drama di tiga bulan pertama.

Mencari-cari referensi komunitas para ibu
Aku adalah tipe orang yang suka berorganisasi atau berkomunitas. Tapi titik balik terjadi saat menikah dan hamil, membuatku harus bedrest. Nyatanya berkomunitas bagi ibu itu penting lho.

Mencari rekomendasi kelas parenting
Zaman makin berkembang, teknologi Makin canggih. Bukan hal yang sulit untuk mencari rekomendasi beragam kelas parenting, apalagi jika kita sudah bergabung dalam komunitas ibu.
Caraku Mengisi Diri
(sumber: dokumen pribadi)


Hasilnya? Hidupku makin less drama dan more positive vibes. Merasa bahagia dan penuh syukur, kunci utama bagi seorang ibu apalagi ibu yang masih menyusui. Emang benar ya, ilmu sebelum praktik itu penting banget. Emang bener ya, berkomunitas itu banyak manfaatnya. 

Popmama Community, Komunitas Para Ibu yang Pertama Kuikuti
Hingga akhirnya aku berkenalan dengan komunitas Popmama yang berada di bawah naungan Popmama.com. Popmama adalah komunitas Papa & Mama millenial untuk belajar seputar pengasuhan, keluarga hingga pernikahan. Aku sendiri tergabung dalam WhatsApp group regional Jakarta sejak tahun 2018. Ya, Popmama Community termasuk komunitas ibu yang pertama kali aku ikuti bahkan hingga detik ini. Aku tergabung di dalamnya sejak awal Popmama berdiri.

Semua yang aku alami tiga tahun terakhir, membuatku berkesimpulan menjadi orangtua butuh ilmu. Melahirkan, butuh ilmu. Menyusui, butuh ilmu. Mengasuh bayi, butuh ilmu. Beruntungnya aku dipertemukan dengan Popmama yang kemudian membawaku dalam kegiatan positif seperti kelas parenting, pengembangan diri ibu dan lain-lain. Jujur aku jadi keranjingan belajar (parenting)!

Aku juga banyak dipertemukan dengan para ibu yang saling mendukung untuk sama-sama belajar jadi orangtua millenal yang baik. Orangtua yang mengasuh anak dengan bahagia. Siapa yang menolak?

Saat pandemi terjadipun, Popmama ngga kehilangan akal. Secara rutin Popmama mengadakan kuliah Whatsapp dengan rama tema parenting yang menarik dengan pembicara yang mumpuni sesuai bidangnya. Ngga cuma itu, ada juga doorprize-nya yang bikin semangat para ibu, tentunya! 😁

Hampir semua kulwhap yang diadakan selama pandemi tersebut, aku ikuti. Motivasiku adalah menimba ilmu dan berbagi lewat blog. Yap, begitu kulwhap selesai, aku langsung membuat resume-nya untuk dipublikasikan di blog. Aku ngga mau ilmunya menguap pada peserta yang hadir saja. Menulis juga saranaku mengingat kembali ilmu yang diberikan.

Ngga hanya kulwhap, Popmama juga rutin mengadakan Instagram live. untuk yang ini aku lebih sering ketinggalan. Maklum, nyambi ngurus batita. Beruntung masih bisa nonton siaran ulangnya di IG TV Popmama.

Popmama Parenting Academy 2020, Wadah Belajar Keluarga Millenial
Salah satu acara terbesar Popmama adalah Popmama Parenting Academy (POPAC), sebuah event offline para (calon) orangtua. Kegiatan ini pertama kali dilakukan pada tahun 2018. Dua tahun terakhir POPAC berhasil menghadirkan lebih dari 7000 Mama dan Papa dalam kegiatan offline-nya.


Dikarenakan beberapa hal aku harus rela skip kegiatan Popmama Parenting Academy 2018 dan 2019. Sedih, pasti? Beruntungnya aku masih tetap bisa menimba ilmu lewat sharing yang dibagikan para ibu yang hadir.

Hingga akhirnya Popmama Parenting Academy 2020 kembali digelar. Namun ada yang beda. Ya, kondisi pandemi membuat semua harus dilakukan secara virtual. Tatanan hidup baru rupanya bukan langkah yang dipilih Popmama karena tentunya pertimbangan keamanan orangtua dan anak yang lebih utama. Pilihan virtual sudah tepat dan terbaik, menurutku. Meski awalnya aku agak ragu apakah bakal semeriah saat offline? Apakah bakal seseru tahun lalu?

Tapi keraguanku tersingkirkan saat melihat beragam kegiatan yang tertera di website Popmama Parenting Academy. Mulai dari pre-event hingga event di hari H. Wow, ngebayanginnya jadi seru sendiri! Ada apa aja sih di Popmama Parenting Academy 2020?

  • Kompetisi virtual berupa lomba posting foto keluarga dengan caption semenarik  mungkin
  • Kelas dan workshop berbasis platform digital seperti Instagram Live, YouTube Live, Zoom Meeting & Whatsapp Class dengan beragam tema seputar melahirkan, gizi anak, perkembangan dan kecerdasan anak, mental anak hingga keuangan keluarga;
  • Bazaar ibu dan anak dengan beragam penawarannya menarik yang bekerjasama dengan e-commerce dan brand ternama;
  • Lomba blog sebagai sarana refleksi, berhadiah jutaan rupiah.

Orangtua dengan tahun kelahiran antara tahun 80 hingga 90-an mendominasi dunia pengasuhan anak di era digital ini. Mereka biasa disebut generasi Y atau millenial. Milenial dengan karakteristiknya yang khas yaitu melek teknologi dan suka sesuatu yang bersifat simple rupanya dipahami banget oleh Popmama Parenting Academy dengan menggelar beragam kegiatan berbasis virtual yang mudah diikuti. Sesuai artinya, akademi pengasuhan, Popmama Parenting Academy adalah wadah belajarnya para orangtua millenial. Meski tak dipungkiri, ada pula generasi Z dan generasi X yang sudah menjadi orangtua. Dalam hal ini terwakili oleh generasi millenial yang jumlahnya mendominasi.

Popmama Parenting Academy 2020 diawali dengan kompetisi foto keluarga selama satu bulan sebelum hari H. Acaranya sendiri berlangsung selama lima hari yaitu 28 September - 3 Oktober 2020. Setiap harinya ada beragam kelas berbentuk talkshow maupun workshop yang bebas diikuti. Kelas berlangsung sejak pukul 13.00 hingga 21.00 secara berkesinambungan maupun paralel.




Banyak banget kan? Benar-benar wadah belajarnya para orangtua millenial.

Ternyata memang, tujuan diadakan Popmama Parenting Academy adalah memberikan edukasi, hiburan, pengalaman menyenangkan dan pengalaman berbelanja. Tema POPAC 2020 adalah nurturing future, ready family. Popmama Parenting Academy adalah sebuah wadah yang para orangtua milenial butuhkan dalam menghadapi tantangan pengasuhan di masa depan termasuk tantangan pengasuhan terbesar saat ini; bagaimana memanfaatkan teknologi secara bijak di era digital seperti saat ini. 

Gimana cara ikutan kelasnya?
Kalian cukup memilih kelas yang akan diikuti. Isi gform, submit deh. Menjelang hari H, para pendaftar akan dikirimi email berisi link kelas WhatsApp/Zoom dan jadwalnya.

Jadwal Popmama Parenting Academy 2020
Jadwal  Popmama Parenting Academy 2020
Yes, semudah itu. Aku juga langsung menulis jadwal kelas di calender. Untuk kelas dengan platform Whatsapp dan Zoom, aku mendaftarkan diri pada beberapa kelas yang kubutuhkan dan disesuaikan dengan kebutuhan Abrisham seperti Workshop DIY For Toodler, kelas mengenal bakat anak dan lain sebagainya. Aku akan ceritakan setelah ini!

Oh ya aku ngga mau info ini "berhenti" di aku. Tanpa pikir panjang, aku langsung memberitahukan pada teman-temanku lainnya terutama teman-teman perenpuan yang sedang hamil (pertama).

"Teman-teman yuk nimba ilmu bareng soal parenting di Popmama Parenting Academy Online 2020. Cek website-nya ya. Recommended buat kalian yang baru (mau) punya anak." begitu ungkapku.

Respon yang kudapatkan beragam. Paling unik, ada yang mengira aku "agen"-nya Popmama atau POPAC. Padahal niatku supaya mereka ngga mengalami hal serupa denganku, jadi ibu minim ilmu. Gapapalah aku berbagi, aku bahagia πŸ˜‚

Oh ya aku belum bilang ya? Acara Popmama Parenting Academy ini totally free of ocharge alias GRATIS! Cuma modal waktu dan kuota aja :)

Mendidik Diri dengan Ilmu Lewat Popmama Parenting Academy 2020

Meskipun bertema besar parenting tapi yang dibahas ngga melulu soal pengasuhan anak secara teknis. Ada kelas pengetahuan umum seperti MPASI, ada juga kelas pengetahuan khusus seperti keuangan keluarga dan komunikasi suami istri.

Di hari pertama aku mengikuti live streaming Play Therapy Solusi Tepat Atasi Stress pada Anak, live streaming Stimulasi Untuk Anak Siap Hadapi Masa Depan dan live streaming Tips Pertolongan Pertama Untuk Anak di Masa Pandemi. Di hari kedua aku mengikuti live streaming Bicara Tentang pola Asuh Alpha Generation dan live streaming Celebral Palsy Awareness. Di hari ketiga, live streaming Tips dan Trik Pengelolaan Keuangan Agar Anak Terjamin dan Tips Berkomunikasi Efektif dengan Anak.

Beranjak ke hari keempat aku mengikuti kulwhap Persiapan Anak Unggul di Masa Emas Tumbuh Kembang, live streaming Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Anak di Masa Pandemi, live streaming Tips Mencetak Anak Berprestasi dan live streaming Anak Melek Teknologi Memang Bisa? Di hari kelima aku mengikuti webinar Workshop DIY For Toodler, live streaming Tren Produk Halal, live streaming Tips dan Trik Komunikasi Efektif Suami Istri dan live streaming Cara Kompak Mama dan Papa Agar Anak Tumbuh Kembang Maksimal. Dan di hari terakhir aku mengikuti kulwhap 1001 Strategi Untuk Generasi Unggul, webinar Nussa is Back: Edukasi Digital Untuk Keluarga, live streaming Ulik Bakat dan Kecerdasan Si Kecil Sejak Dini dan live streaming Trik Belanja Hemat dan Cermat Agar Keuangan Terjamin.

Total ada 19 kelas yang kuikuti!

Di antara banyaknya kelas yang aku ikuti yang paling berkesan adalah Workshop DIY For Toodler. Tema ini sejalan sekali dengan passion dan kebutuhanku. Passionku adalah membuat DIY (Do It Yourself) aktivitas anak yang aku journaling juga di Instagram. Kebutuhanku adalah ide aktivitas anak balita, mengingat anakku sudah masuk fase balita.

Di kegiatan ini ada dua narasumber yang hadir yaitu Fanny Fabriana (aktris & ibu 3 anak) yang sharing seputar kebiasannya membuat DIY mainan anak untuk mendongeng dan Ahmad Syahid Zakaria (Co-Founder & Headmaster Kalananti) yang sharing seputar pentingnya media bermain bagi anak.

"Kalau bisa, Mama mengarang indah, boleh. Tapi tetap ada nilai-nilai moral yang disampaikan. Ini melatih kemampuan untuk bercerita dan beimajinasi bagi anak." ungkap Fanny Fabriana.

 

DIY adalah
Narasumber & Host Workshop DIY Toodler

Sesuai namanya workshop, tentunya ada sesi praktik. Di sesi praktik ini, para orangtua dan anak diajak membuat dua jenis DIY yaitu kupu-kupu terbang, mini aquarium dan panda memanjat oleh Kak Wina dari Kalananti. Meskipun saat itu ngga bisa praktik langsung lantaran ada kendala teknis, tapi ilmu yang dibagikan tetap aku praktikkan usai acara.



Lusa setelah mengikuti kelas, Abrisham "nagih". Akhirnya aku dan Abrisham membuat DIY bersama, mempraktikan apa yang didapatkan di workshop tempo hari. Meski hasilnya ngga sebagian buatan Kak Wina, hehehe.
DIY Kupu-Kupu Bunda & Abrisham
 

Moms ketinggalan sesi ini? No worries, bisa baca summary-nya disini ya dan tentunya tetap bisa mempraktikannya di rumah bersama si kecil.
 
Selain itu yang juga berkesan bagiku adalah YouTube live Celebral Palsy Awareness yang menghadirkan narasumber Ibu Iis Soeleman, co-founder Rumah Celebral Palsy sekaligus ibu dari Rana, Penyimpanan Celebral Palsy.
YouTube live bersama Ibu Iis
(sumber: Popmama)
 "Anak-anak berkebutuhan khusus, tak selalu dan tak selamanya mereka melahirkan kesedihan. Bisa jadi mereka juga (melahirkan) kebahagiaan." ungkap Ibu iis

Serunya Popmama Parenting Academy 2020
Popmama Parenting Academy 2020 memang beda dari tahun-tahun sebelumnya, memberikan para orangtua pengalaman baru karena dilakukan secara virtual. Namun keseruannya tetap ngga hilang, dong. Berikut beberapa keseruan POPAC 2020 yang aku alami sendiri.

1. Tampilan Website Menarik
Begitu Popmama menginformasikan pre-event  dan website POPAC 2020, aku langsung meluncur ke websitenya. Tampilannya eye cathcing sekali dengan warna dasar ungu. Ada fitur class, bazaar, curriculum. Pada menu curriculum, para pengunjung disuguhkan dengan beberapa sub-menu seperti pregnancy, baby, kid, big kid dan life. Setiap kategori berisi update blog seputar kategori tersebut. Misal submenu pregnancy membahas segala hal seputar kehamilan, sedangkan sub-menu kid membahas segala hal seputar pengasuhan usia balita.

2. Mudah Mendaftar
Seperti yang aku ceritakan di atas, mengikuti beragam kelasnya ini mudah sekali. Untuk live Youtube, kita tinggal klik join saat sesi berlangsung dan langsung diarahkan pada live Youtube. Untuk zoom meeting dan kulwap, klik join, isi data diri, submit dan tunggu link WAG atau zoom meeting diberikan.

3. Narasumber Mumpuni
Setiap kelas yang disajikan dalam POPAC menghadirkan para narasumber yang kredibel dan mumpuni bidang keilmuannya seperti Najeela Shihab di webinar tentang pendidikan anak, Ligwanto mengisi tentang keuangan, Chef Amy Zein di workshop MPASI dan lain sebagainya.

4. Virtual dan Fleksibel
POPAC 2020 ngga hanya fokus pada satu platform tapi ada tiga platform yang digunakan, Tentunya ini sangat fleksibel, para orangtua bisa memilih sesuai platform yang dimiliki ataupun sesuai tema yang diinginkan. Pelaksanaan secara virtual juga membuat lebih fleksibel, kelas bisa diikuti ulang kapanpun dan dimanapun.

5. Nambah Relasi
Salah satu hal menyenangkan mengikuti kelas parenting baik langsung maupun virtual adalah bertambahnya relasi terlebih sesama ibu. Jangan salah, walaupun diadakan secara virtual, relasi tetap terjalin lho karena peserta terdaftar dimasukkan dalam WAG yang sama dan admin memberikan waktu untuk saling berkenalan.

6. Banyak Doorprize
Ikut kelas penuh ilmu, plus berkesempatan dapat hadiah, siapa yang tak mau? Hehe. Bekerjasama dengan banyak brand membuat kelas di Popmama Parenting Academy 2020 menjadi begitu meriah. Tentunya para orangtua ini bukan sekadar mengharap hadiah, pun dengan aku pribadi, tetap ilmu adalah segala-galanya.

7. Beragam Ilmu dan Pencerahan
Tema-tema yang ditawarkan, bagiku pribadi, sebagian besar baru kutemukan di POPAC 2020 ini, Tak melulu soal parenting, di POPAC 2020, para orangtua belajar seputar keuangan keluarga, hubungan suami istri hingga kesehatan mental

8. Tersedia Summary Session Semua sesi
"Aku ketinggalan sesi ini."
"Wah aku baru tahu acara ini."

No worries Moms, summary session semua  kelas di Popmama Parenting Academy sudah dibuat oleh tim Popmama dan diunggah di website POPAC 2020 dalam bentuk artikel.  Bisa Moms akses disini.

Untuk kelas zoom pun videonya sudah diunggah di YouTube Popmama. Sementara untuk YouTube live, videonya juga diunggah ke Instagram Popmama Parenting Academy.

Pokoknya, bisa diakses dimana-mana, deh.
Popmama Parenting Academy
Serunya POPAC 2020
(sumber: dokumen pribadi)



Tentang Popmama
Popmama adalah portal online yang berada di bawah naungan IDN Media, sebuha perusahaan media berbasis teknologi dan platform konten untuk generasi millenial dan generasi Z di Indonesia. Tak hanya itu, Popmama juga memiliki komunitas Popmama Community yang tersebar di seluruh indonesia. Dengan tagline a parenting guide for millenial mama, Popmama hadir yang menyajikan konten worth-sharing  dan relevan dengan kehidupan para orangtua millenial di Indonesia.

Popmama.com
Kegiatan Offline Popmama (sebelum pandemi)
(sumber: Popmama)


Meskipun saat ini POPAC 2020 sudah berakhir, kalian masih bisa menonton ulang (untuk live Youtube) dan membaca summary-nya (untuk Zoom meeting, live Youtube dan kuliah Whataspp). So, ngga ada alasan untuk ngga belajar. Popmama Parenting Academy memudahkan segalanya.

Aku memang tidak berjodoh dengan Popmama Parenting Academy 2018 dan 2019, tapi aku berjodoh dengan Popmama Parenting Academy 2020 dan aku bahagia! Ngga menyesal sudah "menginvestasikan" waktu dan kuota untuk ikut beragam kelasnya.

Terimakasih, Popmama dan seluruh sponsor serta media partner yang sudah mewujudkan Popmama Parenting Academy jadi wadah belajarnya para orangtua millenial.

Lalu, setelah ikutan, aku mau apa? Tentunya mau menuliskan ilmu dan pengalamanku dalam blog, salah satunya lewat postingan ini serta mempraktikannya. Semoga Popmama Parenting Academy 2021 tetap ada dan jauh lebih amazing

Informasi selengkapnya seputar Popmama dan Popmama Parenting Academy, Moms bisa temukan disini.

Instagram Popmama: @popmama_com

Website Popmama: www.popmama.com

Instagram POPAC 2020: @popmama.parenting.academy

Website POPAC 2020: www.popac.popmama.com

Sumber:
Foto: Visya & Popmama
Referensi: website Popmama Parenting Academy 2020

70 komentar:

  1. Terima kasih pada zaman yang semakin maju dan kreatif. Dulu saya mah zamannya baca tabloid Nakita. Mungkin Popmama ini bisa buat anak saya nanti. Tapi buat tetangga yang masih punya bocil juga bisa, deng.

    BalasHapus
  2. Cocok banget deh ya mom untuk para mama milenial kaya kita. Hehe

    Aku juga baru nih baca-baca tentang popmama. Keren sih emang sesuai dengan generasi muda.

    BalasHapus
  3. Sekarang bersyukur banget ya ada banyak Sumber informasi soal parenting di internet. Salah satunya ada PopMama. Beberapa kali sempet baca artikel dari web ini buat nulis untuk bahas perkembangan anak. terus emang ngebantu bgt sih isi artikelnya

    BalasHapus
  4. Aku sering baca artikel parenting di Popmama. Ternyata ada komunitasnya ya. Untuk gabung ada syaratnya gak mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahuku ngga Mbaak karena aku join sejak awal Popmama hadir jadi kayaknya langsung diadd aja.. coba DM IG nya aja Mbaak.

      Hapus
  5. Wah bukibuk atau calon ibu musti banget tau info ini nih kak, penting banget soalnya yah. Ilmu parenting itu emang musti dipelajari dan dipraktekan yah dan musti punya circle yang bagus juga biar bisa saling mengingatkan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iyaa, eh iya pakbapak juga bs ikutan acara acara Popmama

      Hapus
  6. Menarik banget Mba. Saya termasuk yang mengikuti POP Mama juga walau gak gabung menjadi membernya. Programnya kece2 ya. Makin membuat semangat para membernya untuk sama2 berkembang.

    BalasHapus
  7. Waw lengkap banget mom infonya. Memang ya belajar parenting tuh nggak ada habisnya. Selalu ada ham baru yang seru dan menantang. Seneng banget deh kalo bisa gabung di Popmama community seperti ini. Kujadi pengen gabung juga aahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi bisa masuk WAG nya agau ikutin sosmednya mom.

      Hapus
  8. Eh iya waktu POPAC kita ketemu di DIY toys yaa mba
    aku ikut 3 kelas aja, ga kuat atur jam online, hahaha
    kelasnya bagus, bermanfaat, dan menjawab kegelisahanku as a parent.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa tapi aku nggak nyalain kameraz sikon ngga mendukung wkwk


      Aku nonton siaran ulangnya, kebanyakan, ngga kuay juga kalo live wkwk

      Hapus
  9. Seru banget ini sih kak acaranya apalagi dari Popmama, karena aku juga mengikuti update dari popmama di media sosial. Banyak banget informasi yang sangat bermanfaat dari Popmama.

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah ya wadah seperti ini, aku juga punya komunitas yang sudah aku ikutin sejak lama.. rasanya seneng ya bisa sharing terus.. hampir tiap hari wa grupnya rame hehe

    BalasHapus
  11. Berubah dr org aktif, punya karier trus jd emak2 emang gak gampang haha.
    Keren lho masih bikin DIY2 gtu buat anak2.
    Mumpung masih blm masuk usia sekolah ya anaknya, emamng kduu dibanyakin bebikinannya, anggap aja sekolah pud di rumah hehe.
    Kalau udah sekolah beda lagi tantangannya xxixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk curcol Mbak April, i feel youbwalau belum merasakan pnya anak usia sekolah :D

      Hapus
  12. Wah mba visya sudah ikut banyak kelasnya popmama ya, beruntung sekali. Baru tahu ada popmama nih. Coba dari dulu ikutan ya, pasti ga bakal se baby blues kayak dulu. Soal aku juga ngerasain sih melahirkan anak pertama itu masya Allaaah challenging banget deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss Mbak :'D

      Btw masih bisa ditonton ulang dna dibaca summary nya Mbaak

      Hapus
  13. Pelatihan parenting seperti ini pasti aeru banget :) apalagi kalau udah bahas anak masing-masing dan berbagi cerita :)

    BalasHapus
  14. Penting nih gabung dengan komunitas itu supaya kita juga bisa bersosialisasi. Bisa menambah relasi dan juga ilmu. Jadi ngga sibuk dengan masalah sendiri ujung-ujungnya jadi stress juga.

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah, menemukan cara untuk merasa nyaman sebagai ibu. Memang penuh tantangan dan kita perlu dukungan. Dukungan sesama ibu/perempuan juga sangat membantu dalam komunitas. 😍

    BalasHapus
  16. Mencari komunitas parenting menurutku juga bisa menambah 'support system' saat menjadi ibu. Penting banget punya wadah berbagi dan bisa sharing tanpa menghakimi

    BalasHapus
  17. Seneng aku tuh Ibu-Ibu jaman sekarang banyak sarana belajarnya. Pasti banyak banget insight habis ikutan Popmama Parenting Academy 2020 ya mbak. Apalagi ada komunitasnya, bisa makin banyak networking dan saling sharing.

    BalasHapus
  18. dulu sempet join WAG nya gitu tapi aku out karena banyak banget WAG nya hehehe jadi sekarang ngikutin di IG nya aja deh mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh i see. Aku pengen put juga waktu itu tapi setelah mindful thinking teyao bertahan hehe beda orang beda prioritas yah momπŸ€—

      Hapus
  19. Acaranya seru banget ya, wah aku kelewat kali ya, pengen padahal bisa ikutan ini. Seru dan bermanfaat pastinya. Terlibat di komunitas popmama memang menjadi tempat belajar sebagai orangtua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. No worries Mom masih bisa ditonton ulang di Youtube Channel Popmama :D

      Hapus
  20. KOmunitas bagi para ibu semakin banyak dan menjamu ya mbak. Semua punya tujuan untuk memberdayakan dan memberi ilmu bagi para ibu. Karena parenting itu terus berkembang sesuai jaman. Popmama hadir sebagai salah satu solusi ya.

    BalasHapus
  21. Seru sekali menjadi bagian dari Pop Mama community, bisa saling sharing tentang pola asuh anak, saling support & memotivasi antar sesama orangtua

    BalasHapus
  22. Banyak sekali materi yang penting disini bagi seorang ibu. Salut buat pop mama yang menyelenggarakan program edukasi buat para mom. Kalau dulu jadi ibu belajar otodidak, sekarang ada yang menjawab kebutuhan itu ya.

    BalasHapus
  23. Bagus sekali program Popmama Academy ini, sebagai ajang pengembangan diri sebagai orang tua. Siapapun perlu berkembang kan? Plus keliatannya programnya seru & banyak postifnya

    BalasHapus
  24. Alhamdulilah suami dan keluarga mendukung ya?

    Sehingga selalu bisa menambah wawasan, sehingga hati senang, kecerdasan bertambah

    Ngga semua keluarga mendukung lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Ambu. Iya namanya bersyukur banget :)

      Hapus
  25. Menyenangkan tentunya ya, ada komunitas yg banyak memberikan informasi, support, dan hal positif lainnya kepada kita. Ulasannya menarik dan sangat bermanfaat. Trima kasih utk sharingnya

    BalasHapus
  26. MasyaaAllah mb Visya ikut 19 kelas... seru ini pasti acara Pop Mama parenting dan banyak ilmu bermanfaat. pengen ikutan Pop Mama community gimana caranya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. DM admin IG nya aja Mbaak hehe alhamdulillah dapat banyak ilmu

      Hapus
  27. wah mantap bener kak popmama ini. sangat cocok untuk ibu muda kaum millenial yang mau belajar lebih dalam tentang parenting hihi

    BalasHapus
  28. Baru tahu ternyata ada popmama yang bisa sebagai pusat info parenting buat papa dan mama. Kirain awalnya cuma buat mama saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya Kak. Akupun mulutnya gitu d awal, ternyata buat Papa juga

      Hapus
  29. support system di segala tahap kehidupan memang perlu ya mba, apalagi jadi ibu tantangannya besar

    BalasHapus
  30. Baru tahu tentang Popmama Parenting Academy ini. Pasti banyak sekali program seru ya mba. Dan kita sebagai orangtua jadi banyak belajar juga

    BalasHapus
  31. waaah seru yaa :) jd pengen ikutan gabung jg nih :)

    BalasHapus
  32. bakalan betah kalau nemu wadah buat mencari informasi seputar parenting kekinian.
    nanti aku bakalan update info juga dari popmama nih kalau udah jadi mamah muda hehehe

    BalasHapus
  33. meski online tapi tetap berasa deh meriahnya ya, jadi tetap bisa belajar juga ya meski gak ikutan pas hari H nya, cuss juga aahh cek ke Popmama :)

    BalasHapus
  34. Saya baru jadi ibu bulan Juli lalu, nah kebetulan juga tinggal jauh dari orangtua dan keluarga besar. Ditambah lagi pandemi, jadi gak bisa bertemu sama sekali. Kegiatan seperti ini penting banget rasanya buat saya sebagai ibu baru. Selain menambah ilmu parenting, juga dapat masukan dari ahlinya. Bonusnya sih dapat komunitas yang klop yah, supaya ga merasa sendirian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barakallah ya Mbak. Semoga anaknya jadi anak sholih/ah kebanggaan kelurgak agama negara :)

      Iyes betul sekali :m

      Hapus
  35. Makin keren ya acara parenting zaman now, selamat ya sudah menang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Terimakasih banyak Mbak Dedew.

      Hapus